20 Film Tentang Guru Sekolah dan Pendidikan Paling Inspiratif Sepanjang Masa

20 Film Tentang Guru, Sekolah atau Pendidikan Terbaik Paling Inspiratif Sepanjang Masa

Ada yang berprofesi sebagai guru? Atau mungkin, tertarik dengan dunia pengajar dan sekolah?

Guru menjadi salah-satu pekerjaan yang cukup berwarna. Jika ditilik, job description mereka tidak sebatas pada penyampaian materi, pemberian Pekerjaan Rumah aka PR lalu menentukan skor nilai bagi murid-muridnya. Pekerjaan ini termasuk yang paling menyenangkan, sekaligus cukup berat dan rumit.

Tak heran kalau cerita tentang guru banyak menginspirasi orang-orang kreatif untuk berkarya. Entah dalam bentuk buku, gambar, lagu atau bahkan film. Para sineas pun berusaha keras memvisualisasikan konflik-konflik yang biasa terjadi di dunia ‘perguruan’. Entah itu terkait belajar-mengajar, hubungan dengan murid, kolega, orang tua siswa atau problem lain yang kerap menyergap.

Seperti 20 judul film ini, misalnya. Genre dalam daftar ini campur-aduk, tidak terbatas pada topik tertentu. Meski demikian, kecenderungan film jenis ini tak jauh dari inspirasi atau motivasi. Demikian juga dengan sekolahnya yang mencakup berbagai level. Entah Sekolah Dasar, Menengah, Atas, perkuliahan, dsb. Jika kamu kebetulan tengah mencari film yang erat kaitannya dengan guru, sekolah, pendidikan atau cerita inspiratif, alangkah lebih baiknya untuk terus memantau postingan ini.

Jadi, film apa saja yang dimaksud? Jom!

1. Dead Poets Society

film inspirasi pendidikan, film inspiratif tentang pendidikan, download film inspiratif pendidikan, download film inspirasi pendidikan, film inspirasi tentang pendidikan

via : pinterest.com

Salah-satu film Robin Williams yang terbaik dan paling dikenang. Di sini dia berperan sebagai John Keating, seorang pengajar Sastra Inggris yang memberi warna di Akademi Welton. Sebagaimana yang digambarkan, tempat pendidikan tersebut sangat disiplin dan menerapkan sistem yang ortodok atau begitu ‘kolot’. Namun Keating begitu berbeda. Dia menginspirasi siswa untuk lebih berani, melihat kehidupan dari sisi berbeda dan mengejar apa yang diimpikan, selagi baik dan ada peluang.

Para siswa sangat menyukai dan menuruti ajarannya. Mereka bahkan mengetahui kalau Keating adalah mantan murid Akademi Welton, sekaligus anggota dari komunitas “Dead Poets Society”. Karenanya, sekelompok siswa tersebut berusaha menghidupkan kembali komunitas itu. Namun masalah demi masalah muncul dan memuncak sampai ada siswa yang bunuh diri dan Keating dipecat. Ceritanya sedikit mengingatkan kita pada film India berjudul “Mohabbatein”. Menggugah.

2. To Sir, with Love

film sekolah barat, film bertema sekolah, film sekolahan, film tentang sekolah barat, film tentang anak sekolah barat

Sidney Poitier berperan sebagai Mark Thackeray. Dia adalah lelaki pengangguran, yang kemudian mendapat kesempatan bekerja sebagai guru di North Quay Secondary School. Job itu sebenarnya bukan bidang yang dikuasai, namun ia tetap mencobanya. Begitu menyetujui pekerjaan barunya, para staff di sekolah memberinya nasihat atau peringatan. Dia diberitahu kalau sebagian siswanya ‘bermasalah’, pernah ditolak sekolah lain, memiliki latar-belakang cukup rumit, tidak disiplin bahkan menjadi pemicu guru terakhir untuk mengundurkan diri dari sekolah.

Benar saja, Thackeray pun merasakan hal yang demikian. Para siswanya tak memiliki adab yang layak. Ia mencoba sabar, namun pada akhirnya menerapkan sistem pembelajaran yang cukup ketat dan lebih dewasa. Sebenarnya dia sudah mulai sukses mengendalikan siswa, walau tak semuanya. Apalagi ketika ia mengusulkan rencana tamasya. Para muridnya begitu senang. Namun keadaan memburuk ketika suatu kejadian membuatnya kehilangan kepercayaan dari siswa dan mereka kembali bertingkah seperti semula. Kejadian demi kejadian datang menguji sang guru.

3. School of Rock

film tentang guru terbaik, film tentang guru, film tentang percintaan guru dan murid, film barat tentang guru, film tentang perselingkuhan guru dan murid

Sesuai judulnya, film ini memang kental dengan suasana sekolah, guru, siswa dan… musik rock. Di dalam film ini ada aktor Jack Black yang berperan sebagai Dewey Finn. Dia adalah seorang rocker dan member dari sebuah band, yang kemudian mendepaknya keluar. Hal itu membuatnya kebingungan, sebab dia tidak memiliki pemasukan sama-sekali. Sampai-sampai dia mesti jadi ‘benalu’ bagi sahabatnya.

Suatu saat, ada kesempatan baginya untuk menjadi guru gandungan di sebuah sekolah. Pada waktu itu ia memerhatikan kalau para muridnya memiliki potensi di bidang musik. Kebetulan akan ada festival musik rock bertajuk “Battle of the Band”. Dewey bertekad mengikutsertakan muridnya, dengan harapan hadiahnya yang besar bisa ia renggut dan semua bayaran yang menjepitnya bisa terbayar. Dari kelakuan awal saja, film yang seru dan lucu ini sudah menggiring Dewey pada masalah. Namun berangkat dari hal itu pula, berbagai kejadian seru dan inspiratif akan datang.

4. Dangerous Minds

film tentang sekolah, film tentang anak sekolah, film tentang persahabatan di sekolah, film tentang masa sekolah

LouAnne Johnson tak pernah berpikir akan masuk ke dunia pendidikan. Ia merupakan mantan mariner yang juga memiliki masa-lalu tak mengesankan bersama mantan suaminya. Namun ia cukup girang menerima tawaran dari Carla Nicholas, seorang Wakil Kepala Sekolah, untuk mengajar di SMA Parkmont. Ia membayangkan akan menghadapi murid pintar nan penurut, namun harapannya runtuh manakala siswa yang dihadapinya tidak menaruh hormat sama-sekali.

Baca Juga :  25 Daftar Film Terbaru dan Terbaik 2017

Di hari pertama saja, Johnson atau biasa dipanggil Mrs John’s, mesti menghadapi kemumetan soal cara menghadapi murid-muridnya. Berbagai teknik dan saran ia terapkan. Namun problem yang dihadapinya tidak terbatas di dalam kelas. Di luar kelas, kejadian demi kejadian rumit terus menimpa. Ada titik di mana Mrs John’s terpukul, sampai ia sendiri membutuhkan dukungan untuk terus semangat dan pantang putus asa.

5. Lean on Me

film tentang sekolah, film tentang anak sekolah, film tentang persahabatan di sekolah, film tentang masa sekolah

Morgan Freeman tampil sebagai Joe Clark. Ia merupakan guru yang mendedikasikan dirinya untuk SMA papan atas, Eastside High School. Namun tanpa alasan yang jelas, pihak sekolah memecatnya. Sepeninggalnya dari sekolah, keadaan memburuk. Murid sulit dikendalikan, terlibat aktivitas kriminal, nilai anjlok, angka kelulusan merosot, dsb. Karena ancaman pengambilalihan oleh pemerintah, pihak sekolah memanggil Joe Clark kembali pasca 20 tahun dari pemecatannya.

Joe Clark tidak lagi tampil sebagai guru, melainkan kepala sekolah. Ia membuat peraturan sendiri. Gebrakannya yaitu dengan mengeluarkan siapapun murid yang terkait dengan urusan narkoba, memecat staff guru yang tidak setuju dengan kebijakannya serta mensosialisasikan misinya bersama orang tua murid. Keadaan yang dihadapi tentu tidak simpel. Satu kebijakan berbuah solusi, sekaligus masalah lain. Yang hendak ia ubah dan perbaiki memang bukan 1 murid atau 1 kelas, melainkan keseluruhan sekolah.

6. Mr. Holland’s Opus

film tentang guru terbaik, film inspiratif tentang pendidikan, download film inspiratif pendidikan, download film inspirasi pendidikan, film inspirasi tentang pendidikan

Peran Mr. Glenn Holland dibawakan oleh Richard Dreyfuss dengan apik. Di sini ia menjadi seorang musisi dan komposer. Tapi ia merasa pekerjaannya itu terlalu menyita waktu. Sampai kemudian datang tawaran dari John F. Kennedy High School. Karena basisnya seorang musisi, tentu ia akan ditempatkan sebagai guru musik. Mr. Holland sempat berpikir kalau profesi barunya itu akan menyediakan waktu yang cukup luang, khususnya untuk ia habiskan bersama isteri serta menciptakan simfoni lagu.

Sayang, dugaannya meleset. Waktunya kembali tersita oleh murid-muridnya. Lebih lagi mereka awalnya terkesan ogah-ogahan belajar. Ia juga mempunyai seorang anak tuna rungu – wicara, yang sempat merenggangkangkan hubungannya dengan sang isteri. Meski demikian, koleganya di sekolah selalu mendukung. Perlahan namun pasti eksistensinya lewat karya musik mampu mengubah pandangan hidup banyak orang, termasuk anak yang tuna rungu-wicara tersebut.

7. Stand and Deliver

film tentang sekolah, film tentang anak sekolah, film tentang persahabatan di sekolah, film tentang masa sekolah

Jaime Escalante meninggalkan pekerjaan lamanya untuk kemudian bergabung bersama SMA Garfield di wilayah timur Los Angeles. Di sana dia menjadi guru matematika. Sekolah tempatnya mengajar tidak bonafid. Hasil akademis para muridnya pun selalu berada di level bawah.

Namun Jaime Escalante tak patah semangat. Meski sebagian murid bahkan orang tua menganggap kalau sekolah hanya uang-buang waktu, dia percaya murid-muridnya itu memiliki potensi. Tapi karena metode pendidikan biasa tak akan mengubah banyak hal, ia pun menerapkan pengajaran yang baru. Hal itu berbuah manis. Murid-muridnya berhasil lulus dengan nilai memuaskan, walau kemudian memunculkan kecurigaan.

8. Kindergarten Cop

film tentang guru terbaik, film inspiratif tentang pendidikan, film anak lucu banget, film anak lucu, film lucu anak kecil

Judulnya sudah memberi gambaran kalau film ini memang memiliki keterkaitan antara polisi dan sekolah taman kanak-kanak. Hal itu saja sudah menjadi daya tarik tersendiri. Ceritanya tentu unik dan menggelitik. Ditambah lagi dengan pemain utamanya, Arnold Schwarnenegger, yang biasanya tampil dalam film action.

Arnold berperan sebagai detektif John Kimble, seorang anggota kepolisian yang gagah dan berdedikasi dalam jobnya. Ia mendapat misi untuk menangkap seorang pengedar narkoba bernama Cullen Crisp. Buronan tersebut hanya bisa diendus keberadaannya dengan cara menemukan mantan pasangannya, yang ternyata bersekolah di sebuah TK di wilayah Oregon. Agar tidak memunculkan kecurigaan, John Kimble mesti melakukan penyamaran sebagai guru TK. Nah ceritanya dijamin seru dan penuh tawa.

9. The Great Debaters

download film inspiratif pendidikan, download film inspirasi pendidikan, film inspirasi tentang pendidikan

Film yang sebenarnya cukup sensitive, sebab masih berkaitan dengan isu rasisme. Meski demikian, film ini masih layak tonton, sebab di dalamnya mengandung inspirasi dan pencerahan. Diceritakan di sini sosok Melvin B Tolson, yang diperankan oleh Denzel Washington, menjadi pengajar di Wiley College. Sekolah itu terisi oleh murid kulit hitam.

Dia bertekad membentuk tim debat sekolah yang kuat, untuk kemudian ikut bertanding di berbagai kontes. Empat siswa kemudian bergabung dan ditempa. Ujian berat juga bagi sutradara film untuk memunculkan aura tegang ketika lomba debat berlangsung. Tim debat racikan Tolson tidak menghadapi proses mulus. Masalah internal sampai eksternal terjadi dan menciptakan konflik tersendiri.

Baca Juga :  Daftar Film dan Drama Korea yang Diperankan oleh Song Joong ki (Lengkap)

10. The Principal

film tentang percintaan guru dan murid, film barat tentang guru, film tentang perselingkuhan guru dan murid

The Principal rilis pada tahun 1987. Aktornya, James Belushi, berperan sebagai Rick Latimer. Dia merupakan seorang guru SMA, yang sayangnya terjerat masalah minum-minuman. Sampai suatu hari, dia memergoki mantan isterinya tengah bersama lelaki lain di sebuah bar. Emosi yang bergejolak membawanya pada pertengkaran. Kejadian itu tentu menjadi perhatian sekolah.

Khawatir dengan reputasi sekolah, mereka pun memindahkan Rick ke tempat lain. Sekolah barunya tidak terlalu kondusif. Seperti biasa, ada geng murid bengal yang gemar berbuat kriminal. Rick yang bertekad berubah menjadi lebih baik mesti menghadapi berbagai tes, yang tak jauh datang dari sekolah barunya.

11. The Emperor’s Club

film pendidikan barat, judul film pendidikan barat, film barat bertema pendidikan, film barat tema pendidikan, film barat yang bertema pendidikan

Berangkat dari cerpen karya Ethan Canin, “The Palace Thief”, film ini rilis pada tahun 2002. Michael Hoffman tampil sebagai pengarah filmnya. Settingnya berada di St Benedict’s Academy, di Andover – Massachusetts. Film ini menampilkan flashback guru William Hundert dan siswa-siswanya di sekolah.

Hundert menjadi seorang guru inspiratif, yang sangat berpengaruh bagi tim cerdas cermat sekolahnya. Dia memotivasi mereka untuk terus rajin belajar. Dia juga menyampaikan ajaran untuk tidak melakukan kecurangan. Semuanya berjalan cukup lancar, sampai kemudian datang sosok Sedgewick Bell, murid yang siap-siap menjadi biang kerok dari berbagai masalah selanjutnya.

12. Half Nelson

film tentang sekolah, film tentang anak sekolah, film tentang persahabatan di sekolah, film tentang masa sekolah

Keberadaan Ryan Gosling dalam film ini sudah cukup menggoda para penonton. Dia menjadi Dan Dunne, seorang guru sejarah yang juga melatih tim basket puteri. Sebagai guru muda nan tampan, Dan tidak terlalu kesulitan melakukan pendekatan pada anak-anak didiknya. Tak heran kalau murid-muridnya pun menyukainya. Kontras dengan pihak sekolah, yang tidak menyetujui style mengajar Dan, sebab dianggap melenceng dari kurikulum umum.

Guru juga manusia. Ia memiliki problema. Begitu pun dengan Dan, yang ternyata terjebak dalam jerat narkoba. Pasca suatu pertandingan ia kepergok tengah menghisap kokain oleh salah-satu muridnya, Drey. Namun peristiwa itu justeru semakin menguatkan ikatan hubungan antara guru-murid tersebut. Mereka seperti saling mengisi bagian yang terasa masih setengah. Chemistry diantara mereka sangat kuat dan patut diacungi jempol.

13. Renaissance Man

film tentang pendidikan, film tentang pendidikan anak dewasa, film tentang pendidikan karakter, film tentang pendidikan tni

Film lama yang rilis di tahun 1994 silam. Penny Marshall menjadi sutradaranya. Cerita berawal ketika Bill Rago, yang diperankan oleh Danny DeVito, kehilangan mata pencahariaannya di kawasan Detroit. Tapi kemudian dia menemukan pekerjaan sebagai guru di pangkalan militer, di Fort McClane.

Walau awalnya sempat  clueless dan frustasi, namun kemudian Bill Rago menjadi sosok yang mengagumkan, inspiratif sekaligus humoris. Filmnya memang kental dengan nuansa komedi, namun tentu tidak picisan. Banyak makna yang diselipkan di dalamnya, khususnya tentang tanggung jawab serta bagaimana membentuk karakter yang kuat.

14. Freedom Writers

 film pendidikan barat, judul film pendidikan barat, film barat bertema pendidikan, film barat tema pendidikan, film barat yang bertema pendidikan

Begitu dirilis di tahun 2007, film ini juga membetot perhatian penonton. Lebih lagi aktris sekaliber Hillary Swank terlibat di dalamnya. Tokoh utamanya, Erin Gruwell, membawa niat baik untuk mengajar di sebuah kelas yang ada di SMA Woodrow Wilson. Dia sendiri memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, berdedikasi serta idealis. Namun ia memang tulus mengajar di kelas tersebut, meski isinya penuh oleh anak-anak yang bermasalah.

Semangat dan idealismenya langsung diuji ketika ia menghadapi kompleksitas kelas. Isu ras dan pertengkaran antar kelompok sangat kental dan kuat. Istilahnya, sedikit senggol saja langsung naik pitam dan memicu perkelahian hebat. Sampai kemudian dia menerapkan teknik menulis diary. Murid diminta menuliskan kejadian, pikiran dan perasaan setiap harinya. Meski strategi itu tidak didukung penuh oleh pihak sekolah, namun upayanya perlahan-lahan menampilkan hasil positif.

15. Sister Act 2: Back in the Habit

film barat tentang guru, film tentang perselingkuhan guru dan murid

Pasca sukses dengan Sister Act 1, sekuelnya segera muncul di akhir tahun 1993. Karena itu pemerannya sebagian besar masih yang dulu; Maggie Smith, Wendy Makkena, Kathy Najimy serta Mary Wickers. Sementara itu, Whoopi Goldberg berperan sebagai Deloris van Cartier. Suatu hari dia diminta mengajar di St. Francis Academy, mantan sekolahnya dulu.

Akhirnya Deloris pun setuju. Dia kemudian mengajar bidang musik di sekolah tersebut. Namun apa yang dihadapi tidak sesuai dengan ekspektasinya. Para siswanya begitu bandel dan tidak sopan, seakan-akan tak memiliki rasa hormat pada pengajar. Mirisnya, hal itu mereka lakukan dalam keadaan sekolah yang terancam ditutup.

16. Goodbye, Mr. Chips

film barat bertema pendidikan, film barat tema pendidikan, film barat yang bertema pendidikan

Film klasik ini rilis pada tahun 1939. Karya ini merupakan hasil adaptasi dari novel dengan judul yang sama dari James Hilton. Dalam film ini dikisahkan sosok Charles Edward Chipping atau kerap dipanggil Mr. Chips, yang melakukan flashback terhadap kehidupannya di masa lalu. Entah itu ketika ia berkarier di sekolah asrama bergengsi Inggris, pengalaman sulitnya, kisah cintanya dengan sosok yang sudah menjadi isterinya, dsb. Setelah berjasa selama kurang-lebih 66 tahun di sekolah Brookfield, Mr. Chips pun meninggal, menyusul sang isteri yang sudah lebih dulu wafat ketika melahirkan buah hati mereka.

Baca Juga :  7 FILM LARIS AKTOR KOREA LEE MIN HOO

17. The Man Without a Face

film tentang guru terbaik, film inspiratif tentang pendidikan, download film inspiratif pendidikan, download film inspirasi pendidikan, film inspirasi tentang pendidikan

Untuk pertama kalinya, Mel Gibson tampil sebagai aktor sekaligus sutradara di film ini. Ceritanya sendiri diadaptasi dari novel karya Isabelle Holland, dengan judul yang sama. Begitu rilis pada 25 Agustus 1993, karya ini langsung mendapat review, yang notabene masih cukup positif. Mel Gibson sendiri berperan sebagai Justin McLeod. Dia merupakan mantan guru yang diasingkan masyarakat.

Wajah sang guru nampak cacat. Hal itu disebabkan oleh kecelakaan hebat yang pernah dialaminya. Akibat insiden juga seorang anak meninggal akibat terbakar. Masyarakat langsung menghakimi kalau dirinya merupakan pedofil yang mengupayakan pembunuhan. Di tengah kesepiannya, ada seseorang bernama Chuck yang bersedia menemaninya. Dia adalah seorang anak yang sedikit aneh. Keduanya menjalin hubungan seperti guru-murid, di mana McLeod menanamkan ajaran kasih sayang  di tengah ketidakadilan yang kerap datang.

18. Precious: Based on the Novel Push by Sapphire

film pendidikan barat, judul film pendidikan barat, film barat bertema pendidikan, film barat tema pendidikan, film barat yang bertema pendidikan

Kehidupan berat mesti ditanggung oleh Claireece “Precious” Jones, yang kebetulan diperankan oleh Gabourey Sidibe. Dia digambarkan sebagai sosok gadis berusia 16 tahun yang hidup bagaikan di neraka di rumahnya sendiri. Ibunya, Mary, menderita disfungsional. Dia juga begitu temperamental. Ayahnya, Carl, malah lebih biadab. Dia sudah menyetubuhi Precious yang malang.

Begitu sekolah tahu kalau Precious hamil anak kedua, dia diskors. Sang Kepsek menyarankan agar gadis itu menempuh pendidikan di sekolah alternatif. Adalah Blu Rain, guru baru Precious yang membimbingnya untuk membaca. Melalui fantasia tau imajinasi, dirinya merasa hidup di dunia baru, dunia yang memberikannya cinta kasih. Ketika melahirkan anak kedua, dia memberikan nama Abdul. Di saat-saat itu dirinya juga bertemu dengan John McFadden, seorang asisten perawat. Precious merasa nyaman karena kebaikan yang dialirkan oleh lelaki tersebut.

19. Coach Carter

film inspirasi pendidikan, film tentang guru terbaik, film inspiratif tentang pendidikan, download film inspiratif pendidikan, download film inspirasi pendidikan, film inspirasi tentang pendidikan

Karena diangkat dari kisah nyata, film ini juga termasuk yang paling sering dibicarakan. Kisahnya diangkat dari Ken Carter, seorang pelatih basket di Richmond High School. Sementara di film, Samuel L. Jackson tampil sebagai pemeran utamanya. Di SMA Richmond, Carter ini sempat menjadi pemain bintang tim basketnya. Ia pun diberi kepercayaan untuk menjadi pelatih.

Pelatih lama sempat curhat kalau anak-anak olahraga cenderung mengabaikan ersoalan akademik. Karena itu, di hari perdananya, Carter membuat peraturan yang cukup menggebrak. Dia ingin agar anak-anak didiknya memperbaiki nilai akademik dulu sebelum berlatih atau bertanding. Hal itu tentu menuai protes, termasuk dari murid yang pintar bola basket dan orang tua murid. Perjuangan Carter untuk menyelaraskan prestasi atletik, akademik dan karakter sangat teruji di sini.

20. October Sky

film inspiratif sepanjang masa, film inspiratif seperti 3 idiots, film inspiratif setelah putus, film inspirasi sepanjang masa

Film ini diadaptasi dari novel karya Homer Hickam. Judulnya “Rocker Boy”s, namun untuk film, diganti menjadi October Sky. Setting tempatnya ada di kawasan Coalwood, Virginia Barat. Di wilayah itu, sebagian besar mata pencaharian orang adalah sebagai pekerja pertambangan batu-bara. Begitu pun dengan John Hickam, yang diperankan oleh Chris Cooper. Dia sangat mencintai pekerjaan sehari-harinya itu. Ia pun berharap anaknya yang bernama Jim, diperankan oleh Scott Miles dan Homer (Jake Gyllenhaal), bisa bergabung di sektor pertambagan bersama dirinya. Namun sang anak memiliki cita-cita lain.

Jim lebih tertarik dengan dunia rocket. Sebenarnya teman sekelas bahkan keluarganya sendiri menganggapnya hanya buang-buang waktu dengan menseriusi bidang itu. Namun ia masih memiliki dukungan eksternal lain, yang berasal dari 4 sahabat dan seorang guru science-nya yang bernama Miss Riley. Sosok guru ini diperankan oleh Laura Dern. Cerita yang dibangun mengajarkan pada kita untuk tak patah semangat sekaligus bertanggung-jawab dalam mencapai cita-cita.

Membahas guru dan segala problema yang mungkin dihadapinya memang selalu menarik. Sosok ini menjadi figur, model bahkan pahlawan yang bisa memberi pengaruh tinggi pada murid-muridnya. Dia juga memegang peranan besar terhadap masa depan, khususnya generasi mendatang. 20 Film Inspiratif Tentang Pendidikan #RD

Loading...
error: