6 Sarang Hewan yang Unik

6 Sarang-sarang Hewan yang Unik

Sarang adalah tempat yang dibangun hewan untuk tempat tinggal, berlindung, dan terkadang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan telur sekaligus untuk membesarkan anak-anak mereka.

Dari banyaknya sarang yang dibangun oleh hewan, ada beberapa sarang yang dibangun dengan sangat indah dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Berikut ini adalah 6 sarang-sarang hewan yang unik dan mengagumkan.

1. Sarang Caddisfly

caddisfly life cycle, caddisfly facts, caddisfly larvae facts, caddisfly habitat, caddisflyshop, riffle beetle, caddisfly larvae, caddisfly larvae diet

Caddisfly
gambar : ecospark.ca

Caddisfly adalah salah satu jenis serangga yang memiliki empat kaki yang bisa ditemui di hampir semua perairan di dunia ini. Ada kemampuan yang unik dari serangga yang satu ini yaitu mampu memintal di dalam air.

Dalam membuat sarangnya serangga ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, namun arsitektur yang mereka buat memiliki fleksibilitas dan seni artistik yang luar biasa juga memiliki struktur perekat yang unik dan menggunakan bahan apapun yang tersedia untuk membuat sarangnya mulai dari pasir, kerang, ranting, sampai sampah yang mereka buat menyerupai tempurung yang berfungsi untuk melindungi dan memberikan kamuflase alami. Sehingga saat Caddisfly berumur dewasa mereka akan berenang dan terbang meninggalkan sarangnya.

2. Sarang Laba-Laba Lonceng

bell spider flasher battery change, diving bell spider facts, diving bell spider, diving bell spider poisonous, diving bell spider for sale, diving bell spider pet, diving bell spider size, what do diving bell spiders eat

Diving bell spider (laba-laba lonceng)
gambar : unnatural.ru

Laba-laba air atau disebut juga laba-laba lonceng adalah salah satu laba-laba yang berasal dari wilayah hangat Asia dan Afrika yang banyak menghabiskan waktunya di dalam air. Untuk membangun sarangnya, mula-mula laba-laba ini membuat sebuah bidang rata antara tangkai-tangkai atau dedaunan di dalam air. Bidang rata ini dilekatkannya ke tangkai-tangkai dengan benang-benang sutranya yang berfungsi untuk menstabilkan bidang datar dan juga bekerja seperti radar yang memperingatkan mangsa yang mendekat.

Setelah bidang rata itu terbentuk laba-laba itu kemudian mengangkut gelembung udaranya kebawah dengan kaki-kaki di tubuhnya. Dengan cara ini jaring akan mengembung ke atas dan akan menyerupai lonceng. Lonceng inilah yang menjadi sarang tempat tinggalnya yang akan menjaga laba-laba agar tidak membeku di musim dingin.

Baca Juga :  15 Rumah Pohon Paling Unik dan Keren Luar Biasa ini, Pasti Bikin Kamu Betah!

3. Sarang Ikan Stickleback

stickleback fish facts, stickleback fish evolution, stickleback fish experiment, stickleback adaptations, stickleback fish fixed action pattern, stickleback fish lab, stickleback fish diet

Ilustrasi Ikan Stickleback
gambar : constantinealexander.net

Ikan punggung berduri atau ikan Stickleback. Sesuai dengan namanya, penampilan ikan ini memang cukup unik dengan adanya duri yang kebanyakan terdiri dari 3 duri tajam di bagian belakang punggung. Ikan kecil ini memiliki tubuh indah nan ramping berbentuk torpedo dengan sirip ekor yang simetris. Meskipun secara umum tubuh mereka berukuran antara 4 hingga 6 cm, namun beberapa jenis Stickleback laut diketahui dapat tumbuh hingga mencapai 10 cm. Dalam keluarga ikan punggung berduri ikan jantan akan membangun sarangnya dengan memintal rumput-rumput laut hingga membentuk lingkaran dan lubang di tengahnya. Kemudian setelah itu menggiring ikan-ikan betina untuk bertelur di dalamnya.

Uniknya lagi ikan jantan dari jenis punggung berduri 15 memiliki sikap yang sangat tegas pada keluarganya. Jika ikan betinanya tidak segera masuk ke dalam sarang, maka sang jantan akan menggigit ekornya.

4. Sarang Ikan Cupang

harga ikan cupang, ikan cupang giant, cara mengawinkan ikan cupang, ikan cupang unik aneh, jual ikan cupang giant, ikan cupang aduan, cara merawat ikan cupang, jual ikan cupang, jenis ikan cupang

Sarang gelembung udara ikan cupang
gambar : bettatalk.com

Umumnya ikan-ikan bertelur akan membiarkan telurnya mengikuti arus air. Namun diketahui ada ikan tertentu yang membangun sarangnya guna mengamankan telur, yang salah satunya dilakukan oleh ikan cupang. Ikan cupang dengan nama latin Betta sp adalah ikan air tawar yang habitatnya tersebar dibeberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik yang cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Salah satu jenis ikan cupang Indonesia Betta imbellis Ladiges yang ditemukan di Pampang Kalimantan Timur. Ikan cupang membangun sarang dengan gelembung udara yang ditiupkan dari mulutnya kemudian melepaskannya ke bawah permukaan daun atau tanaman air yang mengapung. Proses ini berlanjut selama berjam-jam dengan sesekali berhenti untuk makan. Setelah sang betina bertelur, sang jantan akan segera mengambil telur-telur tersebut dengan mulutnya sebelum telurnya tenggelam. Dan kemudian sang jantan akan meletakkan telur-telur tersebut di sarang busa itu hingga menetas.

Baca Juga :  9 Wanita Kembar 2, 3, 4 Tercantik dan Hot di Dunia

5. Sarang Telur Ikan Burbot

burbot fish recipes, burbot fish pictures, burbot fishing tips, burbot fish facts, freshwater burbot, burbot photo, burbot fish good eating, snakehead fish

Ikan Burbot
gambar : adfg.alaska.gov

Ikan burbot membangun sarang di bawah sampah laut. Ikan yang terkenal dengan nama spesies Lota lota ini adalah ikan air tawar yang dapat ditemukan di sungai dan danau. Mirip kebiasaan ikan lele, burbot jauh lebih aktif memakan tumbuhan di malam hari.

Meski ikan burbot tidak membangun ikannya secara khusus, namun sifatnya yang aktif membuatnya unik dalam kreativitas dengan meletakkan telur-telurnya di bawah benda-benda apapun yang ditemukannya di dasar perairan termasuk sampah-sampah kapal. Bahkan beberapa diantara mereka juga tidak ragu meletakkan telur-telurnya di bawah pasir berkerikil. Hal ini dilakukan untuk mengecoh pemangsa.

6. Sarang Burung Sunbird

sogok ontong gacor, sogok ontong om kicau, burung sogok ontong besar, nest bird, sunbird bird, sunbird nesting habits, olive backed sunbird nest, olive backed sunbird, australian sunbird, sunbird wiki, small sunbird

Sogok ontong dalam bahasa Inggris disebut Sunbird
gambar : thalabeach.com.au

Burung sunbird atau burung madu memiliki nama Indonesia sogok ontong, yang merupakan burung kecil pemakan nektar bunga dan serangga kecil. Burung ini berasal dari famili Nectariniidae. Umumnya burung-burung jenis lainnya membangun sarang mereka diatas pohon tinggi, yang jauh dari jangkauan pemangsa termasuk manusia.

Namun burung sunbird ternyata membangun sarang mereka ditempat terbuka yang berada di sekitar manusia dengan harapan manusia akan membantu melindungi telur-telur mereka dari serangan musuh. Sarang mereka dibangun dengan bentuk seperti kantung yang memanjang kebawah dan memiliki pelindung dari matahari dan hujan. Mereka membangun sarang dari bulu-bulu yang halus dan material lembut lain yang ditemukan untuk menciptakan alas yang empuk bagi tidur mereka.

error: