Rambut Beruban Pada Usia Muda? Berikut 5 Cara Mencegah dan Mengatasinya

Ada diantara teman saya atau mungkin sahabat Anda telah mengalami perubahan warna rambut padahal usianya masih bisa dibilang muda.

Dilansir dari healthline; rambut yang berubah memutih merupakan hal yang normal, timbulnya uban adalah salah satu tanda dari proses penuaan seseorang. Karena, di dalam folikel rambut, terdapat kantung kecil yang berisikan melanin, yang mempunyai fungsi memberi warna hitam bagi rambut. Beriringan dengan pertambahan usia, melanin yang terdapat pada folikel pun akan berkurang hingga akhirnya habis, sehingga rambut kehilangan warna hitam dan berubah putih.

Banyak di sekitar kita orang yang mengalami problem rambut beruban di usia yang masih muda, tentunya menjadi momok bagi yang tidak ingin mengalaminya. Ternyata ada beberapa penyebab rambut kehilangan melaninnya meksipun usia sang empunya rambut masih muda. Diantaranya adalah karena kurang tidur, pola makan tidak terjaga karena kekurangan vitamin (B-6, B12, biotin, vitamin D dan vitamin E), faktor stres dan kelainan hormon serta reaksi oksidasi yang terjadi dalam tubuh.

Bagaimana Mencegah dan Mengatasinya?

1. Hindari Stres

Yang paling awal, adalah hindari penyebab stres (stressor) dan aturlah pola tidur.Banyak riset mengatakan, bahwa kurang tidur dan stres rupanya berpengaruh terhadap fenomena rambut yang beruban di usia yang masih muda. Pembentukan melanin pada rambut dapat terhalangi diakibatkan stres, sehingga rambut pun dapat kehilangan pigmennya. Jika penyebab stres tidak dapat kita hindari, setidaknya rubahlah pandangan kita terhadap stres itu sendiri. Kadang-kadang mengurangi sedikit sifat perfeksionis lalu berusaha lebih woles atau santai dan cuek, bisa jadi cukup membantu dan mempunyai efek baik juga bagi kesehatan.

2. Mirasantika dan Rokok

Hindari “Mirasantika” atau Minuman keras dan narkotika karena menjadi salah satu penyebab mempercepatnya penuaan dini, termasuk membuat rambut lebih cepat beruban, seperti halnya rokok.

Baca Juga :  14 Manfaat Mengejutkan Dari Kebiasaan Mengunyah Permen Karet

3. Pola Makan

Perbaiki pola makan, konsumsi makanan teratur dan memperbanyak asupan makanan-makanan yang bersifat anioksidan, seperti sayur dan buah. Proses-proses oksidasi yang menyebabkan rambut cepat memutih sebelum waktunya akan terhambat oleh antioksidan. Ditambah makanan yang mengandung B-6, B12, vitamin D, vitamin E yang merupakan nutrisi yang signifikan bagi rambut.

4. Olahraga

Berolahraga rutin terutama di pagi hari setelah melaksanakan ibadah sholat shubuh akan membantu kita lebih tahan terhadap stres dan badan pun akan lebih fresh. Kegiatan berolah raga juga tentunya dapat membantu kita lebih mudah tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

5. Pengobatan Tradisional

Poin terakhir adalah pengobatan tradisional contohnya pemberian minyak kemiri pada rambut yang telah terbukti meningkatkan kesehatan rambut. Dengan cara mengoleskan kemiri dengan teratur pada rambut dan kulit kepala. Zat-zat seperti saponin, flavonoid dan polifenol yang terkandung dalam kemiri, akan membantu rambut tetap hitam, lebat dan indah. 5 Cara Mengatasi Rambut Berbuban di Usia Muda. #DD

Loading...
error: