Asal Usul dan Jenis-Jenis Buah Plum Yang Lezat Berkhasiat

Asal Usul dan Jenis-Jenis Buah Plum Yang Lezat Berkhasiat

tanaman buah plum dataran rendah, tanam buah plum, bibit tanaman buah plum, cara tanam buah plum, bercocok tanam buah plum

Plum dari Jepang varietas Burbank

Plum adalah tergolong stone fruit (buah berbiji keras) yang digemari masyarakat. Kendati ada tiga jenis yang terdiri dari banyak varietas, pasar swalayan kita lebih sering menyediakan plum jepang. Buahnya berwarna ungu kemerahan, mengandung banyak air dan rasanya manis. Selain sebagai buah segar, plum juga dijual dalam bentuk olahan yang disebut prune. Makanan terakhir ini mengandung cukup banyak mineral dan vitamin.

Di rak panjang buah pasar swalayan di antara beberapa macam buah impor terdapat buah mirip apel, tapi lunak karena mengandung banyak air, berdiameter 3- 5 cm. Warna buah ini merah sampai keunguan dengan biji keras sekali, sehingga dalam klasifikasi kelompok buah ini termasuk stone fruit bersama peach dan nektarin. Orang Eropa menyebutnya plum.

1. Sejarahnya Asal Usul Plum

Sejarahnya Plum (Prunus spp) telah dikenal bangsa Eropa sejak 200 tahun lalu. Hingga sekarang, pemulia plum telah menghasilkan kurang lebih 40 varietas budidaya : 14 varietas plum eropa (P. domestica), 18 varietas plum Jepang (P. salicina) dan 8 varietas plum ceri (P. cerasifera) serta sejumlah hasil silangan antar spesies.

Berbagai varietas plum itu dihasilkan dengan dua cara penyerbukan: penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang. Dalam penyerbukan silang diperlukan dua varietas dari spesies yang sama dan waktu berbunga bersamaan. Tidak setiap varietas cocok disilangkan dengan yang lain. Daftar varietas dan varietas penyerbuknya dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel.1. Varietas plum dan penyerbukannya

Plum Eropa
Varietas Varietas Penyerbukan
Angelina Burdett Penyerbukan sendiri, Grand Duke, Jefferson, Presiden
Anna Spath Penyerbukan sendiri, Czar, Victoria
Cambridge Gage Penyerbukan sendiri, Czar, Greengage, Presiden, Reine, Claude de Bavay, Victoria
Cole’s Golden Gage Cambridge Gage, D’Agen, Greengage, Presiden, Rein Claude de Bavay, Victoria
Czar Penyerbukan sendiri
D’Agen Penyerbukan sendiri
Grand Duke Angelina Burdett, Jefferson, Presiden
Greengage Angelina Burdet, Jefferson, Presiden
Opal Penyerbukan sendiri, Cambridge Gage, Czar, Victoria
Jefferson Angelina Burdett, Grand Duke, Presiden, Reine Cloude de Bavay
Presiden Angelina Burdett, D’Agen, Grand Duke, Jefferson Reine Cloude de
Bavay Penyerbukan Sendiri
Victoria Penyerbukan Sendiri
 Plum Jepang
Varietas Varietas Penyerbukan
Black Amber Friar, Queen Rosa, Santa Rosa
Burbank Santa Rosa, Sultan, Wickson
Eldorado Santa Rosa, Wickson
Elephant Heart Redheart, santa Rosa, Sultan Wickson
Friar Queen Rosa, Redheart, Santa Rosa
Kelsey Penyerbukan sendiri
Late Santa Rosa Penyerbukan sendiri, Elephant Heart, Wickson
Mariposa Elephant heart, Narrabeen, Redheart, Salad, Satsuma
Narrabeen Elephant heart, Mariposa, Redheart, Salad, Santa rosa, Satsuma
Queen Rosa Friari, Ruby Red, Santa Rosa, Satsuma
Redheart Penyerbukan sendiri, Elephant heart, Santa Rosa
Ruby Red Queen Rosa, Santa Rosa, Satsuma
Salad Elephant heart, Mariposa, Naarabeen, redheart
Santa Rosa Penyerbukan sendiri, Mariposa, Narrabeen Redheart, Ruby Red, Wickson
Satsuma Penyerbukan sendiri, Mariposa, Narrabeen, Queen Rosa, Ruby Red, Santa Rosa
Shiro Narabeen, Redheart, Santa Rosa
Sultan Penyerbukan sendiri, Burbank, Elephant-Heart, Omega, Santa Rosa
Wickson Santa Rosa
Cherry Plum
Varietas Varietas Penyerbukan
Billington Black Doris, Doris, Omega, Wilson’s Early
Black Doris Billington, Elephant Heart, Santa rosa, Wickson
Delight Elephant Heart, Late Santa Rosa, Santa Rosa
Doris Bilington, Mariposa, Santa Rosa
Omega Penyerbukan sendiri, Bilington, Doris, Elephant Heart, Santa Rosa, Sultan
Purple King Omega, Wilson’s Early
Sprite Delight, Santa Rosa
Wilson’s Early Penyerbukan sendiri, Billington, Black-Doris, Omega, Santa Rosa
Baca Juga :  Manfaat Jerami di Dunia Pertanian

Sumber : The Australian Home Orchard

Di belahan dunia bagian Eropa plum biasa dihidangkan sebagai buah meja atau pencuci mulut. Selain itu, plum juga diproses menjadi berbagai produk olahan, seperti selai, jeli dan penyedap rasa buah. Semua produk tersebut disebut prune. Plum dan prune menurut Encylopedia of Fruitsfor Healthful Living sangat kaya akan gizi dan mengandung gizi yang berguna untuk kesehatan (Tabel 2).

2. Varietas dan Jenis-Jenis Buah Plum

buah plum untuk bayi, cara makan buah plum, buah plum untuk ibu hamil, buah plum hitam, bibit buah plum, budidaya buah plum, buah plum merah, asal buah plum

Buah Plum Merah

Plum Eropa (P. domestica) berasal dari Asia barat daya. Tanaman buah ini lalu ditanam di daratan Eropa sejak 2000 tahun lalu. Daerah tumbuhnya spesifik di wilayah yang beriklim dingin, seperti di Eropa dan Australia. Negara Kanguru itu merupakan salah satu penghasil plum utama di dunia. Lebih dari 18.800 ton plum dihasilkan setiap musim panen.

Tabel 2. Analisis Kandungan Nutrisi Plum dan Prune

Komposisi Kimia Plum Prune
Vitamin A (per 100 gr) 350 I.U 1980 I.U
Vitamin B
Thiamin 0,06 mg 0,10 mg
Ribovlamin 0,04 mg 0,16 mg
Niacin 0,5 mg 1,7 mg
Vitamin C 5 mg 3 mg
Lemak 0,2 gr 0,6 gr
Protein 0,7 gr 2,3 gr
Karbohidrat 20,4 gr 71 gr
Kalsium 17 mg 11 mg
Besi 0,5 mg 0,7 mg
Fosfor 20 mg 85 mg
Kalium 100 mg 810 mg
Kalori 50 268

Sumber : Encyclopedia of Fruits, Vegetables, Nuts and Seeds for Healthful Living

Beberapa varietas plum eropa yang cukup dikenal diantaranya :

buah plum di Indonesia, buah plum kering, buah plum, plum recipes, plum benefits, plum nutrition, plum baby food, plum bindings

Manisan buah plum yang dikeringkan dalam kemasan yang telah banyak dijual dan kaya akan manfaat

Rein-Claude de Bavay, salah satu varietas yang menyerbuk sendiri. Untuk itu pekebun tidak perlu menanam varietas lain sebagai penyerbuk. Bunganya berwarna oranye tampak indah. Kulit buah berwarna kuning. Ia sangat baik untuk hidangan cuci mulut. Plum ini masak pada bulan Januari-Maret.

Cerea atau Mirabelle, merupakan varietas yang istimewa lantaran buahnya tidak membentuk biji yang keras. Bentuk buah hampir bulat, ukurannya kecil dengan diameter 3 cm. Warna kulit buah kuning sampai kehijauan dan kadang kemerahan. Plum yang mengandung banyak air ini enak dimakan sebagai buah segar. Selain itu, juga dapat diawetkan atau dibuat minuman brandy. Tajuknya mekar berbentuk payung terbalik. Bunganya berwarna putih. Plum eropa yang satu ini sudah dibudidayakan sejak lama dan banyak ditanam di Perancis.

Italian, pohonnya berduri kecil-kecil. Tingginya mencapai 6 – 9 m. Daunnya berbentuk oval tumpul, berwarna hijau dengan panjang 10 cm. Tepinya bergerigi. Bunganya berwarna putih sampai merah jambu, berdiameter 2 cm, tumbuh di ketiak daun. Warna kulit buah plum ini violet, sementara daging buahnya kuning mengandung banyak air. Di dalam buah itu terdapat rongga bulat panjang tanpa biji.

Baca Juga :  MENANAM (BUDIDAYA) BUNGA GERBERA DI POT

Di samping ketiga varietas itu, masih ada beberapa varietas penting lain yang juga dikenal: Angelina Burdett, Presiden, Anna Spath, Cambridge Gage, Czar, Victoria, Coe’s Golden Drop, D’ Agen, Geen Gage, Cole’s Golden Gage, Czar, D’Agen, Grand Duke dan Opal.

Plum jepang

Luther Burbank, pakar hortikultura Amerika mengintroduksi plum asli Cina ini ke Kalifornis pada 1885. Plum yang pertama akli dibudidayakan di Jepang tersebut sekarang lebih dikenal dengan nama plum jepang. Plum ini cocok dibudidayakan di daerah beriklim sedang (tropis). Tak heran bila plum jepang berhasil dataran tinggi Desa Tulung rejo, Batu, Malang.

Beberapa varietas plum jepang antara lain :

  • tanaman buah plum dataran rendah, tanam buah plum, bibit tanaman buah plum, cara tanam buah plum, bercocok tanam buah plum

    Plum Sultan
    gambar : Austarlian Home Orchard

    Burbank, produksinya berlimpah. Warna buahnya merah terang. Daging buahnya berair banyak berwarna kuning. Cocok untuk buah segar maupun diolah sebagai selai dan dikemas dalam botol. Varietas ini memerlukan penjarangan buah untuk menjaga buah untuk menjaga keseragaman ukuran dan memperbaiki kualitas pada panen berikutnya.

  • Sultan, ukuran buahnya cukup besar. Warna kulit buah merah tua, sedangkan daging buahnya agak keras dan mengandung banyak air. Rasanya enak, tanamannya terglong cepat pertumbuhannya dan menghasilkan buah banyak.
  • Satsuma, merupakan jenis plum terbaik dari semua plum jepang. Sangat ideal dihidangkan sebagai buah pencuci mulut atau dibuat jeli atau selai dalam botol. Buahnya berukuran kecil sampai sedang, berbentuk bulat. Kulit buahnya merah tua dengan daging buah merah muda yang mengandung banyak air.
  • Varietas plum jepang yang juga populer antara lain, Eldorado, Elephant Heart, Friar, Kelsey, Late Santa Rosa, Mariposa, Narrabeen, Queen Rosa, Reheart, Ruby Red, Salad, Santa Rosa, Shiro dan Wickson.
  • Di samping dua spesies plum tersebut, ada satu spesies lagi yang disebut Cherry plum (P. salicina). Plum ini juga tumbuh di daerah beriklim tropis. Buahnya cepat sekali masak dan biasa digunakan untuk penghias kue tart. Varietasnya dikembangkan melalui penyerbukan silang dengan berbagai varietas plum jepang. Beberapa varietas cherry plum yaitu: Bilington, Black Doris, Delight, Doris, Omega, Purple King, Sprite dan Wilson’s Early.

Bergizi dan berkhasiat

plum recipes, plum benefits, plum nutrition, plum baby food, plum bindings

Great Yellow Plum

Joseph M. Kadans dalam Encyclopedia of Fruits, Vegetables, Nuts and Seeds for healthful Living, menyatakan plum tergolong salah satu buah yang mengandung berbagai macam zat istimewa untuk menjaga kesehatan. Dengan kandungan nutrisinya itu, plum direkomendasikan sebagai makanan kesehatan, terutama menjaga fungsi hati, mencegah sembelit, wasir, memperbaiki saluran pencernaan, menetralisir gas dalam perut, mencegah kegemukan, bronchitis, tumor dan kerusakan kulit. Plum juga diketahui mengandung asam oksalat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. American Heart Association merekomendasikan prune sebagai makanan sehat yang dapat mencegah kerusakan hati akibat berbagai faktor.

Plum yang diolah menjadi berbagai produk makanan semakin tinggi nilai gizinya. Makanan olahan ini berguna menjaga vitalitas tubuh dan melancarkan aliran darah. Penderita kurang darah dianjurkan mengkonsumsi prune yang juga dapat mencegah sembelit. Sari buah (jus) plum sangat baik untuk penderita sakit tenggorokan.#A.R

error: