Tips Hati-Hati Memelihara Ular

Tips Berhati-hati Memelihara Ular

ular mesum, ular unik mahal harganya, gambar ular unik, tips memelihara ular, cara memelihara ular yang baik, cara memelihara ular yang baik dan benar, cewe cantik pegang ular

Hindarkan lilitan sempurna pada bagian leher

Memang sampai saat ini masih jarang tentang kabar keganasan ular peliharaan. Berbeda dengan kasus gigitan anjing atau kucing kesayangan. Di Amerika Serikat saja, setiap tahun jutaan dollar harus dikeluarkan pemilik anjing untuk mengobati kasus gigitan anjing. Malahan sebuah sumber mengungkapkan, setiap tahun di negara adikuasa tersebut ada 10 – 15 orang terbunuh oleh anjing.

Namun sejinak apapun ular kesayangan Anda, sebaiknya tetap diwaspadai. Sebab bagaimanapun binatang melata ini tetap memiliki naluri sebagai ular, bukan berakal budi seperti manusia. Sedikit saja kita lengah, justru bisa menjadi ancaman, karena itu tidak salah jika kita tetap menganggap ular sebagai binatang yang tidak berakal budi, yang dapat mencelakakan pemiliknya atau orang-orang disekitarnya. Malahan akan lebih baik menghindarkan berbagai resiko yang dapat timbul, daripada menangani hal yang telah terjadi.

1. Hindarkan Lilitan Sempurna

Banyak orang begitu bangga bila berani melikitkan ular di sekeliling badannya, atau mengalungkannya pada lehernya. Tanpa disadari, tindakan seperti itu merupakan ancaman baginya. Sebab ular memiliki kebiasaan yang khas, yakni melakukan pengetatan otot untuk menguasai keseimbangannya. Tarikan ototnya pada saat melakukan kebiasaan itu memang cukup kuat dan ketat.

Baca Juga :  11 Ciri Umum Kucing Anggora yang Asli

Mengingat hal itu, jangan dibiasakan melilitkan ular ke seputar leher. Sebab lilitan ular yang sempurna di sekitar leher dapat membuat orang pingsan akibat terhentinya aliran darah ke otak, malahan bisa mencekik leher orang hingga mati lemas.

Selain itu, jika sedang sendirian sebaiknya jangan bermain dengan ular, apalagi jika panjangnya lebih dari 3 meter. Sebab jika badan dililit ular, sulit bagi kita melepaskan lilitannya tanpa bantuan orang lain, lilitannya mampu meremukan tulang-tulang. Akan lebih baik jika anda juga memberikan kalimat peringatan bagi orang-orang terdekat agar tidak melilitkan ular dengan lilitan sempurna di badan atau leher mereka.

2. Hindarkan Tangan Berbau Mangsa

ular termahal di Indonesia, ular termahal di dunia, ular termahal dunia, 10 ular termahal di dunia

Ular unik yang mahal
gambar : pinterest.com

Penglihatan ular rabun, sehingga dia tidak segera mengenali apa saja yang ada di depannya. Sebaliknya, penciumannya sangatlah tajam untuk bisa mengnal mangsa di dekatnya. Karena itu sebelum memegang ular terutama bagian kepalanya, sebaiknya tangan dicuci bersih terlebih dahulu lebih baik dengan sabun. Apalagi jika beberapa saat sebelumnya kita baru saja selesai memegang tikus, ayam atau mangsa ular lainnya. Karena bau mangsa yang membekas di tangan kita akan menyebabkan ular menganggap tangan kita juga sebagai mangsanya.

Baca Juga :  MENCANGKOK JAMBU AIR DENGAN CANGKOK BERANTAI

Sebaiknya juga tidak dibiasakan memberi makan ular dengan cara melempar mangsa segera setelah pintu kandang ular dibuka, apalagi jika cara seperti itu berlangsung lama. Sebab tanpa disadari, ular akan menghubungkan terbukanya pintu dengan datangnya makanan. Akibatnya, jika suatu saat kita membuka pintu kandang untuk tujuan yang lain, ular akan langsung menyerang kita.

3. Jangan Remas Ekor Ular

ular terbesar di dunia, ular berbisa, ular makan manusia, jenis ular, mimpi ular, ular sawa, tahun ular, cacar ular

Menutup mata dan kepala ular dengan kain sebelum meegang tengkuk
gambar : reptilx.com

Pada saat mengganti kulit, sebaiknya ular tidak dipegang-pegang, apalagi diajak bermain. Sebab hal itu akan menyebabkan dia merasa terganggu. Jangan pula memegang atau meremas bagian ekornya, karena bagian itulah yang paling sensitif. Jika dipegang, ular akan berbalik arah dan menyerang tangan yang memegang ekornya.

Sebaiknya tidak memegang ular dari arah depan, melainkan dari belakang kepala. Cara paling aman untuk mengangkat memindahkan ular adalah dengan memakai tongkat ular dan menggerak-gerakannya ke arah badan ular, lalu dengan cepat memegang bagian belang kepalanya. Cara lain, dengan menutupi kepalanya dengan selembar kain, lalu pegang bagian punggung ular dan diangkat. Sebaiknya, bagian kepala ular dielus-elus manja dulu sebelum diangkat, karena dia akan merasa tenang.

Baca Juga :  TIPS MEMILIH BURUNG BAKALAN

4. Jangan Cium Kulit Ular

Meskipun tidak sebahaya mencium bulu anjing atau kucing, sebaiknya tidak dibiasakan mencium kulit ular yang tampak bersih. Paling baik jika kulit ular dianggap kotor. Sebab buka tidak mungkin pada kulit ular menempel kuman-kuman penyakit yang membahayakan saluran pernafasan kita. Sebaiknya pula pada setiap selang waktu tertentu, kulit ular dibasuh dengan larutan alkohol untuk membunuh kuman. Caranya, ambil sehelai kain atau kapas, celupkan dalam larutan alkohol, dan gosokkan satu atau dua kali di seluruh bagian kulit ular. #FRP

Loading...
error: