4 Jenis Tanaman Asam Untuk Penghijauan

4 Jenis Tanaman Asam Untuk Penghijauan

asam kranji 2010-2015-2020, asam kranji thread, asam kranji timur tengah, asem kranji, velvet tamarind, dialium indum, cari asam kranji, indonesian community asam kranjiDulu tanaman ini tidak diperhitungkan dan sekadar tumbuh di halaman. Ternyata sekarang asam banyak dimanfaatkan.

Salah satunya untuk mempercantik wajah kota sebagai pengisi taman dan tanaman penghijauan.

Penghijauan sudah menjadi suatu kebutuhan bagi sebuah wilayah, khususnya perkotaan. Lihat saja Jakarta, dimana-mana digalakkan gerakan penghijauan. Berbagai jenis tanaman ditampilkan, di antaranya tanaman asam. Ternyata tanaman ini ada beberapa jenis, dan tidak hanya sebagai penghias taman atau jalanan kota, bahkan ada yang dimanfaatkan untuk bonsai. Berikut diantaranya :

1. Asam Jawa

jenis pohon peneduh jalan, jenis pohon pelindung, jenis pohon besar, jenis pohon peneduh rumah, Tanaman Hias

Pohon ini sudah lama dikenal di Indonesia. Nama ilmiahnya Tamarindus indica, termasuk famili Leguminosae. Buahnya yang asam-asam manis itu banyak dimanfaatkan sebagai bumbu atau ramuan jamu. Di Thailand ada asam jenis ini yang rasnya manis sehingga bisa dinikmati langsung seperti kurma. Karena manisnya itu ia disebut sweet tamarind.

Tanaman yang berasal dari Afrika ini tinggi pohonnya bisa mencapai 25 m. Tajuknya transparan, dengan daun-daunnya yang kecil, lembut. Asam ini tumbuhnya lambat, tapi kalau sudah besar tajuknya bagus, hingga cocok ditanam sebagai penghias jalanan kota. Daun-daunnya yang mungil itu meskipun berguguran tidak mengganggu jalanan. Batangnya tidak mudah tumbang atau patah bila ada angin kencang. Selain itu buahnya yang bergelantungan, menambah daya tarik tanaman ini. Asam jawa ini tidak hanya indah di jalanan. Kini asam juga banyak dijadikan bahan bonsai. Dengan batangnya yang pendek dan buahnya yang lebat, bonsai asam tampak sangat menarik. Tanaman ini banyak tumbuh di dataran rendah, yang cukup cahaya matahari.

2. Asam Londo

jenis pohon asam, buah tanaman asam londoh, Jenis, Jenis Tanaman Hias Outdoor, Jenis tanaman untuk taman, Kegunaan, Klasifikasi, Macam, Manfaat, Nama Botani, Nama Ilmiah, Nama Latin, Nama-Nama, Pohon, Taman, Tanaman, Tanaman Hias

Tanaman dengan nama ilmiah Pithecellobium dulce ini juga akrab dengan sebutan manila tamarind atau sweet inga. Asli dari Amerika dan sampai ke Indonesia karena dibawah bangsa Portugis.

Baca Juga :  Memanfaatkan Popok "Diapers" Bekas sebagai Media Tanam

Asam londo banyak tumbuh di dataran rendah. Dulu banyak dijumpai sebagai tumbuhan liar, kni sudah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung atau tanaman hias. Tinggi tanaman antara 5-15 m. Tajuknya transparan, cabang-cabang yang ramping memanjang sehingga tampak gemulai bila tertiup angin. Daunnya yang berukuran kecil dan letaknya berpasangan itu semakin menambah daya tarik untuk ditanam di sepanjang tepi jalan atau taman. Agar tajuknya lebih padat, tanaman ini harus sering dipangkas.

Dibandingkan asam jawa, buah asam londo kurang menarik. Bentuknya polong, panjang 6-12 cm, berisi 1-10 biji berwarna hitam, dengan daging biji besar, berwarna putih dan dapat dimakan.

3. Asam Selong

jenis pohon asam, jenis tanaman asam, klasifikasi tanaman asam, nama nama asam, jenis pohon peneduh jalan, jenis pohon pelindung, jenis pohon besar, jenis pohon peneduh rumah, Tanaman Hias

Tanaman asli Amerika Selatan ini punya nama ilmiah Eugenia michelii, dari famili Myrtaceae. Tanaman yang juga disebut asam ini ada yang menyebutnya siantho atau dewandaru. Orang Malaysia menyebutnya pitangi. Dan ada juga yang menyebutnya cereme asam atau cereme belanda, barangkali karena bentuk buahnya yang mirip cereme itu.

Asam selong merupakan tanaman perdu yang bertajuk lebar dengan percabangan banyak, tingginya sampai 5 meter. Daunnya hijau mengkilap, berukuran kecil. Di kota-kota besar tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai hiasan taman dan bonsai. Dengan memangkas cabang-cabangnya akan terbentuk tanaman yang bertajuk bagus. Bila dibonsai sangat menarik, apalagi bila buahnya bermunculan. Buah asam selain mirip tomat kecil, ada juga yang menyebutnya seperti ceremai. Bila masih muda buah ini berwarna hijau kekuningan atau kuning, dan setelah matang merah orange. Rasanya asam sepat dan bisa dibuat bonsai.

4. Asam Keranji

asam kranji 2010-2015-2020, asam kranji thread, asam kranji timur tengah, asem kranji, velvet tamarind, dialium indum, cari asam kranji, indonesian community asam kranji

Asam yang satu ini belum banyak dikenal, ia punya nama ilmiah Dialium indum, dikenal pula dengan sebutan tamarind plum. Orang Sunda menyebutnya ki ranji, di Jawa terkenal dengan sebutan asem cina. Di kota-kota besar orang-orang menyebutnya Asam Kranji.

Baca Juga :  BERTANAM MANGGA MANALAGI DI PEKARANGAN

Tanaman in berupa pohon yang tingginya bisa mencapai 30 meter, dengan diameter batang 50 cm. Batangnya tegak dengan percabangan dan tajuk yang tinggi. Asam ini masih banyak ditemukan tumbuh liar pada ketinggian di bawah 400 meter dpl. Di Jawa tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pelindung di pinggir-pinggir jalan.

Buahnya kecil, 1-2,5 cm, berbentuk bulat hingga gepeng, berwarna hitam bagai beludru. Tanaman ini tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, atau pelindung tapi buahnya juga dapat dimanfaatkan. Daging buahnya yang cokelat dapat dimakan, rasanya asam agak manis, dan gurih. 4 Jenis Pohon Asam Untuk Penghijauan. – #AG

error: