Fakta-Fakta Unik dan Menarik Tentang Batu Akik

Fakta-Fakta Unik dan Menarik Tentang Batu Akik

jenis batu akik, batu akik kalimaya, batu akik kecubung, batu akik termahal, jenis-jenis batu akik unik, batu akik langka, batu akik mata kucing, batu akik madu, batu permataFenomena batu akik kian meraja rela saja belakangan ini, berbagai daerah pun seolah berlomba menampilkan ke-khasan batu akik yang dimilikinya. Dan ada beberapa diantaranya yang memiliki harga yang selangit.

Beraneka corak dan berwarna-warni, bisa jadi itulah daya tarik utama dari benda yang beberapa waktu terakhir ini sedang digemari oleh masyarakat kita Indonesia. Tua muda, pria, wanita semua seolah berlomba mengoleksi batu akik, yang adalah merupakan batu alam yang merupakan salah satu mulia ini.

Tersebar nyaris ke seluruh daerah di Nusantara tiap batu memiliki nama dan kekhasan sesuai dengan daerah dimana batu tersebut berasal. Begitu besar minat masyarakat terhadap batu akik sehingga menjadi sebuah fenomena tersendiri. Bagi para pecinta batu akik ini, jenis batu akik ini bukanlah hal yang baru karena sejak dahulu batu akik ini banyak diburu oleh para pecinta batu-batuan. Jika kita mencoba memahami hobi yang satu ini terdapat keunikan tersendiri di dalamnya. Dan berikut ini merupakan beberapa fakta-fakta unik seputar batu akik.

1. Batu Akik Rafflesia dari Bengkulu

Batu Akik Rafflesia dari Bengkulu, jenis-jenis batu akik unik, batu akik langka, batu akik mata kucing, batu akik madu, batu permata

Salah satu batu akik yang sedang populer dan naik daun adalah batu akik Red Rafflesia. Batu akik yang berasal dari Bengkulu ini semakin digemari sehingga harganya pun semakin tinggi, diungkapkan bahwa Red Rafflesia ini memiliki beberapa elemen warna diantaranya kuning, orange dan putih. Namun biasanya batu akik yang berwarna merah-lah atau Red Rafflesia yang banyak dicari dan kini mulai langka. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa batu ini mulai menyaingi batu bacan, yang diketahui sebagai batu akik terpopuler yang terdapat di Maluku utara. Red Rafflesia memiliki warna merah yang transparan. Dari jenisnya Red Rafflesia memiliki beberapa warna seperti merah kecokelatan, merah atau merah orange.

Baca Juga :  10 Makanan yang Bisa Mencegah dan Melawan Flu

2. Batu Akik Pancawarna dari Garut

pancawarna garut edong, batu pancawarna garut edong, pancawarna garut kristal, panca warna garut, batu akik panca warna garut, khasiat batu panca warna garut, harga batu panca warna garut, batu cincin panca warna garut

Salah satu daerah di Jawa Barat – Garut, ternyata menyimpan potensi batu alam yang dimilikinya. Bahkan batu alam atau batu akik Pancawarna asal garut ini ketenarannya sudah membelah mata dunia Internasional. Namun untuk mendapatkan batu akik yang ada di Garut, Anda harus menyusuri perjalanan sekitar 80 km dari pusat kota menuju ke daerah Bungbulang. Untuk mendapatkan bongkahan batu, Anda harus menggali setiap sisi goa, secara kasat mata tidak ada yang istimewa dari bongkahan batu ini, namun setelah dibelah guratan artistik berbalut beragam warna seketika menyibak dari sisi dalam bebatuan.

Dengan memiliki 5 warna berbeda yang menyatu dalam corak seni alamiah menjadikan batu ini kerap disapa batu akik Pancawarna yang menjadikannya batu akik khas dari Garut. Berawal dari Kecamatan Bungbulang, kini penggalian batu akik mulai meluas di beberapa Kecamatan Garut. Akik Garut yang mendunia mampu menjadi magnet bagi para pecinta batu akik membuat para pecinta batu mulia berbondong bondong memburunya.

3. PNS Diharuskan Memakai Batu Akik

jenis batu akik, batu akik kalimaya, batu akik kecubung, batu akik termahal, jenis-jenis batu akik unik, batu akik langka, batu akik mata kucing, batu akik madu, batu permata

Peristiwa unik lainnya yang berkaitan dengan batu akik terjadi di Purbalingga Jawa Tengah. Bupati Purbalingga, Sukento Ridho Marhaendrianto melihat demam batu akik yang terjadi di berbagai daerah ini sebagai peluang. Pria 59 tahun ini pun mulai menghimbau para Pegawai Negeri Sipil yang berada di jajarannya untuk memakai batu akik. Ia mengungkapkan bahwa himbauan ini dilakukan karena daerah Purbalingga yang kaya akan batu akik. Sejak himbauan ini diberlakukan pada Desember 2014 lalu, banyak jajarannya yang kini memakai batu akik. Batu akik yang terdapat di Purbalingga memiliki jenis yang beragam dan bermacam-macam, namun yang populer adalah batu akik Klawing. Klawing merupakan salah satu sungai besar yang ada di Purbalingga, tempat dimana tersedianya batu-batu tersebut.

Baca Juga :  20 Tips Terbaik untuk Mengatasi Hasrat Belanja atau Menjadi Shopaholic

Disinyalir bahwa kualitas batu-batu di sungai tersebut cukup bagus dengan warna yang bervariasi dan cenderung gelap. Sang Bupati menyebutkan bahwa terdapat kurang lebih 1000 pengrajin batu akik yang ada di Purbalingga. Jadi karenanya tujuan utama himbauan pemakaian batu akik adalah untuk menggerakan perekonomian rakyat terutama para pengrajin batu akik.

4. Harga yang Fantastis

batu akik termahal dan langka, jenis batu mulia, jenis batu akik, batu akik kalimaya, batu akik kecubung, batu akik termahal, jenis-jenis batu akik unik, batu akik langka, batu akik mata kucing, batu akik madu, batu permata

Salah satu daerah yang tak luput dari demam batu akik adalah Provinsi paling barat Indonesia yaitu Aceh, yang membuat terpana sejumlah batu dengan harga selangit muncul dari daerah yang bernama lain Serambi Mekah ini. Salah satu batu yang ditaksir memiliki harga hingga ratusan juta rupiah adalah Giok Natural Gold yang berasal dari daerah Bener Meriah, Aceh. Dipamerkan dalam Festival Batu Aceh yang diselenggarakan pada awal Februari lalu, batu dengan berat sekitar 16 kg ini dibanderol dengan harga hingga 600 juta rupiah.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa batu ini memiliki warna yang indah dengan kadar kekerasan mencapai lebih 7 mohs, dimana kadar kekerasan normal batu akik adalah 6,5 – 7 mohs. Perlu diketahui bahwa skala Mohs ini dikembangkan pada tahun 1812 oleh Friedrich Mohs yang merupakan seorang Geologis dan Mineralogis asal Jerman.

Baca Juga :  8 Tips dan Hal Penting yang Harus Diingat Ketika akan Menjual Rumah

Dikemukakan juga Giok Natural Gold berwarna bening semu kekuningan ini pernah ditawar oleh seorang pembeli dengan harga 300 juta rupiah, tetapi sang pemilik rupanya masih enggan melepasnya.

5. Yellow Safir (Rp. 675 Juta)

harga yellow safir, yellow safir ceylon, batu yellow safir ceylon, batu yellow safir asli

Batu akik lainnya yang memiliki harga super mahal adalah batu akik jenis Yellow Safir. Masih dalam acara yang sama Atjeh Batee Festival atau (Festival Batu Aceh) salah satu batu lainnya yang laku terjual dengan harga selangit adalah jenis Yellow Safir tepatnya seharga 675 juta rupiah. Safir merupakan batu yang banyak diburu kalangan pecinta batu akik baik di Indonesia maupun di luar Negeri. Namun dikarenakan harganya yang menurut kami wah mahal tidak semua orang mampu dan dapat memiliki batu alam yang indah ini.

Safir (Sapphire Stone) adalah termasuk mineral yang dikenal sebagai Corundum yang secara umum banyak digunakan sebagai batu permata di atas cincin yang sangat indah atau untuk perhiasan lainnya seperti gelang dan kalung. Batu ini memiliki banyak warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan juga ungu. Batu ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk menenangkan pikiran serta memancarkan aura positif untuk membantu daya pikir bagi pemakainya.

Dikarenakan dan bisa jadi karena harganya yang sangat mahal itu mulailah muncul wacana batu akik akan dikenakan pajak barang mewah, bagaimana para pecinta batu akik apakah Anda setuju ? 😀

Demikianlah informasi tentang beberapa Fakta Unik dan Menarik Seputar Batu Akik, semoga menjadi informasi yang bermanfaat. (DBS ~ TLM)

Loading...
error: