10 Film Barat Tentang Gangster Jalanan Terbaik

Selalu ada sesuatu yang menarik dari jalanan atau kehidupan keras di luar sana. Kisah yang diangkatnya cenderung kompleks. Bagaimanapun, kehidupan di jalanan memang tak mudah dan tak nyaman. Salah-satu topik yang sering diangkat yaitu terkait gangster. Konfliknya pun beragam. Ada yang fokus pada persaingan antar geng, kehidupan anggotanya gengnya, gesekan geng dengan lingkungan, atau ada juga bumbu-bumbu lain yang bisa membuat kemasan filmnya semakin komplit.

Beberapa Situs sudah membuka poling terkait film gangster jalanan terbaik dan paling seru. Berikut ini hasilnya. Jom!

1. The Warriors (1979)

film gangster jalanan terbaik di dunia

Film action-thriller ini diangkat dari novelnya Sol Yurick yang terbit di tahun 1965. Film ini sendiri terbilang begitu fenomenal. Fans setianya yang begitu banyak membuat The Warriors ini melahirkan karya lain. Baik itu berupa seri komik atau pun video game.

Dikisahkan kalau pimpinan Geng Riffs, Cyrus, mengundang semua geng Amerika untuk berkumpul. Mereka hendak mendiskusi wilayah kekuasaan masing-masing secara terbuka. Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi pertikaian antar geng. Agar acaranya khidmat, mereka tak diperkenankan membawa senjata.

Maklumat itu disambut baik oleh sebagian besar geng, termasuk juga The Warriors. Ketua gengnya, Cleon, datang bersama 8 member. Mereka berbaur dengan geng lain, bahkan bisa bercanda dengan nyaman. Namun malapetaka terjadi ketika ada oknum geng yang menembak Cyrus sampai tewas. Parahnya, Cleon yang hendak menolong malah dituduh sebagai pelaku. Tak pelak, The Warriors menjadi incaran amuk geng lain.

2. Boyz n the Hood (1991)

gangster jalanan amerika, film gangster jalanan, gangster atau penjahat jalanan, film tentang gangster jalanan

Film drama remaja ini menjadi debut bagi aktor Ice Cube dan Morris Chestnut. Berkat kinerja sutradaranya, John Singleton, film ini menjadi nominator kategori “Best Director” dan “Best Original Screenplay” dalam ajang Academy Awards yang ke-64. Itu artinya, John Singleton sudah memecahkan rekor. Dia menjadi orang termuda dan berkebangsaan Afrika-Amerika perdana yang menerima nominasi bergengsi tersebut.

Baca Juga :  5 Film Jepang Tema Perang Terbaru Terbaik 2016

Film ini mengisahkan kehidupan tiga remaja yang ada di wilayah Los Angeles. Ada Tre Styles, Doughboy Baker, dan Ricky Baker. Tre Styles cukup beruntung, sebab dia masih memiliki ayah yang memberi didikan untuk kuat dan berani bertanggung-jawab. Sementara Ricky Baker merupakan pemuda yang memiliki cita-cita untuk mendapat beasiswa di USC, agar mimpinya sebagai atlit sepakbola bisa tercapai. Kontras dengan saudaranya, Doughboy, yang malah larut dalam dunia kriminal dan miras. Dalam prosesnya, mereka kerap bertanya-tanya akan berbagai hal. Termasuk tentang suatu hubungan, ras manusia, kekerasan, serta prospek masa depan.

3. Menace II Society (1993)

film gangster jalanan, gangster atau penjahat jalanan, film tentang gangster jalanan

Film selanjutnya merupakan diarahkan oleh duo Allen dan Albert Hughes. Bahkan film ini menjadi momen debut mereka. Settingnya sendiri mengambil masa di tahun 90-an, tepatnya di kawasan LA, California. Ceritanya benar-benar menjadi gambaran “mimpi buruk” sosial.

Film ini mengisahkan kehidupan seorang pemuda bernama Kaydee “Caine” Lawson. Sejak kecil dia sudah menyaksikan berbagai hal yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhannya. Dia melihat bagaimana sang ayah membunuhnya, ibunya mati overdosis, dan sosok yang dianggap mentor olehnya malah masuk penjara. Begitu menginjak remaja, dia dan teman-temannya menjadi generasi yang banyak digoda oleh hal-hal semacam kekerasan, obat-obatan terlarang, serta senjata.

4. Colors (1988)

film gangster terbaik amerika, film barat gangster terbaik, gangster lawan polisi

Awalnya film ini hendak fokus pada pengedaran obat-obatan terlarang. Namun sang sutradara, Dennis Hopper, lebih memiliki untuk fokus pada kehidupan geng dan membernya. Ceritanya tentang kinerja duo polisi bernama Bob Hodges dan juniornya, Danny Mcgavin. Sebagai petugas keamanan dan kenyamanan masyarakat, mereka berupaya keras untuk mencegah aksi kekerasan dari rivalitas para geng jalanan, khususnya Bloods dan Crips.

Baca Juga :  12 Lagu Soundtrack Film Korea Terbaik

5. American Me (1992)

gangster jalanan amerika, film gangster jalanan, gangster atau penjahat jalanan, film tentang gangster jalanan

Aktor Edward James Olmos menjadi protagonis sekaligus sutradara dalam film ini. American Me bahkan menjadi karya perdananya sebagai pengarah film. Ceritanya sendiri terinspirasi dari pengaruh mafia Meksiko yang rupanya menelusup ke dalam penjara California, tepatnya dari tahun 1950-1980-an.

Karakter utamanya bernama Montoya Santana. Serangkaian peristiwa membawanya pada sel tahanan, dan posisi sebagai ketua geng La Eme. Geng tersebut terlibat dalam pembunuhan dan pengedaran obat-obatan. Namun dia sempat mengatakan pada mantan Letnan J.D, kalau dirinya sudah tak tertarik untuk membawahi gengnya sendiri. Dia memang mulai menyadari kekeliruan hidup yang selama ini dijalaninya.

6. Blood In, Blood Out (1993)

film gangster terbaik di dunia

Film arahannya Taylor Hackford ini menceritakan tentang perjalanan hidup 3 Chicano, atau orang-orang berkebangsaan Meksiko-Amerika, yang kebetulan masih kerabatan. Kisah yang diangkatnya terjadi pada rentan waktu di tahun 1972 sampai dengan 1984. Ketiganya juga terdabung dalam suatu geng jalanan. Namun suatu hari, sebuah insiden terjadi. Hal itu sontak saja mengubah segalanya. Hidup dan persahabatan mereka juga terusik.

7. American History X (1998)

gangster jalanan amerika, film gangster jalanan, gangster atau penjahat jalanan, film tentang gangster jalanan

Selain menonjolkan unsur kriminal dan gangster, film ini juga memiliki sentuhan dramatis tersendiri. Kisahnya tentang dua bersaudara asal Venice, Los Angeles, AS. Keduanya terlibat dalam gerakan neo-nazi. Kebetulan kakaknya harus mencecap dinginnya bui selama 3 tahun. Kejadian itu sangat berpengaruh terhadap pikiran dan kepercayaannya. Ia pun berupaya keras melindungi sang adik, agar tak menempuh jalan keliru yang sudah dilaluinya.

8. The Outsiders (1983)

film gangster jalanan, gangster atau penjahat jalanan, film tentang gangster jalanan

Film ini begitu populer. Ceritanya diadaptasi dari novel yang sudah familiar karyanya S.E. Hinton. Lebih lagi, bintang film yang terlibat juga memiliki pamor yang bagus. Sebut saja C. Thomas Howell, Tom Cruise, Rob Owe, dll. Ceritanya sendiri berkisar pada persaingan atau rivalitas dua geng. Yang satu merupakan berandalan miskin, yang satunya lagi berasal dari kalangan kaya. Persaingan itu semakin bergolak ketika terjadi pembunuhan pada anggota geng yang lain.

Baca Juga :  20 Film Bollywood atau India Terbaru Terbaik Tahun 2017

9. A Bronx Tale (1993)

film gangster terbaik amerika, film barat gangster terbaik

Sesuai judulnya, setting tempat film ini memang ada di the Bronx. Sementara waktunya sendiri ada di sekitar tahun 60-an. Film ini menjadi debut dari sutradara Robert De Niro. Dia mengarahkan cerita tentang seorang pemuda berkebangsaan Amerika Italia. Namanya Calogero atau “C”. Dia memiliki dua figur ayah. Ada ayah kandungnya, Lorenzo Anello. Ada juga Sonny LoSpecchio, yang ternyata merupakan boss mafia lokal. Sebagai ayah kandung, tentu saja Lorenzo Anello sangat mengkhawatirkan puteranya.

10. New Jack City (1991)

film gangster terbaik sepanjang masa, film gangster terbaik se asia dan dunia, film gangster terbaik di dunia, film gangster terbaik amerika

Lagi-lagi, karya ini menjadi ajang debutnya seorang sutradara. Kali ini ada Mario Van Peebles. Dalam film kriminal ini, ia juga ikut mengambil peran sebagai Kepala Operasi Polisi CMB bernama Stone. Ceritanya sendiri tentang Nino Brown. Dia adalah seorang pengedar narkoba yang tengah gemilang. Sementara karakter bernama Scotty Appleton menjadi sosok detektif. Dia sudah berjanji untuk berusaha semaksimal mungkin agar aktivitas kriminal Nino bisa segera ditumpas. Untuk memuluskan aksinya itu, dia harus terjun ke dalam gengnya Nino.

Membaca sinopsis singkatnya saja, film-film di atas memang dinilai begitu seru. Namun peringatan keras bagi penonton tertentu yang tak nyaman akan scene kekerasan, vandalisme, obat-obatan, dsb. Demikian, 10 Film Tentang Gangster Jalanan Terbaik Sepanjang Masa. #RD

Loading...
error: