Asam Londo Tanaman Bonsai Terbaik untuk Pemula

 Di alam bebas, asam londo tingginya bisa mencapai 5-15 m. Namun tanaman ini bisa kita kerdilkan menjadi bonsai yang baik dan mempunyai keindahan yang khas.

Satu lagi tanaman tropis yang diketahui sebagai bahan bonsai yang baik, yaitu asam londo (Pithecellobium dulce). Tanaman dari keluarga Leguminosae ini sebenarnya berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis, bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman yang disebut Manila Tamarind ini, dulu masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Portugis. Hanya karena setiap orang barat dulu dianggap londo (Belanda) oleh orang Jawa, maka asam ini diberi nama asem londo.

Tanaman ini mudah tumbuh dan cepat besar. Oleh karena itu ia banyak digunakan sebagai tanaman peneduh jalan. Asem ini bisa tumbuh baik mulai dari dataran rendah sampai daerah yang ketinggiannya kurang lebih 800 m dpl.

Kesitimewaan asam ini sebagai bonsai ialah, daunnya yang berpasangan dan berukuran kecil, kalau siang hari bentuknya seperti kupu-kupu yang sedang membentangkan sayapnya. Sedang pada malam hari, daunnya mincup (tertutup), mirip kupu-kupu yang sedang beristirahat. Sebagai bonsai yang ditaruh dalam kamar, hal ini tentu sangat indah.

Baca Juga :  10 Sayuran terbaik untuk ditanam di halaman rumah

bonsai pemula, bonsai untuk pemula, belajar bonsai pemula, menanam bonsai pemula, cara bonsai pemula, teknik bonsai pemula, tanaman bonsai pemula, bonsai buat pemula, cara membuat bonsai pemula, cara bikin bonsai pemula, tips pemula bonsai, bonsai beringin untuk pemula, gambar bonsai pemula, tutorial bonsai pemula, foto bonsai pemula, cara buat bonsai pemula, bonsai bagi pemula, membuat bonsai bagi pemula, cara membuat bonsai bagi pemula, cara menanam bonsai bagi pemula, cara merawat bonsai bagi pemula

Satu syarat penting lagi yang dipenuhi oleh tanaman ini sebagai bahan bonsai ialah : ia sangat kuat dan bisa tumbuh baik dalam pot. Bahkan dalam pot yang dangkal pun ia masih bisa tumbuh baik.

Namun ia juga mempunyai kelemahan, yaitu daunnya sulit sekali dibuat lebih kecil dari aslinya. Dan sebagai bonsai, ia sulit sekali berbuah. Kalau hal ini bisa dilakukan, tentunya merupakan prestasi tersendiri bagi pembuat bonsainya, karena buahnya yang berwarna coklat itu akan tampak menonjol di sela-sela daunnya yang berwarna hijau tua.

Masih dari alam

Bahan bonsai asal londo, saat ini masih digali dari alam. Ia banyak dijumpai hampir di seluruh pulau Jawa. Memindahkan pohonnya dari alam ke dalam pot kebetulan gampang, karena tanaman ini bisa tetap hidup, meskipun akarnya sangat terbatas. Namun, agar tidak sampai merusak lingkungan, kalau kita hendak membuat bonsai dari asam ini, sebaiknya kita mengambilnya dari hasil budidaya. Asam londo mudah diperbanyak, baik dengan biji, maupun stek atau cangkok.

Baca Juga :  Bunga-Bunga Potong Populer

Memeliharanya sebagai bonsai

Penyiramannya cukup dilakukan satu kali sehari. Media tanamnya yang cocok adalah campuran tanah gunung, pasir, dan humus dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Musuh utama bonsai tanaman ini ulat bulu dan kutu putih, terutama jika diletakkan di tempat yang kurang sinar mataharinya. Untuk itu sekali-sekali bonsai tanaman ini sebaiknya disemprot dengan pestisida seperti Basudin misalnya.

Itulah sekilas tentang asam londo. Kalau pembuatannya benar, tidak mustahil bonsai yang bermutu tinggi bisa dihasilkan dari tanaman ini. Asam Londo Tanaman Bonsai Terbaik untuk Pemula. Tanaman Bonsai Terbaik untuk Pemula #IS

Loading...
error: