10 Jenis Bunga Melati di Dunia dan Indonesia Beserta Gambarnya

Meskipun ada ratusan jenis melati, namun yang paling populer di Indonesia hanya Jasminum sambac alias melati putih. Melati ini pernah dinobatkan sebagai bunga nasional. Padahal asal-usulnya justru dari India.

Terdapat sekitar 200 jenis melati yang telah diketahui namanya di seluruh dunia, baik yang tumbuh di daerah tropis maupun subtropis. Semuanya itu diklasifikasikan oleh para ahli botani dalam suku Oleaceaei, marga Jasminum. Masing-masing jenis itu dapat dibedakan berdasarkan perbedaan bentuk tanaman dan warna bunganya.

Tidak semua jenis melati itu sudah dipelihara orang sebagai tanaman budidaya. Dalam sebuah buku disebutkan terdapat hanya sekitar 15 jenis saja yang telah dibudidayakan di seluruh dunia. Beberapa di antaranya ditanam untuk bunga tabur, pengisi pekarangan, taman, dan dikebunkan untuk industri parfum. Jenis-jenis melati yang terkenal tersebut di bawah ini :

1. Jasminum multiflorum

jenis bunga melati di indonesia, jenis bunga melati mini, jenis bunga melati belanda, jenis bunga melatih, jenis bunga melati jepang, jenis bunga melati di dunia, jenis tanaman bunga melati

Tanamannya tumbuh merambat sepanjang dua sampai 10 meter. Batang dan daunnya ada yang berbulu ada yang tidak. Ia banyak tumbuh liar di dataran rendah sampai daerah setinggi 1.600 meter dpl., baik di tempat yang tersinari matahari penuh atau agak ternaung. Bunganya lebat dan tumbuh berkelompok, terutama di ujung tanaman. Tiap kelompok terdiri dari tiga sampai 15 kuntum. Warnanya ada yang putih ada yang kemerahan kalau masih kuncup, dan kekuningan kalau sudah mekar. Bunganya dapat menghasilkan buah berwarna hitam mengkilap.

Melati hutan itu, di Jateng disebut poncosudo. Di tempat lain ada yang menyebutnya melati gambir hutan, melati hutan, melur, menur. Orang Inggris menyebutnya star jasmine, hair jasmine, dan angel-hair jasmine. Diperkirakan melati hutan ini tumbuhan asli Pulau Jawa, dan dulu dikenal juga dengan nama ilmiah Jasminum pubescens.

Tumbuhan semacam juga terdapat di India dan Cina. Tetapi bunganya putih sejak kuncup sampai mekar. Bunganya bermahkota seperti bintang yang terdiri 8-9 kelompok, aromanya tidak harum. Buahnya berwarna merah gambir.

2. Jasminum sambac

Sosok tanamannya berupa perdu merambat setinggi 0,3 sampai tiga meter. Batangnya berbentuk segi empat. Daunnya oval atau elips, dengan permukaan atas berwarna hijau mengkilap. Ia tumbuh baik di dataran rendah sampai pada ketinggian 600 meter, namun paling banyak dikebunkan di daerah dataran rendah untuk pengharum teh.

Melati inilah yang dikenal di Indonesia sebagai melati putih. Di Eropa, orang menyebutnya arabische jasmine, walau negara asal sesungguhnya adalah India. Di Arab melati itu disebut yasmin, di Persia atau Iran, yang artinya bunga putih.

Bunganya yang putih bersih itu sangat disukai orang, karena keharumannya yang lembut. Bunganya tak bisa menghasilkan buah, sehingga juga tidak bisa menghasilkan biji untuk benih. Perbanyakan tanamannya yang termudah dengan setek batang.

aneka jenis bunga melati, gambar jenis bunga melati, berbagai jenis bunga melati, berapa jenis bunga melati, jenis daun bunga melati, jenis gerak bunga melati, jenis bunga melati air, ada berapa jenis bunga melati

Jasminum sambac varietas “Maid of Orleans”

Melati Jasminum sambac pertama kali dibudidayakan di Inggris pada tahun 1665. Di sana terdapat dua varietas melati putih berdasarkan bentuk bunganya, yaitu melati putih yang berbunga tunggal dan yang berbunga ganda atau tumpuk. Yang bergunga tunggal disebut Jasminum sambac varietas “Maid of Orleans”, yang bunganya muncul dalam kelompok dan setiap kelompok terdiri 12 kuntum.

Yang berbunga ganda disebut Jasminum sambac varietas “Grand Duke of Tuscany”, dengan mahkota bunga berlapis-lapis dan muncul secara tunggal, sehingga ada yang menyebutnya gardenia jasmine dan memberinya sebutan ilmiah Jasminum trifoliatum. Bunganya yang putih itu tak mudah rontok dan bau harumnya tajam.

apa jenis bunga melati, jenis dan gambar bunga melati, jenis gerakan yang dilakukan bunga melati, jenis tanaman hias bunga melati, jenis bunga melati india, jenis jenis bunga melati, jenis-jenis bunga melati dan gambarnya, jenis jenis bunga melati putih

Jasminum sambac varietas “Grand Duke of Tuscany”

Di Indonesia, melati putih yang mahkota bunganya bertumpuk itu dikenal dengan sebutan melati bangkok. Alasannya, penggemar mendapatkan tanamannya dari Bangkok.

Baca Juga :  MEMBERI MAKANAN DAN MINUMAN UNTUK BURUNG

3. Jasminum officinale

Ada dua batang Jasminum officinale berdasarkan bentuk pertumbuhan dan sosok tanamannya, yakni yang berasal dari Cina dan India.

Yang dari Cina, tanamannya tumbuh merambat setinggi 12 sampai 15 meter. Ia sangat ideal dirambatkan pada dinding, pergola atau atap rumah yang menghadap matahari. Karena batangnya tak memiliki akar perekat, maka ia perlu mendapat penopang agar pertumbuhannya mengarah ke atas. Daunnya berupa daun majemuk dengan anak daun menyirip ganjil, per helai terdiri dari sembilan anak daun.

Anak daun yang paling ujung lancip dan berukuran lebih besar dibandingkan anak daun lainnya. Bunganya terletak di ujung, tersusun dalam kelompok. Per kelompok terdiri antara tiga sampai lima kuntum. Warnanya putih kalau mekar, sedang yang masih kuncup merah keunguan. Bunganya bisa menghasilkan buah berwarna hitam. Melati ini juga dikenal dengan sebutan ilmiah Jasminum floribondum atau Jasminum floridum.

ada berapa jenis bunga melati, apa jenis bunga melati, macam jenis bunga melati, aneka jenis bunga melati, gambar jenis bunga melati, berbagai jenis bunga melati, berapa jenis bunga melati, jenis daun bunga melati, jenis gerak bunga melati, jenis bunga melati air, jenis akar bunga melati

Jasminum officianale varietas grandiflorum

Yang dari India, tanamannya berupa perdu pendek setinggi 1,5 meter. Daunnya berupa daun majemuk bersirip ganjil, yang terdiri atas tujuh anak daun bertekstur halus dan berwarna hijau terang. Bunganya kecil, panjangnya dua sampai tiga cm. Warnanya merah tua atau merah gambir ketika masih kuncup, dan jadi putih setelah mekar. Bunganya berupa bunga tunggal dengan mahkota bunga terdiri terdiri atas lima kelompok.

Di Indonesia, melati ini dikenal sebagai melati gambir. Bunganya dipetik untuk bahan campuran pembuatan teh wangi. Tanaman ini dikenal dengan nama ilmiah Jasminum officianale varietas grandiflorum, tetapi sebelumnya ada yang menyebutnya Jasminum grandiflorum. Melati ini telah dikenal orang di Italia sejak tahun 1629. Perkembangan selanjutnya, tanaman melati ni dikebunkan orang secara besar-besaran untuk penghasil parfum di Spanyol, sehingga ia lebih terkenal dengan sebutan melati casablanca atau spanish jasmine.

4. Jasminum rex

jenis bunga melati air, jenis akar bunga melati jenis dan gambar bunga melati, jenis gerakan yang dilakukan bunga melati, jenis tanaman hias bunga melati, jenis bunga melati india, jenis jenis bunga melati, jenis-jenis bunga melati dan gambarnya, jenis jenis bunga melati putih

Jasminum rex (King jasmine atau Melati Raja)

Tanamannya asli dari Thailand barat daya. Daunnya berbentuk lonjong memanjang, ujungnya runcing, warnanya hijau gelap. Bunganya tumbuh berkelompok, terdiri atas dua sampai tiga kuntum per kelompok. Bunganya tunggal, warnanya putih bersih, tetapi tidak harum. Ukuran bunganya besar, berdiameter sekitar 5 cm. Karena ukuran ukuran mahkota bunganya yang luar biasa besarnya itu, melati dari Thailand ini disebut orang king jasmine atau melati raja.

5. Jasminum beesianum (Red jasmine)

jenis bunga melati merah, jenis-jenis bunga melati dan gambarnya, jenis bunga melati dan manfaatnya jenis bunga melati di indonesia, jenis bunga melati mini, jenis bunga melati belanda, jenis bunga melatih

Asal tanamannya dari Cina. Sejarahnya, pertama kali ditemukan oleh Abbe Delavey di daerah Yunan tahun 1883, tanaman ini dimasukkan ke Eropa tahun 1931 oleh Mayor Lawrence Johnston. Yang kedua kalinya tumbuhan ini ditemukan oleh George Forrest tahun 1906, juga di Cina. Daunnya berbentuk lanset.

Warnanya hijau gelap pada permukaan atasnya dan hijau kelabu pada permukaan bawahnya. Bunganya yang kecil-kecil muncul pada ketiak daunnya, warnanya pink-merah tua.

6. Jasminum parkeri

jenis bunga melati india, jenis jenis bunga melati, jenis jenis bunga melati kuning, macam jenis bunga melati, aneka jenis bunga melati, gambar jenis bunga melati, berbagai jenis bunga melati

Asalnya dari India barat laut. Sejarahnya, tumbuhan ini ditemukan oleh RN Parker pada tahun 1919, dimasukkan ke Inggris tahun 1923. Sosoknya berupa semak kerdil setinggi 30 cm dengan daun yang kedudukannya berselang-seling. Daunnya berupa daun majemuk dengan anak daun menyirip ganjil, terdiri tiga sampai lima anak daun sepanjang 2,5 cm. Penampilannya bertambah menarik bila ditanam dalam pot.

Baca Juga :  Tips Memilih Sepatu Futsal yang Cocok

Bunganya muncul sendiri-sendiri, terutama tumbuh di ujung cabang. Bentuknya seperti tabung sepanjang 2,5 cm. Lebar mahkota bunganya 1,3 cm ketika mekar. Bunganya bisa jadi buah, tapi yang berhasil jumlahnya hanya sedikit. Warna buahnya putih kehijauan.

7. Jasminum mesnyi

jenis bunga melati, jenis bunga melati dan gambarnya, jenis bunga melati berdasarkan daunnya, jenis bunga melati kuning, jenis-jenis bunga melati dan gambarnya, jenis bunga melati dan manfaatnya jenis bunga melati di indonesia, jenis bunga melati mini, jenis bunga melati belanda

Asalnya dari Cina. Tanamannya berupa semak bercabang banyak setinggi tiga sampai 3,5 meter. Daunya hijau gelap berbentuk trifoliata yang terdiri atas tiga anak daun sepanjang 2,5 cm sampai 7,5 cm. Anak daun paling ujung berukuran paling besar.

Bunganya berdiri sendiri, warnanya kuning terang. Mahkota bunganya berbentuk semi ganda, lebarnya sekitar 4,5 cm. Sedang yang bermahkota ganda disebut Jasminum mesnyi “Primrose”. Varietas berbunga ganda ini juga dikenal dengan nama sinonim Jasminum primulinum. Bunganya tak menghasilkan buah.

8. Jasminum revolutum

jenis tanaman hias bunga melati, jasminum history, jenis bunga melati india, jenis jenis bunga melati, jenis jenis bunga melati kuning, macam jenis bunga melati, aneka jenis bunga melati, gambar jenis bunga melati

Asalnya dari afganistan dan Himalaya di India. Tanamannya berupa semak tegak setingi 2,5 meter. Percabangannya banyak. Penyebaran tajuknya lebar. Daunnya berselang-seling, berupa daun majemuk bersirip ganjil yang terdiri antara tiga sampai tujuh anak daun berbentuk oval sepanjang 1,5-4 cm, lebar 3 cm, dan berujung tajam.

Warna daun hijau gelap bagian permukaan atasnya dan hijau muda pada permukaan bawahnya. Bunganya tumbuh berkelompok di bagian ujung. Per kelompok terdiri sekitar 50 kuntum, warnanya kuning. Masing-masing mahkota bunganya berdiameter 2,5 cm. Aromanya harum.

9. Jasminum simplicifolium

jenis bunga melati di dunia, jenis tanaman bunga melati, jenis akar bunga melati, macam jenis bunga melati, aneka jenis bunga melati, gambar jenis bunga melati, berbagai jenis bunga melati, berapa jenis bunga melati

Asalnya dari Pulau Fiji dan Polynesia di Samudera Pasifik, tetapi ia lebih dikenal dengan sebutan melati australia atau star jasmine. Tanamannya berupa semak (bushes) yang tumbuh tegak. Daunnya hijau gelap, berbentuk oval, panjangnya sekitar 5 cm. Kedudukan daun pada cabangnya saling bertentangan. Bunganya tumbuh di bagian ujung, warnanya putih, dan aromanya harum. Melati ini dikenal juga dengan nama sinonim Jasminum volible. Kultivarnya yang berdaun variegata disebut Jasminum volible variegatum.

10. Jasmine x stephanense

how many types of jasmine plants, how many types of jasmine are there, how many types of jasmine flower, types of jasminum, types of jasminum sambac, types of jasmine bushes, types of jasmine house plants

Melati ini berupa tanaman hibrid, hasil silangan tahun 1918 antara Jasminum beesinum dengan J. officinale. Melati hibrida ini pernah mendapat penghargaan dari Royal Hortikultura Society pada tahun 1937.

Ciri-Ciri : Tanamannya tumbuh merambat setinggi 5,5 meter. Penampilannya ramping anggun, dan akan tumbuh bagus sekali kalau mendapatkan sinar matahari penuh dan suhu hangat. Daunnya berupa daun majemuk bersirip ganjil yang terdiri atas lima anak daun sepanjang enam cm. Anak daun berbentuk oval dan hijau gelap warnanya. Bunganya berbentuk lonceng yang tumbuh berkelompok di ujung ranting, berwarna pink muda, aromanya harum.

Sebetulnya masih banyak jenis-jenis melati lain yang bisa dibudidayakan untuk tanaman hias, seperti misalnya Jasminum humile, J. azoricum, J. nitidum, J. polyanthum, J. gracillimum, J. fruticans, J. undulatum, dan J. angulare. Namun karena bunga melatinya tidak tersebar luas, maka tanamannya juga kurang dikenal masyarakat.

Diantara jenis-jenis melati tersebut di atas, yang paling dikenal masyarakat Indonesia hanyalah melati putih Jasminum sambac. Melati putih ini sebetulnya bukan tumbuhan asli Indonesia, karena negeri asalnya adalah India. Jenis Bunga Melati dan Gambarnya Lengkap Terbaik. #GG

Loading...
error: