20 Lagu Barat Tentang Persahabatan Terbaik

20 Lagu Barat Tentang Persahabatan

Kamu suka lagu tentang apa? Lagu cinta? Lagu galau? Atau lagu lainnya?

Sebagaimana yang kita tahu, orang sudah terlalu sering membahas lagu yang berbau cinta. Entah itu lagu cinta yang romantis, mellow, dramatis atau justeru lagu cinta yang tragis. Padahal banyak lagi tema lagu yang menarik untuk dibahas.

Dari sekian lagu, sekarang kami akan mengangkat tema persahabatan. Sesuai topiknya, lagu-lagu ini memang menceritakan hubungan kita dengan seseorang atau sekelompok orang yang bisa kita percaya dan andalkan. Lirik lagu tersebut biasanya berbau solidaritas atau apresiasi atas kehadiran seorang karib.

lagu persahabatan barat sedih, lirik lagu persahabatan barat, daftar lagu persahabatan barat, lagu persahabatan barat, lagu-lagu persahabatan, lagu barat sahabat jadi cinta

via : pinterest.com

Kami yakin kamu memiliki selera tersendiri untuk menentukan lagu persahabatan apa yang menjadi favorit. Namun berikut ini kami ulas 20 lagu barat tentang persahabatan, siapa tahu salah-satunya ada yang menjadi kesukaan kamu. Jom!

1. Mariah Carey – Anytime You Need a Friend

Jika lagu asyik dinyanyikan oleh penyanyi berkualitas, tentu karyanya akan semakin mudah untuk dinikmati. Begitu mendengarnya saja kita akan ikut bersenandung. Jika meresapi liriknya, kita akan paham kalau lagu Mariah Carey yang satu ini membahas rasa cinta diantara dua sahabat. Cinta yang nyaman, yang menjadi rumah untuk kita berpulang.

2. Queen – You’re My Best Friend

Para fans lagu rock klasik tentu akan selalu mempertimbangkan Freddie Mercury dkk. Khusus dalam lagu ini, Queen membuat kita agar merasa bahagia, bersyukur dan mengapresiasi jalinan persahabatan yang ada. Lirik serta lagu ini tentu bisa menyentuh hati siapapun yang menjadi sohibmu.

3. Weezer – My Best Friend

Nama ‘Weezer’ mungkin sedikit kurang popular. Namun bukan berarti semua karya mereka jelek. Salah-satu yang laik kita dengarkan yaitu “My Best Friend” ini. Liriknya sangat manis dan tulus. Hati sahabat kamu bisa meleleh dan tersentuh jika lagu ini didedikasikan untuk dirinya.

4. The Beatles – With a Little Help From My Friends

The Beatles dikenal sebagai band rock paling popular dan sukses sepanjang. Walau sudah ‘tiada’, namun lagu-lagu dan para fansnya masih hidup. Lagu-lagu mereka biasanya memiliki lirik sederhana, namun padat. Seperti halnya dengan lagu yang rilis pada 30 September 1978 ini. Walau di sela-sela liriknya ada yang sedikit ‘nyeleneh’, namun jelas lagu ini cocok masuk dalam list.

5. Bette Midler – Wind Beneath My Wings

Bukan lagu baru, melainkan karya yang rilis pada 10 Juni 1989. Namun judul ini pernah menduduki tangga lagu teratas Hot 100 Billboard. Bukan hal aneh, sebab lagunya begitu asyik untuk disenandungkan. Liriknya pun cukup mengharukan. Lagu ini mengingatkan bahwa kita semua pernah dalam titik rendah atau terpuruk. Namun keluarga dan sahabat baik biasanya selalu siaga untuk ikut memikul beban kita. Mereka juga akan tetap menemani kita untuk melalui hari-hari keras tersebut.

6. White Stripes – We’re Going to Be Friend

Lagu balada persahabatan yang lucu, hangat dan membuat kita senyum-senyum sendiri. Liriknya yang berupa secuil kisah dipadukan dengan suara sang penyanyi serta petikan gitar yang sama-sama indah. Ketukannya membuat kita mengangguk-angguk sendiri. Lagu persahabatan yang lembut.

Baca Juga :  10 Band Punk Rock Paling Keren Terbaik Sepanjang Masa

7. The Jackson 5 – I’ll Be There

Lagu yang sulit terlupakan. Memang, grup musik ini sudah berubah.  Namun karya-karya lamanya tetap klasik dan terkenang. Seperti I’ll Be There ini, yang lirik dan musiknya begitu mengalun dan menenangkan. Bisa kita ulang sedikit liriknya, “Just call my name, and I’ll be there”.

8. Bill Withers – Lean on Me

Lagu lama yang rilis pada 8 Juli 1972. Mungkin generasi sekarang kurang familiar dengan penyanyi hitam manis yang satu ini. Namun lagunya sempat dipopularkan kembali oleh Michael Bolton. Liriknya memang sangat manis, tentang seseorang yang menawarkan diri untuk menjadi ‘tempat bersandar’ bagi sahabatnya. Baik versi asli atau remake, beat-nya sama-sama asyik.

9. Miley Cyrus – True Friend

Mengingat Miley Cyrus, mungkin kita akan teringatkan pada lagu Wrecking Ball atau We Can’t Stop. Namun ia juga memiliki lagu ‘masa lalu’, yang ia nyanyikan ketika berperan sebagai Hannah Montana. Karakter dia dan lagunya dulu dengan sekarang memang bergeser, namun True Friend ala Miley juga patut masuk list. Bagaimanapun, liriknya berisi tentang jatuh-bangunnya hubungan persahabatan.

10. Randy Newman – You Got a Friend in Me

Ada yang pernah mendengar lagu ini? Bagi pecinta Disney yang kebetulan hendak mencari referensi mengenai lagu persahabatan, tentu karya yang dinyanyikan Randy Newman ini bisa menjadi pertimbangan. You Got a Friend in Me merupakan lagu yang muncul di film Toy Story bagian 1. Sudah bisa tebak, lagu dengan nada khas Disney ini memang kental dengan persahabatan.

11. Rihanna – Umbrella

lagu persahabatan barat sedih, lirik lagu persahabatan barat, daftar lagu persahabatan barat, lagu persahabatan barat, lagu-lagu persahabatan, lagu barat sahabat jadi cinta

via : pinterest.com

Salah-satu lagu yang membuat Rihanna naik daun. Umbrella ini rilis pada 9 Juni 2007 dan langsung merebut tempat puncak di tangga lagu. Isi liriknya tentang hari-hari kita yang kadang menyedihkan, namun sahabat bisa menawarkan eksistensi atau bantuannya untuk membuat kita lebih teduh. Istimewanya, lagu Rihanna memiliki lirik dan nada yang catchy. Dance-nya pun cukup terpahat di hati para penikmatnya.

12. Dionne Warwick, Stevie Wonder, Elton John & Gladys Knight – That’s What Friends Are For

Lagu kolaborasi yang rilis di tahun 1980-an, tepatnya ketika wabah AIDS mulai mengepung. Empat penyanyi bintang ini kemudian me-lanching-nya untuk mengumpulkan dana. Nominal yang terkumpul lalu disumbangkan untuk biaya penelitian AIDS. Jika kamu sedang bosan dengan lagu zaman sekarang dan kebetulan belum pernah mendengar karya ini, tak ada salahnya untuk mencoba meresapi liriknya.

13. Jennifer Lopez ft Fat Joe – Hold You Down

“Sekarang kita membahas salah-satu single dari penyanyi latin popular, Jennifer Lopez aka J-lo. Di sini dia berkolaborasi dengan Fat Joe. Kombinasi suara mereka menceritakan tentang sosok sahabat yg sudah menemaninya, bahkan mungkin sudah dianggap keluarga sendiri. Hubungan mereka tetap stabil walaupun keadaan sulit dan buruk pernah menimpa.”

14. Adele – My Same

Penyanyi Inggris ini terkenal karena Someone Like You-nya. Suaranya begitu khas, penjiwaannya bagus dan lagunya kerap kali memudahkan pendengar untuk menyukainya. Untuk lagu ini, memang begitu asyik dan cocok sebagai teman joget juga. Adele menjabarkan bagaimana jadinya kalau kita bersahabat dengan seseorang yang jelas-jelas berbeda, entah sifat atau karakternya. Namun jika ia benar-benar sahabat, maka perbedaan itu bukan penghalang yang berarti.

Baca Juga :  40 Lagu Barat Terbaik dan Terlaris Sejauh Ini di 2015

15. Bruno Mars – Count on Me

Bukan hal aneh kalau Bruno Mars dipuji karena lagu romantisnya. Karena itu, kita bisa beralih dulu pada lagu Count on Me. Single yang satu ini juga laik untuk diapresiasi. Begitu mendengarnya, kemungkinan besar kamu akan menempatkan judul ini dalam salah-satu lagu tentang persahabatan yang difavoritkan. Paket yang ditawarkannya begitu komplit. Suara Bruno Mars, nada yang asyik serta lirik yang ringan tapi manis.

16. Vitamin C – Graduation Song (Friends Forever)

Liriknya memang panjang dan sedikit untuk dihapal atau dilafalkan dengan kecepatan yang sama, namun reff-nya itu sangat memorable. Lagu ini begitu popular dan menjadi pengingat kita bersama. Bahwa kita memiliki banyak kenangan dengan teman-teman, namun suatu saat kehidupan akan membawa pada jalan yang berbeda-beda. Kenangan itu pun ibarat film tanpa suara, yang terus terputar di pikiran tapi tak bisa kembali diwujudkan. Lagu ini akan selalu menjadi pengingat akan hari-hari penuh canda tawa dengan para sahabat lama. Bittersweet, tapi memang lagu Vitamin C ini jadi salah-satu favorit.

17. 50 Cent – Best Friend

Lagu rap tentang persahabatan ini sempat meraih popularitasnya pada tahun 2006-an. Meski di Billboard hanya menduduki peringkat 35, namun lagu ini tetap laik masuk dalam list. Hanya saja ada beberapa bagian yang perlu disikapi dengan bijak. Baiknya tak perlu diperdengarkan pada anak-anak.

18. TLC – What About Your Friends

TLC, salah-satu grup musik perempuan di tahun 1990-an yang begitu keren. Apalagi dalam lagu dengan bagian rapnya yang khas ini. Lewat lagu ini, mereka menegaskan kalau uang atau ketenaran tak akan memengaruhi hubungan persahabatan. Dan, ada fakta menarik di baliknya. T-Boz TLC sempat menyatakan kalau ada teman-temannya yang justeru jadi tak acuh begitu dia mencapai popularitas bersama grupnya.

19. Spice Girls – Wannabe

Beberapa pasti tidak asing dengan single hits dari girlband Spice Girls ini. Lagu yang rilis di tahun 1997 ini memang menjadi salah-satu dari jagoan Victoria dkk. Dalam petikan liriknya disebutkan “friendship never ends” atau persahabatan tak akan pernah berakhir. Bait yang bisa menjadi doa bagi hubungan persahabatan kita.

20. Andrew Gold – Thank You for Being a Friend

Kembali pada lagu lama namun sulit terlupa. Ini dia “Thank You for Being a Friend” dari Andrew Gold, yang rilis di tahun 1970-an. Genre-nya rock yang lebih lembut. Menyenangkan untuk terus didendangkan. Lebih isinya memang tentang kejujuran kita untuk berterima kasih atas kesediaan para sahabat untuk bersahabat. Karena keren, lagu ini pun digunakan dalam sitkom televisi berjudul Golden Girls.

20 judul lagu di atas mungkin tidak cukup, mengingat lagu-lagu lain banyak yang bermunculan. Karena itu, kolom komentar tersedia untuk yang pengin menambahkannya. Ada yang lain? 20 Daftar Judul Lagu Persahabatan Barat Terbaik #RD

error: