Jenis-Jenis Ular dengan Kemampuan Terunik di Dunia

Jenis-Jenis Ular dengan Kemampuan Terunik di Dunia

Ular merupakan hewan reptil yang keberadaannya dan perkembangannya tersebar luas hingga seluruh pelosok dunia, di hutan, gunung, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, lingkungan permukiman hingga di lautan bisa dijumpai reptil ini.

Hanya di kawasan temperatur dingin ular tidak dapat hidup, dari ribuan jenis species ular masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri, bukan hanya dari habitat yang didiaminya, tapi juga dari kemampuan antar spesies selalu terdapat perbedaan bahkan diantaranya memiliki kemampuan unik, baik itu saat berburu, bergerak ataupun kepemilikan organ tubuhnya.

Di bawah ini adalah jenis-jenis ular yang memiliki kemampuan uni tersebut :

1. Ular Tikus (Memangsa Tikus dengan Gigi Kailnya)

ular makan tikus, sistem tikus, ular unik dan aneh, ular tikus wiki ular unik di Indonesia, ular unik sedunia, ular unik di dnia, ular aneh, ular jali, ular babi, ular sapi

Ular Tikus (Memangsa Tikus dengan Gigi Kailnya)
gambar : schlangenland.de

Ular yang memiliki kemampuan terunik pertama adalah ular tikus, nama itu diambil karena kebiasaannya memakan atau memangsa tikus sebagai buruan utama kebutuhan makanannya. Ada lima species yang termasuk jenis ular tikus diantaranya Ptyas korros yang disebut juga Ular jali, Elaphe flavolineata yang disebut juga ular babi, Elaphe radiata bernama lain ular sapi, Gonyosoma oxycephalum atau ular bajing, serta Ptyas mucosa yang disebut juga ular tikus India.

Ular ini endemik atau hanya ditemui di Asia Tenggara dan Asia Selatan, ular ini juga termasuk diurnal atau berarti aktif di siang hari kebalikan dari ular nokturnal yang aktif di siang hari tidak berbisa dan selalu menghindari kontak dengan manusia, sehingga tergolong tidak berbahaya dan suka dipelihara, saat menghindar dari manusia hanya butuh hitungan detik saja untuk menghindar yang unik adalah ular ini sangat piawai dalam berburu tikus, hampir dipastikan tidak ada hewan pengerat yang bisa lolos dari sergapannya, terutama yang dimangsa spesies Ptyas korros yang mempunyai ciri matanya besar dan penglihatannya tajam membuat setiap tikus yang menjadi incarannya selalu bisa dilihatnya, kecepatannya pun sangat luar biasa, untuk menunjang perburuannya ia juga mempunyai gigi yang berbentuk seperti kail pancing, tikus yang tersangkut di mulutnya akan ditelannya hidup-hidup.

Baca Juga :  Memegang Dan Mengayunkan Joran

2. Crotalus cerastes (Mampu Berjalan Menyamping dan Berkamuflase)

ular unik berkepala dua, ular konyol, bisa ular, 10 unik, ular dijual, ular satwa

Ular yang mempunyai kemampuan unik berikutnya adalah ular yang bernama latin Crotalus cerastes. Crotalus cerastes ini disebut juga ular derik, keunikan ular yang habitatnya di gurun pasir yang panas ini adalah saat ia berjalan. Jika ular lainnya berjalan ke depan, ular yang juga memiliki 2 cula dikepalanya justru berjalan menyamping, bahkan jika diamati secara teliti saat berjalan menyamping terlihat seperti terbang, dengan kecepatannya Crotalus cerastes berjalan hanya bertumpu pada dua titik di bagian bawah kepala dengan titik di atas ekor secara bergantian, ini untuk menghindari panasnya terik gurun di bagian kepala dan badannya. Dengan begitu ular ini bisa menghemat tenaga di siang hari.

Walaupun termasuk hewan nokturnal atau akif beraktifitas di malam hari, ular ini juga beraktifitas di siang hari. Kemampuan unik lainnya adalah saat berkamuflase menghindari predator atau perburuan oleh manusia, ular ini menyamarkan diri dengan memasukkan setengah badannya kedalam pasir sehingga tidak terlihat. Kemampuan ini juga biasa ia gunakan saat berburu mangsa.

3. Chrysopelea (Mampu Meluncur Seperti Terbang)

ular terbang video, ular terbang flying snake, ular terbang raksasa, ular terbang berbisa, ular terang di langit

Chrysopelea (Ular Terbang)

Kemampuan ular Chrysopelea juga sangat unik, yaitu ia bisa meluncur dari ketinggian bagaikan terbang, badannya melebar seperti parasut. Karena kemampuannya inilah ular yang habitatnya di Asia Tenggara, kepulauan malaenesia dan India ini disebut ular terbang.

Kemampuan dalam meluncur ular ini juga tidak tanggung-tanggung, yakni bisa mencapai puluhan meter, kemampuan meluncur seperti terbang ini lantaran sirip tipis yang ada di bagian tepi tubuhnya. Dengan sirip tipis tersebut, badannya mampu memipih dan gerakan tubuhnya meliuk. Gerakan tersebut untuk menangkap aliran udara yang dimanfaatkannya untuk melayang, hebatnya lagi ia selalu selamat saat mendarat di tanah maupun di ranting pohon. Keahliannya ini sering dimanfaatkan ketika berburu makanan yang dilihatnya dari kejauhan seperti hewan kecil yang hidup di ranting pohon.

Baca Juga :  Anjing Bouvier yang Kekar dan Berbulu Lebat

4. Rhabdophis Tigrinus (Mampu Menyimpan Racun / Bisa di Belakang Lehernya)

ular beracun di dunia, ular beracun di Indonesia, ular beracun di papua, ular beracun papua, ular beracun Indonesia, ular berbisa, ular paling berbisa

Rhabdophis Tigrinus (Mampu Menyimpan Racun / Bisa di Belakang Lehernya)
gambar : kienthuc.net.vn

Ular yang satu ini memiliki keunikan yang luar biasa karena ular ini bisa menyimpan racun dari dari hewan yang dimangsanya, ular dari famili Rhadophis tigrinus ini juga memiliki bisa namun tidak terlalu berbahaya bagi manusia, saat bisanya habis ular ini tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya lagi.

Seperti ular lainnya Rhabdophis Tigrinus tinggal berburu katak beracun, racun dari katak inilah yang akan disimpan di belakang lehernya, ketika dalam kondisi terdesak atau bahaya dan membutuhkan bisa, racun dari yang dimangsanya akan digunakan.

Jadi ular ini akan memiliki dua bisa hasil olahan alami tubuhnya dan bisa yang didapatkan dari katak dan disimpan di lehernya. Keunikan lainnya ular ini sangat piawai dalam berenang, sehingga untuk mencari katak beracun sebagai kebutuhan bisanya ular ini bisa mendapatkannya dari katak beracun yang ada di darat maupun yang berada di perairan. #spt

error: