Macam Jenis Pot untuk Tanaman Buah dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Macam Jenis Pot untuk Tanaman Buah serta Kelebihan dan Kekurangannya

pot pot cantik, pot pot unik, pot pot lucu, pot pot keren, jenis macam pot

Pot dari Kayu
gambar : walmart.com

Bentuk, ukuran serta bahan pot ada bermacam-macam, dan masing-masing memiliki kekuranan dan kelebihan. Dengan mengetahui jenis-jenis serta kekurangan dan kelebihannya kita dengan mudah bisa menentukan pot seperti apa sebenarnya yang paling cocok untuk kebutuhan tanaman buah favorit kita.

Ada 2 bentuk mulut pot yaitu bulat dan persegi. Bentuk ke bawahnya ada yang lurus dengan ukuran sama dengan bagaian atasnya, ada yang mengecil di bagian bawah, dan ada yang berbentuk setengah bola.

Pot biasa (bukan hidroponik) harus mempunyai lubang pada dasarnya, serta mempunyai kaki agar dasar pot tidak menempel pada lantai. Sehingga kelebihan air siraman akan mudah mengalir ke luar. Dengan demikian akar tanaman akan terhindar dari kebusukan.

Kesesuaian Pot Dengan Tanaman

Dalam memanfaatkan pot kita juga harus menyesuaikan bentuk pot serta ukurannya dengan tanaman yang akan kita tanam, pot yang berbentuk setengah bola lebih cocok untuk tanaman yang mempunyai akar serabut. Tanaman buah-buahan yang umumnya memiliki akar tunjang lebih cocok ditanam pada pot yang bentuknya memanjang.

Ukuran pot juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan kita. Tanaman buah yang batangnya belum terlalu besar bisa ditanam dalam pot yang berdiameter 40 – 50 cm. Namun tanaman yang sudah cukup besar, misalnya pohon sawo atau mangga yang tingginya sekitar 1,5 – 2 meter lebih baik ditanam dalam pot berdiameter 1 meter agar bisa berkembang dengan baik.

Baca Juga :  10 Hewan yang Aneh Langka Paling Sulit Ditemukan di Dunia

Sekarang pot tidak hanya terbuat dari tanah liat yang dibakar. Bahan yang sering digunakan untuk pembuat pot antara lain porcelain, plastik, logam, semen bahkan kayu dan bambu. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui sifat-sifatnya, kita bisa memilih pot mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Di bawah ini adalah beberapa jenis-jenis pot dengan kelebihan dan kekurangannya :

1. Pot dari Tanah Liat

types of pot plants, jenis macam pot, macam jenis pot

Pot tanaman dari tanah liat
gambar : youtube.com

Inilah adalah pot yang paling baik untuk tanaman menurut beberapa penggemar tanaman buah-buahan, karena pot dari tanah liat yang tidak diberi lapisan apapun berpori-pori hingga bisa merembeskan air ke luar. Sirkulasi udara tanah di dalam pot juga tetap terjamin. Dengan demikian meskipun cuaca panas, suhu media dalam pot akan tetap stabil. Akibatnya akar akan terhindar dari stress yang disebabkan fluktuasi suhu yang tinggi.

Kelemahan pot tanah liat ini adalah mudah retak dan pecah. Benturan yang keras, terjatuh atau perkembangan akar akan menyebabkan mudah pecah. Selain itu, pot tanah liat juga boros air, karena air siraman akan mudah keluar lewat pori-pori, sehingga kita harus rajin menyiram, terutama di musim kemarau.

Baca Juga :  Pohon Pisang Raksasa Terbesar di Dunia Tumbuh di Papua, Fantastis!

2. Pot dari Plastik

plastic pots for plants wholesale, plastic pots manufacturers, plastic pots for trees, plastic pots wholesale, plastic pots and pans for kids

Pot plastik
gambar : floramax.com.ua

Pot yang terbuat dari plastik ini banyak digemari orang. Selain bentuk dan warnanya yang menarik, harganya pun cukup murah karena pembuatannya tidak rumit dan bisa diproduksi secara masal. Kelebihan lainnya adalah ringan tetapi kuat sehingga tidak mudah retak maupun pecah.

Kelemahannya, pot ini tidak mempunyai pori-pori, sehingga jika panas terik suhu media dalam pot ikut naik hingga bisa mengakibatkan tanaman layu. Untuk menghindari hal ini tanaman dengan pot plastik sebaiknya ditempatkan di lokasi yang teduh dan lembap.

3. Pot dari Semen

jual pot tanaman, harga pot tanaman, rak pot tanaman

Pot dari semen

Dewasa ini banyak orang yang membuat pot dari semen. Harganya tidak terlalu mahal. Bentuknya bervariasi sehingga sangat menarik. Kelebihan lainnya, pot semen ini masih bisa meresapkan air, sehingga bisa menjaga kestabilan suhu tanah. Kekurangan pot ini juga bisa diandalkan. Pot ini tidak mudah pecah meski kena benturan yang cukup keras.

Kelemahannya adalah beratnya, dalam ukuran yang sama pot semen beratnya bisa beberapa kali lipat dari pot tanah liat, sehingga sukar untuk digeser-geser. Apalagi para penangkar tanaman, akan sangat repot bila harus mengangkutnya ke tempat yang cukup jauh.

4. Pot dari Kayu dan Bambu

pot pot cantik, pot pot unik, pot pot lucu, pot pot keren, jenis macam pot

Pot dari Kayu
gambar : walmart.com

Selain yang terbuat dari semen, pot dari bambu atau kayu juga banyak disukai orang. Pot kayu ini masih mudah meresapkan air meskipun tidak sebaik seperti pot tanah liat. Dari segi artistik pot kayu ini tak kalah berbending dengan pot semen. Beratnya pun tidak seperti pot semen. Dibanding pot tanah liat, pot kayu jauh lebih kuat.

Baca Juga :  Meningkatkan Mutu Buah Anggur

Kelemahannya adalah daya tahannya. Karena selalu bersinggungan dengan tanah dan air, pot ini menjadi cepat lapuk. Juga dapat dimakan rayap. Oleh karena itu banyak orang yang menggunakan pot kayu atau bambu ini hanya sebagai pot luar saja.

5. Pot dari Drum Bekas

pot dari barang bekas, pot-pot menarik dari barang bekas, pot dari drum bekas minyak

Pot dari Drum bekas
gambar : warintek.ristek.go.id

Drum bekas banyak digunakan orang sebagai “pot raksasa”. Untuk itu, drum bekas tersebut dipotong menjadi dua dan pada bagian bawahnya diberi lubang agar kelebihan air siraman dapat terbuang. Pot ini sangat cocok untuk tanaman buah-buahan yang sudah cukup besar. Selain drum, kaleng bekas cat yang besar juga sering digunakan sebagai pot.

Kelemahan pot ini adalah mudah karatan hingga bisa meracuni tanaman. Juga tidak berpori-pori hingga medianya bisa panas seperti halnya pot plastik. Agar awet, pot drum ini bisa dicat.

6. Pot dari Porcelain

tanaman pot buah, jual pot tanaman besar, pot tanaman dari barang bekas, jual pot tanaman plastik

Pot Porcelain
gambar : overstock.com

Pot yang terbuat dari (porcelain) porselin penampilannya memang sangat cantik, sehingga cocok untuk dipajang di ruang tamu. Namun para penangkar tidak menyukai pot ini karena selain harganya yang sangat mahal juga mudah pecah serta tidak mempunyai pori-pori, sehingga kurang cocok untuk tanaman buah. Pot ini lebih sesuai untuk tanaman hias eksklusif. (Sc)

Loading...
error: