10 Burung Terbesar di Dunia yang Masih Hidup

Bagaimana reaksimu kalau menyaksikan burung berukuran besar secara langsung? Kalau jaraknya dekat, kamu pasti akan mengabadikannya lewat gambar atau video. Iya, ‘kan?

Burung-burung yang berukuran besar ini ada yang bisa terbang, ada juga yang tidak. Namun ketidakmampuan mereka untuk melayang tak lantas menghapus pesona yang ada. Mereka betul-betul menakjubkan.

Nah burung apa saja yang memiliki ukuran jumbo dan masih hidup di dunia ini? Jom!

Wandering Albatross / Albatros kelana

diomedea exulans exulans, bird albatross, albatross species, giant albatross wingspan, information about albatross, where do wandering albatross live, how big are albatross, different types of albatross, burung paling panjang umur

Albatros Pengembara (Diomedea exulans)
gambar : wikipedia.org

Burung ini terlihat sangat besar ketika dia mengepakkan sayapnya. Bahkan Wandering Albatross disebut sebagai pemilik sayap paling lebar. Jika diperkirakan, burung ini bisa berukuran dari 2,5 – 3,5m. Sementara berat badannya bisa mencapai 12 kg.

Albatross memiliki 24 spesies yang tersebar di berbagai wilayah. Namun Wandering Albatross menjadi yang paling bongsor diantara semuanya. Makanan kesukaan mereka adalah cumi-cumi dan ikan-ikan kecil. Untuk minumnya sendiri, mereka lebih menyukai air asin. Tak ayal kalau mereka jarang terlihat di darat. Spot favoritnya tak akan jauh dari permukaan samudera, tempat di mana dia memeroleh makanan dan minumnya.

Begitu tiba musim kawin, burung-burung ini akan terbang berkoloni ke pulau-pulau terpencil. Hasil dari perkawinannya hanya sebutir telur. Beberapa bulan setelah telur menetas, albatross ini sudah bisa terbang mandiri.

Mute Swan / Angsa Putih

burung terbesar di dunia yang masih hidup

via : pinterest.com

Burung air ini terkenal karena lehernya yang unik dan menarik, yang menyerupai huruf S. Leher panjang itu tak tercipta tanpa alasan, melainkan membantu angsa untuk menjangkau makanan yang ada di permukaan air. Mereka biasa mengonsumsi vegetasi atau tanaman air, ikan-ikan kecil, atau serangga. Selain itu, mereka juga memiliki lebar sayap mencapai 2,4m. Sementara ukuran tubuhnya bisa sampai 1,5m, dengan kisaran berat badan 12-13kg.

Sifat alaminya memang agresif, namun mereka juga begitu cerdas, strong, dan sayang anak. Mereka tak akan segan melakukan penyerangan, khususnya di masa-masa bersarang. Apapun yang mengancamnya akan diburu untuk kemudian digigit. Pokoknya mereka akan memberi perlindungan total terhadap sarang, telur, dan buah hatinya. Selain itu, angsa putih bahkan bisa ingat betul, siapa yang sudah merawatnya dengan baik.

Dalmatian Pelican / Undan dalmasia

burung terbesar yang masih hidup, burung terbesar yang masih ada, burung terbesar yg masih hidup

via : pinterest.com

Jika ada list tentang burung terbang paling berat di dunia, dalmatian pelican pasti masuk. Bobot badannya antara 12-14 kg, dengan panjang sekitar 1,8m. Untuk kepak sayapnya bisa menjangkau 2,7m. Sementara paruhnya yang khas berukuran rata-rata 18 inci. Mereka menjadi juara dua untuk kontes paruh burung paling panjang pasca Australian Pelican.

Burung ini sendiri datang dari Asia Selatan dan kawasan Eropa. Bentuknya mirip dengan pelican putih, tetapi pelican ini berukuran lebih jumbo. Betapa tidak, mereka bisa melahap ikan, lele, atau belut sampai 2 kg banyaknya.

Baca Juga :  5 Hewan Albino Paling Unik Terlangka di Dunia

Andean Condor / Kondor Andes

burung terbesar yang dapat terbang, burung kondor, vulture

via : blogspot.com

Burung ini menjadi satu dari sekian famili para konsumen bangkai. Andean Condor biasa ditemukan di sekitar pantai Amerika Selatan dan Pegunungan Andes. Mereka bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 1,2 m. Kita juga bisa kaget karena beratnya sampai menyentuh angka 15 kg. Kalau sedang mengepakkan sayap, ukurannya bisa sampai 3 m. Lebar tersebut sangat bermanfaat kalau Andean Condor ingin terbang melayang.

Namanya juga bagian dari burung pemakan bangkai, makanan utama mereka tentu berupa bangkai hewan lainnya. Tak peduli hewan domestik atau juga yang buas. Kadang-kadang mereka juga bersikap nakal, misalnya dengan mencuri sarang burung lain untuk telur mereka sendiri. Sebenarnya mereka termasuk burung panjang umur, sebab bisa hidup sampai 75 tahun lamanya. Namun kini mereka sudah berstatus hampir punah.

Kori Bustard

burung terbesar di dunia, burung terbesar di dunia yang dapat dan bisa terbang, burung terbesar di dunia 2017-2018, burung terbesar di dunia yang masih ada hidup, burung terbesar di dunia yang pernah ditemukan

via : pinterest.com

Burung terbang ini bisa memiliki berat badan sampai 20 kg, dengan panjang 1,2m, dan lebar sayap mencapai 2,7m. Tak heran kalau kori bustard dinobatkan sebagai burung terbang paling raksasa. Apalagi kalau yang berjenis kelamin jantan, sebab ukurannya bisa dua kali lipat dari yang betina.

Makanan favorit mereka adalah serangga, ular, kadal, buah berry, dan  biji-bijian. Untuk itu, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di daratan atau tanah demi memburu serangga kesukaannya.

Greater Rhea

burung terbesar di dunia 2017-2018, burung terbesar di dunia yang masih ada hidup, burung terbesar di dunia yang pernah ditemukan

via : wikipedia.org

Burung ini memecahkan rekor dengan menjadi yang terbesar di Amerika Selatan. Panjangnya sekitar 1,3 m dengan berat tubuh bisa sampai 27 kg. Mereka memang dikaruniai sayap yang lebar, namun sayap tersebut tidak digunakan untuk terbang. Hanya saja, sayap lebarnya sangat membantu ketika mereka bergerak, atau mengubah haluan ketika dalam posisi berlari.

Burung ini sering hidup di kawasan rerumputan atau lahan yang basah. Mereka akan mengincar burung-burung kecil, serangga, dan kadal. Kakinya yang panjang nan kuat mengingatkan kita pada ostrich atau burung unta. Kaki tersebut bisa menjadi senjata andalan ketika menghadapi aneka ancaman. Biasanya burung betinanya hanya bertelur di satu sarang saja. Namun dalam sarang tersebut, kita bisa menemukan banyak telur, bahkan jumlahnya mencapai 50-an.

Emperor Penguin

club penguin, penguin clothing, penguin games, penguin batman, penguin pictures, penguin types, penguin magic

gambar : wikipedia.org

Diantara semua spesies penguin, yang satu ini menjadi penguin terberat dan paling jangkung. Beratnya bisa mencapai 45 kg, sementara tingginya sekitar 45 inci. Meski berbadan gendut, namun mereka bisa menyelam dengan kedalaman mencapai 457m. Mereka juga kuat melakukan traveling sejauh 80 km demi mencari ikan, krill atau semacam udang kecil, serta cumi-cumi untuk disantap.

Yang betina bertelur, tetapi tugas penjagaannya diserahkan penuh pada yang jantan. Selama periode itu, tugas mereka seperti terbalik. Para penguin jantan merawat telur sampai rela puasa selama 2 bulanan. Sementara yang betinanya pergi ke lautan terbuka demi mencari makanan. Mereka mengumpulkan hasil tangkapannya ke dalam perut, untuk kemudian dijadikan “oleh-oleh” bagi buah hatinya.

Baca Juga :  Pemotongan Kuku dan Pencukuran Bulu pada Domba

Emu

emu bird facts, difference between emu and ostrich, emu birds, where do emus come from, emu animal, interesting facts about emus, ostrich vs emu, how big is an emu, hewan emu

Burung emu

Di Australia, emu menjadi burung yang tidak bisa terbang dengan ukuran terbesar yang pernah ada. Dia bisa tumbuh dengan bobot badan 60 kg, dan tingginya 1,8m. Mereka kerap dijumpai di padang savana, hutan, atau kawasan lainnya. Makanannya sendiri yakni berupa tanaman, buah-buahan, biji-bijian, serangga, dan kadal. Uniknya, mereka juga suka menggunakan kerikil untuk “memanggang” mangsanya.

Selain berbadan besar, emu juga memiliki kaki yang sangat panjang. Ukuran kakinya begitu berfaedah, sebab bisa membantunya untuk berlari cepat, sampai 50km/ jam. Ketika musim panas tiba, emu akan berpasang-pasangan. Lalu hasil perkawinannya akan muncul di musim dingin. Satu sarang burung emu bisa menghasilkan 8 sampai 10 telur. Warna telurnya hijau gelap, dan sebuah telur bisa memiliki berat sampai 1 pound atau sekitar setengah kilogram.

Southern Cassowary / Burung Kasuari gelambir-ganda

burung terbesar yang masih hidup sampai sekarang

via : avithera.blogspot.co.id

Runner up list ini merupakan burung asli Indonesia dan Australia. Burung yang biasa ditemukan di hutan hujan ini meiliki tinggi 1,5m dan berat badan hingga 75-80 kg. Panjang paruh mereka juga luar biasa, sebab bisa menyentuh ukuran 7,5 inci. Mereka doyan menyantap serangga, jamur, dan rerumputan.

Burung jumbo ini memang tak bisa terbang, namun mereka memiliki kelebihan lain. Kaki burung kasuari sangat tebal dan kuat. Mereka juga bisa berlari dengan speed sekitar 30 mil/ jam. Ketika musim panas tiba, yang betina suka bertelur sebanyak 8-10 telur. Tetapi yang jantanlah yang berkewajiban mengeraminya. Mereka menghangatkan telur-telurnya selama 50 hari.

Ostrich / Burung Unta

bird can't fly what to do, injured bird can't fly, only bird that can't fly, we can t fly, birds that can't fly list, big birds that can't fly, large birds that can't fly, flightless birds

Burung Unta (ostrich)

Ini dia burung terbesar di dunia yang eksistensinya masih terjaga. Disebut paling besar, sebab ostrich dewasa bisa memiliki bobot sampai 150 kg. Sementara ketinggian maksimumnya mencapai 1,8 m. Burung asli Afrika ini tak memiliki kemampuan untuk terbang. Namun talenta mengagumkan mereka terletak pada kaki kuatnya, yang bisa dipakai untuk melakukan perlawanan terhadap predator serta berlari dengan kecepatan maksimal 70 kmph. Fakta ini membuat ostrich memecahkan rekor, yakni sebagai burung dengan speed tercepat. Rekor lainnya dipegang oleh telur burung unta, yang berukuran super besar dibanding dengan telur burung biasa.

Sama seperti Emu, burung ini juga hobi menelan kerikil sebagai usaha untuk memanggang makanan dalam gigerium atau perut istimewanya. Bahkan kerikil dan pasir yang disimpannya ternyata begitu banyak, yakni sekitar 1,3 kg. Ada pun makan yang ditelannya yaitu biji-bijian, buah-buahan, serangga, bunga, dan semak-belukar. Untuk minumnya sendiri, mereka bisa tahan hidup tanpa air selama beberapa hari lamanya.

Biasanya burung-burung ini hidup berkelompok, yang terdiri dari 10 sampai 50 ekor. Dalam setahun, burung betina bisa memproduksi 60 telur. Sebuah telur memiliki ukuran yang mencengangkan. Rata-rata berdiameter 5,1 inci dan kalau ditimbang, ukurannya bisa mencapai 1,4 kilogram. Demikian, 10 Burung Terbesar Di Dunia yang Masih Hidup. #RD

Loading...
error: