10 Sistem Operasi (OS) Smartphone Terbaik di Dunia Tahun 2016

Smartphone yang kita gunakan semakin hari semakin bertambah dan berkembang saja. Berbagai perusahaan pun terus gencar melakukan inovasi dengan menambah fitur atau kecanggihan lainnya. Demikian juga dengan operating system atau OS-nya, yang terus diperbaharui tiap waktu.

Sistem operasi menjadi program yang bisa membuat telepon genggam berfungsi layaknya komputer, namun dengan kinerja yang lebih sederhana. Kita pun bisa leluasa mendengar musik, menonton video, nge-game, mengirim atau membalas email, menambah atau mengoperasikan aplikasi, dsb.  Semua itu tentu sangat membantu dan memanjakan para penggunanya.

Nah, berikut ini top 10 sistem operasi ponsel yang terbaik dan banyak digunakan. Jom!

10. LG UX

os smartphone terbaik di dunia, os smartphone terbaik 2017-2018, os smartphone terbaik 2015-2016

Selain LG UX, orang juga mengenalnya sebagai Optimus UI. LG Electronic beserta mitra-mitranya yang mengembangkan OS ini. Sifatnya internal, dan tak ada lisensi khusus bagi pihak ketiga mana pun yang ingin menerapkannya di smartphone mereka. Karena itu, diperkirakan sebanyak 0,01% smartphone yang dijual di dunia hadir bersama OS ini.

Sistem ini tercipta untuk menyediakan fitur-fitur kekinian bagi tablet maupun smartphone LG. Versi terbarunya, Optimus 4.1.2, sudah bisa dinikmati para pengguna Optimus Neo 3 dan Optimus KII.Begitu juga dengan LG UX 5.0 Marshmallow interface-nya. Yang teranyar ini bakal hadir bersamaan dengan ponsel baru mereka. Kabarnya akan tersedia aplikasi bernama LG Friends Manager serta fitur lain yang semakin canggih. Saham mereka tercatat sebesar 0,01%.

9. BADA

os smartphone terbaru, os smartphone terbaik, os smartphone market share, os smartphone buatan indonesia

Samsung Electronics menjadi nama besar di balik pengembangan OS ini. Karena Samsung berasal dari Korea, maka namanya pun diadaptasi dari bahasa tersebut. Bada berarti lautan atau samudera. Samsung sendiri sebenarnya mengelak kalau Bada adalah sebuah OS, melainkan semacam software yang semula akan dikembangkan lebih lanjut.

Samsung mengembangkan Bada dalam smartphone bermerek Wave. Sementara mereka yang Android-nya berada di bawah nama brand Galaxy. Berdasarkan data, OS ini menguasai 0,01% pangsa pasar di seluruh dunia. Pihak Samsung yang semula menimang-nimang usaha untuk meningkatkan performa Bada, kemudian memutuskan untuk melakukan merger dengan proyek Tizen-nya. Namun Bada ini sudah memiliki Samsung Apps dan app store tersendiri yang menyediakan sekitar 2400 aplikasi. App store ini sendiri tersedia juga dalam smartphone Samsung yang berbasis Android.

8. Kindle

os smartphone terbaik di dunia, os smartphone terbaik 2017-2018, os smartphone terbaik 2015-2016

Nama lainnya adalah Amazon Api OS, sistem operasi yang berbasis Android. Dari sebutannya, kita sudah menduga kalau Amazon yang menjadi pengembangnya. Mereka menerapkannya pada tablet Kindle Fire serta ponsel Fire. Istilah Kindle sendiri disosialisasikan seiring dengan rilisnya tablet Kindle Fire generasi ke-3. Mereka merangkul 0,01% pangsa pasar yang ada.

Begitu kita membuka layar home-nya, nampak aplikasi-aplikasi yang diakses pengguna. Sementara di bagian bawahnya tersemat aplikasi pilihan atau yang difavoritkan. Kita juga bisa melihat-lihat di Amazon store-nya untuk memboyong aneka aplikasi. Baik itu terkait games, musik, dunia memasak, dll. Tak ada Google Play Store. Namun di dalamnya masih bersedia Google Maps. Istimewanya, terdapat fitur yang bisa mengatur pembatasan konten. Yang satu ini bisa dimanfaatkan para orang tua untuk menyaring  konten yang tidak semestinya diakses anak-anak.

Baca Juga :  7 Sosial Media yang Sering Dipakai Orang Jepang

7. Tizen (Samsung)

os smartphone terbaru, os smartphone terbaru 2016-2017, smartphone os Marshmallow terbaru, macam-macam os smartphone terbaru, smartphone terbaru os

Ini dia OS yang sempat disinggung bersamaan dengan Bada. Yang satu ini masih dikembangkan oleh Samsung. Namun mereka bekerja sama juga dengan pihak Intel. Pihak developer juga sudah melakukan upaya penggabungan beberapa fitur yang sebelumnya hadir dalam Bada.

Pangsa pasarnya cukup besar, yakni sebesar 0,03%. Bagaimanapun, tampilan dan auranya memang menyerupai Android, OS yang sangat banyak digunakan di dunia ini. Termasuk juga dengan notification yang digeser bersamaan dengan toggle bar, dan di dalamnya terdapat multitasking, power saving, firewall, serta fitur khas Samsung lainnya. Suntikan dana dari pengembang besar tentu memudahkan upaya peningkatan mereka.

6. Blackberry OS

os smartphone terbaik, os smartphone market share, os smartphone buatan indonesia

Blackberry mengembangkan The Blackberry OS khusus smartphone. Banyak fitur yang disukai penggunanya, khususnya kemampuan OS untuk multitask serta mendukung perangkat hardware unik seperti trackball, trackpad, track whell, serta touchscreen. Berbagai keunggulan lain juga membuat penggunanya semakin bertambah saja. Pangsa pasarnya bahkan mencapai 0,97%.

Orang juga begitu kagum akan standard privasi dan keamanannya. Fitur anti-theft yang disediakan juga mampu mengunci dan membekukan perangkat kalau-kalau memang hilang atau dicuri orang. Dengan demikian, fitur ini melindungi perangkat agar tidak dioperasikan oleh orang lain. Belum lagi dengan kemudahan lain berupa akses email, pemberitahuan, aplikasi Android, dsb.

5. Symbian

smartphone os market share 2016-2017, smartphone os market share by country, smarphone os market share us, smartphone os market share in india

Tiga perusahaan besar yang terdiri dari Nokia, Motorola, dan Ericsson bekerja sama untuk merilis platform operasi ini. Accenture, atas nama Nokia, menjadi developer awal bagi Symbian. Di tahun 2006, mereka belum memiliki saingan yang berarti. Tak ayal kalau pangsa pasarnya sampai 67%. Mereka pun disebut sebagai penguasa pasar OS.

Hanya saja, pergerakan industri ini terus meningkat. Persaingan semakin ketat. Di tahun 2010, Google dan partner mengambil alih OS ini. Mereka menawarkan kemudahan dengan memperbolehkan para pengembang aplikasi untuk melakukan penyesuaian bahasa. Untuk sistem operasi terbaru, Symbian menyediakan total 48 bahasa. Mereka juga dikagumi karena perlindungan memorinya. Sayang, saham pasarnya anjlok menjadi 0,97%.

4. Java ME

os smartphone terbaik 2016-2017, os smartphone terbaik di dunia, os smartphone terbaik 2017-2018, os smartphone terbaik 2015-2016

Sun Microsystems merancang Java Micro Edition alias Java ME. Sampai kemudian di tahun 2010, Oracle mengakuisisinya. Kini pangsa pasar mereka ada di angka 2%.

Nampaknya Oracle masih sangat serius menangani OS yang satu ini. Mereka sudah merilis versi terbaru yang dinamakan ME8. Versi tersebut semakin meningkatkan kinerja dari Java Me sebelumnya. Belum lagi baru-baru ini mereka juga mengkombinasikannya dengan Java SE 8, sehingga operasinya semakin canggih dan optimal. Untuk marker share-nya sendiri, mereka bertengger di angka 1,81%.

Baca Juga :  10 Perusahaan Teknologi Informasi (TI) Terbesar di Dunia

3. Windows Phone

smartphone os market share by country, smarphone os market share us, smartphone os market share in india

Sebagai upaya lanjutan dari Zune dan platform ponsel Windows, Microsoft Corporation kemudian merancang sistem operasi ini di tahun 2010. Tak heran kalau mereka berupaya keras sampai memiliki target pasar tertentu. Ketika Microsoft dan Nokia membuat deal di tahun 2011, sistem operasi ini mengambil alih posisi symbian.

Pasca kesepakatan terbentuk, seri Nokia Lumia hadir di akhir tahun 2011. Internet Explorer menjadi browser default-nya. Perlahan namun pasti, OS ini menjadi nama popular lain selain Android dan iOS. Pangsa pasar yang semula hanya 3%, merangkak menjadi 3,26%.

2. iOS (Apple)

os smartphone terbaru, os smartphone terbaik, os smartphone market share, os smartphone buatan indonesia

Apple Inc. membuat dan mendistribusikan iOS secara eksklusif. Sistem operasi ini rilis dan masuk pasaran pertama kali di tahun 2007. Apple memang langsung berjaya dengan perangkat lain seperti iPods, iPads, dan iTVs. App Store untuk sistem operasi ini juga sangat kesohor dan laris. Sampai sekarang sudah tersedia sekitar 1,4 juta aplikasi, dengan jumlah unduhan mencapai 100 juta kali.

Untuk versi terbaru yang dilakukan tiap tahun sudah rilis pada Mei 2016 kemarin. Fiturnya memang sangat terkenal. Para penggunanya yang banyak pun sudah familiar dengan tampilan dan tata letaknya. Pada iOS 3.0, ada fitur bernama The Spotlight yang memungkinkan kita untuk mencari kontak, aplikasi, email, serta video. Mereka juga semakin memanjakan pengguna dengan menyediakan yang namanya Game Center. Tak mengejutkan kalau pangsa pasarnya kini sudah sebesar 27,24%.

1. Android

os smartphone terbaik di dunia, os smartphone terbaik di indonesia, os smartphone terbaik sekarang saat ini

Ini dia raksasa dari sistem operasi ponsel di dunia. Mereka begitu mendominasi pasar. Bahkan jumlahnya begitu jauh dengan sang runner up. Tiga kali lipat. Betapa tidak, Android bisa “menghajar” semua lawan sampai menyentuh angka 65,58%.

Adalah Google, yang menjadi pengembang di balik kesuksesan besarnya. Semula Android ini tercipta untuk Android Inc. Namun pada tahun 2005, Google berhasil membeli dan mengambilalihnya. Pihak developer juga melakukan pengembangan dalam bentuk Android TV, Android Watch, dan Android Auto. Di tahun 2015 saja, mereka sudah memiliki lebih dari 1,4 miliar pengguna yang aktif mengoperasikan OS ini tiap bulannya.

Demikian list dari top 10 sistem operasi smartphone terbaik dan terlaris di dunia. Hasilnya sudah jelas berdasarkan dari basis pangsa pasarnya. 10 Sistem Operasi (OS) Smartphone Terbaik Di Dunia Tahun 2016. (DBS) #RD

Loading...
error: