Jenis Melati dan Manfaatnya

Jenis Melati dan Manfaatnya

macam jenis jenis bunga melati, klasifikasi bunga melati, gambar bunga melati putih, bunga melati 7, bunga melati wikipedia, bunga melati english, bunga melati 5, bunga melati satu, bunga melati english, ciri ciri bunga melati

Jenis-jenis bunga melati dan manfaatnya
gambar : ngasih.com

Identiknya sebagai simbol kesucian, melati banyak digunakan untuk berbagai upacara sakral. Tak hanya itu, wanginya yang lembut menjadi alasan utama dipilihnya melati sebagai parfum dan penambah aroma segar saat minum teh. Sayangnya tidak semua jenis melati dapat digunakan. Hanya Jasminum sambac, J. multiflorum, dan J. officinale yang paling banyak dimanfaatkan.

Penggunaan melati dapat dilihat pada upacara pengantin Jawa. Saat memandikan pengantin atau lazimnya disebut siraman, melati bersama bunga lainnya dicampurkan dalam air siraman. Untuk mengharumkan kamar penganten pun biasanya dipilih melati sebagai ‘parfum’-nya.

Tak ketinggalan, hiasan untaian melati diroce untuk penghias sanggul dan keris mempelai. Itu karena kharisma melati yang melambangkan keharmonisan dan keabadian. Selain sebagai pengharum, rangkaian melati juga banyak dipilih orang sebagai penghias ruangan pesta. Warnanya yang putih bersih cocok juga bila dikombinasikan dengan segala macam bunga. Jadi di samping bagus sebagai pangkaian, aroma yang wangi menghadirkan nuansa lain pada sebuah pesta.

1. Penghias rangkaian

klasifikasi bunga melati, gambar bunga melati putih, bunga melati 7, bunga melati wikipedia, bunga melati english, bunga melati 5, bunga melati satu, bunga melati english, ciri ciri bunga melati

Melati putih, Jasminum sambac
gambar : littleflowerhssjammu.in

Sebagai pewangi upacara tradisional, biasanya digunakan melati kampung atau jenis J. sambac. Tergolong suku Oleaceae, tumbuhan yang konon berasal dari India ini berupa perdu yang menjalar sampai setinggi 50 cm. padahal sewaktu muda, ia merupakan tanaman tegak. Daunnya berbentuk oval dengan permukaan atas hijau mengkilap. Bunganya tunggal, berwarna putih bersih, dengan mahkota yang terbuka. Muncul dalam kelompok yang masing-masing berjumlah 12 kuntum, bunga melati ini pertama kali dibudidayakan di Inggis tahun 1965.

Umumnya, untuk pemakaian melati dipilih yang berbentuk kuncup. Ada yang percaya, di dalam kuncup itu tersimpan keharuman tertinggi ketimbang yang telah mekar. Karena itu diperlukan cara khusus dalam meronce melati sebagai untaian maupun dalam rangkaian bunga.

Baca Juga :  MENANAM TANAMAN BUAH SRIKAYA DALAM POT

Caranya, kuncup tersebut ditusuk dengan lidi, benang, atau kawat dari ujung ke ujung atau dari tengah tangkai secara teratur dan rapi. Ada 2 bentuk rangkaian melati, yaitu bawang sebungkul untuk pengantin gaya ‘basahan’ dan miji timun bagi gaya ‘putri Solo’ Sebagai pewangi, ekstrak melati jenis ini digunakan sebagai bahan baku industri kosmetik, minyak wangi, dan minyak rambut.

2. Campuran teh

klasifikasi bunga melati, gambar bunga melati putih, bunga melati 7, bunga melati wikipedia, bunga melati english, bunga melati 5, bunga melati satu, bunga melati english, ciri ciri bunga melati

Melati gambir (Jasmnium officinale)
gambar : amazon.co.uk

Di samping untuk dekorasi, dan bahan parfum, ada juga yang menyenangi wangi melati sebagai campuran teh. Aromanya yang ‘sedap’ membangkitkan selera orang yang meminumnya. Jenis yang dimanfaatkan adalah melati gambir. Ada sebagian orang yang menyebut tanaman ini J. multilorum. Sebenarnya ada 2 macam J. officinale yang berbeda cara tumbuh dan sosok tanamannya. Pertama, jenis tanaman yang tumbuh merapat setinggi 12-15 meter. Tanaman asal Cina ini, memiliki daun majemuk dengan anak daun berukuran kecil berbentuk menyirip. Masing-masing helai mempunyai 9 anak daun.

Bunganya tersusun berkelompok, masing-masing terdiri dari 3-5 kuntum. Saat kuncup berwarna merah keunguan, namun sesudah mekar bewarna putih. Buah yang dihasilkan bewarna hitam. Melati ini lebih dikenal dengan sebutan J. floridum. Kedua, yang tumbuhnya berupa perdu pendek setinggi 1,5 meter. Mirip dengan melati di atas, daunnya juga berbentuk majemuk. Perbedaannya terletak pada jumlah anak daun yang hanya 7 perhelai. Tekstur daunnya halus dengan warna hijau terang.

Tanaman perdu asal Kashmir, India ini memiliki bunga yang berukuran kecil, dengan panjang 2-3 cm. saat kuncup bunganya pun berwarna merah gambir. Namun ia akan berubah menjadi putih setelah mekar. Bunga yang muncul tunggal, dengan mahkota sebanyak 5 kelompok.

Baca Juga :  Cara Membuat Tanaman Hias Mini

Di Indonesia J. officinale yang kedua ini lebih terkenal dengan sebutan melati gambir, karena warna kuncupnya yang merah gambir. Di Spanyol ia diusahakan dalam skala luas untuk bahan baku parfum, karena itu ia disebut juga spanish jasmine atau melati casablanca. Ada lagi yang menyebutnya sebagai poets jasmine.

Untuk pewangi teh, bunga mela gambir dipetik sewaktu masih kuncup. Sumber wanginya berasal dari kandungan bensil asetat. Kebutuhan melati untuk pewangi teh mencapai 2-6 ton setiap harinya.

Di dalam pengelolahannya, melati gambir akan dicampurkan dengan teh hijau yang telah dilembapkan dengan air selama 20 jam. Setelah itu teh dan bunga dikeringkan.

3. Sebagai tanaman hias

klasifikasi bunga melati, gambar bunga melati putih, bunga melati 7, bunga melati wikipedia, bunga melati english, bunga melati 5, bunga melati satu, bunga melati english, ciri ciri bunga melati

Jasminum multiflorum cocok untuk tanaman pergola
gambar : ejournal.unam.mx

Melati umumnya juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Bentuknya yang mungil dengan warna putih bersih, serta harumnya yang semerbak disukai banyak orang. Tanaman itu diletakkan dalam pot-pot atau dirambatkan dihalaman rumah.

Jenis J. sambac paling sering kita jumpai sebagai tanaman hias. Ada 2 macam bentuk bunga spesies ini. Yang pertama adalah yang berbentuk tunggal, seperti J. sambac ‘Maid of Orleans’. Tanaman ini adalah jenis melati putih biasa. Kedua, yang berbunga ganda.

Di Indonesia melati ganda ini sudah lama ada. Menur, begitu orang menyebutnya. Sayang, bunganya tidak berwarna putih bersih, melainkan ada bagian yang keungu-unguan. Wanginya pun kurang menyengat. Di tambah lagi produksi bunganya yang kurang. Akibatnya, tidak begitu banyak orang yang gemar memeliharanya.

Kini ada bunga melati tumbuk yang memiliki sifat jauh lebih unggul dibandingkan menur. Melati bangkok sebutannya, walaupun ia asli Inggris. Sosok bunganya yang besar, bertumpuk, berwarna putih bersih, seperti mawar membuatnya tampak lebih indah dibandingkan melati lainnya.

Baca Juga :  Gambar Bunga Pukul Empat (Mirabilis Jalapa)

Daya tariknya yang lain ialah harumnya yang lebih tajam. Tak heran dengan segala kelebihannya itu, J. sambac var ‘Grand Duke of Tucany’ lebih disenangi hobiis.
Di samping itu ada juga melati yang ditanam sebagai tanaman pergola, tanaman pagar, di halaman rumah. Ia dirambatkan dalam tiang, atap, dan juga dinding. Tanaman ini akan sangat menarik bila berbunga serentak. Indah dipandang, dan menyebarkan bau harum yang menyengat.

Jenis melati yang digunakan untuk keperluan itu biasanya J. sambac, J. officinale, dan J. multiflorum. J. sambac, yang umum dipelihara orang. Jenis-jenis ini disenangi karena berbunga sepanjang tahun, dan mengeluarkan wangi yang semerbak. J. officinale yang berasal dari Cina atau disebut juga J. floridum ideal sebagai pergola. Karena batangnya, tidak memiliki akar perekat, maka ia perlu mendapat penompang, supaya pertumbuhannya mengarah ke atas. Agar tumbuhnya bagus, sebaiknya ia ditanam menghadap ke matahari.

Berbeda dengan 2 spesies melati di atas, J. multiflorum tidak mengeluarkan harum yang menyengat. Walaupun demikian ia tergolong rajin berbunga. Pertumbuhannya merambat sepanjang 2-10 meter. Karena itu ia cocok juga sebagai tanaman pergola, atau tanaman pagar. Daunnya agar yang memiliki permukaan berbulu, ada yang tidak berbulu. Ia banyak tumbuh liar di dataran rendah – asal terkena sinar matahari cukup. Bunga J. multiflorum ini tumbuh berkelompok, sejak kuncup sampai mekar berwarna putih. Tumbuh merambat sepanjang 2-10 m. Berbunga lebat. Melati J. multiflorum dikenal juga dengan nama melati hutan, sesuai habitat aslinya. Selain itu melati ini juga lazim disebut melati poncosudo. Manfaat lain dari melati hutan ialah sebagai jamu radang usus.#UKP

Loading...
error: