8 Anggota Keluarga Kubis-Kubisan

Mengenal 8 Jenis Tanaman yang Termasuk Keluarga Kubis-kubisan

Keluarga kubis ternyata banyak sekali anggotanya, mulai dari yang umum dikenal hingga yang belum lazim di tanam di Indonesia. Diantara yang belum lazim ada beberapa yang sudah terkenal. Kubis, kubis bunga, brokoli, kubis tunas, kubis rabi, kale. Semuanya masih satu keluarga, yaitu keluarga Cruciferae.

jenis-jenis kubis, caisim, kailan, sawi hijau resep, sawi hijau pdf, sawi hijau in english, sawi putih, manfaat sawi hijau bagi kesehatan, resep sawi hijau tahu

Kol rabi
gambar : Leo Michels

Kubis-kubis itu sejarahnya diduga berasal dari kubis liar Brassica oleracea var, sylvestris, yang tumbuh di sepanjang pantai Laut Tengah, pantai Inggris, Denmark, dan sebelah Utara Perancis Barat. Sejak zaman purbakala (2500 – 2000 SM), tanaman ini sudah dipuja oleh orang-orang Yunani Kuno dan Mesir. Ia mulai dibudidayakan di Eropa pada abad ke-9, tapi di Indonesia baru pada abad ke 17, dibawa oleh orang Spanyol dan Belanda memperkenalkannya sebagai kool, lalu diindonesiakan sebagai kol.

Batang kubis ternyata bisa panjang, bahkan sampai satu meter atau lebih. Dan kadang-kadang juga bercabang. Daunnya berwarna hijau kebiruan, membentuk roset yang besar dan tebal, sampai diberi istilah ″berdaging″. Kubis-kubis liar ada yang tumbuh sebagai tanaman biennial (hidup sampai umur dua tahunan) dan ada yang perennial (hidup tahunan). Tetapi kubis yang dibudidayakan sudah berubah sifat menjadi tanaman annual (hidup hanya semusim). Hanya untuk diperoleh bijinya saja, ada yang dibiarkan tumbuh sebagai tanaman biennial.

Berikut ini adalah 8 Jenis Kubis Budidaya Itu :

1. Kubis Biasa atau Kol

kandungan kubis, warna kubis, kubis pertumbuhan, manfaat kubis, komponen kubis, biologi kubis, arti kubis, kubis kubisan

Kubis biasa atau biasa disebut kol

Kubis biasa Brassica oleracea var. capitata adalah varietas kubis yang telah dikonsumsi sejak abad ke-5. Daunnya yang berlapis lilin, mula-mula tumbuh lurus hingga sepanjang 30 cm. baru kemudian, daun-daun muda yang tumbuh belakang. Makin lama, daun yang berbentuk makin banyak, hingga membentuk krop atau kepala. Itulah sebabnya ia disebut Capitata. Kubis kepala banyak sekali formannya. Tetapi hanya beberapa yang dibudidayakan secara intensif.

Ada yang putih, hijau dan merah. Kubis kepala putih, B.o. var. capitata forma alba, masih terbagi lagi menjadi kubis putih kepala bulat, kepala bulat datar, dan kepala bulat runcing. Kubis putih kepala bulat (KPKB) memang sesuai dengan namanya, berbentuk bulat dan kompak padat, samapai lebih dikenal dengan sebutan kol bulat. Ia berbatang pendek dengan hati yang kecil, diliputi beberapa helai daun luar sebagai pelindung kepala. Berat satu butirnya kala dipanen pada umur 60-120 hari sekitar 1,5—5 kg. Karena rasanya yang renyah dan garing, kubis ini sering dikonsumsi sebagai lalap, selain dimasak sup, capcay atau campuran salad.

Forma yang lain terkenal ialah Kubis Kepala  Bulat Datar (KKBD). Bentuknya memang bulat, tetapi bagian atasnya datar, hingga tampak gepeng, sampai terkenal juga sebagai kol gepeng. Gepengnya karena kepalanya kurang kompak, sehingga berongga. Ketidakkompakkan ini memudahkan pengangkutan, tetapi rasanya jadi tidak renyah karena tidak padat. Warna daunnya lebih hijau daripada kubis putih kepala bulat. Saat dipetik pada umur 150 hari bobotnya bisa sampai 5-8 kg. Forma lain adalah Kubis Kepala Bulat Runcing (KKBR). Sesuai dengan namanya ia punya kepala bulat yang di bagian bawah dan atasnya meruncing seperti kerucut. Di Indonesia KKBR ini belum umum dibudidayakan.

kandungan kubis, warna kubis, kubis pertumbuhan, manfaat kubis, komponen kubis, biologi kubis, arti kubis, kubis kubisan

Kubis kepala runcing

Kubis kepala juga ada formannya yang merah B.o. var. capitata forma rubra, karena daunnya berwarna merah keunguan. Umur panennya berbeda-beda, ada yang 90 hari tetapi ada pila yang 120-150 hari. Yang dipanen 90 hari bobot kepalanya hanya 1—2 kg, sedangkan yang lebih lama bisa 2—4 kg, dengan warna merah yang lebih tua. Kubis merah ini sudah umum dibudidayakan di Indonesia. Hanya belum semua petani menanamnya.

Sebenarnya masih ada satu varietas lagi dari kelompok kubis kepala itu, yaitu kubis savoy, B.o. var. sabauda. Tetapi kubis yang satu ini berbeda dengan kubis-kubis kepala lainnya, karena daunnya keriting. Ia belum umum dibudidayakan oleh petani Indonesia. Selain karena hamanya yang suka bersembunyi di antara daunnya yang keriting itu sulit diberantas, juga karena rasanya belum cocok bagi lidah Indonesia. Bentuk kepala kubis savoy ada yang bulat tetapi ada juga yang sedikit meruncing.

Baca Juga :  Tanaman Pangkas Untuk Taman

Kubis-kubis di atas dapat berkembangbiak melalui biji atau setek. Bila biji yang ditanam, sebaiknya disemaikan dulu. Baru setelah berumur 3—4 minggu, ketika 4—6 daunnya mulai muncul, ia dapat dipindahkan ke lahan tetap. Sedangkan bila ingin membudidayakan dengan setek, sebaiknya batang-batang kubis yang sudah dipanen itu tidak dicabut atau ditebang, tapi dibiarkan hidup terus. Setelah beberapa hari biasanya akan muncul tunas-tunas baru. Kalau panjang tunas ini mencapai 4—4 cm, pangkalnya dipotong dengan menyertakan bagian batang induknya. Inilah yang dipakai sebagai setek. Setelah 28 hari dalam persemaian, akar-akarnya sudah tumbuh banyak. Saat itulah waktu yang tepat untuk dipindah ke lahan.

2. Bunga kol

resep brokoli, broccoli recipes, broccoli nutrition, broccoli salad, manfaat brokoli, khasiat brokoli, broccoli soup, brokoli recept

Brocoli sayuran anti kanker

Lazimnya orang mengenalnya sebagai bloemkool, B.o. botrytis subvar cauliflora. Istilah Belanda blomkool ini di-Indonesiakan mestinya menjadi kubis bunga. Tetapi entah mengapa ada sementara orang menyebutnya bunga kol.

″Bunga kol″ atau kubis bunga memang bunga kubis yang dapat dikonsumsi. Menurut warnanya, kubis bunga ini dapat dibagi tiga, yaitu kubis bunga putih (Dalam bahasa Inggris bernama Cauliflower), hijau, dan ungu. Kubis bunga yang berwarna putih kekuningan, bunganya padat, tebal dan tersusun dari rangkaian bunga-bunga kecil dengan tangkai pendek. Susunan bunga-bunga kecil ini bisa membentuk massa kubis dengan diameter 20 cm atau lebih. Tetapi waktu pertama kali dibudidayakan dulu, bunganya itu tidak lebih besar dari bola golf.

Sampai saat ini bloemkool masih termasuk sayuran kelas elit. Perawatannya sulit, hingga tidak semua petani menanamnya. Kubis bunga juga ada yang hijau bunganya, sama dengan warna tangkai dan daunnya. Sama halnya dengan bloemkool kubis bunga hijau juga tersusun dari bunga-bunga kecil yang bertangkai pendek. Hanya bedanya, kumpulan bunga kecil ini tidak tersusun secara kompak, sedangkai tangkai bunganya lebih panjang. Saat bunga utama ini dipotong, bunga-bunga yang ada di ketiak daun akan tumbuh juga dan dapat dipanen kalau sudah berbentuk sempurna.

bloemkool wiki, kubis bunga, bunga kol untuk diet, bunga kol goreng tepung, kalafior, paprika hijau, kaldu

Cauliflower

Kubis bunga hijau lebih dikenal dengan sebutan Broccoli, B.o. var. botrytis subvar. cymosa. Nama sebenarnya adalah sprouting broccoli tetapi untuk memudahkan sebutan ia disingkat menjadi brokoli saja.

Brokoli yang banyak mengandung vitammin A dan C, serta mineral ini hanya dapat tumbuh di dataran tinggi yang lembab dengan suhu rendah. Sampai saat ini harga brokoli masih seperti bloemkool. Mahal, apalagi setelah ada isu brokoli dapat menyembuhkan kanker. Bila panennya tidak tepat waktu, kuntum bunganya mulai menguning dan kepala bunga sudah agak longgar. Maka anjloklah harganya.

Subvarietas ketiga dari kubis bunga adalah kubis bunga ungu. Ia lebih dikenal dengan nama purple broccoli. Jenis ini tidak umum ditanam secara komersial. Kepala bunganya yang ungu tidak ditutup dengan daun seperti lazimnya kubis bunga. Selain itu, bila dimasak warna ungunya luntur menjadi hijau pucat. Salah satu contih kubis bunga ungu adalah Early purple head.

3. Kubis tunas

jenis-jenis kubis, caisim, kailan, sawi hijau resep, sawi hijau pdf, sawi hijau in english, sawi putih, manfaat sawi hijau bagi kesehatan, resep sawi hijau tahu

Kubis tunas adalah Kol mini atau kol kecil

Kubis tunas mirip kubis kepala, tapi ukurannya mini. Dengan diameter hanya 2,5—5 cm, dalam satu batang bisa terdapat puluhan kubis tunas yang tersusun dari bawah hingga atas, pada batang setinggi 50-100 cm.

Kubis tunas B.o. var gemmifera, pertama kali dibudidayakan di Brussel-Belgia hingga beredar di seluruh dunia sebagai kol bursel (Brussel sprouts). Kubis ini dikembangkan dari kubis liar Brassica oleraceae var. sylvestris yang tumbuh pada tanah cadas terjal di pantai Inggris dan Eropa yang miskin. Tumbuhnya kerdil. Tapi justru ia disukai dan telah dikonsumsi sejak abad ke-13. Di Indonesia, kubis tunas dapat tumbuh baik di dataran tinggi yang sejuk. Sebenarnya di daerah panas ia juga dapat tumbuh, tetapi hasilnya kurang bagus karena tunasnya menjadi kurang padat.

4. Kale

bloemkool wiki, kubis bunga, bunga kol untuk diet, bunga kol goreng tepung, kalafior, paprika hijau, kaldu

Cantik yang itulah yang terkesan dari kol ini

Kale, B.o. var. acephala, masih satu spesies dengan kubis kepala, tetapi ia tidak pernah bisa membentuk kepala. Jadi hanya membentuk daun biasa saja. Oleh karena itu, kale sering juga disebut kubis daun. Tanaman ini telah dikenal sejak zaman Yunani kuno, dan pernah menjadi makanan pokok di Skotlandia, hingga hidangan utama di sana disebut kale.

bloemkool wiki, kubis bunga, bunga kol untuk diet, bunga kol goreng tepung, kalafior, paprika hijau, kaldu

Kol ini mempunyai bunganya indah

Daun kale berbentuk roset pada ujung batang. Melihat bentuknya, kalelah yang paling mirip dengan kubis liar. Daunnya ada yang biasa, ada pula yang kriting. Yang dikonsumsi adalah yang keriting, sedangkan yang biasa dipakai untuk pakan ternak. Selain untuk dikonsumsi, kale juga ada yang ditanam sebagai tanaman hias. Misalnya yang berwarna hijau normal tetapi kemudian diselingi dayn yang berwarna putih. Atau tyang daunnya ungu muda, separonya hijau, atau ungu tua. Ada juga yang berdaun putih dengan tepian hijau.

bloemkool wiki, kubis bunga, bunga kol untuk diet, bunga kol goreng tepung, kalafior, paprika hijau, kaldu

Kol yang menawan

Ada tiga forma kale keriting yang dikenal, yaitu yang batangnya pendek (20—30 cm), sedang (40—90 cm), dan yang lebih tinggi dari 90 cm. yang berbatang sedang warna daunnya hijau muda-tua dengan keriting halus maupun kasar. Sedang yang tinggi batangnya lebih dari 90 cm punya kelemahan, yakni karena tingginya ia mudah rebah dan tidak produktif, hingga jarang ditanam. Ada pula yang disebut kale pohon karena tingginya bisa lebih dari 2 meter.

Baca Juga :  Mengatasi Semut Rangrang Pada Pohon Mangga

5. Kol Rabi

jenis-jenis kubis, caisim, kailan, sawi hijau resep, sawi hijau pdf, sawi hijau in english, sawi putih, manfaat sawi hijau bagi kesehatan, resep sawi hijau tahu

Kol rabi
gambar : Leo Michels

Kubis rabi atau kohlrabi, B.o. var. gongylodes, adalah kubis yang dapat membentuk umbi batang yang berkembang dan tumbuh di atas permukaan yanah. Yang bisa dikonsumsi adalah umbinya yang bulat dan tidak berserat serta daun mudanya. Umbinya ada yang bulat, ada pula yang bulat datar, dengan warna hijau pucat atau biru keunguan. Untuk memperoleh umbi yang tidak berserat, keras atau berkayu, umbi dipanen pada umur 8 – 10 minggu setelah tanam, pada saat diameternya baru 4—8 cm.

Jika ditanam di tempat terlindung dan kurang cahaya, umbi dapat tumbuh memanjang. Tetapi bila ditanam di tempat terbuka dengan jarak tanam lebar-lebar, umbi dapat menjadi pecah-pecah. Oleh karena itu, kohlrabi ditanam di tempat yang berhawa sejuk, tidak terlalu terbuka dan terlindung, dengan jarak tanam tidak terlalu rapat atau terlalu lebar.

6. Collard

macam jenis kubis, caisim, kailan, sawi hijau resep, sawi hijau pdf, sawi hijau in english, sawi putih, manfaat sawi hijau bagi kesehatan, resep sawi hijau tahu

Collard

Collard B.o. var. acephala subvar. plana, merupakan perpaduan antara kubis kepala dengan kale. Daunnya berbentuk roset, dengan warna hijau menyerupai daun kubis sebelum membentuk kepala. Semua sifatnya merupakan perpaduan dari dua varietas kubis ini.

7. Petsai

pecay, macam jenis kubis, caisim, kailan, sawi hijau resep, sawi hijau pdf, sawi hijau in english, sawi putih, manfaat sawi hijau bagi kesehatan, resep sawi hijau tahu

Petsai atau pecay

Dalam bahasa Inggris disebut Napa cabbage. Petsai atau kubis cina, Brassica chinensis atau B. Campestris var. chinensis, memang berasal dari Cina Daratan. Ia mempunyai batang pendek sampir akhir tidak terlihat, dengan daun bukat panjang berwarna putih. Daunnya yang lunak dan enak berbulu, dengan urat-urat daun yang sangat jelas terlihat. Dulu petsai hanya bisa ditanam di dataran tinggi, tetapi kini telah ditemukan formanya yang cocok untuk dataran rendah.

macam-macam sayuran, gambar sayuran, kandungan kubis, warna kubis, kubis pertumbuhan, manfaat kubis, komponen kubis, biologi kubis, arti kubis, kubis kubisan

Cai sim

Ada 2 forma petsai yang penting, yaitu petsai sin yang daunnya membulat, dengan tangkai yang putih susu, dan Tai sin, yang daunnya hijau muda. Petsai sin yang putij itu di pasarkan terkenal juga sebagai sawi putih, dan sering jadi campuran capcay. Sedangkan Tai sin atau Cai sim, daunnya halus tidak berbulu, lebih liat serta tidak kompak kropnya.

8. Sawi

macam jenis kubis, caisim, kailan, sawi hijau resep, sawi hijau pdf, sawi hijau in english, sawi putih, manfaat sawi hijau bagi kesehatan, resep sawi hijau tahu

Pak choi memang mirip cai sim

Sawi, Brassica juncea, bentuk fisiknya mirip Caisin atau sawi putih di atas. Bedanya, sawi berdaun hijau dan berbulu, sedangkan aromanya tajam menusuk hidung. Ada tiga forma dari sawi ini, yaitu sawi jabung, sawi hijau, dan sawi huma. Sawi jabung sangat digemari karena daunnya yang lebar dan enak dimakan. Batangnya pendek dan tegap. Daunnya bertangkai panjang dengan sayap yang melengkung ke bawah.

bloemkool wiki, kubis bunga, bunga kol untuk diet, bunga kol goreng tepung, kalafior, paprika hijau, kaldu

Sawi hijau berbatang pendek, berdaun lebar yang benar-benar berwarna hijau. Tangkainya pipih. Karena rasanya agak pahit, ia tidak terlalu disukai. Tetapi setelah difermentasikan menjadi sawi asin, maka sawi hijau ini menjadi makanan yang lezat.

Terakhir adalah sawi huma dengan batang yang kecil panjang dan langsing. Daunnya sempit panjang berwarna hijau keputih-putihan, bertangkai panjang, dan bersayap. Biasanya sawi ini tidak dibudidayakan, tapi tumbuh liar dan subur di tepi-tepi huma.

error: