10 Tips Menjaga Keharmonisan Pernikahan yang Harus Kamu Ketahui!

10 Tips Menjaga Keharmonisan Pernikahan yang Harus Kamu Ketahui!

Pernikahan adalah salah satu perjalanan hidup yang akan dilalui oleh masing-masing individu. Bagi kamu yang akan ke tahap ini tentunya harus memiliki persiapan yang cukup matang, mulai dari proses persiapan pernikahan sampai menjalani biduk rumah tangga dengan baik.

Kamu juga harus tahu kalau mempertahankan hubungan pernikahan agar tetap harmonis tentunya sangat dibutuhkan tindakan yang tepat. Ini karena dalam setiap hubungan apalagi yang namanya rumah tangga pasti akan terjadi masalah, baik itu pertengkaran kecil ataupun masalah lainnya. Keadaan tidak sepaham pun sudah menjadi hal lumrah.

So, penasaran kan hal-hal apa aja yang wajib untuk kamu lakukan? Berikut adalah tips agar hubungan kalian bersama pasangan dapat tetap harmonis.

1. Komitmen

komitmen pernikahan, komitmen persatuan dalam keberagaman, komitmen pernikahan islam, komitmen pernikahan agama

via : pinterest.com

Kamu tahu nggak sih, pada dasarnya dalam menjalani setiap hubungan dibutuhkan sebuah landasan yang bernama “komitmen”. Begitu pula dengan pernikahan. Hal ini sangat penting karena tanpa adanya sebuah komitmen, hubungan yang kamu jalani tak memiliki arah dan tujuan yang jelas. Kamu pasti nggak mau kan?

Sebuah komitmen juga dapat semakin memperkuat keharmonisan karena sebuah ikatan pernikahan pasti tidak akan terlepas dari yang namanya konflik. Inilah yang terkadang memicu terjadinya pertengkaran, bahkan yang paling ekstrem adalah perpisahan. Kamu nggak mau kan hal ini terjadi? So, mulailah segala sesuatunya dengan komitmen, maka ketika terjadi permasalahan, kamu akan kembali diingatkan dengan kesepakatan yang telah kamu buat sebelumnya bersama pasangan.

2. Saling Terbuka

saling terbuka dengan pasangan, saling terbuka antar pasangan, saling terbuka dalam hubungan, saling terbuka dalam rumah tangga, saling terbuka suami istri

via : pinterest.com

Kamu harus tahu juga bahwa keterbukaan adalah salah satu kunci suksesnya menjalani hubungan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Hal ini sangat perlu agar kamu bisa saling mengenal serta memahami satu sama lain.

Intinya, dengan sikap saling terbuka, tidak ada lagi yang namanya jaga image.  Kamu dan pasangan sudah sama-sama mampu bersikap seperti diri sendiri tanpa adanya rasa canggung satu sama lain. Selain itu, kamu mampu memberikan argumen ketika tidak sependapat dengan pasangan.Well, pastinya kamu akan lebih mengenal karakter pasangan dan sudah mengetahui apa yang diinginkan. So, mulailah untuk lebih terbuka pada pasangan ya!

Baca Juga :  Inilah 7 Alasan Orang Indonesia Lebih Bahagia daripada Orang Jepang!

3. Mampu Mengendalikan Emosi

pengendalian diri dan emosi dalam keluarga, pengendalian diri dalam keluarga, contoh pengendalian diri dalam keluarga, contoh pengendalian diri di keluarga, pengendalian diri di lingkungan keluarga

via : pinterest.com

Ketika terjadi sesuatu hal dalam hubungan kamu, jangan keburu emosi dulu ya sama pasangannya. Kedewasaan dalam menyikapinya itu sangat dibutuhkan. Untuk itu, bicarakanlah secara baik-baik dengan pasangan kamu agar dapat menemukan solusi yang tepat, bukan dengan marah-marah tak jelas.

Pernikahan adalah sebuah ikatan suci yang pastinya kamu akan menginginkan sekali dalam seumur hidup. Menyatukan dua pribadi yang memiliki karakter berbeda itu tidaklah mudah, namun untuk menyiasatinya bisa dengan cara bersikap mengalah ketika terjadi perbedaan atau perbedebatan. Terkesan anggun bukan?

Ingat ya, mengalah bukan berarti kalah. Kamu sudah menunjukan sikap dewasa dalam menjalani sebuah hubungan yang baik. Dengan mengalah, masalah yang terjadi akan dengan perlahan dapat terselesaikan.

4. Saling Memberikan Motivasi

motivasi keluarga bahagia, motivasi keluarga islam, motivasi keluarga sakinah, motivasi keluarga pdf, motivasi keluarga berencana

via : pinterest.com

Bagi kamu yang ingin tetap menjalin hubungan yang harmonis, tentu kamu dan pasangan harus saling memberikan motivasi ataupun semangat ketika sedang mengalami masalah dalam pekerjaan ataupun hal lainnya. Dukungan yang kamu berikan dapat menjadi penyemangat serta dapat mencairkan suasana hatinya lho, so sweet kan?

So, mulailah untuk lebih peka dengan apa yang dialami oleh pasangan kamu. Meskipun terlihat biasa, namun motivasi serta dukungan yang kamu berikan mampu memberikan kekuatan tersendiri lho. Penasaran? Silakan mencoba ya.

5. Menghargai Hobi Pasangan

hobi suami mahal, suami hobi main game, suami hobi main ps, suami hobi, suami hobi berhutang

hobi suami : via : pinterest.com

Setiap orang pasti mempunyai hobi, bahkan rela meluangkan waktunya berjam-jam hanya sekadar melakoni hobi yang digemari. Namun, hal ini jangan sampai membuat kamu geram dulu ya karena merasa nggak diperhatikan. Cobalah untuk berkomunikasi dengan baik bersama pasangan untuk membicarakannya.

Baca Juga :  Fakta-Fakta Unik dan Menarik Tentang Batu Akik

Memberikan ruang bagi pasangan untuk menjalani hobinya mungkin bisa menjadi salah satu bentuk kedewasaanmu dalam bertindak, meskipun awalnya susah. Sikap seperti ini bisa menjadikan pasanganmu lebih menyayangimu. Yang terpenting adalah berikanlah pemahaman bahwa setiap hobi yang dilakukannya harus mempunyai batasan waktu sehingga tidak mengorbankan kebersamaan bersama pasangan.

6. Saling Memberikan Perhatian

perhatian suami terhadap istri yang hamil, perhatian suami terhadap istri hamil, perhatian suami ketika istri hamil, perhatian suami istri hamil

via : pinterest.com

Terkadang ketika telah menikah dan seiring berjalannya waktu, banyak di antara kamu yang merasakan kurang mendapatkan perhatian dari pasangan. Alasannya karena terlalu sibuk dengan aktivitas masing-masing. Padahal, perhatian ini sangat penting lho.

Perhatian yang diberikan pastinya harus dalam bentuk tindakan ya karena hal tersebut dapat mengajarkan kamu untuk selalu mengerti dan memahami kondisi yang sedang dialami pasangan. Mulailah memberikan perhatianmu kepada pasangan, sekecil apa pun itu. Buatlah suasana tampak berbeda dan lihatlah apa yang terjadi.

7. Komunikasi

komunikasi keluarga menurut para ahli, komunikasi keluarga pdf, komunikasi keluarga dalam islam, komunikasi keluarga ppt, komunikasi keluarga efektif

via : pinterest.com

Ternyata komunikasi memiliki manfaat yang begitu banyak lho, salah satunya adalah kita dapat lebih dekat bersama pasangan, mampu meminimalisasi terjadi permasalahan akibat hal-hal sepele, dan masih banyak lainnya. Kamu juga harus mengetahui, sebenarnya terkadang permasalahan yang biasa muncul dalam sebuah hubungan dikarenakan hal-hal sepele yang jika tanpa adanya komunikasi yang baik dapat menimbulkan permasalahan yang besar.

So, mulai sekarang belajarlah untuk berkomunikasi yang baik ya dengan pasanganmu, tentunya dengan menggunakan kata-kata yang lembut agar pasangan kamu tetap merasa nyaman.

8. Memberikan Surprise atau Kejutan

kejutan untuk pacar laki-laki, kejutan untuk suami istri, kejutan untuk pacar jarak jauh, contoh surprise ulang tahun untuk sahabat, surprise buat pacar saat anniversary, kejutan buat pacar di hari jadian, contoh kejutan buat pacar, kejutan ulang tahun yang berkesan, ide surprise ulang tahun yang unik

via : merdeka.com

Dalam menjalani hubungan, adanya kondisi yang monoton atau terkesan datar dapat kamu siasati dengan kejutan kecil untuk pasangan. Ini dapat menimbulkan suasana baru dan tentunya berkesan.

Baca Juga :  8 Tips dan Hal Penting yang Harus Diingat Ketika akan Menjual Rumah

Biasanya, kejutan yang kamu berikan mampu menciptakan suasana yang selama ini terkesan biasa saja menjadi hal yang istimewa. Rancanglah sedemikian rupa kejutan yang akan kamu berikan kepada pasangan. Tak perlu sesuatu yang mewah, hal sederhana pun jika dilakukan dengan baik, maka akan sangat terasa spesial dan begitu bermakna. Jadi nggak sabar kan ingin secepatnya memberikan kejutan pada pasanganmu?

9. Memberikan Pujian

pujian suami kepada istri, pujian istri kepada suami, pujian suami untuk istri, pujian suami ke istri, pujian suami istri, pujian kepada suami istri

via : pinterest.com

Ketika pasangan kamu melakukan suatu prestasi ataupun hal yang baik, berikanlah ia sebuah pujian. Hal tersebut mampu menunjukkan bahwa kamu sangat beruntung memilikinya lho. Tak perlu malu untuk mengungkapkannya kepada pasangan.

Terkadang, tanpa kamu sadari, sikap cuek atau bahkan kurang peduli terhadap apa yang dilakukan oleh pasangan menimbulkan perasaan kurang semangat karena merasa tidak dihargai atas apa yang dikerjakan. Pujian yang diberikan adalah salah satu bentuk apresiasi kamu terhadap pasangan atas apa yang telah dilakukannya, sekecil apa pun itu. Jadi mulai dari sekarang, berusahalah untuk memberikan pujian untuk pasangan kamu ya.

10. Rasa Persahabatan

tips kebahagiaan suami isteri, kebahagiaan suami istri dalam islam, kebahagiaan suami isteri, doa kebahagiaan suami isteri, rahasia kebahagiaan suami istri

via : pinterest.com

Menjalani hubungan pernikahan ternyata tidak hanya bermodalkan rasa cinta semata lho, tetapi saling menyesuaikan diri terhadap perilaku serta sikap dari masing-masing pasangan itulah yang perlu.

Timbulnya pertengkaran dalam hubungan bukan karena kurangnya rasa cinta, namun kurangnya rasa persahabatan berupa pengertian satu sama lain. Jika kamu telah mengetahui perilaku pasanganmu, seharusnya kamu dapat menyeimbanginya dengan cara menyesuaikan diri sehingga tidak ada alasan untuk merasa tidak dipahami atau dimengerti.

Satu hal yang harus kamu tahu, dalam hubungan pernikahan yang kamu jalani, berusahalah menciptakan suasana layaknya persahabatan yang ada di kala senang maupun susah, dan tidak saling menuntut untuk mendapatkan pelayanan yang sempurna. Berusahalah untuk saling memberikan apa yang terbaik bagi pasangan.

Nah, kamu pastinya mendambakan pernikahan yang langgeng bukan? Jadi, sekarang saatnya untuk melakukan tips-tips tersebut. Selamat mencoba! 10 Tips Menjaga Keharmonisan Pernikahan yang Harus Kamu Ketahui!

Loading...
error: