10 Petinju Terbaik dan Melegenda di Dunia Sepanjang Masa

Nama-nama petinju legenda sebenarnya sudah tak asing lagi di telinga kita. Pasti yang itu-itu saja. Tetapi jika dibuatkan ranking, tentu pembahasannya akan jadi lain. Orang bisa menyusun urutan yang berbeda-beda.

Lebih lagi masing-masing boxer memiliki fansnya tersendiri. Di mata mereka, petinju idolanya adalah yang terbaik, terkuat, dan tak terkalahkan. Namun memang, banyak survey atau semacam voting yang diadakan terkait petinju terbaik sepanjang masa. Hasilnya sendiri mengeluarkan banyak nama, yang terdiri dari berbagai generasi.

Berikut ini top 10 petinju keren yang melegenda sepanjang masa. Jom!

1. Muhammad Ali

petinju terbaik sepanjang masa, 10 petinju terbaik sepanjang masa, siapa petinju terbaik sepanjang masa, petinju terbaik indonesia dunia sepanjang masa, 50 petinju terbaik sepanjang masa

via : pinterest.com

Saking tenarnya, Cassius Marcellus Clay, Jr. Aka Muhammad Ali menjadi satu dari sekian atlit selebritis. Ketika meninggal pada 3 Juni 2016 saja, dunia langsung dibuat geger. Berbagai media massa dan sosial terus-terusan menjadikan namanya sebagai trending topic.

Pria kelahiran 17 Januari 1942 ini memang sangat berprestasi, khususnya di kelas heavyweight. Majalah tinju ternama, The Ring, sampai mencatat namanya sebagai “Fighter of the Year” sebanyak 6 kali. Pada tahun 1996, mereka juga yang menobatkan Muhammad Ali sebagai petinju kelas berat terbaik dari semua generasi atau era. Berbagai gelar juara dan penghargaan juga terus menghujaninya. Para komentator, pengamat, termasuk sejarawan pun kerap menyebut namanya sebagai petinju terbaik sepanjang masa. Namanya tak hanya dikenal di arena ring. Dia juga melebarkan karier sebagai seorang musisi dan aktor.

2. Sugar Ray Robinson

10 petinju terbaik sepanjang masa, siapa petinju terbaik sepanjang masa, petinju terbaik indonesia dunia sepanjang masa, 50 petinju terbaik sepanjang masa

via : pinterest.com

Petinju dengan nama lahir Walker Smith Jr. ini sudah dilantik ke dalam “International Boxing Hall of Fame” di tahun 1990. Penghargaan prestisius tersebut tentu tak lepas dari kerja kerasnya, khususnya di kelas welterweight atau middleweight. Dia memecahkan rekor sebagai petinju yang memenangkan kejuaraan dunia sebanyak 5 kali berturut-turut.

Sugar Ray Robinson percaya bahwa ritme dalam tinju itu sangat penting. Demikian juga dengan latihan rutin, yang ia klaim bisa membuat teknik dan naluri spontanitas seorang petinju jadi lebih terasah. Sugar Ray Robinson terkenal menguasai aneka gaya ketika meninju lawannya. Begitu juga dengan kecepatan dan kekuatannya, yang kerap membuat musuh jadi ciut. Belum lagi tangan kanan dan kirinya sama-sama kuat untuk menghantam siapapun.

Baca Juga :  5 Fakta Unik Sperma Ini Bakal Bikin Kamu Tercengang!

3. Mike Tyson

petinju terbaik di dunia, petinju terbaik di dunia saat ini, petinju terbaik di dunia 2013--2018-2019-2020, 10 petinju terbaik di dunia, 5 petinju terbaik di dunia

via : pinterest.com

Semenjak menjadi mualaf, Michael Gerard “Mike” Tyson dikenal juga sebagai Malik Abdul Aziz. Ketika menjalani karier secara profesional, Mike Tyson membuat rekor dengan menjadi petinju paling muda yang memenangkan aneka kejuaraan dunia. Sebut saja WBC, WBA, dan IBF khusus untuk kelas heavyweight. Waktu itu usianya masih 20 tahun-an.

Gelar juara yang diraihnya selalu dibarengi dengan catatan yang mencengangkan. Dia memukul knockout, mengalahkan nama-nama besar, atau merenggut julukan keren bagi petinju lain. Di luar dari kontroversinya, tak bisa dipungkiri kalau Mike Tyson menjadi salah-satu legenda tinju dunia. Dia juga sudah dilantik dalam “World Boxing Hall of Fame” dan “International Boxing Hall of Fame”.

 4. Joe Louis

petinju terbaik sepanjang masa, petinju terhebat sepanjang masa, petinju terkuat sepanjang masa, petinju terbesar sepanjang sejarah

via : pinterest.com

Lahir dengan nama Joseph Louis Barrow, memakai stage name sebagai Joe Louis, dan kerap diberi sebutan “Brown Bomber”. Salah-satu rekor kerennya yaitu ketika ia memukul KO 23 lawan dalam 27 pertandingan. Lima diantaranya bahkan berstatus sebagai kejuaraan kleas berat tingkat  dunia.

Pada tahun 2005, dirinya menjadi jawara petinju kelas berat versi International Boxing Research Organization. Majalah The Ring bahkan menempatkannya di tahta tertinggi dalam list “100 Pemukul Terbaik Sepanjang Masa”. Majalah yang sama juga sempat menganugerahi gelar sebagai “fighter of the year” padanya. Petinju yang legendaris ini bahkan dibuatkan monumennya di Detroit. Monumen tersebut berbentuk patung lengan dan tinju, sebagai representasi atau simbol dari dari “pukulan” sang petinju di dalam dan luar arena ring pertandingan.

5. Rocky Marciano

petinju terhebat sepanjang masa, petinju terkuat sepanjang masa, petinju terbesar sepanjang sejarah

via : pinterest.com

Persentasenya KO-nya mencapai 87,75%, jumlah terbesar sepanjang sejarah tinju di kelas berat. Para lawan selalu dibuat kewalahan dengan gaya bertarungnya yang seperti tak kenal henti. Brutal. Lebih lagi kekuatan atau staminanya terkenal begitu kuat dan awet.

Bisa dikatakan, Rocky Marciano melakukan debut profesionalnya lebih lambat. Kesempatannya untuk berlatih pun cukup sebentar, sehingga skill bertarungnya kerap menuai kritik. Misalnya dengan gerakan kaki yang cukup buruk, atau terlalu sering menghantam kepalan tangan. Namun justeru power mentah dan persistensinya ketika meninju itulah yang kerap menjadi kunci kemenangannya. Bahkan di sepanjang kariernya, ia hanya KO sebanyak 2 kali.

Baca Juga :  Fenomena Aneh, Air di 10 Tempat Ini Tidak Menyatu Meskipun Berdampingan!

6. Manny Pacquiao

urutan petinju terbaik dunia saat ini, petinju terbaik di dunia saat ini, 10 petinju terbaik dunia saat ini, siapa petinju terbaik dunia saat ini, daftar petinju terbaik dunia saat ini

Nama Emmanuel “Manny” Dapidran Pacquiao aka Manny Pacquiao juga menjadi petinju selebritis yang diandalkan di kelas bantamweight, welterweight, atau flyweight. Kegiatan di luar arena tinjunya memang beragam. Dia menjadi bintang iklan atau berakting, berbisnis, serta menyanyi. Kini ia juga menjabat sebagai Senator Filipina, dengan masa bakti sampai tahun 2022.

Popularitas Manny Pacquiao tak hanya melejit lantaran sensasi belaka. Ia merupakan seorang petinju yang kaya prestasi. Dirinya menjadi satu-satunya petinju yang menyabet 8 divisi kejuaraan dunia sekaligus. Sampai-sampai dirinya masuk Guinness World Records. Dia juga yang melumat kejuaraan lineal, tepatnya di 5 kelas tinju yang berbeda. Di tahun 2015 kemarin saja, namanya disebut Forbes sebagai atlit dengan bayaran tertinggi di dunia. Lembaga-lembaga ternama seperti BWAA, WBC, dan WBO mencatat namanya sebagai “Fighter of the Decade”.

7. Sugar Ray Leonard

petinju terbaik dunia, petinju terbaik dunia kelas berat, petinju terbaik dunia 2015-2016-2017, petinju terbaik dunia paling menghibur, petinju terbaik dunia sekarang

Di tahun 1980-an, ada istilah “The Fabulous Four”, empat petinju yang dianggap paling keren kala itu. Sugar Ray Leonard masuk kategori tersebut bersama Marvin Hagler, Roberto Durán, dan Thomas Hearns. Namun dia berhasil menumbangkan ketiganya. Posisinya cukup disegani di kelas welterweight, super middleweight, atau light middleweight.

Selama berkarier, dirinya sudah memboyong lima divisi kejuaraan dunia. Dia pun kerap disebut sebagai satu dari sekian petinju terbaik. Lebih lagi dirinya mendirikan Yayasan Sugar Ray Leonard, yang menyokong berbagai kegiatan bermanfaat. Sebut saja pelayanan kesehatan, job training, pendidikan, serta akses perumahan.

8. Joy Frazier – heavyweight

siapa petinju terbaik sepanjang masa, petinju terbaik indonesia dunia sepanjang masa, 50 petinju terbaik sepanjang masa

via : pinterest.com

Tak diragukan lagi, Joseph William “Joe” Frazier aka Joy Frazier aka Smokin’ Joe adalah petinju heavyweight yang sangat diperhitungkan. Apalagi dia sudah berhasil mengalahkan lawan-lawan kerennya kala itu. Misalnya Oscar Bonavena, Jerry Quarry, Eddie Machen, dsb. Bahkan di tahun 1971, dirinya juga sukses menumbangkan Muhammad Ali dalam sebuah ajang yang disebut sebagai “Fight of the Century”. Namun empat tahun kemudian, Muhammad Ali membalaskan dendam dengan mengalahkannya.

Seperti petinju lainnya, Joy Frazier juga memiliki ciri khas yang membuatnya berkesan. Dia memiliki daya tahan yang sangat baik, serangan yang membabi-buta, namun kekuatannya tetap stabil. IBRO dan Majalah The Ring memasukkan namanya dalam top 10 petinju kelas berat paling keren sepanjang masa. Hebatnya lagi, dia juga sudah dilantik ke dalam World Boxing Hall of Fame dan International Boxing Hall of Fame.

Baca Juga :  Victoria amazonica Facts (Fakta Tentang Teratai Terbesar di Dunia)

9. George Foreman

petinju terhebat sepanjang masa, petinju terkuat sepanjang masa, petinju terbesar sepanjang sejarah

via : pinterest.com

Seperti halnya Joy Frazier, George Edward Foreman juga merupakan peraih medali emas dalam ajang Olimpiade. Pemilik julukan “Big George” ini juga sudah dua kali menjadi juara dunia kelas berat. Ia sempat hiatus dan comeback di usia yang cukup tua, yakni 45 tahun. Kala itu dirinya menghadapi sebuah kompetisi dan mesti melawan Michael Moorer yang masih berusia 27 tahun. Siapa sangka, dirinya malah memukul KO. Ia pun jadi pemenang heavyweight tertua sepanjang sejarah.

Dirinya sudah dilantik dalam World Boxing Hall of Fame dan International Boxing Hall of Fame. Dia juga masuk dalam beberapa list. Misalnya sebagai top petinju kelas berat urutan ke-8 versi IBRO. Majalah The Ring juga menulis namanya sebagai pemukul terbaik ranking ke-9 di dunia. Selain di dunia tinju, George terkenal aktif sebagai pendeta, entrepreneur, dan penulis.

10. Julio Cesar Chavez

50 petinju terbaik sepanjang masa, petinju terbaik sepanjang masa, petinju terhebat sepanjang masa, petinju terkuat sepanjang masa, petinju terbesar sepanjang sejarah

via : pinterest.com

Meksiko tentunya bangga karena sudah memiliki Julio César Chávez González aka Julio César Chávez Sr. Betapa tidak, dia sudah meraih 6 kemenangan tingkat dunia dalam 3 divisi kelas tinju yang berbeda. BWAA dan Majalah The Ring pun menguatkan posisinya sebagai petinju keren, sebab ia kerap masuk dalam data “Fighter of the Year” mereka.

Namanya sangat familiar di kalangan pecinta tinju kelas super featherweight, light welterweight, atau lightweight. Dia memecahkan banyak rekor. Salah-satunya sebagai petinju dengan jumlah penonton terpadat. Waktu itu jumlahnya mencapai 132.274 orang. Tepatnya di Estadio Azteca tahun 1993, ketika dirinya berhadapan dengan Greg Haugen.

Tinju identik dengan olahraga yang sangat keras. Namun tak terelakkan, penggemarnya begitu banyak dan setia. Demikian juga dengan dukungan mereka terhadap para petinju dari era ke era. Nah sampai sekarang, demikianlah Top 10 Petinju Terbaik, Terpopuler, Dan Melegenda Di Dunia Sepanjang Masa. #RD

Loading...
error: