Berbagai Macam Jenis Filter untuk Aquarium

Berbagai Macam Jenis Filter untuk Aquarium

Untuk menjaga kebersihan air akuarium diperlukan filter. Kini telah banyak tersedia berbagai macam filter di pasaran. Mana yang anda pilih?

Kalau air akuarium menjadi keruh, selain merusak pemandangan kita saat menikmati keindahan ikan-ikan kesayangan, tidak jarang juga kekeruhan itu menyebabkan kematian ikan. Kekeruhan bisa disebabkan pasir yang teraduk, pakan yang tercecer, atau akibat pertumbuhan ganggang yang luar biasa.

Namun anda tidak usah khawatir. Keruhan bisa diatasi dengan memasang filter dalam air aquarium. Selain membersihkan, filter juga sedikit banyak menambah kadar O2 dan menurunkan CO2 di dalam air. Jadi kenaikan derajat keasaman air akibat pernafasan ikan yang menghasilkan CO2 dapat dinetralkan. Bahkan benih penyakit pun dapat terperangkap oleh filter.

filter akuarium terbaik, filter akuarium kecil, filter akuarium air tawar, filter akuarium untuk arwana, filter akuarium murah, membuat filter akuarium, filter akuarium tanpa listrik, filter akuarium buatan sendiri

Filter sudut untuk aquarium
gambar : ebay.com

1. Macam-Macam Filter

Berdasarkan bentuk (desain) dan penempatannya, setidaknya dikenal 3 macam filter, yaitu filter dasar, filter tengah dan filter atas.

Filter dasar umumnya berbentuk lempengan berlubang yang di dalamnya ditempatkan serat filter dan karbon aktif untuk memperbaiki kualitas air. Dengan sebuah pipa yang mengarah ke atas, air yang sudah bersih dikembalikan ke dalam akuarium. Filter ini mutlak memerlukan aerator untuk membuat aliran air. Untuk menyamarkan kehadirannya, di atasnya ditimbul koraltek dan batu-batuan lainnya.

Filter tengah biasanya dirancang khusus. Motor yang menimbulkan aliran air masuk dan keluar filter terdapat di dalamnya. Filter ini terdiri dari 2 bagian, rongga tempat serat filter dan karbon aktif yang bisa dibuka tutup dan tempat motor yang tidak bisa di utak atik. Karena dilengkapi penempel, filter ini dengan mudah bisa dipasang di salah satu sudut akuarium. Maka tidak heran jika filter ini juga disebut sebagai filter sudut.

Baca Juga :  Neapolitan Mastiff Anjing Penjaga Istana Kaisar Romawi

Filter atas biasanya dipakai untuk akuarium besar dan dipasang di atas akuarium. Untuk menaikkan air ke unit filter mutlak diperlukan jasa aerator. Karena letaknya di tas kita dengan mudah mengganti karbon aktif dan serat filter yang merupakan isi utama filter.

Selain ketiga desain tersebut, kadang-kadang tersedia juga filter yang sekaligus dapat menyemarakkan akuarium. Misalnya filter yang bagian atasnya berbentuk kotak yang biasa ditempatkan di tengah akuarium. Lalu filter yang digantung di luar bibir akuarium, atau filter bulat yang diletakkan di sudut akuarium.

filter aquarium air tawar, biological filter aquarium, filter freshwater, uv filter aquarium, cara membuat filter aquarium, canister filter aquarium, filter aquarium kecil, filter aquarium kaskus

Jenis filter yang terpasang menggantung di luar bibir akuarium
gambar : newsobo.com

2. Cara Kerja Filter Akuarium

Seperti yang kita tahu di dalam filter terdapat karbon aktif yang hitam seperti arang dan serat filter yang putih bagai kapas. Karbon aktif berfungsi untuk menyaring partikel yang lebih besar dan mengembalikan air agar tetap alkalis. Sedangkan serat filter lebih dimaksudkan untuk menyaring kotoran yang lebih halus. Untuk akuarium laut serat filter biasanya tidak dipasang karena akan menyaring semua plankton yang diperlukan para binatang air (anemon dan lain-lain).

Sebaliknya apabila kita menghendaki air yang asam, rongga yang seharusnya di isi serat filter dan karbon aktif digantikan dengan aquavital. Aquavital yang dipakai bukan yang cair, melainkan yang berbentuk serabut. Aquavital ini sesungguhnya adalah semacam akar tanaman yang sudah diawetkan yang mampu menjaga keasaman air selama beberapa minggu. Dan umumnya produk aquavital ini diperlukan untuk akuarium arwana, diskus congo salem yang membuthkan air asam.

Filter dengan mudah dapat dibeli di toko atau kios akuarium dengan harga yang bervariasi, bergantung pada bentuk dan ukurannya. Yang perlu diingat saat membeli filter adalah jenis filter yang diinginkan dan ukurannya sesuai dengan besar kecilnya akuarium. Dan untuk mengefektifkan filter hendaknya filter dibersihkan setiap bulan sekali sambil diganti isinya. ***

Loading...
error: