6 Binatang yang Mengeluarkan Wangi Makanan

6 Binatang yang Mengeluarkan Wangi Aroma Makanan

Binatang itu identik dengan bau, bukan malah wangi. Tapi alam kita memang unik nan kaya. Penciptanya pun Maha Kuasa, sehingga segala sesuatunya bisa saja eksis.

Keenam hewan ini, misalnya. Ketika berdekatan dengan mereka, kita tak akan merasa sedang di kebun binatang yang aromanya khas. Kita justeru seperti tengah berada di pabrik gula, yang seringkali memanjakan indera penciuman.

Apa saja hewan-hewan tersebut? Jom!

1. Binturong / Binturung (Arctictis Binturong)

binatang harum wangi

Musang raksasa yang juga dijuluki sebagai bearcat ini memang fenomenal. Ukuran tubuh, produktivitas, bentuknya yang mirip beruang, atau kumisnya yang mirip kucing, membuatnya berhasil membetot perhatian. Tetapi tak hanya itu, mereka juga membuat kita keheranan dengan baunya. Sebab begitu memasuki wilayahnya, kita seperti berada di lobi sebuah bioskop. Hal itu dikarenakan mereka mengeluarkan aroma yang mirip popcorn bermentega.

Kendati demikian, bau tersebut justeru keluar dari kelenjar di bawah pangkal ekornya. Hobi mereka yang menyeret pantat ke area teritorialnya membuat aroma ini tersebar, sekaligus memberitahu siapa saja kalau wilayah tersebut sudah ada di dalam kekuasaannya.

2. Katak Spadefoot / (Spea Multiplicata)

binatang yang wangi

via : pinterest.com

Pada dasarnya, katak itu akrab dengan habitat yang jauh dari kesan wangi. Mereka ada di kubangan atau lumpur. Tampilannya pun membuat kita ragu kalau mereka memiliki bau yang enak. Namun kalau kita mengusiknya, katak jenis ini bisa mengeluarkan zat yang beraroma seperti selai kacang.

Meskipun begitu, aroma ini menjadi tipu muslihat bagi para pengganggunya. Pasalnya, kita bisa bersin-bersin atau merasakan mata yang seperti terbakar jika terkena zat ini. Untuk itu, biarkan katak ini sendirian.

3. Lebah Madu Afrika (Apis Mellifera Scutellata)

Baca Juga :  Menyerah Bukan Berarti Kalah (Banci)

binatang dan hewan yang bisa mengeluarkan wangi harum, hewan dan hewan yang bisa mengeluarkan wangi harum

Seperti namanya, lebah ini memang berasal dari kawasan Afrika, khususnya yang ada di tengah dan selatan. Layaknya hewan pada umumnya, mereka juga gemar berkomunikasi atau menyampaikan kabar. Apalagi ketika situasi tengah genting atau berbahaya. Seekor lebah yang lebih dahulu mencium ancaman akan segera mengeluarkan aroma, lalu lebah lain memungut zat kimia yang ditinggalkan, untuk kemudian disebarluaskan.

Lebah manapun yang mengetahuinya akan sama-sama panik dan waspada. Apalagi yang berada di kawasan Afrika, yang memang terkenal lebih sensitif dan memiliki sengatan kuat. Feromon peringatan ini sendiri memiliki bau seperti pisang.

4. Burung Auklet Berjambul (Aethia Cristatella)

binatang yang mengeluarkan bau harum

via : pinterest.com

List ini diperkaya dengan burung beraroma buah. Seorang ahli Biologi satwa liar bernama Julie Hagelin bahkan bersaksi kalau kita berdekatan dengan burung ini, maka kita akan merasa seperti ada seseorang yang sedang mengelupas kulit jeruk. Aroma semerbak ini memiliki kegunaan mirip parfum pada manusia.

Bedanya, bebauan ini berasal dari paruh berminyak mereka, yang kemudian digunakan di sela-sela bulunya. Upaya ini sendiri dilakukan demi menarik atau  merangsang pasangan. Biasanya mereka akan menyapa dengan saling mengendus bagian leher masing-masing.

5. Kaki Seribu Raksasa (Apheloria Virginiensis)

bintang yang mengeluarkan wangi, bintang yang mengeluarkan wangi pandan

via : pinterest.com

Dari namanya, bisa kita bayangkan kalau hewan kaki seribu ini berukuran lebih besar dari yang sewajarnya. Panjangnya saja bisa mencapai 15 inci. Cukup mengerikan. Dan, kita sebaiknya tak usah berurusan dengan mereka. Sebab kalau stress atau kesal, mereka bisa mengeluarkan cairan wangi seperti cola cherry. Kendati demikian, wewangian itulah yang bisa menyebabkan luka bakar dermatologis.

6. Beaver Atau Berang-Berang (Genus Castor)

binatang harum

via : pinterest.com

Para fans vanila mungkin akan ilfil dengan fakta yang satu ini. Tetapi memang benar, wangi vanili bisa tercium dari bagian dubur hewan ini. Para ilmuwan menyebutnya sebagai castoreum. Senyawa ini sendiri berada di dalam kantung yang terdapat di antara pangkal ekor dan panggung.

Baca Juga :  15 Wisata Pantai Indonesia Paling Indah

Tak heran kalau bebauan ini bercampur dengan sekresi kelenjar dan urinnya. Sementara di dunia makanan, vanili ini sering menjadi penyedap atau pemberi aroma wangi yang alami. Badan yang bertanggung-jawab di bidang makanan dan obat-obatan Amerika pun sudah mengkonfirmasi kalau castoreum ini aman dimanfaatkan sebagai bahan dasar parfum atau aroma makanan.

Maha Besar kekuasaan Tuhan YME. 6 Binatang yang Mengeluarkan Wangi Seperti Makanan. (DBS) #RD

Loading...
error: