Empat Jenis Chameleon

Empat Jenis Chameleon

Enam puluh lima spesies chameleon dari famili Chamaeleontidae ini begitu beragam warnanya. Penampilannya pun unik. Karena warna dan sosoknyalah, jenis bengkarung ini digemari di Amerika serta Eropa, dan 4 jenis ini telah umum diternakan dan menjadi hewan peliharaan.

1. Chamaeleo jacksonii

hewan peliharaan yang mudah dipelihara, pengertian hewan peliharaan, hewan peliharaan lucu, hewan peliharaan yang mudah perawatannya, hewan peliharaan unik, hewan peliharaan adalah, hewan peliharaan murah, gambar hewan peliharaan

Chamaeleo jacksonii jantan dengan tiga tanduknya.
gambar : chamaeleonberlin.com

Chameleon yang mempunyai panjang tubuh 32 cm ini, berwarna hijau sampai kuning kecokelatan, kadang-kadang putih atau bintik-bintik cokelat. Yang lebih menarik dan unik, chameleon jantan mempunyai tiga tanduk panjang pada moncongnya, sedangkan pada betina tanduk ini biasanya berukuran kecil dan hanya ada satu tanduk pada bagian konikal.

Chameleon “three-horned chameleon” ini daerah penyebaran habitatnya adalah di bagian utara Afrika seperti Tanzania dan Kenya. Dan di habitat asalnya ia berada di hutan-hutan dataran tinggi. “Dia adalah satu jenis chameleon yang berhasil diternakkan dan jumlahnya cukup banyak.

Chamaeleo jacksonii akan lebih cocok dan bagus jika dipelihara di dataran tinggi seperti daerah Pucak – Bogor berketinggian 3.000 m dpl, dengan suhu 20 – 30 derajat C. sedangkan bila dipelihara di terarium ia membutuhkan suhu 22 – 26 derajat C pada siang hari dan 15 – 18 derajat C pada malam hari, serta pemberian panas yang tetap dengan penyinaran UV biasa.

2. Chamaeleo Melleri

chameleons adaptations for kids, meller's chameleon, meller's chameleon facts, meller's chameleon for sale, meller's chameleon care, map of where chameleons live

Chamaeleo melleri
gambar : piscespets.com

Chameleon ini memiliki tanduk kecil pada moncongnya. Tubuhnya berlatar belakang warna cokelat marmer (atau kadang-kadang hijau terang) dengan jarak strip kuning yang lebar. Adanya bintik hitam membuat warnanya sangat kontras. Dia melepaskan kulitnya setiap 2 – 3 bulan. Keunikan terjadi pada chameleon jantan dan bentina. Chameleon jantan sering “mengangguk-anggkuk” (nodding) secara berturut turut selama 3 – 4 jam (pergerakan iin benar-benar kentakan kepala ke arah belakang) dan chameleon betina juga akan melakukan balasan goyangannya.

Baca Juga :  Burung Poksay : PERLU KASIH SAYANG

Orang awam mungkin akan terkejut, bila selama 6 minggu chameleon jantan tidak melakukan aktivitas bahkan makan pun tidak. Dengan melakukan hal tersebut chameleon merasa tenang. Yang jelas periode ini normal sebagai periode istirahat. Kemudian setelah itu memulai kembali makan dan mencoba kawin dengan chameleon betina.

Panjang tumbuh maksimal chameleon jenis ini sekitar 58 cm, dengan panjang ekor setengah dari panjang keseluruhannya yaitu sekitar 28  – 29 cm. Sebagian besar chameleon ini daerah penyebarannya di Madagaskar. Chameleon melleri dikenal juga dengan nama short-horned-chameleon.

3. Chamaeleo parsonii

chameleon species pictures, parson's chameleon for sale, largest chameleon, biggest chameleon in the world, biggest chameleon, chamaeleo parsonii skull

parson’s chameleon
gambar : wikipedia.org

Chameleon ini memiliki dua tipe moncong. Tipe pertama ujung moncong terlihat ke atas, sedangkan yang kedua bagian moncongnya keluar. Chameleon ini jika dilihat dengan teliti tampak unik dengan memakai helm yang panjang mengarah ke belakang kepalanya. Matanya mampu bergerak secara bebas berputar 360 derajat. Ia dapat mengamati mangsa dan sepintas dapat mengamati keadaan bahaya yang akan menimpanya.

Aneka warna tubuh yang dimiliki adalah kuning ternag, cokelat, dan hijau kebiruan, warna-warna yang sangat kontras. Dan perubahan warna akan terjadi bila lingkungan tidak menghendaki. Dia mempunyai panjang tubuh sekitar 61 cm, panjang ini merupakan ukuran maksium chameleon umumnya.

4. Chameleon Veiled

chameleon veiled diet, chameleon veiled for sale, chameleon veiled care, veiled chameleon facts, chameleon forum, close up veiled, veiled chameleon videos, veiled chameleon colours

Chameleon Veiled
gambar : carnivoraforum.com

“Warna tubuhnya cantik memiliki warna yang kontras. Chameleon ini sangat bagus dan cocok dipelihara karena mampu bertahan di daerah yang beriklim panas seperti di Indonesia. Yang cukup menarik pada chameleon ini adalah di bagian kepalanya terdapat ‘tudung’, sepintas seperti telinga kelinci dan kelihatan cantik. Chameleon dari Yaman ini sangat baik melakukan kamuflase ketika berpindah tempat ke daerah dingin, atau saat berada pada semak-semak. Warnanya akan beradaptasi dengan lingkungan yang berada di sekitaranya, juga terhadap tumbuhan lumut yang berada di sisi ranting. (***Nn dari berbagai sumber).

error: