6 Profil Tujuan Wisata Kabupaten Sumba Timur NTT

6 Profil Wisata Kabupaten Sumba Timur NTT

Bumi pertiwi selalu menorehkan cerita yang seolah tak pernah ada habisnya untuk diperbincangkan. Salah satu bingkisan Tuhan yang dimiliki Indonesia yaitu Provinisi Nusa Tenggara Timur. Provinsi ini merupakan penyumbang keindahan yang tak terbantahkan. Dari sekian alam yang indah, berkolaborasi dengan budaya menjadi ciri khas dari provinsi ini.

private beach Indonesia, Walakiri beach, keindahan pantai walakiri siang dan malam, pantai di indonesia, beautiful beach in Indonesia

Ilustrasi Keindahan Pantai Walakiri

Keindahan Sumba Timur memang mengundang decak kagum. Kabupaten ini dianugerahi pesona alam yang tidak biasa, kondisi tofografi Sumba Timur secara umum; datar, landai, hingga bergelombang. Rangkaian pegunungan dan bukit-bukit kapur curam mendominasi sebagian wilayah Sumba Timur. Keadaan tanah di Sumba Timur terbilang unik karena mengandung pasir, kapur dan batu karang. Berdasarkan penelitian bahwa raturan ribu tahun yang lalu, daerah ini dibawah permukaan laut, sehingga tak heran jika dataran Sumba Timur berbeda dibandingkan kabupaten lainnya di Nusa Tenggara Timur.

Mengunjungi tanah Sumba Timur Anda akan merasa menemukan sekeping surga yang terhampar diantara perbukitan. Memiliki Waingapu sebagai Ibu Kota, Kabupaten Sumba Timur semakin memancarkan keindahan yang memanjakan hasrat Anda yang haus akan wisata. Untuk bisa mengunjungi Kabupaten ini, Anda bisa memilih Bandara Ngurahrai Bali sebagai titik awal penerbangan yaitu sekitar 1 jam 40 menit penerbangan.

Dan berikut ini adalah keindahan dari salah satu Kabupaten di Nusa Tenggara Timur yaitu Kabupaten Sumba Timur.

1. Bukit Wairinding

pariwisata sumba timur, tempat wisata di sumba timur, wisata sumba barat daya, wisata sumba tengah, profil kabupaten sumba timur, peta sumba timur, sumba timur dalam angka, bupati sumba timur

Bukit Wairinding
gambar : Instagramnya Mira Lesmana @mirles

Wisata Alam di Sumba Timur sudah barang tentu akan memikat mata. Terdapat beberapa tempat untuk Anda menikmati Landscape alam Sumba Timur dari ketinggian. Tempat pertama yang bisa Anda pilih adalah Bukit Wairinding. Keindahan Bukit Wairinding begitu menakjubkan di tengah gradasi warna padang savana dan hembusan angin yang menenangkan. Keindahan ini dapat Anda nikmati saat Kabupaten Sumba Timur masih berada dalam zona musim hujan, dimana rerumputan tumbuh subur disetiap lengkungan perbukitan. Bukit Wairinding sendiri merupakan satu dari bukit yang banyak menarik perhatian wisatawan. Terletak di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai atau sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Sumba Timur, bukit ini nampak anggun dengan formasi vegetasi yang luas.

Waktu yang pas untuk mengunjungi bukit Wairinding adalah sore hari, Anda akan serasa berada di negeri dongeng. Cantiknya setiap sudut bukit Wairinding berpayung langit Sumba yang cerah menimbulkan ketenangan jiwa yang tiada tara. Sejauh mata memandang, hamparan padang savana dengan lambaian rerumputan menjadi atraksi alam yang cantik.

Baca Juga :  Negeri Macam Apa yang Kau Inginkan? Waspadalah dan Jaga Persatuan Indonesia!

2. Desa Adat Rende

profil kabupaten sumba timur, sumba timur dalam angka, berita sumba timur

Desa Adat Rende
gambar : pariwisatasumba.blogspot.com

Berbicara tentang Sumba Timur memang tidak bisa dipisahkan dari kebudayaan dan adat istiadatnya yang masih bertahan. Bagi Anda yang ingin menyelami lebih dalam beberapa desa adat di Sumba Timur, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya disini masih banyak desa adat dengan keramahan masyarakat yang akan menyambut hangat kedatangan Anda. Jaraknya pun cukup mudah dijangkau hanya beberapa kilometer saja dari pusat kota Waingapu salah satunya adalah Desa Rende.

Sepi dan tenang, inilah dua kata yang bisa tergambarkan dari Desa Adat Rende di Suma Timur ini. Terletak di Kecamatan Rende kabupaten Sumba Timur provinsi Nusa Tenggara Timur. Desa Rende memang menjadi destinasi wajib wisatawan lokal maupun asing. Di desa rende terdapat puluhan rumah adat dengan bentuk yang khas. Sama halnya dengan beberapa desa adat lainnya di Nusa Tenggara Timur, Desa Rende juga nampak unik dengan sejumlah makam batu yang berada di depan rumah.

Sebagian masarakat Desa Rende sendiri menganut kepercayaan Marapu, sementara sebagian lagi sudah memeluk agama. Namun terlepas dari itu, adat istiadat Rende masih merupakan kegiatan yang dijunjung tinggi. Di sini Anda juga bisa merasakan kuliner khas Desa rende diantaranya ; kahipat (mirip ketupat berbentuk memanjang), Uta Watar (makanan khas yang terbuat dari perpaduan kacang tanah dengan jagung yang dihaluskan), Kamburung (terbuat dari jagung yang dihaluskan, dikukus dan dibungkus menggunakan pelepah jagung).

3. Kain Tenun Ikat

kain tenun ikat berasal dari daerah, kain tenun ikat bandar kidul, kain tenun ikat troso, kain tenun ikat sumba timur, kain tenun ikat lusi dan pakan, kain tenun ikat ganda, kain tenun ikat dari sumba, kain tenun ikat merupakan bentuk perwujudan simbol-simbol yang mewakili

Ilustrasi Kain Tenun Ikat

Kain Tenun ikat memang tidak bisa dipisahkan dari tatanan budaya tanah Sumba. Untuk di Sumba timur sendiri terdapat pengrajin kain tenun ikat yang masih memproduksi berbagai motif. Untuk Anda yang ingin melihat proses pembuatannya silahkan datang di kampung Kaburu Kecamatan Kambera Sumba Timur.

Bagi masyarakat Sumba, khususnya Sumba Timur, Kain Tenun Ikat menunjukan sebuah tingkatan sosial seseorang. Disamping fungsinya sebagai pakaian adat saat diadakan berbagai upacara mulai dari kematian hingga pernikahan. Ada dua warna dasar Kain Tenun Ikat yaitu merah dan hijau. Dalam sekali produksi biasanya hanya menghasilkan 4 sampai 5 kain tenun ikat saja dalam satu tahun. Sehingga tak heran untuk harga tiap kain dibandrol dari 2 juta rupiah hingga 25 juta rupiah.

Baca Juga :  10 Games iPhone Terbaik yang Paling Adiktif

4. Padang Savana Lapawu

profil kabupaten sumba timur, pariwisata sumba timur, tempat wisata di sumba timur, wisata sumba barat daya, wisata sumba tengah, peta sumba timur, sumba timur dalam angka, bupati sumba timur

Ilustrasi Padang Savana Lapawu

Padang savana di Sumba Timur semakin indah dengan kontur tanah yang unik. Satu lagi tempat untuk menikmati keindahan alam Sumba Timur yaitu dengan mengunjungi Padang Savana Lapawu. Padang Savana Lapawu adalah sebuah dataran yang banyak ditumbuhi oleh ilalang. Dengan sejumlah vegetasi flora yang semakin menambahkan indah dipandang mata.

Untuk menikmati keindahan Padang Savana Lapawu ini ada cara berbeda, yaitu dengan berkuda. Kuda memiliki ikatan sejarah dengan masyarakat Sumba dan menjadi bagian hidup masyarakat di pulau bagian selatan Indonesia ini.

Menikmati keindahan Padang Savana Lapawu dengan berkuda merupakan sensasi yang patut dicoba. Pemandangan di Padang Savana Lapawu semakin lengkap dengan sejumlah pepohonan yang tumbuh diantara ilalang. Pada bagian ujung Padang Savana Lapawu hamparan Samudra membentang juga menjadi bonus tersendiri, sedangkan di bagian ujung Savana lainnya nampak bukit Tanjung Sasar yang gagah berdiri.

Berkuda di tengah Padang Savana Lapawu dapat membuat penat yang dirasa hilang. Bagi Anda yang belum mahir berkuda, jangan khawatir karena ada joki yang berpengalaman yang akan menemani Anda selama berkuda di Lapawu.

5. Pantai Walakiri

private beach Indonesia, Walakiri beach, keindahan pantai walakiri siang dan malam, pantai di indonesia, beautiful beach in Indonesia

Ilustrasi Keindahan Pantai Walakiri

Negeri kita tercinta Indonesia kian beragam dengan adanya destinasi wisata yang Indah, salah satunya pantai. Di Sumba Timur sendiri terdapat sejumlah pantai dengan keindahan yang wah, sama halnya dengan pantai-pantai dibagian timur Indonesia pantai-pantai di Sumba Timur ini begitu menawan dengan perairan jernih dan terjaga.

Pantai Walakiri adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Kelurahan Watumbaka Kecamatan Pandawai Sumba Timur, atau sekitar 24 kilometer dari Kota Waingapu. Cukup mudah untuk menemukan pantai ini, karena lokasinya yang terdapat dekat dengan perkampungan warga dan nelayan. Meskipun begitu, kebersihan pantai ini tidak usah diragukan lagi.

Sejauh mata memandang, pasir putih nan bersih begitu memanjakan. Berada di pantai Walakiri berbeda dengan pantai pada umumnya. Jika pantai identik dengan para wisatawan yang datang, pantai ini cukup sepi sehingga cocok sekali bagi Anda yang ingin merasakan suasana private seperti halnya pantai pribadi. Karakteristik pantai Walakiri yaitu landai dengan air laut yang sangat jernih. Berjalan dan merileksasi diri dengan nyanyian ombak yang menenangkan dijamin membuat betah berlama-lama di pantai Walakiri.

Baca Juga :  10 Penyanyi Perempuan Terbaik di Dunia Tahun 2015

Pantai ini juga memiliki mangrove (hutan bakau) yang unik dan semakin membentuk oase pantai Walakiri semakin menakjubkan apalagi ditambah dengan nyiur pohon kelapa yang tentunya semakin membuat pandangan mata teduh.

Pada siang hari bagian tepian pantai Walakiri surut dan terbentuk pasir halus membentang, Anda bisa berjalan dan merasakan pijatan halus pasir yang menyentuh kaki. Hal lain yang cukup menarik perhatian di pantai walakiri ini yaitu aktifitas sejumlah petani rumput laut. Selain ikan, pantai Walakiri juga merupakan sebagai penghasil rumput laut yang sangat potensial. Tempat ini dijadikan sebagai ladang bagi sebagian masyarakat setempat untuk membudidayakan rumput laut. Berwisata di pantai Walakiri, Anda tidak hanya mendapatkan ketenangan semata, namun menyatu dengan keramahan masyarakatnya.

6. Cemara Resort

private beach Indonesia, Walakiri beach, keindahan pantai walakiri siang dan malam, pantai di indonesia, beautiful beach in Indonesia, cemara indah resort, cemara indah resort bromo, cemara indah resort gunung kidul

Ilustrasi salah satu pantai kawasan Cemara Resort
gambar : acuonlineshop.blogspot.com

Kawasan pantai di Cemara Resort ini dijamin memuaskan hasrat Anda yang haus akan nuansa alam khas pantai alami. Memiliki tepian pantai hampir 3 km, tempat ini menyediakan lokasi wisata private yang bisa Anda nikmati tanpa ada wisatawan lain yang bebas masuk dikawasan pantai.

Cemara Resort adalah kawasan wisata yang banyak dilirik wisatawan. Disini Anda bisa menikmati suguhan yang ditawarkan, silahkan berjalan disepanjang pasir yang bersih sembari menikmati hamparan Samudra tak bertepi. Berada di Cemara Resort ini Anda hanya akan mendengar deburan ombak tenang yang sesekali menyapu pasir. Pantai ini begitu indah dengan alam Sumba Timur yang masih terjaga. Kegiatan yang seru yang bisa Anda coba bila berkunjung ke Cemara Resort adalah bersepeda. Hamparan tepian pantai bisa sekaligus menjadikan tempat untuk Anda memacu sepeda Anda dengan sesekali menikmati birunya air laut.

Untuk Anda yang ingin lebih lama berada di kawasan ini, terdapat sejumlah kamar yang menawarkan fasilitas yang memanjakan. Cocok sekali bagi Anda dan keluarga yang ingin melarikan diri dari rutinitas pekerjaan sesaat. Saat sore menjelang kawasan pantai Cemara Resort semakin menunjukan aura keindahannya. Di sinilah Anda bisa memanjakan diri Anda sembari menikmati hidangan kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda. TLM ~~ 6 Profil Tujuan Wisata Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur ~~

Loading...
error: