10 Perusahaan Besi dan Baja Terbesar dan Terbaik di Dunia Tahun 2016

ngasih.com. Besi dan baja sebenarnya bisa menjadi industri yang menjanjikan. Bahkan sektor ini sudah termasuk yang paling besar dalam ranah bisnis dunia. Beberapa nama perusahaan pun terus bermunculan, dari yang masih kecil sampai yang sudah besar-besaran. Tetapi bisnis ini tak lepas dari terpaan ujian. Lebih lagi kondisi pasar global memang sedang mengalami krisis.

Industri ini membantu keberlangsungan industri lain. Katakanlah dalam bidang manufacturing, konstruksi, transportasi,  dsb. Intinya besi dan baja selalu diperlukan dalam banyak produksi. Semakin tumbuh ekonominya, semakin tinggi juga konsumsi dari produk-produk berbasis baja dan besi ini.

Lalu apa saja perusahaan atau pabrik besi dan baja yang terkenal sukses di dunia? Jom!

10. NUCOR

perusahaan baja terbesar di dunia, pabrik besi terbesar di dunia, 10 perusahaan baja terbesar di dunia, urutan perusahaan baja terbesar di dunia, perusahaan baja terbesar dunia

Samuel Siegel dan Ransom E Olds mendirikan perusahaan Amerika ini pada tahun 1905. Mereka berkantor pusat di Charlotte, Carolina Utara. Setidaknya ada 3 segmen utama yang mereka operasikan. Yakni pabrik besi, produk besi, dan bahan mentah. Segmen pertama menyajikan dan mendistribusikan pelat baja, baja lembaran, baja struktural, dsb. Yang kedua menyajikan balok baja, bahan bangunan berbasis logam, produk kawat, dsb. Sedangkan segmen terakhir memproduksi logam dengan kandungan besi maupun non besinya para brokers.

Di tahun 2015, sebenarnya total penjualan mereka mengalami penurunan. Meski demikian, peningkatan ditunjukkan oleh beberapa kelompok bisnis yang lain. Entah itu bisnis baja struktural, batangan, serta dari divisi produk baja. Mereka terus berjuang di tengah kerasnya kondisi pasar serta ketatnya persaingan.

9. Kobe Steel (KOBELCO)

pabrik baja terbesar di dunia, 10 pabrik baja terbesar di dunia, urutan pabrik baja terbesar di dunia, daftar pabrik baja terbesar di dunia, pabrik baja terbesar dunia

Perusahaan yang berpusat di Kobe, Jepang ini, sudah beroperasi sejak tahun 1905. Mereka fokus menjadi pabrik, produsen, serta penjual produk-produk khusus dari besi atau baja. Namanya yang besar dan posisinya yang strategis memudahkan mereka untuk melaki ekspor dan impor bijih besi dan juga batu bara.

Satu dari sekian segmen bisnisnya yaitu besi dan baja. Mereka menyediakan titanium, baja lembaran, produk ampas bijih, batang kawat baja, dsb. Seperti perusahaan sebelumnya, aset mereka pun cenderung turun. Meski demikian, deposit dan cash mengalami kenaikan.

Baca Juga :  PUPUK NPK LEBIH PRAKTIS DAN EFEKTIF UNTUK TANAMAN

8. Hyundai Steel Company

urutan pabrik baja terbesar di dunia, daftar pabrik baja terbesar di dunia, pabrik baja terbesar dunia

Pada tahun 1953, perusahaan Korea ini berdiri. Sentranya ada di Incheon dan Seoul. Mereka menjadi produsen baja perdana yang dilahirkan oleh perusahaan Hyundai KIA Motor Group. Mereka memiliki beberapa segmen operasi bisnis mayor yang terus dioperasikan, termasuk juga bisnis baja spesial.

Perlahan namun pasti, perusahaan ini merangkak dan menjangkau pasar global. Itu artinya, mereka pun terbawa pengaruh krisis ekonomi dunia. Entah itu berkaitan dengan kenaikan suku bunga di AS, naik-turunnya harga minyak, kebijakan abenomics Jepang, dsb. Perusahaan pun terus meningkatkan kualitas operasional serta lebih bisa kompetitif atau inovatif lagi. Strategi tersebut terbukti ampun menjaga eksistensinya di Korea atau pun kancah internasional.

7. TATA Steel

10 pabrik baja terbesar di dunia, urutan pabrik baja terbesar di dunia, daftar pabrik baja terbesar di dunia, pabrik baja terbesar dunia

JRD TATA mendirikan perusahaan ini pada tahun 1907 di Jamshedpur. Namun kini markas besarnya ada di Mumbai, India. Sementara operator pembuatannya tersebar di 26 negara. Sebut saja Thailand, Tiongkok, Singapura, Belanda, Amerika, dsb. Jumlah akuisisi dan penanaman investasi mereka yang besar menjadi TATA Steel ini sebagai salah-satu perusahaan baja terbesar dan paling berpengaruh.

Operasi mereka di UK sudah dihentikan pada April 2016 kemarin. Namun produk mereka sudah menjangkau sekitar 50 negara lainnya.  Mereka menyediakan baja lembaran, kumparan, batangan, dsb. Meski sempat terusik oleh berbagai isu dan kehadiran para kompetitor, namun mereka masih bertahta dari segi produksi dan penjualan.

6. Baoshan Iron & Steel (Baosteel)

10 perusahaan baja terbesar di dunia, urutan perusahaan baja terbesar di dunia, perusahaan baja terbesar dunia

Perusahaan yang dikenal sebagai Baosteel mulai diresmikan pada 3 Februari 2000. Sentranya ada di Shanghai, Tiongkok. Mereka langsung menjadi salah-satu yang paling terkemuka di Tiongkok. Secara umum, mereka memiliki 3 segmen utama. Ada pembuatan beji dan baja, penjualan produknya, serta bisnis lain seperti finansial, jasa informasi, serta yang bersifat kimiawi.

Perubahan kondisi pasar serta kompetisi yang terus berjalan tak menghentikan langkah perusahaan. Mereka terus melakukan penataan industrial, mengoptimalkan biaya, melakukan berbagai inovasi, meningkatkan pelayanan, dsb. Tak tanggung-tanggung, mereka juga gencar melakukan penelitian dan pengembangan berbagai materi lain. Misalnya titanium, magnesium, alumunium, dsb. Berdasarkan data, mereka begitu gemilang memproduksi 5,6 juta ton baja, 5,4 juta ton besi, serta 5,2 juta ton produk dari bahan baja.

Baca Juga :  MEMBUAT ANGGUR BERBIJI MENJADI TANPA BIJI

5. JFE Steel Group

urutan pabrik baja terbesar di dunia, daftar pabrik baja terbesar di dunia, pabrik baja terbesar dunia

via : detik.com

Merger dari NKK Corporation dan Kawasaki Steel menghasilkan JFE Steel Group.  Bagian dari JFE Holdings Group ini lahir pada tahun 2002. Pusatnya ada di Tokyo, Jepang. Mereka berkonsentrasi pada produksi baja. Mereka juga melebarkan sayap ke sektor produksi besi dalam pembuatan kapal, engineering, pengembangan real estate, dsb.

Salah-satu hal yang membuat mereka dikagumi yaitu terkait konsistensinya dalam mengembangkan dan meraup keuntungan. Mereka terus berupaya mengembangkan basis manifacturing-nya, meminimalisir pembiayaannya, memanfaatkan teknologi canggih dalam produk terbarunya, dsb. Tetapi mereka senasib dengan perusahaan lain yang menerima dampak dari kondisi bisnis ini. Angka penjualan dan keuntungannya menipis.

4. POSCO

perusahaan baja terbesar di dunia, pabrik besi terbesar di dunia, 10 perusahaan baja terbesar di dunia

POSCO adalah akronim dari Pohang Iron and Steel Company. Mereka memang bermarkas di Pohang, Korea Selatan. Perusahaan ini sudah hadir di tahun 1968, bersamaan dengan kampus Pohang University of Science & Technology atau kerap disingkat sebagai Universitas POSTECH. Pusat pendidikan ini sekaligus menjadi yang perdana yang berorientasi pada penelitian teknologi dan ilmu pengetahuan.

CEO perusahaan memberi kepercayaan penuh pada anak-anak muda Korea untuk berkontribusi, khususnya dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Di akhir tahun 2015 saja, tercatat mereka memiliki karyawan sekitar 18000 orang. Namun masalah ekonomi global ikut menerpa perusahaan ini. Otomatis penjualannya pun merosot. Meski demikian, hal tersebut semakin menjadi pecut untuk terus berusaha lebih baik. Tak ayal kalau konferensi Steel Success Strategies 2015 menyebut mereka sebagai perusahaan paling kompetitif diantara 36 nama lainnya.

3. Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation (NSSMC)

nippon steel sumitomo metal annual report, nippon steel sumitomo metal merger, nippon steel & sumitomo metal corporation contact, nippon steel cilegon, nippon steel career nippon steel jababeka 3

Korporasi besar ini merupakan hasil merger dari Nippon Steel dan Sumitomo Metal. Mereka resmi bersatu dan mulai beroperasi pada tahun 2012. Sebelumnya Nippon Steel pun hadir karena merger dari Fuji Iron and Steel serta Yawata Iron and Steel. Mereka pun sudah memiliki pengalaman banyak soal operasional berbagai segmen bisnis.

Baca Juga :  Budidaya Bawang Putih Dataran Menengah

Masa-masa sekarang sepertinya bisnis baja tak sedang bergeliat. Perusahaan pun mendapati kalau keuntungan dari sektor tersebut mengalami penurunan. Padahal mereka tengah dalam rencana besar demi mempertahankan progress yang sedang terus berlangsung. Rencana tersebut meliputi strategi kemajuan global, memperkuat cabang-cabang bisnis, modernisasi, dsb.

2. VALE

pabrik besi terbesar di dunia, 10 perusahaan baja terbesar di dunia, urutan perusahaan baja terbesar di dunia

Sejak didirikan pada tahun 1942, VALE menjelma jadi produsen baja terbesar di kawasan Amerika Selatan. Berdasarkan pasar sahamnya, perusahaan ini juga termasuk yang terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Mereka tak hanya kesohor sebagai perusahaan yang bergerak di bidang besi atau baja, melainkan logam dan pertambangan juga. Pusatnya sendiri ada di Rio de Janeiro, Brazil.

Secara garis besar, perusahaan terbagi dalam 4 segmen. Ada baja, logam dasar, bulk material, serta pelayanan logistik. Mereka jadi produsen besarnya bijih besi, nickel, platinum, dsb. Semua itu dioperasikan juga di cabang atau afiliasinya. Baik itu di Chile, Amerika Serikat, Australia, dsb. Tahun 2015 saja, mereka berhasil merilis produk bijih besi blended , yang kemudian langsung populer.

1. Arcelor Mittal

perusahaan baja terbesar di dunia, pabrik besi terbesar di dunia, 10 perusahaan baja terbesar di dunia, urutan perusahaan baja terbesar di dunia, perusahaan baja terbesar dunia

Mittal Steel mengambil alih perusahaan dari Arcelor, dan mengubah namanya menjadi Arcelor Mittal. Mereka tergabung dan mulai beroperasi pada tahun 2006. Perusahaan multinasional yang berpusat di Luxembourg ini kemudian menjadi raksasa di dunia. Bisa dibilang, mereka langsung bergabung dalam salah-satu pimpinan perusahaan di industri besi dan baja ini.

Jangkauan mereka sudah sangat luas. Operasinya sendiri ada di 19 negara yang tersebar di 4 benua. Dalam hal operasi pembuatan bajanya, mereka terkenal memiliki diversifikasi geografis tingkat tinggi. Kontribusi baja mentahnya mencapai 37% untuk wilayah Amerika, sekitar 47% wilayah Eropa, dan sedikitnya 15% di berbagai belahan dunia.

Parameter list tak lain mencakup nilai aset, penjualan, serta profit yang dihasilkan. Demikianlah.  10 Perusahaan Besi dan Baja Terbesar dan Paling Top di Dunia Tahun 2016. #RD

Loading...
error: