11 Jenis Sayuran Baby – Mini (Baby Vegetables List)

11 Jenis Sayuran Baby – Mini (Baby Vegetables List)

jenis sayuran kecil, little vegetables, mini vegetables, Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur miniSayuran muda atau baby (mini – kecil) kini semakin dicari. Tidak hanya lebih enak, sayuran ini umumnya bebas pestisida. Masa panen yang cepat dan lahan yang semakin sempit menjadi alasan lain dipilihnya sayuran ini.

Permintaan akan sayuran baby semakin meningkat sejak tahun 1990. Karenanya, petani juga semakin banyak menanam jenis-jenis baru untuk memenuhi permintaan konsumen. Sayuran baby mempunyai prospek yang sangat cerah karena jenis dan permintaan semakin banyak. Namun diakui juga bahwa penggunaan sayuran ini masih terbatas pada kalangan tertentu atau jenis masakan tertentu, walaupun ada yang sudah sangat dikenal dan digemari masyarakat luas seperti baby labu siam dan baby corn.

Kecenderungan ini mungkin karena semakin bergesernya selera pada sayuran yang bebas pestisida. Karena dipetik sangat muda, memang sayuran ini tidak memerlukan pestisida. Tentu saja sayuran ini lebih sehat, selain rasanya yang lebih renyah dan segar. Untuk mendapatkan sayuran baby yang baik diperlukan sterilisasi tanah yang tepat dan pemberian pupuk yang cukup. Perawatan lainnya tidak jauh berbeda dengan sayuran biasa, malah tidak memerlukan banyak perawatan karena umurnya yang singkat. Lahan yang diperlukan lebih sedikit dan jarak tanaman lebih rapat. Dengan demikian biaya produksi tentu lebih rendah.

Berikut beberapa jenis sayuran baby yang banyak dicari konsumen :

1. Baby Turnip

Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur mini

Dikenal juga dengan nama baby kabo. Ukuran umbinya kecil, lebih kecil daripada bola pingpong dengan panjang rata-rata 2,5 cm dan diameter 1,5 – 3 cm. Ada 2 varietas yaitu yang warna umbi putih bersih dengan bagian pangkal berwarna kehijauan (maincrop greentinged turnip). Namun pada baby turnip warna umbinya putih bersih tanpa ada warna campuran lainnya.

Budidaya baby turnip sama dengan budidaya turnip biasa. Bibit yang digunakan juga sama, hanya berbeda pada umur panen. Baby turnip biasanya dipanen pada umur 1,5 bulan setelah tanam, bahkan ada yang dipanen pada umur 25 hari – tergantung permintaan konsumen. Perawatan lain yang diperlukan adalah sanitasi kebun, dan bila daunnya diserang plutella disemprot dengan insektisida dengan dosis sesuai petunjuk pada label kemasan. Rasanya yang renyah dan segar dapat dibuat pie, salad, dibakar, atau dimakan bersama mayonaise.

2. Baby Zucchini

baby food zucchini, baby vegetables list, baby vegetables seeds,baby food vegetables, roasted baby vegetables, baby vegetables 6 months, baby carrots, baby vegetables recipe, growing baby vegetables

Baby zucchini, labu yang mirip mentimun ini dipanen saat bunganya yang berwarna kuning masih mekar pada ujungnya atau sekitar 1 bulan setelah tanam. Budidayanya sama saja dengan zucchini yang dipetik dewasa. Semakin muda, zucchini semakin enak. Rasanya renyah dan halus. Bila zucchini biasa dipanen saat panjangnya 20 cm dan diameter 4 cm, maka baby zucchini dipanen dengan ukuran panjang 7 – 10 cm dan diameter 1 – 2 cm.

Ada dua varietas yaitu tender finger yang kulit buahnya berwarna hijau tua dan varietas jemmy yang berwarna kuning keemasan. Untuk baby, biasanya yang digunakan adalah varietas tender finger. Zucchini kaya dengan vitamin C dan rendah kalori. Selain untuk salad, baby zucchini dimakan bersama roti panggang, atau ditumis dengan saus tomat dan bawang putih.

Baca Juga :  9 Jenis Bunga Paling Bau Di Dunia

3. Baby Mentimun Jepang

baby vegetables seeds,baby food vegetables, roasted baby vegetables, baby vegetables 6 months, baby carrots, baby vegetables recipe, growing baby vegetables, baby vegetables list

Disebut juga baby curi. Selain dimakan dalam bentuk segar, ia juga banyak dijadikan asinan atau pikel. Hasil olahan ini lebih banyak diminta konsumen karena dalam bentuk segar sebenarnya lebih enak mentimun yang dipanen biasa. Untuk mendapatkan pikel yang empuk, baby curi direndam dalam lauran garam selama 30 hari dalam drum-drum plastik. Selanjutnya dijual dalam botol selai. Rasanya yang empuk dan asin disantap langsung sebagai acar. Sedangkan dalam bentuk segar, rasanya renyah dan halus. Dapat dilalap atau campuran salad.

Varietas yang digunakan khusus untuk pikel yaitu Claudia, Levina, dan Ureka, naun yang paling bagus adalah varietas Claudia. Pemanenan dilakukan tergantung pada permintaan konsumen. Ukuran panen yang diminta beragam, paling kecil 3 cm dan ukuran besar 7 – 8 cm dengan diameter 0,5 – 2,5 cm.

4. Baby Labu Siam

jenis sayuran kecil, little vegetables, mini vegetables, Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur mini

Sayuran ini sudah tidak asing lagi dan dikenal sebagai labu acar atau labu siam lalap. Ukurannya kira-kira sebesar genggaman bayi dengan panjang 5 – 8 cm. Rasanya lebih empuk dan manis. Cukup direbus dan akan menjadi lalap yang lezat. Harganya lebih tinggi dari pada labu yang dipetik biasa dan lebih menguntungkan, karena lebih cepat menghasilkan. Baby labu siam dipanen 2 hari sekali untuk grade I (30 buah/kg) dan dipetik 3 kali sehari untuk grade II (20 buah/kg). Mudah ditemui di pasar tradisional sampai pasar swalayan.

5. Baby Buncis

buncis in english, buncis kecil, jenis sayuran mini, jenis sayuran kecil, little vegetable, baby beans

Di luar negeri digunakan bibit khusus untuk baby buncis (baby bean), namun petani kita menggunakan bibit biasa dari Taiwan karena belum ada importir yang mengimpor benih baby buncis. Baby bean ini termasuk buncis tegak, hingga tidak memerlukan lanjaran. Yang berbeda adalah budidaya dan masa panennya. Baby buncis dipanen 1 minggu setelah berbunga. Diameternya hanya 3 – 5 mm, sedangkan panjangnya tergantung varietas. Warna polong hijau tua, segar, dan agak berbulu. Ada buncis hijau dan ada buncis putih, namun yang disukai konsumen adalah buncis hijau. Karena masih sangat muda, maka rasanya lembut dan manis, hingga cocok sebagai teman steak, tumis, atau dimasak lainnya.

6. Baby Caisim

macam sayuran kecil, sayuran berukuran kecil, jenis sayuran kecil, little vegetables, mini vegetables, Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur mini

Bibitnya sama dengan caisim biasa, hanya dipanen saat berumur 15 – 20 hari. Baby caisim tidak perlu disemai lebih dulu, melainkan langsung disebar di lahan. Panjangnya 15 cm sebesar caisim yang akan dipindah ke lapangan dari pesemaian. Rasanya lebih enak dan empuk, tidak liat serta tidak meninggalkan rasa pahit. Pemanenan ada 2 macam, yaitu dicabut dan potong pucuk. Penampilannya bersih dan utuh karena ditanam dalam naungan plastik – walau ada juga yang ditanam biasa, tanpa naungan. Yang jelas harganya lebih tinggi, bahkan lebih dari 2 kali lipat harga caisim biasa.

7. Baby Corn

baby vegetables seeds, baby food vegetables, roasted baby vegetables, baby vegetables 6 months, baby carrots, baby vegetables recipe, growing baby vegetables, baby vegetables list

Sayur ini sudah dikenal dan disukai dari dulu, disebut jagung semi. Biasa dibuat sayur asam, sayur bening, ditumis, capcay, dan masakan lainnya. Bibitnya sama dengan bibit jagung biasa, Cuma dipetik muda tergantung permintaan konsumen.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Rumput Laut dan Manfaatnya

Penanaman dan perawatannya juga sama dengan jagung biasa hanya jarak tanam lebih rapat. Di pasaran beredar dalam bentuk klobot dan pill (tanpa klobot). Hotel-hotel dan eksportir menginginkan bentuk pill sedangkan pasar swalayan menginginkan bentuk pill dan klobot, karena ada juga yang senang klobotnya ikut dimasak. Sedangkan di pasar tradisional umumnya dijual bersama klobotnya.

8. Baby Carrot

macam sayuran kecil, sayuran berukuran kecil, jenis sayuran kecil, little vegetables, mini vegetables, Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur mini

Sebenarnya baby carrot dihasilkan dari wortel dengan varietas tertentu. Namun petani-petani kita menanam jenis wortel biasa yang dipanen muda umur 50 – 60 hari. Panjangnya hanya 6 – 10 cm dengan diameter 1 – 2 cm, kira-kira sebesar jari-jari tangan. Budidayanya tidak berbeda dengan wortel biasa, hanya berbeda masa panen saja. Pada varietas khusus warnanya warnanya kuning muda. Rasanya renyah dan manis hingga sedap sebagai teman steak, dimasak kari, sop krim, atau masakan eropa lainnya. Namun permintaan masih sedikit dibandingkan wortel biasa.

9. Baby Kailan

baby kailan adalah, baby kailan recipe, baby kai lan, baby kylan, baby kailan oyster sauce recipe, baby kailan saus tiram, baby kailan games baby kailan resep

Rasanya mirip baby caisim namun yang lebih banyak dikonsumsi adalah batangnya. Umur panen kira-kira 40 hari setelah tanam. Ada 2 macam panen yaitu cabut akar dan dipotong. Cabut akar biasanya lebih awet dan kesegarannya lebih tahan lama. Bibit yang digunakan sama dengan bibit kailan biasa. Rasanya segar, renyah dan tekstur batangnya lebih lembut. Penanaman dilakukan pada bedengan dalam naungan plastik. Dengan demikian dihasilkan baby kailan yang bersih, utuh tidak sobek-sobek, dan batangnya tumbuh panjang, berisi, serta lunak.

10. Baby Kapri

jenis sayuran kecil, little vegetables, mini vegetables, Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur mini, macam sayuran kecil, sayuran berukuran kecil

Selama ini kita akrab dengan biji kapri, namun baby kapri alias taw miaw dipanen seluruhnya dari tunas, batang, hingga biji dan akarnya. Bagian yang dimanfaatkan adalah 5 cm dari ujung bawah sampai ke atas. Sebenarnya ia merupakan tunas atau kecambah dari biji kapri yang baru muncul ke permukaan tanah. Benih ditanam pada bedengan dan ditutupi karung. Setelah berkecambah, karung dibuka dan selanjutnya diberi naungan plastik. Perawatan lainnya tidak banyak, kecuali penyiraman secara rutin pagi dan sore sampai tanah lembap. Penan sudah dapat dilakukan pada umur 8 – 10 hari, dengan tinggi tunas sekitar 15 cm. Sayuran ini benar-benar bebas pestisida, hanya ada yang diberi sedikit pupuk organik. Enak dilalap, rasanya seperti kacang panjang mentah dan lebih enak bila direbus sebentar atau menjadi pelengkap masakan China.

11. Baby Kubis

sayuran baby, sayuran masih bayi kecil, Sayuran sayuran mini, kebun sayur mini, kebun sayur mini di rumah, sayur kubis mini, membuat kebun sayur mini, macam sayuran kecil, sayuran berukuran kecil, jenis sayuran kecil, little vegetables, mini vegetables

Dikenal juga dengan nama cuis atau ceriwis. Kubis ini sebenarnya adalah tunas-tunas yang muncul setelah panen kubis yang sebenarnya. Setelah panen, batang tidak ditebang dan dirawat terus, hingga muncul tunas-tunas yang dimanfaatkan sebagai sayuran muda yang renyah dan manis.

Ada 2 macam panen yaitu pucuk hijau dan pucuk putih. Pucuk hijau yang diambil daunnya saja, sedangkan pucuk putih dipanen seperti kol brussel yaitu berupa krop. Panjangnya 4 – 5 cm dengan jumlah daun 4 – 5 lembar. Dalam bentuk krop besarnya hanya lebih besar sedikit dari kelereng. Cuis hijau dipanen sebulan setelah panen kubis sedangkan cuis putih 40 – 50 hari setelah panen. Jenis Sayuran yang Berukuran Kecil – #TL

error: