Jenis-jenis Tanaman Hias Clerodendrum (Nona Makan Sirih)

Jenis-jenis Tanaman Hias Clerodendrum

Dari 400 spesies, berikut ini beberapa diantaranya yang dapat digunakan sebagai tanaman hias yang dimanfaatkan untuk dinikmati kerimbunan dan bunganya maupun sebagai tanaman obat.

1. Clerodendrum calamitosum

jenis-jenis tanaman hias bunga nona makan sirih, clerodendrum tree types and names, clerodendrum calamitosum for sale, clerodendrum bungei, clerodendrum inerme

Clerodendrum calamitosum
gambar : tropicsphere.com

Clerodendrum ini disebut juga kembang bugang (sunda dan jawa) atau kayu gambir (Sumatera). Semak setinggi hanya 0,5 – 1 m dan tumbuh tegak. Daun bulat telur, berujung runcing dengan panjang 4 – 9 cm, lebar 1,5 – 4 cm dan tepu bergerigi. Bunganya yang tersusun dalam malai. Warnanya putih dan muncul dari ketiak daun. Ukuran bunga hanya 1,3 cm dan panjang benang sarinya 2,5 cm.

2. Clerodendrum canescens

klasifikasi nona makan sirih, bunga nona makan sirih, makan sirih lirik, makan sirih mp3, nona makan sirih clerodendrum thomsonae

Clerodendrum canescens
gambar : botany.szu.edu.cn

Tinggi tanaman 2 – 3 m. seluruh batang ditumbuhi bulu-bulu halus. Daunnya berbentuk bulat telur atau bentuk hati, ujung runcing, sedikit bergerigi. Baris bunga tumbuh di ujung atau di ketiak batang, mahkota berwarna putih. Asalnya dari Cina Selatan, India dan Taiwan. Tumbuh di dataran rendah dan pegunungan.

3. Clerodendrum cyrtophyllum

klasifikasi nona makan sirih, bunga nona makan sirih, makan sirih lirik, makan sirih mp3, nona makan sirih

Clerodendrum cyrtophyllum
gambar : hkwildlife.net

Tinggi tanaman 1- 2 m. daun tumbuh berpasangan, berbentuk jarum atau bulat panjang, ujung runcing. Permukaan daun mengkilap dengan warna hijau tua; punggung daun hijau muda dengan bintik-bintik hitam. Barisan bunga agak menyebar, mahkota terdiri dari 5 helai daun bunga berwarnaputih atau utih susu. Benang sarinya panjang dan waktu bunga mekar tampak sangat gemulai. Berasal dari Cina dan Taiwan, tersebar mulai di dataran rendah sampai pegunungan.

4. Clerodendrum hastatum

klasifikasi nona makan sirih, bunga nona makan sirih, makan sirih lirik, makan sirih mp3, nona makan sirih clerodendrum thomsonae, manfaat, benefits

Clerodendrum hastatum
gambar : flickr.com

Tanaman semak India ini tingginya mencapai 2 – 3 m. Daunnya oval dengan sedikit celah, panjang 20 cm dan lebar 15 cm. Bunga tersusun rapat. Kelopak bunga berwarna cokelat bercampur krem. Tangkai sarinya lebar 2 mm, panjang 5 cm, berwarna putih dan muncul dari kelopak bunga. Ujungnya melengkung sehingga terlihat cukup menonjol. Bunganya harum.

Baca Juga :  LATIHAN BURUNG BERKICAU

5. Clerodendrum inerme

clerodendrum inerme l gaertn, clerodendrum inerme embrert, clerodendrum serratum, clerodendrum thomsoniae, botany of clerodendron inerme, clerodendrum indicum

Clerodendrum inerme
gambar : keys.trin.org.au

Clerodendrum ono diduga berasal dari Bombay, India sehingga dijuluki indian privet. Di Indonesia, jenis ini juga banyak ditemukan.

Perdu ini tingginya bisa mencapai 10 m. Ia banyak dijumpai tumbuh di tepi laut yang berair payau. Daunnya kaku dan mengkilap. Bunganya kecil dan berwarna putih. C. inerme merupakan tanaman obat untuk melawan racun. Oleh karena itu, tanaman ini sering dimanfaatkan nelayan ketika keracunan ikan atau hewan laut lainnya.

6. Clerodendrum paniculatum

paniculatum plant, clerodendrum paniculatum photo, clerodendrum paniculatum alba, clerodendrum paniculatum invasive, clerodendrum paniculatum pagoda flower verbenaceae, clerodendrum thomsoniae, clerodendrum paniculata

Clerodendrum paniculatum (Pagoda Flower)
gambar : davesgarden.com

Jenis ini merupakan tanaman asli Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman yang tingginya 1 – 2 m ini disebut juga kembang pagoda (pagoda flower). Bunganya yang muncul di pucuk cabang memang seperti pagoda karena berbentuk piramida setinggi 30 cm. bunga-bunganya kecil, tersusun rapi dan berwarna merah bata. Tangkai sarinya berukuran panjang 5 cm, berwarna merah bata, serta menonjol ke luar bunga. Daun hijau mengkilap, berbentuk hampir bulat, lebar 15 cm, dan bercangap lima. Karena kesemarakan bunganya, tanaman ini banyak dihadirkan di halaman dan tepi jalan raya.

7. Clerodendrum philippinum

clerodendrum philippinum cashmere bouqet, clerodendrum chinense, clerodendrum fragrans pleniflorum, clerodendrum volkameria fragrans, chinese glory bower

Clerodendrum philippinum
gambar : flickr.com

Asalnya dari Asia Tenggara dan Taiwan. Tanaman setinggi 1 – 1,5 m ini tumbuh di dataran rendah dan pegunungan. Daun tumbuh berpasangan dengan bentuk bulat telur atau hati. Tepi daun utuh atau bergelombang menyerupai bekas gigitan gigi. Bunganya tumbuh di ujung, kecil-kecil dalam kelompok. Warnaya putih atau pink muda dengan aroma harum lembut.

8. Clerodendrum thomsoniae

clerodendrum thomsoniae variegata variegated bleeding heart vine, clerodendrum thomsoniae care, Clerodendrum thomsoniae, clerodendrum thomsoniae seeds, clerodendrum thomsoniae propagation, clerodendrum thomsoniae delectum, clerodendrum quadriloculare, clerodendrum thomsoniae toxicity

Clerodendrum thomsoniae
gambar : jamesmissier.blogspot.com

Nona makan sirih ini paling dikenal karena berbunga lebat dan indah. Daun-daunnya tersusun rapat. Karena pertumbuhannya merambat maka jenis ini dijadikan tanaman pergola. Pada mulanya tanaman ini tumbuh tegak, tetapi lama kelamaan merembat hingga setinggi 4 m. kelopak bunganya berwarna putih dengan ukuran 2 – 3 cm. dari balik kelopak itu muncul bunga kecil berwarna merah. Tajuk bunga berbentuk tabung sepanjang 2 cm. Ujung tajuk tersembul ke luar, berbentuk bintang selebar 7 – 10 mm dengan warna merah gelap, mirip bibir seorang nona sedang makan sirih.

Baca Juga :  Manfaat Kolang Kaling, si Bening dari Pohon Aren

9. Clerodendrum trichotomum

clerodendrum trichotomum carnival, clerodendrum trichotomum var. fargesii, clerodendrum trichotomum purple blaze, clerodendrum trichotomum for sale, clerodendrum trichotomum variegata

Clerodendrum trichotomum
gambar : missouribotanicalgarden.org

Jenis ini berasal dari Cina, Taiwan dan Jepang. Tingginya mencapai 3 – 6 m. Daunnya lebar 20 cm dan berwarna hijau mengkilap. Bunga juga muncul di pucuk cabang. Bentuk bunga mirip dengan nona makan sirih. Bedanya jenis ini tidak mempunyai bunga kecil merah di balik kelopaknya. Warna bunga putih dan beraroma harum. Di negeri asalnya, jenis ini dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

10. Clerodendrum wallichii

clerodendrum nutans, nodding clerodendrum, clerodendron, glory bower plant, lerodendrum wallichii sale

Clerodendrum wallichii
gambar : davesgarden.com

Clerodendrum ini berasal dari India, berbentuk semak dengan tinggi 2 – 3 m. daunnya rapat, berbentuk elips, berukuran 12 – 18 cm, mengkilap dengan tepi bergelombang. Tangkai bunganya muncul di ujung cabang dengan panjang 10 – 20 cm. bunganya hanya sedikit dan berwarna putih. Tangkai sarinya melengkung sepanjang 5 – 7 cm. Buah berbentuk bulat dan berukuran 5 mm. 10 Jenis Tanaman Hias Clerodendrum (Nona Makan Sirih)

Loading...
error: