12 Jenis Burung yang Tidak Bisa Terbang

12 Burung yang Tidak Dapat Terbang

Apakah Anda pernah berharap bahwa Anda adalah seekor burung yang terbang melayang di atas padang rumput? Bagaimana kalau burung phoenix seperti di dalam mitos?

macrocephalon maleo, maleo bird video, maleo bird call, maleo bird hatching, maleo celebes, megapode maleo, macrocephalon, maleo bird image

maleo bird image
gambar : wikipedia.org

Selama berabad-abad orang-orang telah penuh harap menyaksikan burung mengepakkan sayap dan merasa sedikit cemburu akan hal itu. Tapi bagaimana dengan burung yang tidak terbang? Anda akan berpikir bahwa burung yang tidak bisa terbang secara pasti menyimpan dendam terhadap sepupu mereka yang dapat bergerak bebas  tetapi hewan-hewan tidak bisa terbang ini benar-benar mengagumkan dengan keunikannya tersendiri.

Seperti di ketahui burung selalu identik dengan kemampuan terbangnya. Namun ada beberapa jenis burung yang tidak dianugerahi kemampuan itu. Sebagai gantinya biasanya burung-burung itu punya kelebihan lain. Burung-burung apa sajakah itu ? Berikut informasinya.

1. Kalkun (Turkey)

bird can't fly what to do, injured bird can't fly, ayam kalkun, ternak kalkun dan harga kalkun, kalkun betina, kalkun tilbehør, kalkun stuffing, kalkun sms, resep kalkun panggang

Kalkun (Turkey)
gambar : livestockconservancy.org

Bernama latin Meleagris gallopavo, kalkun termasuk unggas yang tidak bisa terbang. Karena struktur tubuh yang berat membuat sayap kalkun tidak mampu mengangkat tubuhnya terlalu jauh. Kalkun dipercaya berasal dari dataran Amerika Utara. Jantan dan betina mudah dibedakan dari ciri fisiknya. Kalkun jantan berukuran lebih besar dari kalkun betina, bulu pada kalkun jantan juga lebih lebat dan bercorak. Kabupaten Pringsewu Lampung tepatnya di peternakan Mitra Alam, merupakan salah satu peternakan yang secara khusus mengembangbiakkan kalkun. Sebagai hewan ternak, kalkun rupanya mempunyai nilai komoditi yang sangat tinggi. Kalkun-kalkun ini merupakan unggas pedaging yang punya banyak peminat di pasaran.

Untuk mengasilkan kalkun pedaging yang sehat. Burung yang berukuran cukup besar ini diberi makan secara rutin dua kali sehari dengan jagung giling, kebersihan dalam kandang pun harus selalu diperhatikan. Karena termasuk hewan teritorial atau (mempunyai sifat penguasa lahan atau tertentu) kalkun-kalkun ini harus saling dipisahkan agar tidak saling mengganggu.

Nilai lebih dari kalkun dilihat dari produktivitas telurnya, di peternakan Mitra Alam hampir setiap hari telur dikumpulkan dari kandang-kandang indukan. Bahkan kalkun betina dapat bertelur tanpa proses pembuahan. Sebagai hewan ternak, kalkun jelas memiliki kelebihan yang tidak dimiliki unggas lain, manfaat inilah yang membuat kalkun tetap bersinar walaupun tidak bisa terbang.

2. Burung Unta

bird can't fly what to do, injured bird can't fly, only bird that can't fly, we can t fly, birds that can't fly list, big birds that can't fly, large birds that can't fly, flightless birds

Burung Unta (ostrich)

Burung unta yang besar benar-benar merupakan raja dari para burung. Merupakan burung hidup yang paling besar, burung unta bisa tumbuh hingga 9 meter dan berat lebih dari 300 kilogram. Telur mereka, tentunya juga yang terbesar di dunia dengan sekitar 5 inci diameter dan dengan bobot 3 kilogram. Kaki mereka yang kuat dan panjang dapat menendang sebagai pertahanan, dan kaki mereka dapat berlari dengan kecepatan hingga 65 km per jam di tanah terbuka Afrika, tempat di mana mereka tinggal. Burung unta yang dalam bahasa Inggris disebut ostrich ini hidup secara alami di daerah berpasir yang gersang. Sayapnya yang pendek berfungsi dan biasa digunakan sebagai kemudi untuk berbelok ketika sedang berlari.

Baca Juga :  Tips Memelihara Landak Mini

Selain untuk berlari kaki burung untuk juga digunakan untuk membela diri. Jangan pernah mencoba mendekati burung ini saat sedang marah karena tendangannya bisa dengan mudah mematahkan tulang. Setiap kakinya juga dilengkapi cakar yang tajam dan panjang. Jika sudah dewasa tinggi burung unta dapat mencapai 2,5 meter, sedangkan bobotnya dapat mencapai 136 kilogram. Tubuh pejantannya lebih besar dari betina dan mereka bisa hidup 20 hingga 30 tahun di alam liar. Sementara jika di penangkaran usia atau umurnya dapat mencapai 40 tahun. Dan jika info ini kurang cukup bagi Anda, sebagai tambahan mereka memiliki bulu mata panjang yang mewah.

3. Burung Emu

emu bird facts, difference between emu and ostrich, emu birds, where do emus come from, emu animal, interesting facts about emus, ostrich vs emu, how big is an emu, hewan emu

Burung emu

Burung Emu bernama latin Dromaius novaehollandiae, merupakan golongan burung besar dan salah satu dari jenis burung yang tidak bisa terbang. Hewan ini adalah hewan asli Australia. Emu adalah burung tertinggi dari Australia kedua di dunia, setelah saudaranya burung unta. Emu ini juga terkait kekeluargaan dengan kasuari yang sedikit lebih kecil tapi lebih berat.

Burung coklat berbulu lembut ini bisa tumbuh hingga hampir dua meter tingginya, dan beratnya dapat mencapai 55 kg. Bulunya yang ganda membantu menjaga emu dari kedinginan. Mereka memiliki kulit telanjang di sisi wajah dan leher mereka. Mempunyai ciri dua kaki yang besar, dengan tiga jari atau cakar pada setiap kaki, sayapnya yang pendek sekitar 20 cm dan selalu tersembunyi di bawah bulu mereka. Burung ini dapat hidup sampai 10 hingga 20 tahun dan cukup cepat jika berlari yang kecepatannya dapat mencapai 50 km / jam.

4. Burung Maleo

maleo bird image, macrocephalon maleo, maleo bird video, maleo celebes, megapode maleo, es macrocephalon maleo, macrocephalon, maleo reggae rockers

macrocephalon maleo

Burung ini tidak terlalu besar, namun keunikan yang dimilikinya tidaklah kalah istimewa. Nama ilmiah atau nama latinnya bernama Macrocephalon maleo yang berarti kepala besar. Burung maleo ini berasal dari daerah Sulawesi Indonesia, seperti di kota Gorontalo, Sigi dan Banggai.

Burung maelo berukuran sedang dengan panjang hanya 50 cm, ciri yang paling tampak dari burung ini adalah kepalanya. Maleo memiliki tonjolan besar di atas kepala, tonjolan ini berfungsi untuk mendeteksi panas bumi guna menetaskan telurnya.

Habitat maleo adalah di dekat pantai berpasir panas tapi ia juga dapat hidup di kawasan pegunungan yang memiliki sumber air panas atau kondisi geothermal tertentu. Secara alami, burung maleo bisa ditemuka di hutan tropis dataran rendah pulau Sulawesi, khususnya daerah Sulawesi Tengah.

macrocephalon maleo, maleo bird video, maleo bird call, maleo bird hatching, maleo celebes, megapode maleo, macrocephalon, maleo bird image

maleo bird image
gambar : wikipedia.org

Populasi atau jumlah burung maleo saat ini diperkirakan kurang dari 10.000 ekor. Berbagai ancaman seperti hewan predator dan perburuan liar membuat populasi burung maleo semakin menurun. Oleh karena itu satwa ini adalah termasuk hewan atau satwa yang dilindungi. Untuk mencegah kepunahan, pemerintah telah membuat pantai khusus untuk konservasi maleo seluas 14 hektar di sebuah tanjung di Sulawesi Utara. Burung ini adalah satwa endemik yang tidak dapat ditemui di daerah lain. Jadi sebagai bagian keragaman Indonesia, sudah sepatutnya kita ikut menjaga kelestarian burung maleo.

Baca Juga :  MENCANGKOK JAMBU AIR DENGAN CANGKOK BERANTAI

5. Penguin

club penguin, penguin clothing, penguin games, penguin batman, penguin pictures, penguin types, penguin magic

Penguin
gambar : wikipedia.org

Tidak ada dalam daftar burung terbang yang akan lengkap tanpa kehadiran penguin. Ada 18 spesies penguin tidak dapat terbang, dan bahkan sesungguhnya penguin di desain lebih baik dalam hal berenang dan menyelam, yang merupakan hal yang mereka lakukan dalam sebagian besar waktu hidupnya. Kaki pendek dan gempal membuat mereka berjalan dengan lucu yang merupakan ciri khas yang berbeda dari burung lainnya.

Kebanyakan burung ini memang berada di Antartika, sebagian besar spesies penguin hidup di wilayah garis lintang yang lebih tinggi. Beberapa bahkan hidup di daerah beriklim sedang, dan penguin yang bernama Galapagos tinggal di daerah Khatulistiwa.

penguin tangki air, penguin dragon weakness, penguin games, penguin club, penguin computer, penguin tank, penguin youtube, permainan penguin, penguin dragon

Penguin lucu
gambar : penguins-world.com

Burung-burung ini juga sangat romantis, penguin sebagian besar adalah monogami dan mencari pasangan yang sama di setiap musim, bahkan di antara ratusan atau bahkan ribuan burung yang mungkin hidup di koloni mereka yang menurut kita sama persis diantara ribuan penguin tersebut. (Penguin mungkin lebih setia dari pasangan anda). 😀

6. Bebek Steamer

magellanic flightless steamer duck, flying steamer duck, falkland steamer duck, flightless steamer duck bird, white headed flightless steamer duck, falkland flightless steamer duck, chubut steamer duck, steamer ducks information

Steamer ducks information
gambar : wikipedia.org

Ada tiga dari empat spesies bebek steamer yang tidak bisa terbang, tetapi  dari keempat spesies ini jangan coba-coba mencari gara-gara dengan mereka. Meskipun dalam spesies yang dapat terbang, sebagian pejantan terlalu berat untuk benar-benar bisa lepas landas. Bebek yang berasal dari Amerika Selatan ini mendapatkan nama mereka karena dengan kebiasaanya berlari melintasi air dan mendayungkan sayap mereka seperti roda pada kapal uap. Mereka juga menggunakan sayapnya untuk memukul lawan mereka.

Bebek ini terkenal agresif, steamer duck atau bebek steamer ini diketahui sering terlibat dalam konflik, pertempuran berdarah satu sama lain atas sengketa wilayah. Mereka bahkan telah dikenal dapat membunuh burung air yang berukuran beberapa kali ukuran mereka.

7. Burung Weka

burung yang tidak dapat terbang, berita burung, hobi burung dan penangkaran, jenis burung yang tidak bisa terbang, burung yang bisa terbang mundur, burung terbang tertinggi di dunia, burung terbang dipipiskan lada, inilah burung yang tidak bisa terbang

Burung weka
gambar : wikipedia.org

Weka adalah burung lain dari Selandia Baru, burung berwarna cokelat ini berukuran seperti ayam. Burung weka merupakan sumber daya yang penting bagi penduduk asli Selandia Baru dan para pemukim Eropa, namun kini jumlahnya menurun. Sementara mereka mungkin terlihat biasa-biasa saja, weka memiliki suara panggilan yang keras bahkan sampai jantan dan betina menyanyi sambil berduet. Mereka juga dikenal sebagai pencuri cerdik dan akan mencuri makanan dan benda-benda kecil yang mereka sukai dan kabur. Weka juga adalah perenang yang terampil.

Baca Juga :  TIPS MEMILIH BURUNG BAKALAN

8. Kiwi

kiwi bird extinct, kiwi bird pet, kiwi bird for sale, do kiwi birds have wings, kiwi ninja, kiwi bird habitat, kiwi bird facts, dodo bird

Burung kiwi
gambar : nzbirdsonline.org.nz

Ada lima spesies kiwi, burung berwarna cokelat yang seukuran ayam ini dapat ditemukan di Selandia Baru. Mereka telah menyembunyikan sisa sayap  dan lunak, bulu-bulunya mirip dengan rambut. Tidak seperti burung lainnya, kiwi memiliki lubang hidung di ujung paruh mereka, bukannya di pangkal paruh. Burung kecil yang aneh ini layak dikagumi, meskipun demikian kiwi betina mampu mengeluarkan telur yang dapat mencapai bobot hingga 1 pon. Sehubungan dengan ukuran burung ini, telur tersebut adalah telur terbesar dari spesiesnya yang masih hidup.

9. Burung Kakapo (Sirocco)

kakapo for sale, kakapo facts, kakapo pet, kakapo video, kakapo pictures, kakapo endangered, kakapo habitat, titicaca water frog

Burung kakapo
gambar : kakaporecovery.org.nz

Kakapo, juga dikenal sebagai “burung hantu betet” yang juga merupakan hewan asli Selandia Baru. Betet nokturnal ini memiliki wajah burung hantu, posisi penguin, dan cara berjalan bebek. Kakapo adalah burung yang benar-benar aneh tetapi juga indah, dengan bulu berwarna hijau-cokelat terang. Burung ini dapat tumbuh hingga 2 meter panjangnya, dan burung betet terberat di dunia. Burung jantan dapat membuat panggilan yang khas dengan suara menggelegar yang dapat didengar hingga setengah mil jauhnya!

10. Rhea

rhea and ostrich, rhea bird pronunciation, greater rhea, rhea bird eggs, cassowary bird, floreat rhea bird, aviators rhea bird, rhea bird jersey

Burung Rhea

Burung yang tidak bisa terbang satu ini berasal dari hutan-hutan Amerika Selatan, disebut juga burung ‘Nandu’. Pelari yang cepat dan biasa berkumpul dalam kelompok yang berjumlah 20 sampai 30 burung.

11. Takahe

takahe habitat, takahe pronunciation, takahe facts, takahe adaptations, pukeko, cuban solenodon, takahe magazine, takahe facts for kids

Burung takahe
gambar : nzbirdsonline.org.nz

Burung berukuran sedang ini juga berasal dari Selandi Baru dan sangat jago bermain petak umpet. Sebelumnya telah diperkiran punah pada tahun 1800-an, hingga tiba-tiba ditemukan kembali pada tahun 1948.

Memiliki fitur bulu-bulu yang juga berwarna-warni, dengan bulu yang berwana biru dan hijau serta paruh yang berwarna merah. Takahe jugadikenal dengan usianya yang panjang, burung ini dapat hidup hingga usia 20 tahun.

12. Kasuari (Cassowary)

makanan burung kasuari, burung kasuari papua, harga burung kasuari, ciri-ciri burung kasuari, cassowary burung kasuari

Makanan burung kasuari adalah buah-buahan
gambar : wildlife.org.au

Kasuari adalah burung yang sebaiknya Anda jangan coba-coba mencari gara-gara dengannya. Burung raksasa ini berasal dari hutan tropis Papua dan area di sekitarnya dan termasuk burung dengan ukuran kelas berat. Satu-satunya burung yang yang lebih berat adalah burung unta. Seolah-olah hal itu tidak cukup, kasuari memiliki cakar belati yang menyeramkan dan dapat tumbuh hingga 4 inci panjangnya yang terletak pada ibu jari tengah di masing-masing kaki-dan mereka dikenal telah membunuh manusia.

Jika daya mematikan bukanlah hal yang menarik bagi Anda, Anda masih dapat mengagumi gaya kasuari. Burung ini memiliki helm berwarna-warni, atau disebut dengan casques, yang terbuat dari keratin (seperti kuku manusia). Dan bulu pada punggung meraka yang mewah, yang terlihat seperti sejenis jubah bulu yang glamor. 12 Jenis Burung yang Tidak Bisa Terbang #DD

Loading...
error: