10 Hewan dengan Masa Kehamilan Terpanjang Paling Lama di Dunia

Kehamilan rata-rata itu sekitar 9 bulan. Bisa dibayangkan dalam kurun waktu itu, seorang perempuan harus mengalami banyak perubahan dan proses adaptasi yang tak sederhana. Mereka harus menahan diri dengan kondisi badan yang makin besar, sering mual-mual, pusing, emosi meletup, sekaligus perasaan overwhelming karena hendak menyambut buah hatinya sendiri.

Untuk itu, sudah sepatutnya kalau kita menghormati dan mengasihi seorang ibu dan perempuan pada umumnya. Termasuk juga pada hewan betina, yang tak kalah dramatis ketika memperjuangkan darah dagingnya. Beberapa diantara mereka bahkan harus menanggung beban kehamilan dengan masa yang cukup lama.

Apa saja hewan tersebut dan seberapa lama waktu kehamilannya? Jom!

1. Manatee

hewan yang paling lama hamil, binatang lama hamil, hewan yang paling lama hamilnya

Kita bisa menebak manatee hamil dari badannya yang sangat besar di luar ukuran umumnya. Namun kita mungkin akan salah mengira, kalau manatee ternyata mengandung selama 13 bulan. Itu artinya, mereka harus menanggung beban berat selama setahun lebih. Tak ayal kalau mereka sering terlihat duduk bersantai di area air. Dengan demikian, beban ekstra pada tubuhnya bisa sedikit berkurang.

2. Unta

which animal have long pregnancy period, keistimewaan unta, ciri ciri unta, kelebihan unta, makanan unta, unta meaning

Hewan dengan ciri khas punuknya ini dikenal memiliki kepribadian yang cukup keras. Namun kita patut memuji kesabarannya ketika harus mengandung selama 13 sampai 14 bulan, atau sekitar 410 lamanya. Hewan yang mirip, seperti llama, juga harus hamil dengan periode cukup lama (kurang lebih 330 hari).

3. Jerapah

animal pregnancy longer than 9 months, animal pregnancy longest, animal long pregnancy, animal longer pregnancy than human, animal longest pregnancy time

Hewan darat tertinggi ini melahirkan dengan cara berdiri. Untuk itu, bayi yang dikandungnya harus tumbuh cukup tinggi dan besar agar bisa menahan diri ketika jatuh dari ketinggian. Periode kehamilan sang induk pun mencapai 400-460 hari. Selain itu, ancaman predator juga tersebar di mana-mana. Karenanya, bayi jerapah harus sudah cukup kuat ketika tiba di dunia kerasnya.

Baca Juga :  Menyikapi Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

4. Cacing beludru (Velvet Worm)

animal longer pregnancy than human, animal longest pregnancy time

via : pinterest.com

Nama velvet atau beludru tampaknya terinspirasi dari bulu-bulu sensorik yang menutup sekujur tubuhnya. Hewan sekelas cacing ini harus mengandung selama 15 bulan. Ternyata hewan dengan masa kehamilan terlama tidak melulu ditanggung oleh mamalia besar.

5. Badak

harga cula badak, khasiat cula badak, ciri-ciri badak, kegunaan khasiat cula badak, cula badak asli, badak bercula satu, badak air, badak sumbu, badal, badak berendam recipe, eproc badak, pengertian badak

Mungkin salah-satu kesulitan untuk menjaga populasi badak itu berhubungan juga dengan masa kehamilan mereka yang lama, yakni mencapai 450 hari. Tak ayal kalau kelima spesiesnya sudah dicap sebagai hewan yang terancam punah. Tiga diantaranya juga dalam kondisi gawat dan rentan kepunahan.

6. Walrus

lama kehamilan mamalia, lama kehamilan hewan vivipar, lama masa kehamilan hewan, lama proses kehamilan hewan

Dari semua kelompok pinnipeds, atau kelompok mamalia termasuk singa dan anjing laut, walrus ini menjadi hewan yang memiliki masa kehamilan paling lama. Mereka harus bersedia menanggung beban selama 15 sampai 16 bulan lamanya. Selain lama, tingkat reproduksi mereka pun dinilai sangat rendah.

7. Cetacea

animal pregnancy longest, animal long pregnancy, animal longer pregnancy than human, animal longest pregnancy time

Hewan unik ini sudah terkenal memiliki intelegensia yang tinggi, kepribadian yang tenang, serta sosialitas yang kompleks. Tak mengejutkan kalau mereka menerima perlakuan dan perawatan istimewa sejak belia. Mereka memang memiliki masa kehamilan berbeda, namun Orcas mengandung selama 17 bulanan. Beberapa paus kepala kotak atau Sperm Whale juga mesti mengandung sampai 19 bulan lamanya.

8. Gajah

masa kehamilan hewan terlama, mamalia dengan lama kehamilan terlama

Diantara hewan mamalia lain, induk gajah menjadi pemecah rekor yang harus mengandung dalam kurun waktu lama. Sebelum bertatap muka dengan anaknya, mereka harus mengandungnya selama 2 tahun. Masa kehamilannya yang panjang tak lepas dari fakta kalau gajah menjadi salah-satu hewan yang cerdas. Tentu banyak proses perkembangan dalam buah hatinya ketika masih nyaman dalam rahim sang induk.

9. Salamander Alpine Hitam

lama hewan hamil, berapa lama hewan hamil, hewan yang paling lama hamil, hewan hamil paling lama, lama masa hamil hewan

Yang satu ini merupakan hewan amfibi yang hidup di wilayah tengah dan timur dari Pegunungan Alpen. Meski mungil, namun durasi kehamilannya cukup lama, yakni antara 2 sampai 3 tahun. Biasanya mereka mengandung 2 keturunan sekaligus. Untuk ketahanan hidupnya sendiri, Salamander diprediksi memiliki harapan selama 10 sampai 20 tahunan.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Burung Ocehan Penghias Taman

10. Tapir

berapa lama hewan hamil, hewan yang paling lama hamil, hewan hamil paling lama, lama masa hamil hewan

Melihat hewan ini, kita jadi teringat akan kolaborasi antara trenggiling dan babi. Padahal mereka lebih memiliki keterkaitan dengan badak dan kuda. Masa kehamilannya tak jauh dari hewan-hewan tersebut. Tapir betina bisa mengeluarkan buah hatinya setelah usia kandungannya mencapai 13 bulan. Bayi tapir biasanya memiliki pola bergaris warna cokelat dan beige, yang berfungsi sebagai senjata kamuflase dari para musuh. Namun setelah berusia beberapa bulan, motif pada tubuhnya itu perlahan pudar dan tapir sudah mulai bisa bergerak dengan leluasa.

Melahirkan dan memperpanjang keturunan tentu menjadi sesuatu yang diimpikan para hewan betina. Namun mengingat perjuangan mereka yang tak sebentar, tak berlebihan jika kita menjuluki mereka sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Demikian, 10 Hewan dengan Masa Kehamilan Terpanjang atau Paling Lama di Dunia. (DBS) #RD

Loading...
error: