Tahukah Anda: Mengapa Amerika Serikat disebut negara ‘Paman Sam?’

Kalau you mau sedikit membaca atau mencari informasi, julukan ‘Negara Paman Sam atau Negeri Paman Sam’ untuk Amerika Serikat itu dipicu oleh kepekokan semata.

paman sam, paman sam julukan negara, paman sam adalah julukan negara, paman sam merupakan julukan bagi negara, uncle sam meanings

Jadi begini, istilah Uncle Sam itu berasal dari nama Samuel Wilson, pengusaha daging kemasan dari kawasan Troy, New York, yang memenangkan kontrak kerja dengan pemerintah untuk memasok kebutuhan daging bagi para prajurit AS yang berperang pada tahun 1812.

Daging jatah prajurit itu dikemas dalam tong-tong kayu yang distempel inisial U.S., yang tak lain merupakan singkatan dari ‘United States.’ Tetapi pada masa itu Amerika Serikat adalah negara yang masih muda.

Tak banyak rakyat yang paham bahwa U.S. adalah singkatan United States. Banyak orang bertanya apa maksud singkatan U.S. pada tong-tong kemasan daging itu, dan biasanya dijawab bahwa itu adalah singkatan nama Uncle Sam, pemilik sah dari tong-tong kayu itu.

Dan sekarang Samuel Wilson, lelaki berjenggot yang gemar memakai kostum kombinasi warna lurik merah-putih dipadu jas biru dan topi berhias bintang yang mirip motif bendera negara A.S itu disahkan oleh Konggres sebagai simbol Amerika Serikat selain lambang negara berupa elang botak pembawa panji ‘E Pluribus Unum (“Dari banyak menjadi satu”)‘ yang mirip burung garuda kita. Arif Subiyanto

Loading...
error: