Apa Saja Manfaat dan Kegunaan dari Silica Gel? Berikut 6 Fungsinya untuk Tas hingga Makanan

Pernahkah kamu menemukan bungkusan kecil putih di dalam makanan kemasan, dalam dus sepatu, dus handphone atau smartphone, dalam tas baru, sampai kamera yang kamu beli. Jangan sampai termakan ya. Bungkusan tersebut adalah silica gel. Silica gel ini terbuat dari silicon dioksida. Silica gel berbentuk butiran yang di pack dalam bentuk bungkusan kecil menyerupai permen. Fungsinya untuk mengeringkan dan sebagai anti-bau. Jika menemukan silica gel, maka jangan buru-buru untuk membuangnya karena benda kecil ini dapat digunakan kembali untuk membantu menjaga barang lho.

1. Mengeringan Handphone (HP) yang tercemplung air

kegunaan fungsi manfaat silica gel untuk smartphone, apa manfaat silica gel, manfaat dari silica gel, manfaat kantong silica gel, manfaat lain silica gel, manfaat silica gel bekas, manfaat silica gel blue, manfaat silica gel kumpulan tips, manfaat silica gel manfaat silica gel

via : pinterest.com

HP kamu pernah tercemplung ke dalam air? Jika pernah kamu pasti pernah mendengar cara untuk melepaskan baterai dan sim card HP kemudian mengeringkannya dengan memasukan ke beras. Tapi tahukah kamu bahwa memasukannya ke dalam plastik yang diisi dengan 2 atau 3 buah silica gel ternyata lebih efektif. Mengeringkan dengan beras membutuhkan waktu sekitar 4 hari, sedangkan dengan silica gel cukup hanya 2 hingga 3 hari.

Baca Juga :  10 Brand atau Merek Make Up Terbaik Tahun 2016

2. Menjaga dokumen penting

kegunaan dari silica gel, kegunaan silica gel adalah, kegunaan silica gel biru, kegunaan silica gel blue, kegunaan silica gel desiccant

Dokumen penting mungkin akan diperlukan dalam jangka waktu yang lama sehingga harus disimpan di dalam map atau boks yang aman. Akan tetapi, seringkali saat kita sudah menyimpannya dengan baik namun masih saja kelembaban pada tempat penyimpanan membuat dokumen yang kita simpan berjamur dan akhirnya warnanya pun berubah menjadi kekuningan hingga memudar. Dengan menambahkan 2 atau 3 buah silica gel pada map atau boks penyimpanan kamu maka dokumen kamu akan terjaga dalam jangka panjang.

3. Menghilangkan kelembaban pada kontainer maupun kotak makanan

Apakah kamu pernah menyimpan kotak makanan seperti toples kemudian tidak memakainya dalam jangka waktu lama, kemudian saat kamu membukanya kotak tersebut tampak lembab dan bau. Untuk mencegah agar kotak makanan tersebut tidak lembab dan bau maka kamu dapat menambahkan 1 buah silica gel pada kotak makanan untuk tetap menjaganya tetap kering.

4. Mengeringkan Tas

Malasnya jika saat melihat tas kita lembab karena terlalu sering dipakai. Solusinya sangat mudah yaitu menaruh 2 hingga 3 buah silica gel pada tas. Jadi walau dipakai berulang – ulang tas tetap terjaga kering dan tidak apek.

Baca Juga :  Judulnya "10 Out of 10" by Louchie Lou & Michie One

5. Menghilangkan bau laci dan lemari

Pernahkah kamu membuka lemari atau laci yang sudah lama tidak dibuka. Baunya menyengat dan sisi – sisi lemari juga tampak ditumbuhi jamur yang berwarna putih. Cukup meletakan 1 hingga 2 buah silica gel pada lemari tersebut setelah 3 hingga 5 hari maka bau apeknya akan hilang.

6. Menjaga agar makanan tetap awet

cara menggunakan silica gel pada makanan, manfaat silica gel untuk makanan, fungsi silica gel untuk makanan, kegunaan silica gel untuk makanan, kegunaan silica gell, cara kerja silica gel, manfaat silica gel bekas, kegunaan silica gel natural, manfaat silica gel blue

Silicagelmurah via bukalapak.com

Makanan kering memang favorit kebanyakan orang sehingga bayak yang menyimpanannya hingga berhari-hari. Saat membuka bungkus makanan kering, kondisi udara di dalam bungkus yang awalnya kering menjadi lembab karena tercemar udara luar. Akibatnya jika dibiarkan beberapa minggu akan menyebabkan makanan kering menjadi lembab dan tidak renyah lagi “melempem”. Untuk mempertahankan kondisi makanan kering menjadi terap renyah seperti sedia kala maka masukan 1 buah silica gel kedalam bungkus makanan kering tersebut.

Demikian 6 kegunaan silica gel yang tentunya sangat bermanfaat bagi rutinitas kita sehari-hari. Tentunya akan sangat membantu kamu terutama dalam al menjaga kelembaban. Jika silica gel kamu sudah dipakai berulang kali maka kamu dapat mengeringkannya kembali dengan menjemurnya di bawah sinar matahari terik selama 1 hari, dengan ini silica gel bekas kamu akan seperti baru kembali. Apa Saja Kegunaan Silica gel? Berikut 6 Fungsinya untuk Tas hingga Makanan – Anna

Loading...
error: