Kuliner (Makanan) Khas Banten

Banten, tidak hanya terkenal sebagai kota industri dan pariwisata. Tetapi kota yang sekarang dipimpin oleh artis Rano Karno sebagai Gubernur, juga sangat terkenal dengan aneka kulinernya yang sangat menggugah selera. Seperti apakah makanan atau kuliner khas banten tersebut ? Berikut diantaranya :

1. Sate Bandeng Tanpa Duri

resep masakan khas banten, sejarah masakan banten, resep makanan khas banten, resep bubur banten, resep masakan rabek

Sate bandeng adalah merupakan makanan khas yang sudah sangat populer. Tidak dipungkiri keunikan dan kelezatan makanan yang satu ini mampu mengangkat nama Banten hingga ke Mancanegara.

Tahukah Anda?, Sate Bandeng Tanpa Duri ini adalah makanan asli Banten, yang sejarahnya muncul dari juru masak kerajaan Banten zaman dulu yang mencari cara bagaimana menyajikan masakan ikan Bandeng lezat tanpa ada duri di dalamnya.

Dulu, saking istimewanya sate bandeng awalnya hanya disajikan untuk kalangan kesultanan, tamu-tamu penting sultan dan merupakan menu wajib pada saat hari-hari besar seperti Maulid Nabi dan lainnya.

Lantas, seperti apakah cara membuat sate bandeng yang kandungannya kaya akan protein, kalsium, fosfor, asam lemak dan sangat rendah kolesterol ini ?

Biasanya proses pembuatannya diawali dengan membersihkan ikan bandeng dari isi perutnya, kemudian pisahkan daging ikan dari kulitnya untuk dilumat atau digiling hingga halus. Jangan lupa sisihkan kulit ikan bandeng untuk digunakan sebagai pembungkus adonan daging ikan nantinya.

makanan khas daerah banten, resep makanan khas banten, daftar makanan khas banten, perusahaan makanan banten, makanan tangerang, produk makanan, makanan minuman, minuman banten

Pembakaran Sate Bandeng Tanpa Duri

Daging yang telah dihaluskan dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan santan, diaduk hingga menyatu, setelah itu masukkan daging adonan ikan bandeng tersebut kedalam kulit ikan bandeng yang telah disisihkan tadi. Dan poses pembakaran pun siap dilakukan.

Baca Juga :  12 Tips dan Cara agar Melahirkan Normal

Dalam proses pembakaran menggunakan sebaiknya bambu yang dibelah dua sebagai penjepit, karena ini akan membantu dan mempermudah melakukan pembakaran, dan agar sate bandeng matang merata, gunakanlah batok kelapa sebagai pembakarnya.

Proses pembakaran sate bandeng ini adalah kurang lebih 30 menit. Ada banyak pilihan sate bandeng yang bisa anda pilih untuk dijadikan oleh-oleh setelah mengunjungi Banten. Dan untuk satu ekor satu ekor sate bandeng biasanya dihargai Rp. 30.000. Varian rasanya pun bermacam-macam dan bisa anda pilih sesuai selera.

2. Nasi Bakar Sumsum

nasi sumsum serang, nasi sumsum bakar, nasi uduk bu sum mangga dua, sejarah nasi sumsum

Nasi bakar sumsum khas Banten
gambar : indonesiakaya.com

Bagi anda yang berada di wilayah Serang, nasi bakar sumsum memang sudah tidak asing lagi. Penjual nasi ini memang sudah jarang ada. Namun masih ada satu kedai nasi bakar sumsum yang cukup populer di Serang yaitu “Kedai Nasi Bakar Sumsum Mang Puri” yang berlokasi di sekitar pasar lama Serang.

Kedai nasi ini sudah berdiri sejak tahun 1941 dan saat ini diteruskan oleh generasi ke tiga. Mendengar namanya saja sudah dapat ditebak, makanan khas Banten ini adalah perpaduan nasi dan sumsum tulang sami ataupun kerbau.

Cara pembuatannya sendiri cukup mudah, pertama campurkan nasi masak dengan bumbu yang terbuat dari campuran cabai merah, bawang putih, bawang merah, penyedap rasa dan rempah-rempah khas. Kemudian aduk keduanya hingga merata, langkah selanjutnya membungkus nasi dan disisipi sumsum ke dalamnya.

nasi sumsum, nasi sumsum mang puri, nasi sumsum serang, nasi sumsum bakar, nasi uduk bu sum mangga dua, resep nasi bakar sumsum, nasi bakar sumsum serang

Nasi bakar sumsum mang puri

Dan jangan lupa membungkusnya dengan daun pisang agar aromanya semakin sedap. Selanjutnya adalah pembakaran, proses pembakaran nasi sendiri bertujuan untuk mengaslikan aroma serta cita rasa yang khas yang dipercaya dapat membangkitkan vitalitas.

Baca Juga :  7 Sayuran Favorit yang Kini Langka di Meja Makan, Tahu Rasanya?

Nasi sumsum yang dibakar-pun telah siap disajikan. Hidangan yang satu ini sangat cocok disantap ketika masih hangat. Rasa gurih dari sumsum yang meleleh diantara nasi panas sangat memanjakan lidah anda.

Satu porsi nasi sumsum sangat pas, tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat anda merasa terlalu kenyang. Saat ini, satu porsi nasi sumsum ini diberi harga Rp. 12.000.

Kedai nasi sumsum Mang Puri biasanya buka dari pukul empat sore sampai pukul sebelas malam.

3. Durian Jatohan Haji Arif

wisata durian banten, durian jatuh banten, kampung durian banten, durian unggulan banten, kebun durian banten, durian serang banten

Suasana di depan kedai jatohan Haji Arif

Jika anda penggila durian, dan sedang berada di Banten sepertinya anda harus mampir ke kedai Durian Jatohan Haji Arif ini. Terletak diantara kota Serang dan Pandeglang atau tepatnya di daerah Baros.

Ada cerita di balik kedai durian ini, nama durian jatohan di ambil karena durian yang dijual disini adalah durian yang matang di pohon atau istilahnya durian yang jatuh sendiri dan bukan matang karena diperam.

Selain itu kedai ini juga menyediakan menu yang sangat unik dan inovatif yaitu durian dengan tujuh citarasa yang berbeda, percaya atau tidak selain rasa durian yang manis dan pahit, ada juga yang mempunyai rasa seperti keju, manis stroberi, coklat, atau rame seperti halnya permen.

wisata durian banten, durian jatuh banten, kampung durian banten, durian unggulan banten, kebun durian banten, durian serang banten

Suasana di dalam Kedai Durian Jatohan Haji Arif
gambar : agistianggi.blogspot.com

Bahkan ada diantara durian yang dijual ini berkhasiat sebagai obat penawar rasa sakit tertentu. Harga durian disini juga terbilang murah, dimulai dari harga Rp. 25.000 hingga Rp. 125.000. Patokan kemanisan untuk harga durian dilihat dari kemanisan buah yang dijual. Anda juga tidak perlu takut jika durian yang anda beli tidak manis, karena anda bisa meminta untuk menggantinya langsung.

Baca Juga :  Ingin Bekerja Di Malaysia? Sebaiknya 7 Hal Ini Anda Ketahui Dulu

Tidak hanya durian yang dijual disini, berbagai olahan seperti dodol durian dan wajit durian tersaji di kedai ini.

4. Bandeng Lumpur

resep ikan bandeng goreng, resep ikan bandeng bumbu kuning, resep ikan bandeng pindang, resep ikan bandeng bakar makasar, resep ikan bandeng palumara, resep ikan bandeng pindang kecap, resep ikan bandeng kuah, resep pesmol ikan bandeng

Bandeng Lumpur
gambar : abdul-hamid.com

Sepertinya memang keharusan bila anda mengunjungi Banten, harus menyicipi Bandeng lumpur ini. Meski memakai lumpur sebagai bumbu penyedapnya. Namun citarasa bandeng lumpur tidak berbau lumpur sama sekali, bahkan justru sangat gurih dan nikmat.

Lumpur yang dipergunakan untuk mengolesi ikan bandeng adalah lumpur yang diperoleh tambak sekitar Banten. Lumpur ini kemudian diolesi menutupi bandeng setelah itu dibungkus dengan digulung menggunakan daun pisang yang diujungnya di tusuk lidi atau diikat. Setelah itu siap untuk dibakar.

Proses pembakaran ikan bandeng lumpur ini memang cukup lama, sekitar 45 menit. Karena proses pembakarannya cukup lama, bara arang yang dipergunakan juga tidak boleh terlalu panas. Konon kabarnya yang membuat bandeng lumpur ini memiliki rasa yang gurih ini adalah penggunaan lumpur, daun pisang, dan proses pembakarannya yang menggunakan arang. 4 Makanan Khas Banten

Loading...
error: