5 Barista Latte Art Terbaik di Dunia

Latte atau Caffè latte adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Latte art adalah metode pembuatan kopi yang dibuat dengan menuang susu ke dalam espresso dan menghasilkan pola atau desain pada permukaan latte. Kadang-kadang barista menambahkan bahan lain seperti sirup untuk menghiasi caffe latte-nya.

Tapi tahukah kamu, untuk membikin latte art dibutuhkan pengetahuan dan ketrampilan khusus dari barista agar latte art terlihat perfecto. Dilansir sfgate.com berikut ini adalah 5 dari banyak Barista dengan karyanya yang spektakuler;

1. Kangbin Lee – Korea

coolest latte art, cool latte art video, how to make cool latte art, how to do cool latte art

via : @leekangbin91

Seniman kopi ganteng asal Korea Kangbin Lee membuat latte art yang sangat rinci, menggunakan teknik yang dia sebut “cremart,”. Inspirasinya lahir dari film klasik, Animasi Disney dan karya seni rupa lainnya. Lee, yang telah menjadi barista selama sepuluh tahun itu berharap orang-orang yang melihat karyanya menyadari bahwa “secangkir kopi bisa menjadi sebuah karya seni yang berkesan dan menjadi media komunikasi bagi orang banyak.”

2. Melannie Aquino – Amerika

cool latte art video, how to make cool latte art, how to do cool latte art

via : @melaquino

Melannie Aquino dari Elite Audio Coffee Bar di San Francisco menggambar sketsa yang sangat rinci dari segala sesuatu mulai karakter kartun berwajah manis sampai Big Ben London di atas latte berbusa. Dia pertama kali bereksperimen dengan seni kopi empat tahun yang lalu saat dia bekerja di kafe. Baru-baru ini, Mashable menobatkan dirinya menjadi seniman kopi terbaik di dunia.

3. Mattsun – Jepang

cool latte art, coolest latte art, cool latte art video, how to make cool latte art, how to do cool latte art

via : kumafilms.com

Seniman Latte dari Jepang ini pertama kali mencoba keberuntungannya di bidang latte art pada tahun 2009 saat bekerja di sebuah restoran Italia. Pada tahun 2011 ia merasa cukup mumpuni untuk mengadakan pameran tunggal, yang berjudul Blue Sky Latte Art, di Dōtonbori, Osaka, Jepang.

Baca Juga :  7 Tradisi Kecantikan Paling Aneh dan Unik di Dunia

4. Nowtoo Sugi – Jepang

seni kopi latte, seni membuat kopi, seni melukis kopi, seni minum kopi, seni hias kopi, membuat seni dari kopi latte

via : @nowtoo

Awalnya Nowtoo Sugi mulai menggunakan sirup bartender berwarna untuk “melukis” pada secangkir kopi, meskipun telah banyak barista menciptakan latte yang berwarna-warni, pastilah dia termasuk salah satu yang terbaik. Karyanya yang paling menonjol terinspirasi dari tokoh-tokoh anime. Baginya ini hanyalah sebuah hobi, karena dia melakukannya di rumah dan hanya teman dan keluarga yang bisa mencicipi kopinya yang cantik.

5. Emily Coumbis – Australia

seni kopi latte, seni membuat kopi, seni melukis kopi, seni minum kopi, seni hias kopi, membuat seni dari kopi latte

via : Emily Coumbis (@em321)

Barista bernama Emily Coumbis bekerja di Piggy Back Cafe di pinggiran Brisbane. Dialah yang membuat Cafe tersebut menjadi sorotan dan viral di internet karena keterampilannya membuat caffe latte yang begitu indah.

Besarnya minat publik terhadap latte art membuat banyak kursus yang khusus mengajarkan latte art menjamur di mana-mana, jika ingin belajar bisa mendatangi Coffee shop terdekat dan menanyakan apakah bisa belajar Latte art di sana. Bila ingin belajar sendiri kamu bisa menengok panduannya di beragam situs kopi yang membahas latte art atau di situs berbagi video seperti YouTube. 5 Barista Pembuat Latte Art Terbaik di Dunia

Loading...
error: