Beternak (Budidaya) Lebah Madu, Kanan-Kiri Ok

Beternak (Budidaya) Lebah Madu, Kanan-Kiri Ok

jenis lebah penghasil madu, jenis lebah madu, macam macam lebah, klasifikasi lebah, pakan lebah, ciri ciri madu lebah asli

Klasifikasi Jenis-jenis lebah madu
gambar : wikipedia.org

Lebah penghasil madu sudah dikenal sejak jaman batu, madu terbukti mempunyai manfaat bagi kesehatan. Oleh karenanya manusia berusaha melestasrikan dan membudidayakan lebah untuk diambil madunya, baik untuk dikonsumsi sendiri atau dikomersialkan.

Di Indonesia, ada 4 macam jenis lebah penghasil madu yang masuk dalam 2 golongan yaitu lebah lokal dan lebah liar. Lebah lokal contohnya; Apis melifera dan Apis cerana sedangkan yang termasuk lebah liar adalah Apis dorsata dan Apis florea.

Jenis Apis cerana tersebar di seluruh tanah air sehingga banyak yang diternakkan orang, selain itu rasa madunya lebih manis. Sampai saat ini jenis lebah liar masih sulit diternakkan karena selain ganas juga liar.

Sedangkan lebah lokal bisaanya memiliki sifat tidak agresif, artinya tidak suka menyerang, dan lebah lokal ini secara alami membuat sarang bersisir-sisir sarang yang dibuat secara alami panjangnya antara 25 – 30 cm dengan lebar 15 – 20 cm sedangkan jumlah anggota koloninya berkisar 8.000 – 20.000 ekor.

1. Manfaat Lebah Madu

habitat lebah madu, jenis lebah penghasil madu, jenis lebah madu, macam macam lebah, klasifikasi lebah, pakan lebah, ciri ciri madu lebah asli

Jenis lebah madu Apis melifera
gambar : commandpestcontrol.com

Menurut salah seorang peternak lebah madu di daerah Gringsing Kabupaten Batang Jawa Tengah, dengan membudidayakan lebah madu ini banyak manfaat yang diperoleh. Lebah yang dipelihara dengan baik disamping menghasilkan madu, juga mampu menambah produksi tanaman pangan antara lain rambutan, durian, anggur, lengkeng dan jagung dan sebagainya. Karena serangga ini dapat melakukan penyerbukan secara merata.

Lebah madu juga merupakan indikator kebersihan lingkungan sebab binatang ini bertahan hidup di daerah berudara bersih. Jadi jika lebah tidak bisa hidup pada satu daerah berarti daerah tersebut tercemar atau terjadi polusi udara.

Pengembangan dan pemasyarakatan lebah madu itu juga berkaitan erat dengan usaha meningkatkan produktifitas komoditas non-migas yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Selain manfaat di atas, lebah madu bisa memberikan keuntungan materi jika dikomersialkan, baik dengan usaha sambilan maupun dalam skala besar. Sayangnya usaha peternakan lebah di Indonesia kurang mendapatkan perhatian. Sehingga konsumsi madu penduduk Indonesia perkapita berkisar hanya 3 gram pertahun. Sedangkan di negara maju sudah mencapai 20 hingga 50 gram/orang/hari, perbedaan yang sangat mencolok sekali.

ciri ciri madu lebah asli, habitat lebah madu, jenis lebah penghasil madu, jenis lebah madu, macam macam lebah, klasifikasi lebah, pakan lebah, ciri ciri madu lebah asli

Jenis lebah madu Apis florea
gambar : wikipedia.org

Hasil langsung dari lebah madu yang paling penting adalah berupa madu, selain bisa dikonsumsi sendiri dapat pula dijadikan bahan pembuat kosmetik, industri makanan atau bahan obat-obatan. Hasil lainnya adalah tepung sari atau pollen yang mengandung vitamin B dan C. Juga lilin atau malam yang dihasilkan dapat digunakan untuk membuat batik ataupun industri lilin. Sedangkan royal jelly yang merupakan susu ratu atau makanan calon ratu adalah merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan ada yang menganggap sebagai zat penguat tubuh dan meningkatkan vitalitas.

Baca Juga :  9 Gambar Hewan Hybrid Hasil Kawin Silang Asli Paling Aneh, Perbuatan Manusia!

Hasil lainnya adalah propolis atau bahan perekat sebagai bahan lak, venin atau sengatan lebah bisa menyembutkan pernyakit, diantaranya adalah rematik, alergi, sakit kepala dan lain sebagainya.

Melihat manfaatnya, baik langsung maupun tidak dari budidaya lebah madu demikian banyaknya, maka pengembangan beternak lebah madu tidak hanya dapat menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga bisa menambah devisa negara bila diusahakan secara besar-besaran dengan tujuan komerial dan dapat meningkatkan hasil-hasil pertanian dan perkebunan. Jadi kalau masyarakat sudah menyadari arti beternak lebah dan manfaat mengkonsumsi madu sudah dipastikan rakyat Indonesia menjadi sehat semua dan negara menjadi kuat.

2. Budidaya Lebah Madu

jenis lebah penghasil madu, jenis lebah madu, macam macam lebah, klasifikasi lebah, pakan lebah

Kandang budidaya lebah madu
gambar : wikipedia.org

Budidaya lebah madu ada dua cara, secara tradisional dan modern, budidaya secara tradisional telah dikenal dari zaman ke zaman, dengan menggunakan glodog yang dibuat dari potongan batang pohon kapuk randu atau sejenisnya sebagai sarang lebah. Karena tuntutan teknologi maka dikembangkan cara beternak lebah secara modern.

Budidaya lebah secara modern bisa dilakukan dengan membuat kotak-kotak sebagai rumah atau sarang lebah yang dibuat dari papan kayu yang diisi bingkai-bingkai sisiran. Sisiran sarang dalam kotak erem dan sisiran sarang dalam kotak madu. Sisiran sarang berisi lebah ratu, telur dan larva sedangkan sisiran lainnya kusus berisi madu. Bisa sisiran madu sudah berisi madu hingga penuh bisa diganti dengan yang baru dan masih kosong.

Kotak sebagai rumah lebah dipasang di atas kaki-kaki penyangga dengan tinggi sekitar 30 – 50 cm. pemasangan kotak di atas kaki penyangga disarankan tidak paten sehingga mudah dipindahkan dan gampang dibersihkan setelah panen tiba. Kotak lebah sebaiknya ditempatkan jauh dari keramian, jauh dari gangguan manusia, terik matahari dan guyuran air hujan deras atau angin kencang. Lebah yang hidupnya terganggu akan mengamuk (mudal = jawa) dan bisa melarikan diri dari tempat yang dianggap aman dengan demikian peternak akan merugi sebab kehilangan piaraannya.

habitat lebah madu, jenis lebah penghasil madu, jenis lebah madu, macam macam lebah, klasifikasi lebah, pakan lebah, ciri ciri madu lebah asli

Jenis lebah madu liar tergantung di bukit-bukit berbatu atau dahan pohon
gambar : thehoneygatherers.com

Karena lebah bisa mencari makannya sendiri maka penyediaan pakan melalui campur tangan manusia tidak diperlukan di sini kecuali saat-saat tidak ada musim bunga. Dari sinilah letak keaslian madu tersebut, jadi yang dimaksud dengan madu aspal adalah madu yang berasal dari lebah yang diberi pakan air gula dan bukan memakan sari bunga.

Baca Juga :  Cara Menyemprotkan Pupuk Daun yang Baik dan Benar

Bahkan banyak orang yang memanipulasi dengan mencampur madu dengan air gula sehingga harganya lebih murah dibanding madu asli, hal ini pernah mengguncang kestabilan pasaran madu. Padahal untuk mengetahui madu asli atau tidak itu sangat sulit, demikian menurut peternak madu di daerah Gringsing. Katanya, laboratorium pun tidak bisa mengetahui keaslian madu tersebut sebab disana hanya mengalisa kadar gula maupun kadar airnya tetapi tidak tahu asli tidaknya. Untuk yang bisaa mengkonsumsi madu akan mengetahui asli tidaknya madu tersebut yaitu dari rasa dan aromanya jadi bukan hanya dirubung semut tidaknya dan ini sulit bagi orang awam.

Panen madu dilakukan ketika 2 per 3 dari tiap-tiap sisiran selnya sudah tertutup oleh madu. Pada kondisi seperti ini kotak rumah lebah diturunkan dan dibuka kemudian diasapi atau dihembuskan asap hingga lebah menghindar dan lebah akan menjadi jinak. Yang perlu dijaga adalah ratu lebah jangan dibiarkan pergi supaya anggota koloninya pun tidak pergi. Perlu anda ketahui bahwa kehidupan lebah adalah sangat rukun dan penuh gotong royong dan kesetiaan terhadap ratu sangat tinggi, berbeda sekali dengan manusia.

Pemanenan dilakukan dengan mengambil sisiran-sisiran yang berisi madu dan dimasukkan dalam ember. Permukaan sisiran yang tertutup lilin dikupas agar madu dapat diperas dengan mudah. Untuk mendapatkan madu yang bersih sebaiknya disaring.

Supaya populasinya tidak berkurang karena usia atau sebab-sebab lain maka dalam budidaya lebah ini kita selain mengambil produksinya yaitu madu dan yang lainnya, kita juga harus memperhatikan kelestariannya dengan cara mengembangbiakkan. Biasanya saat-saat pengembangan dilakukan pada saat tidak ada musim bunga sehingga pakan disuplai dari air gula tetapi tidak dilakukan panenan.

3. Lebahpun Digembalakan

cara ternak lebah madu, ilmu ternak lebah madu, budidaya ternak lebah, cara ternak lebah, manfaat ternak lebah ternak lebah kelulut, ternak lebah trigona

Penggembalaan lebah madu
gambar : wikipedia.org

Tidak hanya bebek atau sapi saja yang perlu digembalakan, ternyata lebah juga mau digembalakan. Jika kita mau sedikit memperhatikan; ternyata banyak ragam jenis madu, misalnya madu kapuk, madu karet, madu durian, madu pollen dan lain sebagainya. Macam-macam madu tadi ternyata diperoleh dari madu yang berasal dari lebah yang digembalakan di areal tanaman tadi. Manfaatnya pun berbeda tergantung jenis madu tersebut.

Baca Juga :  10 Perusahaan Asuransi Ternama dan Terbaik di Dunia Tahun 2015

Jadi untuk mendapatkan madu kapuk diperoleh dari lebah yang digembalakan di areal tanaman kapuk dimana saat pengembalaan bertepatan dengan musim kapuk sehingga madu yang diperoleh berasal dari sari bunga kapuk. Padang penggembalaan areal kapuk peternakan lebah di Gringsing ini adalah di daerah Pati. Adapun manfaat dari madu kapuk ini berguna untuk obat turun panas, sariawan juga menambah nafsu makan. Sedangkan madu karet yang berasal dari lebah yang digembalakan di areal karet pada saat musim bunga karet digunakan untuk obat alergi begitu juga yang lainnya mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh. Jadi dengan sistem pengembalaan ini bisa diperoleh macam-macam jenis madu dan berpindah-pindah tergantung musim bunganya.

budidaya lebah madu, manfaat ternak lebah, ternak lebah madu download, ciri ciri madu lebah asli, makanan lebah, kandang lebah madu, budidaya lebah madu pdf, habitat lebah madu, khasiat madu lebah, lebah madu video

Ternak lebah madu yang digembalakan
gambar : shelterislandreporter.timesreview.com

Saat-saat tidak ada musim bunga disebut masa paceklik dimana tidak ada panenan tetapi cenderung dikembangbiakan untuk memperbanyak populasi. Biasanya saat paceklik, lebah digembalakan di daerah atau areal pertanaman jagung, yang pada saat-saat tersebut terjadi musim bunga atau bisa juga disuplai dengan air gula sebagai pakan lebah.

Pemindahan koloni lebah ini atau penggembala lebah ini dilakukan pada malam hari sebab pada malam hari anggota koloni lebah sudah kembali semua ke sarangnya sehingga lebih mudah dilakukan. Jadi untuk memindahkannya bersamaan dengan rumah-rumahnya, dengan menggunakan truk pengangkut. Penggembalaan dilakukan saat awal musim bunga hingga panen madu dilakukan atau hingga musim bunga selesai. Jadi misalnya sekalipun tanaman atau areal tanaman rambutan tetapi perlu diketahui bahwa musim bunganya akan berbeda sehingga tidak perlu dikhawatirkan lebah menyerap bunga tanaman lain yang tidak dikehendaki.

Sedangkan untuk mendapatkan royal jelly bisa diperoleh dari makanan calon ratu, yaitu dengan membuat calon ratu sebanyak-banyaknya sebab setiap calon ratu hanya terdapat 0.2 gram royal jelly. Untuk membuatnya ada alat semacam sel khusus seperti mangkukan ratu untuk membuat calon-calon ratu tersebut. Jadi larva yang baru berumur 1 hari atau 24 jam dipasang pada mangkukan tadi setelah 3 hari calon ratu sengaja dibuang untuk diambil makanannya dan ini disebut royal jelly yang bisa meningkatkan vitalitas tubuh.

Dalam satu koloni lebah terdapat seekor ratu, calon-calon ratu, pekerja dan pejantan yang mempunyai fungsi berbeda-beda tanpa ada rasa iri. Jadi ratu bertugas menelurkan calon-calon ratu, pekerja bertugas mencari pakan untuk ratu dan calon-calon ratu sedangkan pejantan tugasnya hanya mengawini ratu tetapi setelah dia kawin pejantan ini akan mati begitu saja padahal untuk mengawini atau merayu ratu ini sangat sulit, jadi dari beberapa pejantan hanya satu yang diterima sang ratu. #Ann

Loading...
error: