10 Sayuran terbaik untuk ditanam di halaman rumah

10 Tanaman Sayuran Terbaik untuk Halaman Rumah Anda

Sayuran tentu akan lebih lezat dan sehat jika dikonsumsi dalam keadaan segar. Bisa kita bayangkan ketika bisa memetik tomat, mencabut wortel, atau meraup brokoli dari kebun sendiri. Menyenangkan, bukan?

Aktivitas berupa budidaya tanaman sayur di halaman atau kebun sendiri memang sangat menguntungkan. Apalagi kalau kita memang hobi bercocok tanam. Kita bisa merasakan manfaat dari nutrisi sayur yang belum memudar. Rasanya pun tentu masih segar. Selain itu, kita bisa menghemat pengeluaran.

Nah, jenis sayuran apa saja yang biasanya mudah ditanam di kebun atau halaman rumah? Jom!

1. Brokoli

tanam sayuran di halaman rumah, tanaman sayuran di halaman rumah, menanam sayur di halaman rumah, tanam sayur di pekarangan rumah, cara tanam sayur di halaman rumah

via : pinterest.com

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, serta vitamin A, C, dan B6. Cara menanam brokoli dalam wadah terbilang cukup mudah. Kita tinggal menyiapkan satu pot untuk satu tanaman brokoli. Kedalamannya sekitar 12 sampai dengan 16 inchi.

Kita musti hati-hati pada masalah hama berupa ulat kubis. Cirinya dilihat dari kupu-kupu yang terbang mengitari tanaman. Untuk menghindarinya, kita bisa menutup brokoli, misalnya dengan plastik atau penutup ringan. Kalau pun ada ulat yang terlihat, kita bisa membuangnya dengan tangan kosong.

2. Kacang Polong

bercocok tanam di halaman rumah, bercocok tanam di halaman sempit, bercocok tanam sayuran di halaman rumah, bercocok tanam cabe di halaman rumah, cara bercocok tanam di halaman rumah

Selain memberi rasa lezat, kacang polong juga menganugerahkan manfaat. Kacang polong mengandung zat besi, magnesium, potassium, serat, dan vitamin A, C, serta B6. Cara untuk menanamnya terbilang sederhana. Kita tinggal menabur kacang dengan jarak 2 inchi, yang masing-masing sedalam 10 inchi. Musuh besar ketika menanam kacang yang satu in yaitu cuaca panas. Beda lagi ketika cuacanya ada diantara 40 sampai dengan 85 derajat Fahrenheit.

Baca Juga :  Meningkatkan Mutu Buah Anggur

3. Kacang-kacangan

tanaman sayuran di halaman rumah, menanam sayur di halaman rumah, tanam sayur di pekarangan rumah, cara tanam sayur di halaman rumah

Jenis kacang-kacangan yang tersebar ada kacang merah, kacang hijau, atau kacang kering lain. Umumnya bahan makanan ini memang memiliki kandungan berlimpah, khususnya akan serat, zat besi, fosfor, dsb. Tanam kacangnya dalam wadah, masing-masing dengan jarak 4 inchi dan sedalam 12 inchi. Kita juga musti memerhatikan masa panennya. Pastikan kacangnya mongering. Warna cangkangnya cokelat muda, dan isinya sudah mengeras. Setelah itu, kita bisa menempatkannya dalam wadah yang kering dan dingin.

4. Kubis Brussel

tanam sayuran di halaman rumah, tanaman sayuran di halaman rumah, menanam sayur di halaman rumah, tanam sayur di pekarangan rumah, cara tanam sayur di halaman rumah

Jika kubis yang satu ini dimasak dengan benar, rasanya akan enak dan manis. Selain itu, kubis ini juga siap memberikan kandungan magnesium, potassium, riboflavin, serat, serta berbagai vitamin seperti A, C, dan B6. Untuk menanamnya, kita bisa menancapkan kubis sedalam 16 inchi dalam wadah. Untuk hamanya sendiri, kita musti waspada akan cacing kubis, yang juga kerap menyerang brokoli.

5. Tomat

cara menanam sayuran di pekarangan rumah, berkebun sayur di rumah, cara menanam sayuran di rumah, cara berkebun di halaman rumah yang sempit, cara menanam cabe di pekarangan rumah, cara menanam sayur di polybag, cara menanam sayuran sawi, berkebun hidroponik

Tomat masak yang biasa dipayungi cahaya matahari memang begitu menggoda. Warnanya pun membuat kebun jadi terlihat indah. Tapi yang terpenting, tomat juga menyediakan segudang menfaat. Tomat mengandung potasium, magnesium, niacin, zat besi, serat, vitamin C, A, B6, serta antioksidan likopen.

Untuk penanaman tomat dalam wadah biasanya tergantung varietasnya sendiri. Untuk yang tinggi, kedalamannya bisa 18 inchi. Yang sedang bisa sedalam 12 inchi. Sementara untuk yang ukuran pendek bisa sedalam 8 inchi. Satu pot, satu tanaman tomat. Hanya saja kita mesti hati-hati akan ancaman ulat. Begitu melihatnya, kita musti segera menepisnya.

6. Paprika Merah

budidaya paprika hidroponik, budidaya paprika pdf, budidaya paprika organik, budidaya paprika di polybag, cara budidaya paprika, cara budidaya paprika dalam polybag, teknik budidaya paprika, budidaya paprika di dataran rendah

Sudah kita ketahui bersama kalau paprika merah ini memberikan kandungan riboflavin, potassium, serta vitamin A, C, dan B6. Cara pembibitan atau penanamannya satu pot, satu tanaman. Hanya saja kita musti waspada akan kutu daun serta kumbang. Dua hama utama ini kerap menjadi penghalang bagi pertumbuhan paprika merah.

Baca Juga :  8 Labirin Taman dan Kebun yang Paling Keren di Dunia

7. Ubi bit merah

tanaman bit, sayur bit ungu, sayur bit untuk bayi, sayur bit merah, resep sayur bit merah, sayur kale, harga buah bit, buah bit

via : pinterest.com

Orang-orang kerap menggunakan tanaman ini sebagai salad juga. Nikmat juga ketika disantap dalam keadaan mentah. Kita juga bisa mengkombinasikannya dengan tanaman lain, misalnya seperti bayam. Untuk manfaatnya sendiri, akar dari bit ini memasok kandung bermanfaat seperti potasium, vitamin C, dan zat besi. Sementara untuk bit hijau mengandung kalsium, magnesium, potasium, zink, zat besi, vitamin A, B6, serta vitamin C.

Untuk menanam dalam wadah, kita bisa mengatur jaraknya sepanjang 3 inchi. Kedalamannya sendiri sebesar 12 inchi. Kita juga musti memerhatikan masa panen atau waktu petik yang tepat. Misalnya ketika akar bit sudah sepanjang 1 sampai 2 inchi. Ketika masa-masa ini, rasanya masih manis dan lembut. Beda lagi jika sudah terlalu besar, biasanya kurang beraroma serta tak terlalu lembut.

8. Bayam Merah

sayuran rumahan, tanaman sayuran rumahan, budidaya sayuran rumahan, aneka sayuran rumahan, bisnis sayuran rumahan

Sayur yang satu ini cukup sering kita jumpai. Rupa dan cita rasanya begitu khas. Selain manis, sayuran ini juga memiliki rasa yang tajam. Untuk nutrisinya sendiri, leaf amaranth mengandung kalsium, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, zat besi, riboflavin, serta vitamin A, C, dan B6.

Bibit bayam merah ini ditebar dalam tanah yang sebelumnya sudah diberi pupuk. Paling tidak kita memastikan dulu kedalamannya sebesar 8 inchi. Jika tingginya sudah 2 sampai 4 inchi, kita bisa memanennya. Kita bisa menebar benih lebih jika sudah memanen sebanyak 2 atau 3 kali. Untuk hambatannya sendiri, sebenarnya sayur yang satu ini cukup tangguh dan mudah tumbuh. Namun kita tetap saja mesti waspada akan ulat kalau sewaktu-waktu muncul.

Baca Juga :  Pembibitan Tanaman Buah

9. Wortel

tanaman untuk halaman rumah, tanaman untuk halaman rumah minimalis, tanaman untuk halaman depan rumah, tanaman untuk halaman sempit, tanaman untuk halaman kecil

Sayur yang manis dan cukup renyah ini menjadi sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Wortel mengandung serat, potasium, niacin, manganese, serta berbagai vitamin, seperti A, B6, dan juga C. Sayur yang satu ini juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Untuk proses tanamnya, kita bisa menebar bibit wortel sejauh masing-masing 2 sampai 3 inchi. Tanah dalam pot paling tidak sedalam 12 inchi. Rasa wortel yang cukup enak terasa ketika panen kecil-kecilan. Jika wortel terlalu besar, biasanya akan terasa keras. Kita juga mesti menjaga kelembabannya, sebab kalau terlalu kering maka akan memengaruhi cita-rasanya. Yang mestinya manis akan terasa lebih pahit dan berserabut.

10. Sayuran Berdaun Hijau

tanam sayuran di halaman rumah, tanaman sayuran di halaman rumah, menanam sayur di halaman rumah, tanam sayur di pekarangan rumah, cara tanam sayur di halaman rumah

Kalau dibuatkan list atau daftar, sayuran jenis ini tentu banyak sekali ada. Ada bayam, sawi, lobak, kangkung dsb. Umumnya, sayuran dengan daun berwarna hijau ini mengandung kalsium, potasium, zat besi, serta berbagai vitamin seperti A, C, dan B6. Untuk menanamnya, tanah dalam pot setidaknya memiliki kedalaman sebesar 10 inchi. Tanam bibit dengan jarak sebesar 4 inchi. Kita musti hati-hati akan ancaman ulat kubis atau hawa panas.

Salah-satu bahkan semua sayuran di atas bisa kita hadirkan di kebun atau halaman rumah sendiri. Kita jadi memeroleh faedah berlipat. Baik itu mengisi waktu dengan merawat sayur, memeroleh bahan makanan yang lebih sehat nan higienis, serta menghemat dana belanja. 10 Tanaman Sayuran Terbaik untuk Halaman Rumah Anda #RD

Loading...
error: