19 Pekerjaan Keren dan Ideal untuk Perempuan

19 Pekerjaan Keren dan Ideal untuk Perempuan

Menurut kamu bro and sist, perempuan itu mesti bekerja atau jangan, sih?

Satu pihak mengatakan; perempuan bekerja itu bahaya. Nanti bisa ngelunjak sama suami, jarang punya waktu buat keluarga atau bahkan bisa tergoda rekan kerja sendiri.

Pihak lain mengatakan; perempuan bisa bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Mereka juga akan terasah untuk menjadi pribadi yang mandiri, tegar, kreatif, manajemennya bagus dan… kalau suatu saat terjadi hal-hal pahit (misalnya lho, ya! suami meninggal), dia sudah tak menggantungkan diri pada suami, sehingga lebih cepat baginya untuk meneruskan perjuangan hidup.

Bagaimana? Apa kita sudah bisa men-judge? Bagaimana kalau kita pertimbangkan hal-hal lain. Misalnya; bagaimana dulu kepribadian sang perempuan? atau, apa dulu pekerjaannya?

Diantara semua pekerjaan, kami akan menjabarkan beberapa yang terbilang keren dan ideal bagi seorang perempuan yang dirangkum dari berbagai sumber.  Hayu kita bahas!

1. Sebagai Copywriter

pekerjaan wanita dengan gaji tinggi, pekerjaan wanita dalam islam, pekerjaan wanita dengan gaji besar, pekerjaan wanita cantik, pekerjaan wanita yang dilakukan pria

Jenis pekerjaan ini banyak yang freelance juga, sehingga sifatnya fleksibel. Tak perlu datang ke gedung tertentu atau diatur waktunya dari jam segini sampai jam segitu. Kita bahkan bisa melakukannya di rumah. Asal ya itu… kita mesti bisa menulis kata-kata yang persuasif (bersifat membujuk), mau pendek atau panjang, untuk suatu produk atau jasa. Bisa dalam bentuk artikel, brosur, iklan, dsb. Namun pekerjaan ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Mesti intelek dan kreatif, sehingga hasilnya bisa berkesan di mata masyarakat.

2. Sebagai Kartografer dan Photogrammetrist

Tugas seorang kartografer dan potogrammetrist ini mengumpulkan, menganalisis, mengukur dan menafsirkan peta informasi geografis menggunakan data dari survey dan poto. Nah, bagi perempuan yang suka dengan pelajaran geografi dan senang photography, pekerjaan keren ini cocok!

3. Sebagai Software Developer

Pekerjaan yang satu ini terkesan didominasi oleh laki-laki, ya. Padahal enggak juga. Selama seorang perempuan punya pengetahuan komputer, skill, kreativitas, logika dan tentu passion di bidang ini, kenapa enggak? Perempuan menciptakan atau mengembangkan sebuah perangkat lunak itu keren, lho!

4. Sebagai Pengajar Bahasa Asing

Suka bahasa asing? Cinta mengajar? Hmm… kalau keduanya dikolaborasikan, bisa mantap nih. Perempuan bisa membuka kelas, dengan tempat dan waktu yang disesuaikan sendiri. Demikian juga dengan calon murid kita. Kalau kita sudah profesional atau memiliki catatan pendidikan terkait bahasa, tentu murid-murid kita bisa menjangkau sampai tingkat atas. Sebaliknya, kita bisa membatasi murid-murid dengan level pendidikan dasar. Sesuai kemampuan.

5. Desainer Pakaian

Memang, ada banyak desainer yang jadi lulusan perkuliahan. Mereka sengaja menggali ilmu, kursus sana-sini bahkan mungkin sampai kuliah ke luar negeri demi meraih totalitas dalam pekerjaan ini. Tak ayal, bayaran mereka pun super duper mahal. Namun kita yang punya minat di bidang ini jangan patah semangat. Ambil contoh Didiet Maulana. Beliau tak punya latar belakang sekolah mode, tapi ternyata koleksinya cukup prestisius. Namanya pun begitu harum di dunia desain. Syaratnya selain menyukai fashion, kita juga mesti memiliki skill; memilih bahan, menciptakan pola, memadu-madankan warna dan tentu mendesainnya sendiri.

Baca Juga :  14 Manfaat Mengejutkan Dari Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

6. Akuntan Forensik

profesi akuntan, tugas akuntan, pengertian akuntan, pekerjaan akuntan, kode etik akuntan, pengertian akuntan publik, gaji akuntan, akuntan manajemen

Mendengar kata ‘forensik’, apa pikiran kita langsung ke ‘mayat’? Kalau gitu, sama. Hehe. Tapi sekarang kita mesti mengubah persepsi tersebut. Akuntan forensik di sini justeru seseorang yang memecahkan masalah hukum; misalkan merangkai kejadian transaksi keuangan, menelusuri aliran dana, menghitung kerugian, dst. Hmm… macam PPATK itu kali, ya?

Gimana? Keren-keren, ya? Berminat? Baca jenis pekerjaan keren dan ideal bagi perempuan lainnya, ya!?

7. Koordinator Media Sosial

Zaman sekarang, siapa sih perempuan pengguna internet yang enggak doyan medsos alias media sosial? Tanpa disuruh saja, kita bisa terus mantengin fesbuk, twitter, instagram, dkk. Nah kalau hobi ini diarahkan jadi pekerjaan, bisa enak, ‘kan? Udah menjalankan hobi, dapet fee lagi?! Hehe. Itulah seorang koordinator media sosial. Biasanya ia bertugas sebagai penanggung jawab untuk menyebarkan konten/postingan klien di berbagai media sosial yang sudah ditunjuk, meng-update sesuatu yang berkaitan dengan produk/jasa klien, merespons pelanggan dengan cepat dan tepat di dunia maya, atau menjalin kemitraan dengan pihak lain. Pekerjaan ini bisa penuh waktu atau paruh waktu, tergantung kebijakan. Perfect ‘kan bagi seorang sosmed addict? Hehe

8. Kontraktor Umum

Pekerjaan ini cocok bagi seseorang yang efisien, serba tersusun, bisa berhubungan baik dengan orang, bisa bekerja di bawah tekanan dan tentunya merupakan perencana ulung.  Ia bisa bekerja dengan individu atau sekelompok orang dengan seseorang, organisasi atau perusahaan untuk suatu pekerjaan seperti konstruksi, renovasi atau pembongkaran gedung, jalanan atau struktur bangunan lain.

9. Investigator Pribadi

Suka sama Detektif Conan? Atau mungkin, Sherlock Holmes? Hehe. Pekerjaan keren ini bisa jadi pilihan. Tugasnya tentu menghandel bukti-bukti, menganalisis informasi, menginvestigasi kasus kriminal dan memverifikasi motif dibalik suatu kasus.

10. Pengarang/Penulis

Biasanya orang yang suka membaca, bisa ‘tergoda’ untuk menulis. So, opsi ini bisa jadi pilihan bagus bagi perempuan yang cinta dunia literasi. Terlebih, profesi ini tidak memandang latar-belakang dan pendidikan seseorang. Mau kuliah jurusan agribisnis, juru masak, pedagang alat bayi, kernet, ibu rumah tangga dst, berkesempatan besar jadi pengarang. Namun ya itu, pendapatannya tidak menentu. Tergantung banyak hal.

11. Desainer Web/Formatter

Sesuai namanya, pekerjaan ini seputar dunia desain website. Bisa web perusahaan atau individu, sampai dengan memformat artikel untuk majalah online. Jadi, pekerjaan ini termasuk fleksibel dan tentunya ‘bergantung’ pada internet. Hanya saja, tentu pekerjaan ini memerlukan sosok yang super kreatif.

12. Seniman/Pembuat Karya

biografi seniman indonesia, pengertian seniman, arti seniman, kata kata seniman, seniman bujang lapok, tokoh seniman indonesia, seniman indonesia terkenal, seniman indonesia dan karyanya

Woah… pekerjaan ini juga enggak perlu dunia sekolah atau titel apapun. Cukup tangan yang berbakat, kreasi yang diasah dan tentunya pribadi yang ulet. Namun kalau mau lebih total, ada juga pelatihan atau kelasnya. Nah, sekarang banyak banget ‘kan perempuan yang melukis, menciptakan suatu karya dari bahan yang didaur ulang, mengkreasikan makanan jadi lebih ‘menjual’, dst. Asli envy.

Dua belas pekerjaan keren sudah dibongkar. Kalau masih belum ada yang cocok, siapa tahu job-job di bawah bikin ngiler dan membangkitkan gairah hidup. Hehehe. Enggak perlu lama-lama, jom kita kupas!

Baca Juga :  Successful marriage tips

13. Photographer

Memang sih, hampir semua orang udah punya kamera di tangan. Kita bisa poto ini-itu dengan mudah. Namun jangan salah, pasti beda saja hasil jepretan potografer awam sama yang profesional. Atau katakanlah, yang memiliki ketertarikan dan passion khusus di bidang potografi. Bisa otodidak, atau memolesnya dengan mengikuti workshop atau kelas khusus. Kalau hasilnya bagus, jasa kita bisa *batuk* mengundang uang.

14. Teknisi Forensik

Profesi ini bertugas menganalisis detail dari scene kriminal dan membantu investigator untuk memecahkan masalah. Latar belakang pendidikannya bisa dari anak Kimia dan Biologi, atau ditambah sama training tertentu untuk menunjang job ini. Ciri mencolok dari seorang teknisi forensik yaitu… ahli ilmu-ilmu eksak. ! -_-

15. Blogger Gaya Hidup

Pekerjaan ini juga masuk dalam daftar ‘yang enggak perlu sekolah/kuliah’. Namun kita bisa memposisikan diri secara khusus, blognya mau dibawa ke mana. Bukan seperti bang blog majemuk. Dari diary pribadi, artikel campur-aduk sampai ngulik musik juga ada. Hehe

So, perempuan yang hobi nulis dan blogging bisa mulai menulis dengan fokus. Ciptakan brand sendiri dan sediakan konten spesial, dari gaya hidup sampai suatu produk. Syukur-syukur kalau bisa memposisikan diri dalam niche yang jadi passion atau keahlian kita. Kesempatan join dengan web lain atau merek tertentu jadi besar. Otomatis, gang penghasilan pun tambah lebar. Aarrgh! ini juga bikin iri.

16. Hacker

cara menjadi peretas, peretas terbaik dunia, peretas jaringan, peretas wifi, peretas facebook, peretas komputer, peretas icloud, peretas ilmu

Perempuan jadi hacker? Yep, bisa aja. Dan, pastinya keren. Namun dalam hal ini, posisi hacker ditujukan sebagai analis informasi keamanan. Jadi posisi ini dibayar untuk nge-hack sistem keamanan dan meminimalisir risikonya. Hmm… kelihatannya mesti jadi pakar komputer dan programer handal ini mah.

17. Konsultan Organik

Sekarang-sekarang banyak pengusaha bidang pertanian yang butuh konsultan organik, untuk membantu atau memberi saran agar bisa menerapkan sistem pertanian organik. Kandidatnya tentu mesti ahli di bidang industri organik dan pertanian.

18. Manajer Krisis

Istilah Indonesianya memang aneh, beda sama aslinya, Crisis Manager. Hehe. Yang jelas, pekerjaan ini cukup penting di segala bisnis dan industri. Tugasnya bertanggung jawab sama pengembangan dan penyelesaian rencana dalam urusan manajemen.

19. Ahli Kimia

Punya hasrat move up dari gas dan listrik untuk bahan bakar kita di masa depan? Posisi yang berkaitan dengan biofuels ini patut dipertimbangkan. Biofuels sendiri adalah bahan bakar masa depan dari bahan alami. Jadi dengan gelar ahli kimia, kita bisa mengkolaborasikan ilmu kimia, biologi dan fisika untuk lebih menggali dan gali soal pembuatan biofuels. Dan bagi yang enggak suka ilmu-ilmu macam ini, please, menjauh. *sudah melipir duluan* -_-

Sebenarnya masih bisa ditambah, kok. Banyak banget pekerjaan yang keren dan cocok untuk perempuan. Yang lain-lainnya itu bisa Bro-Sist tambah sendiri, sesuka hati. Hehe.

So, pekerjaan mana yang sesuai keinginan dan kepribadian kita? #RD

error: