12 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Negara Jepang

Kata iklan “Jepang itu negara yang aneh dan ada juga yang bilang Jepang itu tempat liburan impian”. Dibalik apapun persepsi orang tentang Jepang, negara ini memang cukup menarik dan unik sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Menurut data dari wikipedia, sepanjang tahun 2016 orang yang berkunjung ke Jepang dari berbagai negara di dunia telah mencapai 24 juta orang lebih.

Namun tahukah kalian jika di Jepang ada etika yang berlaku dari budaya mereka? berikut diantaranya yang harus kamu tahu, apa yang tidak boleh dilakukan di jepang :

1. Etika Memakai Sumpit

yang tidak boleh dilakukan di jepang saat makan, hal yang boleh dilakukan di jepang, hal yang tidak boleh dilakukan di negara jepang, apa yang tidak boleh dilakukan di jepang, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di jepang, hal hal yang boleh dilakukan di jepang

Orang Jepang mungkin kagum jika kamu menyantap hidangan makanan dengan nyaman menggunakan sumpit. Namun perhatikan posisi sumpit, jangan pernah memakai sumpit secara vertikal ke dalam mangkuk nasi.

Karena akan membuat orang Jepang yang melihatnya menaikan alis mata dan acara makanmu akan berubah seperti ritual pemakaman. Sebaiknya gunakan sumpit secara menyamping. Demikian pula ketika ingin meletakkannya gunakanlah mangkuk kecil atau dudukan sumpit yang ada di dekatnya.

2. Makan Sambil Jalan/ Di Perjalanan

hal yang tidak boleh dilakukan di negara jepang, hal yang boleh dilakukan di jepang, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di jepang

Kebiasaan yang patut ditiru ini menggambarkan bagaimana orang-orang Jepang tidak makan sembarangan. Walau pun mesin minuman dan tempat fast food sudah banyak, namun mereka tak bisa mengonsumsinya sambil berjalan. Oh ya, bagi yang Muslim, tidak makan sambil jalan juga merupakan Sunnah lho…

Ketika mengambil makanan/minuman itu, mereka orang Jepang langsung menghabiskannya di tempat, lalu melanjutkan perjalanan. Demikian juga ketika di kendaraan umum. Jarang sekali orang Jepang melahap sesuatu, kecuali kalau jarak tempuhnya jauh.

3. Melepas Alas Kaki Ketika Masuk Rumah

Tidak Boleh di Jepang, yang tidak boleh dilakukan di jepang, tidak boleh bahasa jepang, di jepang tidak boleh gemuk, apa yang tidak boleh dilakukan di jepang

Jika kamu mengunjungi sebuah rumah atau restoran di Jepang lalu mendapati ada sepatu dan sandal berjajar di depan itu berarti kamu mesti melepas alas kaki yang biasa digunakan diluar lalu menggantinya dengan alas kaki khusus indoor.

4. Budayakan Antri

Baca Juga :  Pengen Jadi Astronot? Apa Sih Persyaratannya, Berapa sih Gajinya? Yuk, Kita Intip!

apa yang tidak boleh dilakukan di jepang, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di jepang, hal hal yang boleh dilakukan di jepang

Ada banyak momen yang membuat orang-orang Jepang antre berkepanjangan. Entah itu ketika di stasiun kereta api, terminal bus, atau bahkan di elevator. Tetapi mereka sudah terbiasa untuk taat aturan dan tidak menerobos antrean. Jadi, jangan nekad, ya!

5. Gesture Tanda Hormat

yang tidak boleh dilakukan di jepang, hal yang boleh dilakukan di jepang, hal yang tidak boleh dilakukan di negara jepang, apa yang tidak boleh dilakukan di jepang, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di jepang, hal hal yang boleh dilakukan di jepang

Ada beberapa bahasa tubuh yang menunjukkan rasa hormat orang Jepang. Misalnya ketika menerima atau memberi sesuatu, mereka kerap menggunakan kedua tangan, sekali pun sesuatu itu sangat kecil seperti kartu nama atau uang.

Ketika bayar di kafe atau toko saja, para pembeli biasanya menggeletakkan uang di nampan kecil dekat kasirnya, ketimbang dengan menyodorkannya secara langsung dengan satu tangan. Gesture ini menandakan kalau kamu menghormati lawan bicaramu.

6. Dilarang Ngasih Uang Tip

jangan dilakukan di jepang, yang tidak boleh dilakukan di jepang, hal yang tidak boleh dilakukan saat di jepang, hal yang tidak boleh dilakukan di negara jepang, hal yang boleh dilakukan di jepang, hal yang tidak boleh dilakukan saat berada di jepang

Bukannya senang, orang yang diberi uang tip justru akan menganggapnya sebagai penghinaan. Karena itu, mereka tidak mengenal pemberian uang lebih pada pelayan restoran, staff hotel, atau juga taksi. Dengan memberi uang tip, berarti secara tidak langsung kamu sudah merendahkan harga diri atau kedudukan seseorang.

7. Mandi Dulu Sebelum Masuk Bathtub

Keberadaan bathtub yang berisi air hangat sudah menjadi sesuatu yang lumrah bagi orang Jepang. Mereka menyebut bathtub tradisional itu sebagai ‘furo’. Bentuknya persegi, ukurannya kecil, tapi cukup dalam. Namun air ini tidak digunakan untuk membersihkan tubuh, melainkan untuk relaxing belaka.

Untuk itu, mereka biasanya mandi dulu dengan keran atau shower yang terdapat di dekat bathtub. Jadi ketika mengunjungi onsen atau tempat pemandian umum, kamu harus tahu aturan dasar ini. Selain itu, orang yang bertato biasanya tidak diizinkan ke tempat pemandian umum. Pasalnya, tato kerap dikaitkan dengan geng tertentu.

8. Buang Ingus Di Tempat Umum Itu Enggak Banget!

Orang Jepang tidak terbiasa menyaksikan orang lain buang ingus di depan umum. Kalau memang darurat, segera cari spot yang lebih privat atau kamar kecil. Ketika flu atau kedinginan, orang Jepang lebih memilih menggunakan masker. Mereka tak ingin menyebarkan kuman atau infeksi pada orang lain.

Baca Juga :  10 Ilustrasi Keren Tentang Aneka Permasalahan Hidup Manusia Sehari-hari

9. Hindari Percakapan Via Telepon di Angkutan Umum

Kalau sedang di publik, orang Jepang cenderung menggunakan ponselnya secara diam-diam. Sebagaimana yang terasa, orang-orang yang berada dalam perjalanan umum akan sibuk dengan smartphone masing-masing. Ada yang chatting, membaca berita/ ebook, menonton video, mendengarkan musik, main game, dsb. Tetapi jarang ada yang terlihat asyik telponan. Kalau pun teleponnya penting, biasanya mereka akan menepi atau mencari spot yang sekiranya tak mengganggu orang banyak.

10. Jangan Menunjuk-nunjuk

Untuk menunjukkan sesuatu, biasanya mereka melambaikan tangan pada objek yang dituju. Menunjuk dengan telunjuk langsung dinilai sangat tidak sopan. Demikian juga kalau kamu menunjuk sesuatu dengan sumpit, gesture ini juga dinilai tidak sesuai norma. Kalau ingin menunjuk ke diri sendiri, mereka suka menudingkan jari telunjuk ke arah hidungnya sendiri.

11. Kecap Tidak Dituangkan Pada Nasi

Orang Jepang justru tidak doyan, bahkan tidak pernah menuangkan kecap pada nasi. Kecap tersebut biasanya dituangkan ke wadah kecil. Barulah sushi atau sashimi dicapit sumpit, kemudian dicelupkan pada kecap.

12. Jangan Menuangkan Minuman Ke Gelas Sendiri

Ketika bersosialisasi atau kumpul-kumpul, sudah lumrah bagi mereka untuk saling menuangkan minuman ke gelas orang lain. Tetapi tidak dengan gelas sendiri. Sebab perilaku ini biasanya dipandang kurang sopan.

Kalau kamu sudah menuangkan minuman ke gelas orang lain, biasanya mereka akan melakukan yang sama. Ketika menuang pun, kedua tangan kamu yang memegang botolnya, bukan hanya dengan satu tangan.

Nah, menurutmu apakah poin-poin di atas layak untuk ditiru? 12 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Negara Jepang. #RD

Loading...
error: