10 Perusahaan Animasi Terbaik di Malaysia

ngasih.com. Suka dengan film animasi atau kartun? Dari kecil kita sudah terpesona dengan tampilan animasi atau kartun. Sensasinya itu unik dan menghibur. Kita pun tak bosan-bosan menyaksikan Tom & Jerry, Pokemon, film-film ala Disney, dsb.

Begitu menginjak dewasa, nyatanya ketertarikan kita pada kartun atau animasi tidak lantas terhenti. Apalagi teknologinya sudah maju secara drastis. Kita begitu terkagum-kagum dan semakin dimanjakan yang namanya computer generation images (CGI), VFX atau efek visual, atau juga tayangan film 3D.

 Asian Animation Summit atau AAS tahun ini rencananya akan diselenggarakan di Brisbane, Australia. Sebelumnya event ini sempat diadakan juga di Kuala Lumpur, Malaysia. Negara tersebut memang mendapat dukungan penuh dari pemerintahnya, sebab bisa dijadikan sebagai katalis untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan.  Karena itu, para perusahaan animasi yang bermunculan pun langsung terlibat dalam persaingan ketat. Bagaimanapun, mereka sedang berkembang pesat dan tengah jadi sorotan dunia juga.

Berikut ini top 10 perusahaan animasi terbaik dan terkenal yang ada di Malaysia. Kami tidak membuatkan ranking-nya, melainkan menyusunnya berdasarkan abjad. Apa saja? Jom!

1. Animasia Studio Sdn Bhd

animasi malaysia 2016-2017-2018-2019-2020, animasi malaysia terbaik, animasi malaysia vs indonesia, animasi malaysia mendunia, animasi malaysia keren

via : slideshare.net

Perusahaan ini sudah beroperasi sejak tahun 1996. Dengan pengalaman selama kurang-lebih 10 tahun itu, mereka sudah menjadi perusahaan perdana yang meraih sertifikat ISO serta status Perusahaan MSC Malaysia. Para kliennya pun tak lagi yang berbasis di dalam negeri, melainkan juga di luar. Beberapa bahkan kerapkali memenangkan awards Asia.

Di bawah pimpinan Ray Lee, Edmund Chan, dan Ah Loong, mereka terus melakukan perkembangan. Desain karakternya semakin kuat, konsepnya semakin fun, struktur ceritanya semakin keren, dsb. Karya- karya mereka mencakup Asian Folkroles, Bola Kampung, ABC Monster, Supa Strikas, Chuck Chicken, Bugg & Ozzy, dsb. yang Bola Kampung bahkan jadi animasi buatan Malaysia perdana yang memeroleh lisensi dari broadcaster kartun Internasional Disney Channel (Asia).

2. Animonsta Studios Sdn Bhd

animasi malaysia terbaik, animasi malaysia terbaru, film animasi malaysia terbaru, animasi tempatan malaysia, film animasi terbaru malaysia

Mohd Nizam AbdRazak, Kee Yong Pin, Mohd Safwan Ab Karim, dan Muhammad Anas Abdul Aziz merupakan nama-nama pendiri perusahaan ini. Mereka mengklaim sebagai pengembang konten animasi yang unik, segar, dan bisa bersaing di pasar universal. Selain itu, mereka juga menjunjung tinggi sentuhan lokalnya. Ceritanya juga dijamin menghibur, dengan para tokohnya yang begitu berkesan di hati para penonton.

Baca Juga :  Agar Tanah Liat Lebih Layak Ditanami Tanaman

Karya perdananya yang begitu terkenal yaitu BoBoiBoy. Seri TV tersebut menceritakan perlawanan terhadap alien yang terus mengusik bumi. Tayangan ini langsung merenggut hati penonton, sebab isinya memang bisa dinikmati oleh semua umur. Seri yang berjalan selama 26 episode x 11 menit ini bahkan sudah rilis dalam versi film animasi pada 3 Maret 2016 kemarin. Sementara di Indonesia sendiri, film tersebut rilis pada 13 April 2016.

3. Les’ Copaque Production Sdn Bhd

malaysia animation company, malaysia animation company list, 3d animation malaysia company, animation production company malaysia, 2d animation company malaysia, malaysia animation studio jobs

Siapa yang rutin menonton Upin & Ipin?

Kita tentu sudah akrab dengan nama perusahaan yang berbasis di Shah Alam ini. Adalah Burhanuddin bin Md. Radzi dan Ainon Binti Ariff (isterinya) yang menjadi pendiri perusahaan ini. Sang suami menjadi managing director-nya, sementara sang isteri berperan sebagai direktur konten kreatifnya. Sebenarnya mereka bukan figur yang memiliki latar-belakang atau pengalaman terkait animasi. Namun mereka mampu mencomot talenta yang kuat untuk berkecimpung di industri multimedia, khususnya animasi.

Sejak berdiri di tahun 2006, mereka langsung menjadi perusahaan perdana yang memproduksi film animasi 3D. Karya begitu khas. Sederhana, religius, menyisipkan pesan moral, memiliki muatan lokal, dan dikemas dengan jenaka. Tak ayal kalau mereka dihujani banyak penghargaan. Misalnya dalam ajang Anugerah Bintangi Popular Berita Harian, International Quality ERA Award di Geneva, SMI Malaysia, dsb.

4. Ed-Online Technologies Sdn Bhd

malaysia animation company, malaysia animation company list, 3d animation malaysia company, animation production company malaysia

Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2001. Lee Chuen Loong adalah CEO multitalenta yang memenejnya. Dia merupakan sosok yang berlatarbelakang bisnis, hukum, akuntansi, serta pendidikan juga. Tak heran kalau 3 area bisnisnya meliputi hiburan, komunikasi, dan pembelajaran. Sanga dinamis.

Sembilan tahun pasca pendiriannya, Ed-Online sudah masuk dalam Perusahaan SME100 FastMoving. Aktivitasnya bermacam-macam. Mereka mengembangkan teknik e-learning dan program bimbingan pendidikan yang lebih efektif lagi. Entah itu bagi Kementerian Pendidikan Malaysia, lembaga pendidikan, atau pun kalangan perusahaan. Mereka benar-benar aktif berkecimpung mengembangkan bakat-bakat baru di negerinya. Untuk kerja sama animasinya, mereka berkolaborasi dengan pihak luar negeri juga. Baik itu dengan AS, Prancis, serta Korea Selatan.

5. Glue Studios Sdn Bhd

Baca Juga :  10 Film Animasi Buatan Indonesia Terbaik dan Populer

malaysia animation studio list, malaysia animation studio jobs, malaysia animation company, malaysia animation company list, malaysia 3d animation studio

Glue Studios tak ubahnya sebagai perusahaan yang dinamis, super fun, dan begitu bergairah. Mereka begitu semangat menghadirkan animasi 2D atau 3D dengan gaya visual yang unik, serta jalan cerita yang menarik dan kuat. Semua itu tentu tak lepas dari peran para staffnya.

Managing director-nya adalah Tariq Md. Noh. Sejak berdirinya perusahaan, ia bersama staff kerennya sudah berhasil memenangkan banyak penghargaan. “Bawang Putih Bawang Merah” menyabet penghargaan sebagai Best Animation Award kategori “Tales of the Ages”. Pada acara Kre8tif Industry Awards tahun 2010, karya tersebut juga memenangkan kategori Most Promising Animation Start-up.

6. Giggle Garage Sdn Bhd

perusahaan pembuat animasi di malaysia, nama-nama perusahaan animasi malaysia, perusahaan animasi malaysia terbaik

Apa namanya membuat kamu terkekeh?

Perusahaan ini memiliki komitmen untuk terus menghibur, sehingga orang-orang “bisa tertolong” untuk merasa fun dan baikan. Sesuai dengan slogannya, we create-animate-giggle. Konsep ini dibuat dan dikembangkan oleh tim pasutri Zeno Gabing (direktur eksekutif) dan Juhaidah Joemin. Storyline-nya juga tak lepas dari kehidupan multirasial ala Malaysia.

Perusahaan yang berdiri di tahun 2010 ini menyajikan tayangan animasi yang cocok disajikan untuk anak serta keluarga. Mereka menghadirkan karyanya dengan kualitas yang sangat bagus, sebab staff teknik dan kreatifnya memang sangat berbakat. Di tahun 2014 saja, Top 10 Malaysia dan Top 10 Asia Media menyebut Giggle Garage sebagai “Most Admired Animation Company” serta sebagai Perusahaan dengan Teknologi Animasi Terbaik di Malaysia.

7. Inspidea Sdn Bhd

animation company profile, malaysia animation studio, malaysia animation studio list, malaysia animation theme park, best animation companies, best animation studio in the world

Perusahaan animasi selanjutnya berdiri sejak tahun 2002. Managing director-nya, Andrew Ooi, menyatakan dengan tegas kalau ambisi perusahaan itu menguasai dunia dengan dominasi animasi. Pernyataan ini bahkan tertulis dalam website resmi mereka. Perusahaan memang percaya bahwa sesuatu yang fun itu bisa memperbaiki dunia.

Salah-satu kekhasan perusahaan yaitu dengan membebaslepaskan ide-ide para staff kreatifnya. Di tahun 2006, “Mustang Mama Football Fever” memenangkan kategori “Best of Media & Entertainment” dalam ajang Asia Pacific ICT Awards (APICTA). Bahkan brand hiburan anak sekelas Nickelodeon pun sempat menugaskan pembuatan seri animasi bertajuk “Akis”.

8. Mirayi Sdn Bhd

persatuan animasi malaysia (animasi), film animasi malaysia, download film animasi malaysia

Mirayi datang lebih awal dari produsennya Upin & Ipin. Mereka sudah hadir sejak tahun 2005, dan termasuk dalam jajaran pelopor studio konten animasi di Malaysia. Sesuai dengan filosofi perusahaan, mereka terus memberikan komitmen dan kejujuran dalam melayani kliennya.

Baca Juga :  Pembibitan Kelapa Sawit Berkualitas

Sang CEO, Ng Jin Chong, semakin mengembangkan perusahaan. Mereka juga menjadi salah-satu pelopor CGI juga yang siap melayani industri periklanan, broadcasting, pertelevisian, dsb. Di tahun 2008, Mirayi bahkan bisa tembus Australia. Waktu itu mereka memproduksi iklan bertajuk Australian Cow. Hal itu tentu membanggakan, sebab kualitas dan persaingan animasi di sana sangatlah ketat.

9. Silver Ant Sdn Bhd

perusahaan pembuat animasi malaysia, animasi malaysia, animasi malaysia vs indonesia, animasi malaysia 2016-2017, malaysia animator salary

Direktur animasinya, Goh Aun Hoe, memberi jaminan kalau kinerja mereka dihujani dedikasi dan rasa cinta. Mereka begitu mengerti kalau animasi penuh dengan hasrat, passion, atau keinginan kuat untuk menerapkan motion dalam segenap emosi, mimpi, dan imajinasi. Mereka pun membuktikannya dengan menuangkan karya dalam bentuk video game, film pendek, film animasi full, dsb.

Untuk menengok bagaimana kiprah dan pengaruhnya, kita bisa mengamati rekan kerja sama mereka. Ada nama-nama besar seperti Nintendo, Sony Entertainment, SEGA, Petronas, Astro, Konami, dsb. Tak mengherankan kalau mereka sudah menelurkan berbagai proyek. Termasuk juga theatrical screenings dari SeeFood yang hadir di Rusia, Ceko, dan Korea Selatan.

10. Tripod Entertainment Sdn Bhd

malaysia animation studio list, malaysia animation studio jobs, malaysia animation company, malaysia animation company list, malaysia 3d animation studio

Tripod Ent. berpusat di Kuala Lumpur, Malaysia. Namun mereka juga memiliki kantor di Los Angeles, Amerika. Mereka juga memiliki dan menjadi operator dari Imaginex Studios”. Perusahaan yang top di Asia tersebut siap memberikan pelayanan di bidang musik, sound casting, sound design, dsb. Perusahaan memang mengoperasikan banyak aktivitas. Salah-satunya tentu terkait animasi.

Sang CEO grup, Leon Tan, disebut-sebut sudah aktif menjadi pioner industri animasi. Dia memang sudah berpengalaman selama kurang-lebih 20 tahun. Satu diantara kebanggaan yang bisa jadi inspirasi yaitu “War of the Worlds: Goliath”, yang merenggut gelar “Best 3D Animated Feature” dalam event Los Angeles 3D Film Festival pada tahun 2012. Kemenangan itu bahkan didapat setelah mengalahkan lawan keren seperti “Tinkerbell” dan “Madagascar”.

Tingginya minat animasi dan kartun membuat industri ini terus bergeliat. Kita tentu berharap kalau negeri sendiri bisa semakin maju dan berkembang seperti negeri tetangga ini. Demikian, 10 Perusahaan Animasi Malaysia Terbaik. (DBS) #RD

Loading...
error: