25 Drama Korea Saeguk (Tentang Kerajaan) Terbaik Sepanjang Masa

Kenapa drama Korea saeguk begitu menarik dan disukai para penonton?

Ada kesan kalau drama kolosal atau yang berbau sejarah itu terlalu serius dan bikin jenuh. Namun jika kamu merupakan pecinta K-Drama, anggapan tersebut mustilah patah. Betapa tidak, drama sejarah ala Korea justeru sudah memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Tak ayal kalau kalau ada trailer drama saeguk terbaru, fans langsung harap-harap cemas menantikan tanggal rilisnya.

Banyak alasan yang membuat drama saeguk disukai penonton. Penggarapan drama yang khas ini selalu total. Baik tema yang diangkat, struktur cerita, para pemain, kostum atau make up, setting, dan sinematografinya ditata sedemikian rupa. Semuanya merupakan pilihan, sehingga hasil kolaborasinya memuaskan.

Tak hanya itu, aspek ceritanya pun diperluas. Drama Korea saeguk tak fokus pada masalah kerajaan, kekuasaan, atau peperangan belaka. Para sineas kerap kali menambahkan unsur lain seperti sentuhan romansa, komedi, action, atau juga fantasi. Semua itu terbukti semakin menyedot perhatian para pemirsa.

Jika musti memilih daftar drama Korea saeguk terbaik sepanjang masa memang sulit. Dari tahun ke tahun ada saja yang tayang. Belum lagi drama-drama kerajaan terdahulu juga masih meninggalkan kesan mendalam.

Namun sampai sekarang, paling tidak berikut ini top 25 drama saeguk atau drakor seputar kerajaan yang terbaik dan paling seru. Jom!

1. The Great Jang-Geum atau Jewel in the Palace [2003-2004]

sinopsis drama korea kerajaan romantis, drama korea kerajaan paling romantis, drama korea kerajaan romantis, drama korea kerajaan hot

via : pinterest.com

Dalam setiap list drama Korea saeguk terbaik dan terkenal, judul yang satu ini pasti masuk. Di negara kita pun popularitasnya sangat tinggi. Bahkan drama dengan total 54 ini sangat berpengaruh besar pada penyebaran Korean wave. Tak ayal kalau para pemainnya memeroleh pujian besar. Khususnya Lee Young ae, Ji Jin hee, Im ho, Yang Mi kyung, Hong Ri na, dsb.

Cerita terfokus pada sosok Dae Jang geum. Walau masih kontroversial, namun banyak yang meyakini kalau tokoh dan kisah dalam drama ini memang sesuai kenyataan di zaman Dinasti Joseon atau Chosun. Banyak juga yang menganggap kalau pihak produksi sudah memberi unsur tambahan, yang sekiranya mendukung jalan cerita. Jang geum sendiri merupakan seorang perempuan yatim piatu yang sabar, baik, pantang menyerah, dan pintar dalam hal memasak maupun pengobatan. Digambarkan kalau Jang geum menjadi wanita pertama yang menjadi dokter istana, bahkan sampai melayani rajanya.

2. The Great Queen Seondeok [2009]

korea drama kerajaan, korea drama kerajaan terbaru, sinopsis korea drama kerajaan, film korea drama kerajaan, drama korea kerjaan terbaru

Di tahun rilis dan tamatnya, drama yang berjalan selama 62 episode ini dibanjiri pujian dan penghargaan. Semua itu tak lepas dari pemerannya yang gemilang. Sebut saja Lee Yoo won, Go Hyun jung, Park Ye jin, Woong In jeong, Jeong Hyeon kim, dsb. Demikian juga dengan ceritanya yang dikemas begitu seru.

Drama ini mengisahkan tentang lahirnya dua bayi kerajaan, Puteri Cheonmyeong dan Deokman. Atas dasar suatu ramalan, mereka musti dipisahkan. Puteri Deokman diasingkan. Namun ketika tumbuh besar, sang puteri kembali ke rumah semestinya. Ia juga sekaligus mengemban misi untuk memberontak pada Mishil, perempuan jahat yang berambisi menguasai Silla.

3. Empress Ki [2013-2014]

drama korea kerjaan terbaik, drama korea kerajaan hot, 25 drama korea kerajaan terbaik sepanjang masa, drama korea kerjaan romantis

Drama selanjutnya tak kalah berprestasi. Empress Ki bahkan jadi yang terbaik dalam event bergengsi sekelas MBC Drama Awards dan Seoul International Drama Awards. Bukan saja dramanya, sang pemain utamanya pun (Ha Ji won) memeroleh penghargaan Daesang.

Menariknya, cerita yang diangkat memang tak benar-benar mengikuti sejarah. Sosok Permaisuri Ki di sini bernama Ki Seung nyang, padahal sejarah mencatatkan nama aslinya sebagai Ki Ja o. Demikian juga dengan bapak dari anak biologisnya yang berasal dari Wang yoo, sementara cerita historis zaman Goryeonya menyebutkan nama Raja Huizong. Tapi di luar semua itu, drama ini sangat keren. Ki Seung nyang mampu menjalankan kekuasan walau lingkungan sekitarnya tak memberi keleluasaan, khususnya bagi kaum perempuan.

4. Hwang Jin Yi [2006]

drama korea tentang jaman kerajaan, sinopsis drama korea jaman kerajaan

Nama Ha Ji won memang memberi nilai besar bagi drama ini. Ia memangku sosok vital sebagai Hwang Jin yi, seorang gisaeng paling kesohor di sepanjang sejarah Korea. Dia juga tercatat sebagai seorang musisi, penari, dan penulis puisi. Cerita kehidupannya penuh dengan gejolak, sehingga cukup cocok jika diangkat ke layar drama.

Hwang Jin yi atau Hwang Jini dipercaya sudah hidup sejak zaman kerajaan Joseon, tepatnya di abad ke-16. Dia lahir sebagai anak di luar nikah antara ibunya yang seorang gisaeng, dan ayahnya yang bangsawan. Kehidupannya begitu keras dan penuh liku, lebih lagi status kaum hawa kala itu masih dianggap rendah.

5. Faith [2012]

drama korea tema kerajaan modern, sinopsis drama korea kerajaan modern, drama korea genre kerjaan modern, judul drama korea kerajaan modern

Penggemar Lee Min ho yang ingin menyaksikan aktornya unjuk gigi dalam drama saeguk bisa menikmati Faith. Lebih lagi, drama yang berlangsung selama 24 episode ini terbilang istimewa. Beragam unsur tercampur. Dalam drama ini ada paduan dari sejarah, fantasi, medis, dan romansanya juga.

Lee Min ho sebagai Kapten Choi Young beradu akting dengan Kim Hee sun. Sang Kapten yang berasal dari masa lalu kemudian bisa menembus abad ke-21, waktu yang dijalani oleh Yoo Eun soo. Sang kapten “menculik” Yoo Eun soo yang seorang dokter ahli bedah plastik. Tujuannya ia akan membawa dokter tersebut ke zaman Goryeo.

Baca Juga :  12 Film Bollywood Terlaris di Dunia Saat Ini

6. Tree with Deep Roots [2011]

film drama korea terbaru tentang kerajaan, judul film drama korea tentang kerajaan, film drama korea kerajaan, film drama korea kerjaan terbaru terbaik, film drama korea kerajaan 2011-2013

via : pinterest.com

Drama saeguk keren berikutnya tak lepas dari hujan pujian dan penghargaan. Jalan ceritanya diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Adapun setting waktunya terjadi pada masa kekuasaan Dinasti Joseon, tepat ketika Raja Sejong bertahta.

Kang Chae yoon yang diperankan oleh Jang hyuk digambarkan sebagai seorang prajurit yang handal. Rupanya ia memiliki misi untuk balas dendam terhadap raja yang tengah berkuasa. Dalam hidupnya, ia selalu mengira kalau Raja Sejong yang bertanggung-jawab di balik kematian ayahnya. Namun rupanya sudah terjadi kesalahpahaman yang fatal. Dan, berbagai peristiwa terus menggiringnya pada kebenaran yang sesungguhnya.

7. Yi San [2007-2008]

judul drama korea tentang kerajaan, judul drama korea kerajaan terbaik, judul drama korea kerajaan romantis, judul drama korea bertema kerajaan, judul drama korea terbaru tentang kerajaan

via : pinterest.com

MBC mengangkat kisah Raja Jeongjo atau Yi San dan menayangkannya sepanjang 77 episode. Jalan ceritanya mengalir dan cukup berwarna. Para bintang Korea yang terlibat meliputi Ji Min han, Seo Jin lee, Jong Su lee, dsb.

Dramanya membeberkan kisah kehidupan Raja Jeongjo dari mulai masa kanak-kanak, remaja, sampai tumbuh dewasa. Meski terlahir sebagai putera mahkota, namun bukan berarti perjalanan sang raja berjalan datar. Bahkan ia musti menghadapi berbagai intrik politik, termasuk dari orang-orang terdekatnya, khususnya bibi serta nenek tirinya sendiri. Ia memang berhasil bertahta. Namun posisi itu tak lantas membuat dirinya aman. Ia masih berhadapan dengan berbagai konspirasi, termasuk ketika dirinya jatuh hati pada temannya sendiri.

8. Dong yi [2010]

drama korea seguk terbaik, drama korea saeguk terbaik sepanjang masa, drama korea saeguk terbaik 2010-2013, drama korea saeguk terbaik 2014, sinopsis drama korea saeguk terbaik

Sesuai judulnya, drama ini memang terpusat pada sosok Dong yi. Peran penting ini dimainkan dengan apik oleh Hyo Joo han, sementara Dong yi kecil dibawakan oleh Kim Yoo jung. Drama ini berjalan sepanjang 60 episode.

Dong yi sendiri adalah seorang pelayan istana. Ratu Inhyeon (Park Ha sun) memberinya kepercayaan, sehingga ia cukup dekat dengan kalangan pejabat. Hanya saja ada selir yang semula akrab, namun kemudian jadi musuh berat. Raja sendiri menyukai Dong yi lantaran ketulusannya. Sampai kemudian dia bisa jadi suk-bin, atau semacam selir level atas. Dirinya melahirkan seorang putera yang kelak menjadi Raja Yeongjo.

9. Gu Family Book [2013]

sinopsis drama korea kerajaan romantis, drama korea kerajaan paling romantis, drama korea kerajaan romantis, drama korea kerajaan hot

Salah-satu daya tarik terbesar dari drama ini yaitu para pemain utamanya. Bagaimanapun, nama Lee Seung gi dan Suzy bae sudah memiliki basis fans yang besar. Lebih lagi mereka tampil dalam drama saeguk yang juga berpadu dengan fantasi dan unsur ilmu bela diri.

Drakor yang sempat ditayangkan di tanah air ini bercerita tentang Choi Kang chi, yang diperankan oleh Lee Seung gi. Dia bukan manusia biasa, melainkan sesosok gumiho, atau semacam siluman. Namun dirinya ingin sekali menjadi manusia seutuhnya. Dia pun harus mencari sebuah buku yang dipercaya menyimpan rahasia untuk memuluskan impian. Misi itu dibantuk oleh Dam Yeo wool, yang dibawakan oleh Bae Suzy.

10. The Moon That Embraces the Sun [2012]

drama korea bertema kerjaan modern, drama korea tema kerajaan modern, sinopsis drama korea kerajaan modern, drama korea genre kerjaan modern, judul drama korea kerajaan modern

Drakor MBC ini juga sempat meraih rating yang tinggi. Lebih lagi penonton terkesan dengan chemistry antara Kim Soo hyun dengan Han Ga in. Begitu pun dengan ceritanya yang dramatis.

Kim Soo hyun menjadi raja fiksi di masa Joseon yang bernama Lee Hwon. Ketika masih berstatus sebagai pangeran, ia jatuh hati pada Heo Yeon woo, gadis yang juga dicintai Pangeran Yang Myung. Namun sesaat sebelum menikah, Yeon woo tiba-tiba diberitakan sakit keras dan dipercaya sudah meninggal. Sampai Lee Hwon menjadi raja dan berpasangan dengan Yoon Bo kyung, hatinya masih terpaku pada cinta lama. Siapa sangka, Yeon woo masih hidup dan berganti nama dengan Wol.

11. Jang Ok-jung, Living by Love [2013]

drama korea kerajaan jang ok jung, drama korea jaman kerajaan, sinopsis drama korea kerajan jang ok jung, drama korea tentang jaman kerajaan, sinopsis drama korea jaman kerajaan

Drama ini memang mengangkat kisah hidup dari Jang Ok jung, atau juga Jang Hui bin. Jalan ceritanya sesuai dengan chick lit karyanya Choi Jung mi. Sang aktris, Kim Tae hee, dinilai pas dalam memerankan tokoh utama. Ia juga beradu akting dengan bintang lain seperti Yoo Ah in, Jae Hee, Hong Soo hyun, dsb.

Selama 24 episode lamanya, drakor ini membeberkan sosok Jang Ok jung. Dia merupakan puteri dari seorang budak, namun memiliki paras yang cantik dan skill yang bisa diandalkan. Dirinya bisa menjahit dan ahli dalam hal kosmetik. Begitu tumbuh besar, dirinya berhasil masuk ke lingkup istana. Mulai dari sebagai dayang, sampai naik tingkatan menjadi selir level atas. Kehidupannya pun penub konflik, dirinya dikenal sebagai sosok yang haus akan tahta atau kekuasaan.

12. Warrior Baek Dong-soo [2011]

drama korea saeguk terbaik sepanjang masa, drama korea saeguk terbaik 2010-2013, drama korea saeguk terbaik 2014, sinopsis drama korea saeguk terbaik

Judulnya dan ceritanya diadaptasi dari “Honorable Baek Dong soo”, komik buatan Lee Jae heon. Sebagaimana drakor kolosal, ceritanya memang mengulas tentang Baek Dong soo. Dia adalah satu dari 3 pengarang buku khusus bela diri, “Muyedobotongji”. Untuk para bintangnya sendiri ada Ji Chang wook, Yoon So yi, Yoo Seung ho, Shin Hyun bin, dsb. Proyek pembuatan buku itu sendiri merupakan tital dari Raja Jeongjo.

Baca Juga :  12 Daftar Film Gangster Jepang (Yakuza) Terbaik

Ji Chang wook berperan sebagai Baek Dong soo. Sementara di masa mudanya, peran tersebut dijalani oleh Yeo Jin koo. Lalu Yoo Seung ho menjadi Yeo Un, yang menjadi teman sekaligus musuh sang tokoh utama. Drama ini menghadirkan paket yang cukup lengkap. Mulai dari intrik politik, persahabatan, sentuhan romansa, kesetiaan, derajat atau kehormatan, dan juga persaudaraan.

13. Horse Doctor [2012-2013]

film drama korea kerajaan, film drama korea kerjaan terbaru terbaik, film drama korea kerajaan 2011-2013, film drama korea terbaru tentang kerajaan, judul film drama korea tentang kerajaan

Sebenarnya drakor tak terlalu berkesan ketika pertama kali tayang. Namun lama-lama mereka bisa membuktikan kalau tayangannya layak tonton dan patut diapresiasi. Perlahan namun pasti ratingnya pun naik. Penonton mulai tertarik untuk terus mengikuti alur ceritanya sampai selama 50 episode.

Ceritanya sendiri berdasarkan tokoh nyata yang bersejarah, yakni Baek Gwang hyun. Dia merupakan tabib, atau katakanlah dokter yang levelnya masih di kelas bawah. Namun ia bukan tabib biasa, melainkan sosok yang concern akan kesehatan kuda. Hanya saja, dari karier itulah dia kemudian bisa tembus ke istana Dinasti Joseon. Dia juga terseret akan konflik cinta segitiga, yang menjadi bumbu untuk drama ini.

14. The Book of the Three Hans / Jumong [2006-2007]

judul drama korea kerajaan terbaik, judul drama korea kerajaan romantis, judul drama korea bertema kerajaan, judul drama korea terbaru tentang kerajaan

Setelah Jewel in the Palace atau yang dikenal juga sebagai The Great Jang Geum, drakor ini disebut-sebut sebagai penebar kebudayaan Korea juga. Kemasan drakornya memang menarik, padahal sosok Jumong dalam sejarah tidak diketahui secara detail. Untuk itu, pihak produksi pun melakukan improvisasi dengan menambahkan kisah fiktif.

Rating dan popularitasnya yang besar membuat episodenya membengkak, dari 60 menjadi 81 episode. Lebih pemeran utamanya merupakan ayahanda dari Song Triplet yang kesohor, Daehan – Minguk – Manse, yakni Song Il gook. Dirinya menjadi Jumong, yang kemudian mendirikan Kerajaan Goguryeo. Jumong memiliki dua kakak tiri. Tapi mereka tidak akur, dan membenci dirinya. Dikisahkan kalau Jumong bertemu dengan Mo Su, sosok tunanetra yang mampu mengajari sang pangeran tentang cara berpanah dan berkelahi.

15. Arang and the Magistrate [2012]

drama korea tentang kerajaan komedi romantis terbaik, drama korea kerajaan komedi, drama korea kerajaan komedi romantis keren terbaru terbaik

Drama saeguk ini menjadi debut dari Lee Joon gi dan Shin Min ah. Ceritanya diambil dari mitos yang berkembang di masyarakat, yakni tentang sosok Arang. Dia diyakini sebagai sosok hantu perempuan yang tewas lantaran perilaku keji dari orang di sekitarnya.

Drakor ini dibalut dengan nuansa komedi – romantis. Ceritanya tentang Arang, hantu yang ingin mencari kebenaran terkait misteri kematiannya sendiri. Bagaimanapun, ayahnya yang seorang hakim sudah mengira kalau dirinya kabur dengan seorang laki-laki. Padahal cerita sesungguhnya tidaklah demikian. Untuk membongkarnya, ia meminta bantuan pada Kim Eun oh. Eun oh sendiri merupakan seorang bangsawan yang bisa berinteraksi dengan makhluk lain.

16. Chuno/The Slave Hunters [2010]

sinopsis drama korea kerajaan modern, drama korea genre kerjaan modern, judul drama korea kerajaan modern

Selain mengusung cerita yang menarik, penggarapan dramanya begitu menakjubkan. Demikian juga dengan para pemainnya yang membawakan peran secara apik. Sebut saja  Jang hyuk, Lee Dae hae, Oh Ji ho, Gong Hyung jin, dsb. Tak ayal, rating drama dengan 24 episode ini cukup tinggi. Mereka juga mengundang berbagai penghargaan.

Drakor saeguk-action garapan SBS ini menceritakan tentang seorang pemburu (Jang hyuk) yang hidup di zaman Dinasi Joseon. Ia menguber seorang budak pelarian yang awalnya merupakan seorang jenderal. Sang pemburu juga memiliki misi lain, yakni untuk mencari perempuan yang dikasihinya (Lee Dae hae).

17. Sungkyunkwan Scandal [2010]

drama korea tentang kerajaan korea, drama korea tentang kerajaan modern, drama korea tentang percintaan dan kerajaan, drama korea tentang kerajaan 2010-2016-2017

Drama historis selanjutnya ditayangkan oleh KBS. Drakor ini semakin membuat nama Park Min young melambung, thanks to kepiawaian aktingnya, yang musti memerankan diri sebagai laki-laki sekaligus. Meski hal ini bukan yang pertama kali, namun tetap saja ceritanya menarik. Lebih lagi drama yang diangkat dari novel “The Lives of Sungkyunkwan Confucian Scholars “ ini berhasil menyentil ketidaksamaan hak antara laki-laki dan perempuan, khususnya dalam hal mengenyam pendidikan atau bekerja di posisi yang lebih tinggi.

Setting ceritanya ada di zaman Dinasti Joseon. Park Min young menjadi sosok Kim Yoon hee. Di terpaksa menyamar sebagai kakaknya yang seorang laki-laki, Kim Yoon shik. Dengan begitu, dirinya bisa masuk ke Universitas Sungkyunkwan. Namun penyamaran itu berhasil dibongkar oleh Lee Sun joon, anak dari Pak Menteri Negara, yang diam-diam dicintainya.

18. Emperor Of The Sea [2004-2005]

drama korea tentang perjodohan kerajaan, drama korea tentang kerajaan dan percintaan, drama korea tentang kerajaan yang pernah tayang di indosiar, drama korea percintaan kerajaan

via : pinterest.com

Novel “Hae sin” karya Choi In ho menginspirasi kehadiran drama ini. KBS pun menayangkannya selama 51 episode. Ceritanya sendiri terfokus pada Jang Bogo, yang diperankan oleh Choi Soo jong, seorang budak yang berevolusi menjadi tokoh kelautan yang berpengaruh.

Di zamannya Dinasti Silla bersatu, Jang Bogo menguasai laut asia timur serta aktivitas perdagangan internasional.  Sebagai panglima laut, ia terus memerangi aksi para bajak laut. Ia juga musti menghadapi permusuhan yang dikibarkan oleh rivalnya, Madam Jami.

19. Iljimae [2008]

drama korea pembunuhan berkode

Banyak yang bilang kalau Iljimae menjadi Robin Hood versi Korea. Drama yang dipenuhi action atau laga ini diadaptasi dari komik lawasnya Ko Woo young. Intinya tentang seorang “pahlawan bertopeng” di zaman Dinasi Joseon. Lee Joon gi menjadi pemeran utamanya, bersamaan dengan Park Shi hoo, Lee Moon shil, Han Hyo joo, dsb.

Baca Juga :  Film Drama Terbaru Terbaik yang Dibintangi Exo "Oh Sehun"

Iljimae, Gyeom, atau Yong wo ini kerap memakai outfit hitam dan bertopeng. Layaknya Robin Hood, ia juga melakukan tindak kejahatan perampokan yang kemudian hasilnya digunakan untuk mengurangi beban orang miskin. Aksinya pun dilakukan di rumah para pejabat, yang sudah mengkhianati rakyat. Karena itu, masyarakat menyayanginya. Kontras dengan pihak pemerintah yang ingin mengenyahkannya.

20. Jung yi, Goddess of Fire

film kim bum terbaru, film kim bum 2015-2016-2017, film kim bum and kim so eun, film kim bum terbaru 2015-2016, film kim bum dan moon geun young, film kim bum terbaru 2015, film kim bum terbaru 2014, drama kim sang bum terbaru

Moon Geun young tampil sebagai Yoo jung. Dia digambarkan sebagai seorang gadis yang hidup di zaman Joseon. Dirinya diyakini sebagai perempuan pertama yang membuat keramik di masa tersebut.

Drakor ini juga mengangkat kisah percintaan sang gadis dengan Pangeran Kwang Hae, yang diperankan oleh Lee Sang yoon. Namun kisah romansanya menyedihkan. Mereka musti terpisah akibat kepentingan kerajaan. Film ini juga termasuk kedalam film terbaik yang diperankan oleh Kim Bum.

21. Secret Door

drama korea saeguk terbaik, drama korea saeguk terbaik sepanjang masa, drama korea saeguk terbaik 2010-2013, drama korea saeguk terbaik 2014, sinopsis drama korea saeguk terbaik

Drama kolosal Korea selanjutnya mempertemukan Lee Je hoon dan Han Suk kyu. Lee Je hoon menjadi Yi Sun, dan Han Suk kyu berperan sebagai Raja Youngjo. Para drakor lovers tentu sudah tahu bagaimana kualitas akting kedua aktor ini. Kisahnya sendiri dicomot dari buku “Memoirs of Lady Hyegyeong”, karya Lady Hyegyeong.

Intinya, di dalam drama ini keduanya musti berselisih karena perbedaan prinsip. Di era Dinasti Joseon, Yi Sun atau Putera Mahkota Sado menghendaki adanya keadilan dan kebebasan. Sementara sang ayah, Raja Youngjo, lebih fokus untuk menguatkan kerajaan. Selain perselisihan tersebut, drama saeguk ini juga mengulas kehidupan Yi Sun, tepat beberapa tahun sebelum sang ayah mengeksekusinya.

22. Kim Su-ro, The Iron King [2010]

drama korea pendekar rajawali, drama korea pendekar pedang, drama korea pendekar pemanah rajawali, drama korea pendekar harum, sinopsis drama korea pendekar

Siapa penggemar Ji Sung? Dia tampil dalam drama kolosal yang berjalan selama 32 episode ini. Dirinya bermain bersama Bae Jong ok, Seo Ji hye, Yu Oh seong, Kang byul, Go Joo won, dsb.

Berdasarkan judul, konsentrasi cerita memang ada pada sosok Kim Su ro. Ia adalah seorang penguasa yang berusaha memadukan 12 negara kecil, yang kemudian dinamakan Geumgwan Gaya. Eksistensi mereka cukup kesohor, khususnya dalam hal perdagangan laut serta pengelolaan besi. Selain mempersatukan, misi Kim Su ro selanjutnya yakni dengan mempertahankan kekuasaannya. Ia memang dikelilingi oleh banyak musuh. Ada saudara tirinya sendiri, raja dari negara lain, teman yang berubah menjadi musuh, dsb.

23. Painter of the Wind [2008]

drama korea kerajaan bagus, drama korea kerajaan yang bagus, drama korea tentang kerajaan yang bagus, drama kerajaan korea paling bagus, drama korea kerajaan yang paling bagus

Novel best-seller karya Lee Jung myung diadaptasi menjadi drama saeguk Korea. Ceritanya disusun sedemikian rupa dan tayang selama 20 episode. Tak hanya novelnya yang laris, filmnya pun mendapat review positif. Adapun bintang Korea yang berpartisipasi ada Moon Geun young, Ryu Seung ryong, Park Shin yang, Bae Soo bin, dsb.

Seperti halnya yang terjadi pada drama “Sungkyunkwan Scandal”, tokoh utama perempuan dalam drama ini juga musti menyamar sebagai laki-laki. Dialah Yun bok, yang menanggung misi untuk mencari siapa dalang di balik kematian ayahnya. Di tengah proses itu, takdir mempertemukannya dengan Kim Hong do. Dialah yang memapahnya sampai bisa jadi seniman terkenal.

24. The King and I [2007-2008]

drama korea kerajaan bagus, drama korea kerajaan yang bagus, drama korea tentang kerajaan yang bagus, drama kerajaan korea paling bagus, drama korea kerajaan yang paling bagus

Drama ini tayang dengan jumlah episode cukup panjang, yakni sampai angka 63. Ceritanya yang seru dan cukup rumit memang membuat penonton ketagihan. Konflik yang terjadi digambarkan dengan ketegangan yang membuat pemirsa enggan ketinggalan lanjutannya. Terlebih Oh Man seok, Go Joo won, Ku Hye sun, dll, bisa beradu akting dengan memesona.

Diceritakan kalau pada zamannya Dinasti Joseon, ada sosok yang bernama Kim Cheo sun. Dia dikenal sebagai petugas kasim terbaik. Namun sebagai lelaki biasa, dia pun jatuh cinta pada seorang wanita. Sayangnya orang yang dikasihinya adalah So hwa, yang menjadi Ratu Jeheon. Kasta mereka sangat berbeda, membuat cinta itu tak berdaya. Lebih lagi sang ratu berada dalam panasnya intrik politik yang bergejolak di istana.

25. The Princess’ Man [2011]

drama korea kolosal terbaik, drama korea kolosal terbagus, drama korea kolosal terbaru indosiar, drama korea kolosal terbaru 2011-2016-2017

KBS menayangkan drama ini sepanjang 24 episode. Moon Chae woon mengambil peran sebagai Lee Se ryung. Park Shi hoo menjadi Kim Seung yoo, dan Song Jong ho tampil sebagai Shin myeon. Drakor kolosal ini menyoroti kisah cinta yang tak direstui orang tuanya.

Puteri dari Raja Sejo atau Pangeran Sooyang, Lee Se ryung, menjadi gambaran gadis yang ceria, memiliki rasa penasaran yang tinggi, serta tegas. Sementara ada Kim Seung yoo, putera Kim Jong seo, yang menjadi lelaki ideal idaman para peremuan. Keduanya saling jatuh cinta. Namun jalanan terjal musti dihadapi ketika orang tua mereka sendiri yang menjadi penghalangnya. Rupanya Raja Sejo dan dan Kim Jong seo merupakan rival bebuyutan.

Demikian daftar lengkap drama saeguk, kolosal, atau yang bertema sejarah terbaik sampai saat ini. Selain menghibur dan meninggalkan pesan tertentu, salah-satu genre drama andalan Korea ini bisa menjadi ajang promosi negara juga. Lebih lagi mereka mengemasnya dengan kualitas unsur-unsur film yang total. Hal ini seyogyanya bisa diterapkan di negeri kita juga, ya. 25 Drama Korea Saeguk (Tentang Kerajaan) Terbaik Sepanjang Masa #RD

Loading...
error: