Manfaat Kolang Kaling, si Bening dari Pohon Aren

Manfaat Kolang Kaling, si bening dari Pohon Aren

pohon aren kolang-kaling, pohon aren dan manfaatnya, pohon aren unggul, pohon enau disebut juga pohon nira dan aren, manfaat pohon aren, kegunaan pohon aren, bibit pohon aren, gambar pohon aren, pohon aren unggul, gula aren

pohon aren penghasil kolang-kaling

Siapa yang tidak tahu dengan cemilan bernama kolang-kaling, camilan yang biasa melengkapi es buah atau kolak ini sangat terkenal di Indonesia, namun apakah anda tahu bahwa makanan dengan tekstur yang lunak kenyal dan berwarna putih transparan ini berasal dari biji buah aren yang berbentuk bulat pipih dan getahnya bisa menyebabkan gatal pada kulit.

Kolang-kaling berasal dari pohon aren bernama latin Arenga pinnata (disebut juga enau atau nira) yang hidup di daerah yang mempunyai ketinggian 200 – 1000 di atas permukaan laut ini memang banyak terdapat di berbagai daerah di Indonesia, dan ternyata semua bagian pohon aren bisa diambil manfaatnya, mulai dari akar yang bisa dijadikan obat tradisional lalu batangnya yang bisa dijadikan berbagai macam peralatan atau menjadi bahan bangunan, belum lagi ijuknya yang banyak dipergunakan untuk keset atau sapu dan tentunya biji buah pohon aren yang bisa dijadikan kolang-kaling.

Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Ternyata cemilan bernama kolang-kaling, disebut caruluk / ceruluk (dalam Bahasa Sunda) atau in English masih disebut kolang-kaling ini 😀 memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Berikut 4 diantaranya :

Baca Juga :  Rumah Minimalis Sederhana dan Cantik Ini Bikin Kamu Enggan Bangun Rumah Mewah!

1. Melancarkan Pencernaan

kolang kaling fanta, cara mengolah kolang kaling, resep manisan kolang kaling fanta, kolak kolang kaling, khasiat buah kolang kaling

Es kolang kaling
gambar : sukacai.blogspot.com

Manfaat yang pertama adalah melancarkan sistem pencernaan, bagi orang yang memiliki masalah susah buang air besar atau masalah pencernaan dan tidak ingin mengkonsumsi obat atau minuman pelancar pencernaan yang mengandung bahan kimia, dapat kolang-kaling yang terbuat dari bahan alami untuk melancarkan pencernaan, karena dengan mengkonsumsi 5 – 10 butir setiap harinya dapat mencukupi kebutuhan serat bagi tubuh dan 39 % serat kasar dalam kolang-kaling mampu melancarkan proses pembuangan air besar. Selain itu kolang-kaling dapat digunakan orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan kandungan karbohidratnya yang tinggi lebih lama dicerna oleh perut sehingga dapat menyimpan energi lebih lama di dalam perut sehingga kolang-kaling dapat dijadikan cemilan sehat bagi orang yang sedang diet.

2. Mengatasi Penyakit Radang Sendi

cara membuat manisan kolang kaling yang enak, manisan kolang kaling dengan fanta, manisan kolang kaling fanta, resep manisan kolang kaling fanta, manisan kolang kaling kering, resep manisan kolang kaling enak

Manisan kolang kaling
gambar : langsungenak.com

Bila anda merasakan persendian anda sakit atau kaki anda sakit ketika menaiki tangga, bisa jadi anda mengalami penyakit radang sendi, dan untuk mengatasi radang sendi mungkin anda bisa mencobanya dengan mengkonsumsi kolang-kaling dengan cara yang tepat dan teratur. Kandungan 52,9 % karbohidrat pada kolang-kaling ini ternyata mampu memberikan efek analgesik atau pereda sakit sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, dan untuk mendapatkan manfaat kolang-kaling.

Baca Juga :  9 Jenis Tanaman Pembersih Udara Terbaik

Untuk radang sendi ini si penderita dapat mengkonsumsi 100 hingga 200 gram kolang-kaling setiap harinya tanpa gula, namun jika tidak terbiasa dengan kolang-kaling tanpa rasa manis, anda bisa mencobanya dengan kolang-kaling yang direbus menggunakan pandan, jahe atau kayu manis sebagai pengganti gula sehingga kita dapat mengkonsumsi kolang-kaling tanpa perlu menambahkan kadar gula dalam tubuh.

3. Memperkuat Tulang

kolang kaling in english, manfaat kolang kaling bagi kesehatan, kolang kaling recipe, kolang kaling fanta, kolang kaling terbuat dari apa, kolang kaling kalori, kolang kaling untuk ibu hamil, kolang kaling kembang

Buah biji aren / kolang-kaling
gambar : ziplist.com

Selanjutnya manfaat kolang kaling adalah untuk tulang, jika selama ini kita begitu yakin susu adalah sumber kalsium yang bagus untuk tulang kita, namun tahukah anda kolang kaling pun memiliki kandungan kalsium yang cukup besar, jika kita bandingkan dalam 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan dalam susu sapi murni terdapat 125 mg kalsium jika dihitung kandungan kalsium dalam kolang-kaling lebih rendah sedikit 34 mg setiap 100 gramnya.

Namun meskipun demikian jika kita hanya mengandalkan susu yang berkalori tinggi sebagai sumber kalsium kita, maka bobot berat badan kita pun bisa bertambah, hal ini dapat memacu pada kegemukan dan sendi akan semakin sakit karena tulang tidak kuat menyangga tubuh. Jadi kolang kaling bisa menjadi cemilan yang sehat sekaligus sumber protein yang aman bagi anda yang ingin menjaga berat badan.

Baca Juga :  Agar Tanah Liat Lebih Layak Ditanami Tanaman

4. Membuat Tubuh Segar dan Fit

cara Proses pengolahan buah biji pohon aren menjadi kolang kaling, manfaat kolang kaling bagi kesehatan, kolang kaling in english

Proses pengolahan buah biji pohon aren menjadi kolang kaling
gambar : similarsites.com

Dibalik rasanya yang enak ternyata banyak juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya yaitu kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang mampu menyegarkan tubuh sekaligus memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Menurut penelitian kadar air dalam kolang-kaling dapat mencapai 94 %, kandungan air inilah yang dapat membuat kita segar setelah memakan kolang kaling. Selain itu tingginya kandungan mineral seperti kalsium, besi dan fosfor di dalam kolang kaling juga berkhasiat menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat.

Demikianlah manfaat kolang-kaling bagi kesehat tubuh kita, Semoga bermanfaat.

Loading...
error: