10 Nama Rumah Produksi atau Production House Hollywood Terbaik Tahun 2016

Entertainment atau hiburan menjadi salah-satu industri yang dinamis. Satu dari sekian bentuknya yaitu industri perfilman. Para sineas dan aktornya semakin giat. Budget-nya semakin menanjak. Persaingan juga terjadi begitu ketat.

Semua itu semakin menggeliat kuat sebab para pemirsa mulai selektif dalam menikmati karya. Yang abal-abal kemungkinan besar akan mendapat respons buruk. Sementara yang kualitas dan totalitasnya bagus akan mendapat hasil yang tanggung-tanggung. Untuk itu, masing-masing pihak production house atau PH berupaya sekeras mungkin untuk mewujudkan keinginan para penontonnya.

Di Hollywood sendiri, orang sudah mengenal banyak sekali rumah produksi yang mumpuni. Namun mereka tak bisa lengah, sebab perusahaan lain terus membuntuti dan melakukan inovasi. Tetapi untuk tahun 2016 ini, paling tidak berikut top 10 PH Hollywood atau Perfilman Barat. Jom!

10. Focus Features

focus features films, focus features internship, focus features llc, focus features international, focus features phone number, focus features films including, upcoming focus features movies, focus features release schedule

NBC Universal memiliki hak penuh atas anak perusahaan ini. Mereka bermarkas di California, New York. Pada tahun 1991, James Schamus dan Ted Hope mendirikan perusahaan yang diberi nama “Good Machine in New York”. Lalu pada tahun 2002, Universal membeli perusahaan ini. Kolaborasi mereka kemudian menghadirkan nama baru, yakni Focus Features.

Focus Features sendiri merupakan perusahaan produksi, pembiayaan, serta distribusi perfilman. Mereka memiliki dua cabang utama, yakni Rogue Pictures dan Focus International Incorporation. Perusahaan ini menjadi media yang menghadirkan sebuah film dari para sineas yang sudah ternama dan teruji kemampuannya, spesial untuk para penggemar.

Kabar terbaru menyebutkan kalau perusahaan melakukan merger dengan International Production (UPIP) dan Universal Pictures. Mereka akan berkolaborasi sebagai korporasi kelas internasional. Lebih jauh, posisi kepala perusahaan akan diduduki oleh Peter Kujawski, yang sekarang merupakan direktur manajemen UPIP.

Banyak sekali film yang sudah dan akan rilis dari perusahaan. Sampai semester ini saja sudah ada London had Fallen, The Young Messiah, The Forest, Mr. Right, dsb. Mereka juga mencanangkan perilisan film-film terbaru seperti Bastille Day, The Coldest City, A Little Game, dsb. Beberapa film terbaik yang pernah mereka rilis meliputi Shaun of the Dead, Lost in Translation, The Pianist,  The World’s End, dsb.

9. Weinstein Company

the weinstein company logo, weinstein company contact, weinstein company jobs, the weinstein company clg, the weinstein company home entertainment, the weinstein company address, weinstein company movies, the weinstein company films

Dua bersaudara Bob dan Harvey Weinstein mendirikan perusahaan pada tahun 1979. Waktu itu nama perusahaannya adalah Miramax. Namun pengelolaan usahanya kurang baik. Mereka pun bergabung dengan Weinstein Company, yang juga sudah memiliki Dimension Films dan Radius TWC. Keduanya bahkan menjadi co-chairman.

Awalnya Dimension Films merupakan studio produksi film yang mendistribusikan karya-karya horror. Beberapa keluaran terbaik mereka yaitu termasuk seri film Scream dan Halloween yang sangat terkenal. Namun seiring berjalannya waktu, mereka juga memproduksi genre lainnya. Hasilnya pun cukup sukses. Beberapa karya yang populer yaitu From Dusk Till Dawn, Sin City, Bad Santa, dsb. Sedangkan Radius-TWC merupakan VOD multi platform yang juga mendistribusikan teater. Mereka sudah merilis banyak film-film pendek seperti Goodnight Mommy, Heaven Knows That, When Animal Dreams, dsb.

Adapun karya-karya terbaru yang rilis dari Weinstein Company yaitu Sing Street, Regression, Jane Got a gun, dsb. Perusahaan pun tak hanya terfokus pada film, melainkan seri televisi juga. Ada Marco Polo, War & Peace, Project Runaway, dsb.

8. New Line Cinema

new line cinema jobs, new line cinema contact, new line cinema internship, new line cinema clg wiki, new line cinema email, new line cinema address, does new line cinema still exist, what happened to new line cinema

Pada tahun 1967, Robert Shaye mendirikan perusahaan ini. Sampai kemudian di tahun 1994, Turner Broadcasting Systmen mengakuisisinya. Tetapi dua tahun kemudian, perusahaan kembali diakuisisi oleh Time Warner. Barulah di tahun 2008 mereka bergabung dengan Warner Bros pimpinan Kevin Tsujihara.

Baca Juga :  Film dan Drama yang Dibintangi oleh Park Hae jin

Studio film terkemuka ini berkantor pusat di California. Sama seperti Dimensions Film, awalnya mereka hanya menyediakan sajian horror. Namun kemudian mereka membuat genre-nya lebih beragam. Mereka juga sudah mencetak banyak film hits seperti Nightmare on Elm Street, The Lord of the Rings, Teenage Mutant Ninja Turtles, Final Destination, dsb.

7. Lionsgate

lionsgate movie list, lionsgate stock, lionsgate intro, lionsgate careers, lionsgate horror movies list, lionsgate hospital, lionsgate naruto, lionsgate technologies

Pada tahun 1997, Lions Gate Entertainment Corporation dan Beringer Gold Corporation melakukan merger, dan menghasilkan Lionsgate. Mereka adalah studio pembuatan film yang berpusat di California. Sementara domisilinya ada di Kanada. Perusahaan sendiri sudah terbagi pada beberapa divisi. Ada Lionsgate Movies, Lionsgate Channel, Lionsgate Television, dan Lionsgate at Home.

Dedikasi perusahaan sudah mengundang banyak prestasi. Sampai saat ini, paling tidak mereka sudah merebut 20 Academy Awards serta mengisi 90 nominasi Academy Award. Film terbaru mereka meliputi Cafe Society, The Wild Life, Nerve, dsb. Yang sektor filmnya masih disibukkan dengan beberapa program seperti Greenleaf, Feed the Beast, Nashville, dsb.

6. Paramount

paramount gading serpong, paramount pictures, paramount health, paramount insurance, paramount group, paramount books, paramount resources, paramount airways

Paramount menjadi salah-satu pelopor di dunia produksi perfilman atau televisi. Adolph Zukor memang sudah mendirikannya sejak tahun 1912. Namun namanya masih Famous Players Film Company. Mereka kemudian menjadi anak perusahaan dari Viacom. Korporasi ini sendiri beroperasi di markas besarnya yang ada di California.

Bisa dibilang, Paramount menjadi PH tertua. Mereka pun sudah kenyang pengalaman dalam berbagai level, mulai dari pengembangan sampai post-production suatu tayangan. Di tahun 2014, mereka menjadi PH perdana yang melakukan distribusi seluruh film dalam bentuk digital. Sudah banyak judul film yang sukses dan populer di bawah naungan Paramount. Sebut saja Titanic, Mission: Impossible, Iron Man, dsb. Sementara karya-karya terbarunya mencakup 10 Cloverfield Lane, Zoolander 2, Everybody Wants Someone, dsb.

5. Sony Pictures

sony pictures movies, sony pictures animation, sony pictures television, sony pictures careers, sony pictures studio tour, universal pictures, sony pictures hacked, sony pictures television international

Sony Pictures menjadi perusahaan lain, selain Paramount, yang sudah berusia sangat tua. Dua bersaudara Harry dan Jack Cohn berkolaborasi dengan Joe Brandt. Mereka mendirikan CBC Film Sales, perusahaan perfilman yang masih memproduksi karya-karya pendek dengan budget rendah. Lalu pada tahun 1990 Sony Corporation mengambil alih perusahaan dan mengganti namanya menjadi Sony Pictures Studio.

Divisi lain dari perusahaan yaitu Sony Pictures Motion Pictures Group dan Sony Pictures Television. Adapun karya film yang dikeluarkan memang sudah begitu banyak. Beberapa diantaranya bahkan meraih kesuksesan besar. Misalnya Spider Man, Terminator, 2012, Godzilla, dsb.

4. 20th Century Fox

21st century fox, 20th century fox flute, 20th century fox theme park, 20th century fox music, 20th century fox wiki, 20th century fox careers, 20th century fox recorder

Lagi-lagi, ini dia perusahaan yang menjadi salah-satu pionir production house. William Fox memang sudah membentuk perusahaan pada tahun 1915. Namanya sendiri masih Fox Film Corporation. Perusahaan tersebut menjadi buah dari merger antara Greater New York Film Rental dan Fox Office Attractions Company. Sementara itu, Joseph Schenck mendirikan Twentieth Century Pictures pada tahun 1932.

Tiga tahun kemudian, Fox Film melakukan merger dengan Twentieth Century Pictures. Lahirlah nama dan wajah baru perusahaan, yakni sebagai The Twentieth Century-Fox Film Corporation. Mereka sudah menawarkan banyak jasa terkait perfilman dan televisi, termasuk juga sebagai penyedia makanan. Beberapa film yang sudah beredar dan mendapat respons positif yaitu Spy, Fantastic Four, Night at the Museum, Life of Pie, dsb.

Baca Juga :  15 Film Barat Romantis Fantasi Terbaik

3. Warner Bros

perusahaan perfilman hollywood, perusahaan perfileman hollywood tts, perusahaan perfilman hollywood adalah, perusahaan perfilman hollywood disebut, apa nama perusahaan perfilman hollywood

Empat bersaudara Warner terdiri dari Albert, Sam, Harry, dan Jack L. Mereka mendirikan Warner Bros Studios pada tahun 1923. Kantor sentralnya ada di Burbank, California. Kini perusahaan menjelma menjadi korporasi hiburan terbesar dan tersukses.

Mereka menawarkan layanan entertainment untuk semua level. Mulai dari pembuatan, produksi, penyebaran atau distribusi, lisensi atau hak cipta serta marketingnya. Divisinya cukup beragam. Mereka memiliki Motion Pictures, DC Entertainment, Live Theatre, dsb. Film-film yang sudah mereka angkat dan meraih popularitas tinggi yaitu seri Harry Potter, Batman, Sherlock Holmes, Happy Feet, dsb. Pihak PH juga sudah mengkonfirmasi proyek selanjutnya yang begitu diantisipasi penonton. Mereka sudah siap dengan Annabelle 2, Suicide Squad, Chicken Soup for the Soul, dsb.

2. Walt Disney Company

walt disney company profile, walt disney company analysis, bob iger, walt disney company careers, walt disney company csr, walt disney company products, the walt disney company singapore

Nama Walt Disney memang sudah tak asing lagi di industri hiburan dunia. Untuk rumah produksi ini sendiri, Walt Disney mendirikannya bersama Roy. Dua bersaudara itu sempat menggunakan nama Buena Vista, sampai kemudian Roy memberikan saran untuk menggantinya menjadi Walt Disney Studio. Mereka menjalankan usahanya di Burbank, California. Sekarang posisi pimpinannya dipegang oleh Alan Horn.

Walt Disney Studio sendiri terbagi dalam beberapa divisi. Ada sektor perfilman di bawah Walt Disney Animation Studio, Pixar Animation Studio, Disneytoon Studios, dsb. Untuk sektor musik ada Walt Disney Records, Disney Music Publishing, dan Hollywood Records Labels. Sementara sektor drama ditangani oleh Disney Theatrical Group. Kita tentu sudah familiar dengan film-film keluaran Disney. Beberapa diantaranya yaitu seri dari Pirates of the Carribean, Finding Nemo, Ratatouille, Cars, Star Wars: The Force Awakens, dsb. Penonton juga sudah mewanti-wanti proyek terbaru mereka seperti Pirates of the Carribean: Dean man Tells no Tales, Doctor Strange, Beauty and the Beast, dsb.

1. Universal Studios

universal studios home entertainment digital copy, universal studios entertainment jobs, universal home entertainment logo, universal studios home entertainment phone number, universal studios home entertainment clg wiki, universal studios home entertainment movies, universal studios orlando entertainment, universal home entertainment telugu movies

Universal Studios berdiri di tahun yang sama dengan Paramount. Waktu itu nama perusahaan yang terpilihnya masih Universal Film Manufacturing Company. Itu pun hasil dari aliansi atau persatuan empat korporasi. Timnya terdiri dari Carl Laemmle’s Independent Moving Picture Company, Rex Motion Picture Company, The New York Motion, serta Powers Motion Pictures. Seperti halnya Focus Features, Universal Studios dimiliki oleh NBC Universal. Lokasi pusat studio produksinya ada di California. Sementara kantor lain yang juga menjadi pusat distribusinya ada di New York.

Fokus perusahaan terletak pada theme parks dan perfilman. Dunia sudah tahu bagaimana megahnya Universal Studios Hollywood, Universal Studio Singapore, Universal Studio Japan, serta Universal Orlando Resort. Sementara untuk sektor perfilmannya, mereka selalu mengedepankan kualitas di segala aspek. Semua itu bisa dibuktikan dalam film-film besar sekelas Jurassic World, Minions, Furious 7, King Kong, dsb. Sedangkan untuk film terbaru yang siap menyapa penggemar meliputi The Best Man Wedding, The Girl on the Train, The book of Henry, dsb.

Demikian top production house atau rumah produksi Hollywood yang terbesar, tersukses, paling populer, dan berjaya sampai saat ini. Seperti yang kita perhatikan, list ini terpaku pada jumlah keuntungan kotor yang mereka raih. 10 Rumah Produksi atau PH Hollywood Terbaik Tahun 2016. #RD

error: