6 Tips Belanja Online Aman, Agar Tidak Kena Tipu dan Bikin Bahagia

Mana yang lebih baik belanja online atau konvesional? Banyak yang bilang belanja konvensional nggak kekinian dan kurang efektif. Apalagi kamu yang gampang tergoda belanja. Kalau mau beli sesuatu di mall, misalnya, kamu harus dandan, nyari-nyari barang yang makan waktu, belum lagi dihadang kemacetan. Habis beli barang nggak mungkin dong nggak mampir ke kafe. Secara nggak sadar uang kamu keluar terus, penggeluaran membengkak deh jadinya.

Makanya sekarang belanja online jadi pilihan yang dianggap lebih baik. Kekurangan pasti ada. Mungkin kamu pernah memesan barang yang ternyata rusak. Atau barang yang kelihatannya bagus, ternyata setelah diterima biasa aja. Atau malah ditipu online shop abal-abal, uang melayang tapi barang nggak kunjung datang  Karena udah berkali-kali akhirnya jadi trauma deh. Tapi terlepas dari itu kelebihan yang ditawarkan belanja online banya juga kok. Kamu bisa nyari barang yang udah jarang banget ada di pasaran, benda-benda unik, atau berharga miring.

tips belanja online agar tak tertipu, tips belanja online secara aman, tips belanja online agar aman, tips belanja online hemat, tips belanja online agar tidak kena tipu, tips belanja online agar tidak ketipu, tips belanja online biar gak ketipu, tips belanja online bagi pemula, tips belanja online biar ga ketipu

Makanya daripada kamu pusing, coba simak deh kiat-kiat belanja online, supaya kamu nggak kecewa nantinya.

Baca Juga :  Menyikapi Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga

1. Menggunakan Marketplace yang Terpercaya

Aspek kepercayaan merupakan hal yang harus kamu prioritaskan ketika memilih marketplace. Daripada memililih onlineshop yang belum tentu jelas, tingkah laku penjual yang nyeleneh, dan rentan penipuan, marketplace relatif lebih dapat dipercaya. Selain itu juga ada jaminan uang kembali jika barang tidak dikirimkan. Tampilan marketplace juga sangat user-friendly, jadi sangat mudah dipahami oleh konsumen.  Kalau boleh merekomendasikan, sebaiknya kamu memilih marketplace ternama, seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak yang sudah punya banyak pengalaman sehingga dipercayai konsumen.

2. Cek Profil Pelapak

Hal ini penting banget kamu lakukan, terutama untuk mengetauhi reputasi, transaksi, dan respon dari pelanggan yang pernah dilayani pelapak. Mengecek profil pelapak juga penting bagi kamu yang belanja di online shop atau marketplace. Yang juga penting sebelum menentukan pelapak adalah kebiasaannya untuk sering menolak atau menerima pesanan. Jangan sampai ketika kamu lagi butuh barang tertentu, pesanan kamu malah ditolak. Pasti gregetan jadinya.

3. Jasa Pengiriman Barang yang Dapat Diandalkan

Baca Juga :  Cara membersihkan perhiasan emas kusam agar kembali berkilau atau mengkilap

Seringkali proses transaksi dengan pelapak sangat responsif dan cepat. Namun ternyata barang yang dipesan tak kunjung datang. Bisa aja masalahnya di ekspresi pengiriman barang yang kamu pilih. Sebaiknya kamu memilih ekspedisi yang sudah punya nama, bukan sekadar murah saja. Selain itu pastikan juga ada jaminan atau garansi, karena setiap barang pasti ada risiko rusak pada saat pengiriman barang.

4. Membaca Review

Ketika kamu sedang membutuhkan barang tertentu, tapi belum pernah mencobanya lebih baik kamu membaca reviewnya terlebih dahulu. Nah review ini biasanya nggak terbatas pada kualitas, tampilan barang, atau pengalaman menggunakan barang tersebut. Review juga sering dipakai untuk menunjukkan kualitas pelayanan pelapak kepada konsumen.

5. Pastikan Barang yang Kamu Beli Itu Asli

Jangan sekali-kali mudah percaya pada barang berharga miring. Bisa jadi itu hanya penipuan atau jangan-jangan barang itu palsu. Kalau ini sampai terjadi pasti kamu akan kecewa banget, bahkan bisa sampai trauma lho karena udah pasti  kualitas barang jauh beda. Tapi ada juga toko-toko online yang memang memberi keterangan barang itu KW atau OEM, jadi pasti bukan barang yang asli atau orginal. Makanya kamu harus cermat membaca informasi sebelum membeli barang.

Baca Juga :  Ihwal Guru yang Mulia

6. Berinteraksi denga Pelapak

Salah satu kelebihan belanja online adalah kemampuannya untuk berinteraksi dengan pelapak. Sebaiknya ini jadi kebiasaan kamu kalau sedang belanja online. Soalnya kamu bisa bertanya secara detail tentang barang yang ingin dibeli. Selain itu, kamu juga bisa tahu bagaimana pelapak itu melayani konsumen. Biasanya, pelapak yang responsif, informatif, dan senang melayani konsumen itu merupakan pelapak yang serius dan nggak mungkin main-main dengan reputasi bisnisnya.

Enam tips ini bisa kamu praktekin sebelum membeli barang atau bertransaksi online.  Jadi kamu nggak mungkin deh kena tipu, salah beli barang, atau kecewa dengan kualitas dan pelayanan pelapak.  Selamat berbelanja, jangan sampai kecanduan ya. Ingat masih banyak tagihan bulanan yang harus dibayar. 6 Tips Belanja Online Agar Aman Tidak Kena Tipu dan Bikin Bahagia #AM

Loading...
error: