10 Makhluk atau Monster Laut Terbesar di Dunia Saat Ini

ngasih.com. Jika dibuatkan list-nya, entah ada berapa banyak makhluk yang menghuni lautan. Ada yang terkecil, terbesar, paling berbahaya, terlucu, dsb. Kuasa Tuhan YME yang sudah menciptakan keanekaragaman hayati di dunia.

Namun sekarang ini kami akan membahas penghuni-penghuni lautan yang memiliki ukuran jumbo atau raksasa. Ada yang disertai dengan kekejamannya, ada juga yang lebih gentle dan jinak. Apa kamu sudah mengetahui semuanya? Atau, penasaran juga? Jom!

1. Paus Biru

monster laut terbesar di dunia, hewan laut terbesar di dunia saat ini, makhluk laut terbesar di dunia, monster laut terbesar di dunia yang masih hidup

via : pinterest.com

Binatang yang satu ini memecahkan rekor sebagai yang terbesar di jagat raya. Ukuran maksimalnya mencapai 100 kaki (sekitar 30 meter), sementara rata-ratanya sepanjang 70-90 kaki. Itu artinya, panjang mereka hampir setara dengan pesawat Boeing 737. Bahkan lidahnya saja memiliki berat 4 ton, terbayang kalau berat tersebut mirip dengan ukurannya gajah Afrika.

Paus biru tersebar di lautan atau samudera. Di Amerika sendiri, orang-orang yang ingin melihat paus ini biasanya pergi ke wilayah Pantai California. Pada musim yang hangat atau panas, mereka bergerak ke wilayah yang dingin. Sementara di musim dingin, mereka mencari area air yang lebih hangat untuk kawin serta beranak. Aktivitas utama lainnya tak lepas dari makan.

Sayang sekali, IUCN Red List memasukkan hewan ini dalam daftar ikan langka yang terancam punah. Jumlahnya diperkirakan ada di kisaran 10.000-25.000 saja di dunia. Untuk itu, di Amerika sendiri, Endangered Species Act langsung memberi perlindungan penuh pada mereka.

2. Paus Sirip

ikan terbesar di laut dunia, ikan terbesar di laut dalam, ikan terbesar di laut indonesia, ikan terbesar di laut jawa, ikan terbesar di lautan indonesia

Masih dari kalangan paus, kali ini yang berspesies paus sirip. Berbeda dengan paus lainnya, bentuk mereka terlihat lebih ramping. Keadaan itu menyokong skill berenang cepatnya, yang bisa menjangkau 23 mph. Meski demikian, ukurannya tak kalah istimewa. Mereka memiliki panjang mencapai 88 kaki (sekitar 26 meter) dan beratnya 80 ton.

Seperti halnya paus biru, mereka juga tersebar. Amerika sendiri memiliki dua spot utama yang ditengarai menjadi pusat paus sirip, yaitu New England dan California. Di musim hangat atau panas, pergerakannya cenderung ke area air dingin. Begitu masuk musim pendingin, mereka beralih ke wilayah yang lebih subtropis atau hangat.  IUCN Red List juga mencatatkan hewan ini sebagai hewan yang terancam punah. Jumlahnya kurang-lebih tinggal 120.000 ekor.

Baca Juga :  10 Bandara Terbaik Di Dunia 2015

3. Hiu Paus

ikan terbesar di dunia yang pernah di tangkap, ikan terbesar di dunia yang masih hidup, ikan terbesar di dunia ini, ikan terbesar di dunia nyata, ikan terbesar di dunia laut

Yang satu ini sering mendapat predikat sebagai ikan paling besar di seluruh dunia. Namanya saja hiu paus, yang sudah pasti berukuran raksasa. Ukurannya mencapai 65 kaki dan beratnya mencapai 75.000 pon. Dengan mulutnya yang besar itu, ia siap melahap ikan-ikan kecil, plankton, hewan-hewan krustasea, dsb. Dalam kurun waktu satu jam, mereka bisa menyaring 1.500 galon air, atau sekitar 5678 liter.

Bagi yang ingin melihat langsung hewan istimewa ini, kita bisa mencarinya di spot yang lebih tropis atau hangat. Salah-satunya Meksiko. Untuk statusnya sendiri, IUCN Red List menyatakan kalau mereka terbilang rentan. Banyak ancaman yang bisa mengusik kehidupannya. Misalnya pembangunan atau pengembangan daerah pesisir, pelaut nakal, penyelam tak bertanggung jawab, dsb.

4. Ubur-ubur Surai Singa  (Lion’s Mane Jellyfish)

hewan laut terbesar di dunia, monster laut terbesar di dunia, hewan laut terbesar di dunia saat ini, makhluk laut terbesar di dunia, monster laut terbesar di dunia yang masih hidup

via : pinterest.com

Ini dia ubur-ubur terbesar yang ada di muka bumi. Jika kita mengukur tentakelnya juga, bisa dipastikan kalau hewan yang satu ini masuk dalam jajaran yang paling panjang di dunia. Mereka memiliki 8 gugus tentakel, yang masing-masing memiliki ukuran yang sangat panjang. Kita tentu tak direkomendasikan “untuk berurusan” dengan ubur-ubur ini, sebab mereka bisa mengancam dengan sengatan yang menyakitkan.

Hewan yang menarik ini biasanya bermukim di perairan dingin. Khususnya di wilayah Atlantik Utara dan Samudera Pasifik. Sampai saat ini, populasi mereka masih belum terganggu. Statusnya baik-baik saja.

5. Ikan Pari Manta (Giant Oceanic Manta Ray)

hewan laut terbesar di dunia saat ini, hewan laut terbesar di dunia yang masih hidup, ikan laut terbesar di dunia, makhluk laut terbesar di dunia

Ketika penyelam sedang asyik menikmati pemandangan bawah laut dan ikan super besar ini melintas, ia bisa menyambut mereka dengan sensasi gelembung yang asyik dan menggelitik. Tak jarang kalau para penyelam merasa senang, terhibur, dan langsung memasukkannya dalam daftar momen terbaik dalam hidup. Bagaimanapun, mereka sudah berkesempatan “bermain” dengan spesies ikan pari paling besar di bumi ini. Mereka rata-rata memiliki ukuran 22 kaki, kalau panjang maksimalnya bisa mencapai 30 kaki. Makanannya sendiri tak jauh dari zooplankton atau plankton.

Baca Juga :  10 Games Android Gratis Terbaik

Di kawasan Amerika, mereka biasa terlihat di utara New Jersey, selatan California, atau juga Hawaii. Untuk status eksistensinya, mereka termasuk rentan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki banyak pemburu, yang menargetkan daging, insang, kulit, dan hatinya. Belum lagi dengan polusi, iklim, kecelakaan karena bertabrakan dengan ikan, habitatnya yang terdegradasi, dsb.

6. Ubur-ubur Portugis

monster laut terbesar di dunia yang masih hidup, foto monster laut terbesar di dunia, 10 monster laut terbesar di dunia, monster laut terbesar di dunia

Disebut juga Portuguese Man o’War rupanya memang mengingatkan kita akan ubur-ubur, namun sebenarnya hewan ini masih termasuk dalam siphonophore. Dilihat dari ukuran tentakelnya, hewan yang satu ini sudah termasuk berukuran raksasa. Tentakel yang ramping nan panjang itu bisa berukuran 50 kaki. Anggota badan itu bisa digunakan untuk menyengat, menangkap, dan melahap mangsanya.

Di kawasan Amerika Sendiri, hewan yang satu ini biasa ditemukan di bagian tenggara AS serta di area teluk Meksiko. Meski arus air terkadang mendorong mereka ke area yang lebih dingin. Tetapi sebenarnya mereka cenderung menyenangi air yang lebih subtropis atau hangat. Untuk statusnya sendiri, mereka terbilang masih dalam jumlah yang wajar.

7. Siphonophore Raksasa

monster laut dalam legenda, monster laut dalam mitologi, monster laut dalam peta bajak laut, monster laut dalam sejarah

Praya dubia atau siphonophore raksasa ini merupakan koloni yang siap menjaring plankton dengan ratusan tentakelnya. Ukuran panjangnya bahkan bisa melebihi paus biru. Tetapi layaknya karang, mereka ini merupakan organisme yang bersifat kolonial. Sehingga sepanjang apapun bentuknya, tetap saja terbentuk dari beberapa tubuh. Hal ini sendiri diistilahkan sebagai “zooids”.

Mereka terangkai dalam suatu batang yang disebut stolon. Persatuan dan kesatuan itu menyerupai organisme yang kemudian sama-sama melakukan aktivitas seperti makan, bergerak, serta bereproduksi. Habitat mereka lebih banyak di permukaan atau mengambang di lautan terbuka. Mereka juga bersifat bioluminescent atau bisa menebarkan cahaya. Untuk lokasi di AS, kita bisa menemukannya di Samudera Atlantik, Pasifik, dan Teluk Meksiko. Dan sampai sekarang, jumlahnya tidak masuk dalam status konservasi.

Baca Juga :  20 Perhiasan Termahal dan Termewah Di Dunia

 8. Cumi-cumi Raksasa

hewan laut terbesar di dunia yang masih hidup, ikan laut terbesar di dunia, makhluk laut terbesar di dunia

Pada Juli 2009, seekor cumi-cumi ukuran super besar ditemukan di Pantai Louisiana, Teluk Meksiko. Sebenarnya pembicaraan mengenai cumi-cumi raksasa ini sudah sering muncul. Mereka juga memiliki aneka ukuran. Untuk yang terbesar, diketahui ukurannya mencapai 60 kaki. Beratnya juga mencapai 1 ton. Ukuran matanya saja sampai berdiameter 10 cm, mirip dengan ukuran piring makan malam.

cumi-cumi istimewa ini jarang sekali kepergok di alam bebas, sehingga tak bisa dipastikan di mana spot favorit mereka. Tetapi ada kecenderungan kalau mereka memilih tempat yang subtropis atau sedang. Begitu juga dengan populasinya, yang tidak diketahui secara pasti. Namun untuk sementara, para ahli masih berasumsi kalau spesies cumi-cumi raksasa hanya ada satu saja.

9. Cumi-cumi Kolosal

monster laut dalam mitologi, monster laut dalam peta bajak laut, monster laut dalam sejarah

via : pinterest.com

Secara ukuran, yang kolosal ini jadi rivalnya cumi-cumi raksasa. Diperkirakan mereka memanjang sampai 45 kaki. Dan seperti spesies cumi-cumi raksasa, mereka juga tak banyak diketahui. Khususnya terkait habitat, populasi, serta penyebarannya. Tetapi para ahli mengatakan kalau mereka lebih senang hidup di perairan yang dalam dan dingin. Sebut saja New Zealand, Afrika, dan Antartika.

10. Hiu Putih

ikan terbesar di laut dalam, ikan terbesar di laut indonesia, ikan terbesar di laut jawa, ikan terbesar di lautan indonesia

Selanjutnya ada hiu putih, makhluk laut yang memiliki citera sebagai predator terbesar dan sangat ganas. Si empunya nama ilmiah Carcharodon carcharias ini diketahui memiliki ukuran tubuh terpanjang mencapai 20 kaki. Angka rata-ratanya tak jauh dari 10-15 kaki. Mereka tersebar di seluruh perairan di dunia, khususnya di kawasan yang pelagis, tidak terlalu di bawah laut dan tidak juga ada di bibir pantai. Contohnya ada di kawasan California atau di pantai timur Amerika.

Wah… meski sudah sampai di akhir list, namun kita masih takjub juga akan beberapa ciptaan Tuhan yang berukuran raksasa ini. Khusus untuk binatang yang masuk status konservasi atau harus dilindungi karena terancam punah, kita tentu merasa sangat prihatin. Semoga semuanya tetap lestari. Demikian, 10 Hewan Laut Terbesar atau Berukuran Raksasa di Dunia. (DBS) #RD

Loading...
error: