7 Perilaku Orang-Orang Indonesia yang Dianggap Unik oleh Para Turis

Keindahan alam dan kekayaan merupakan salah satu daya tarik pariwisata di Indonesia. Namun para turis mancanegara juga berbondong-bondong datang karena keramahan masyarakat Nusantara. Tak hanya kagum, beberapa kebiasaan sehari-hari penduduk lokal juga membuat mereka geleng-geleng kepala.  Mungkin sebagian merasa heran dan menanggapnya aneh, tapi kalau dipikir-pikir beberapa perilaku itu ternyata kreatif juga.

Inilah  7 kebiasaan masyarakat Indonesia yang tak hanya membuat orang bule terpana, tetapi juga membuat kita tertawa geli sendiri. Mari disimak.

1. Tisu Gulung untuk Makan

kebiasaan orang indonesia, kebiasaan orang indonesia di mata dunia, kebiasaan orang indonesia menurut orang korea

Benda ini merupakan salah satu yang paling dicari di  Indonesia ketika bersantap. Mulai dari membersihkan meja, mengelap alat makan, hingga membersihkan sisa makanan tidak lepas dari peran tisu gulung. Tapi bagi orang-orang bule penggunaan tisu semacam itu  bikin geleng-geleng kepala. Soalnya di negara mereka, tisu gulung dipakai di kamar mandi kering. Sementara di Indonesia yang rata-rata toiletnya basah, tisu hampir tidak ditemukan. Itulah yang membuat perilaku ini bagi orang di Indonesia terlihat biasa saja, tetapi aneh dan unik bagi para wisatawan mancanegara.

2. Jongkok Sambil Berbicara Panjang Lebar

kebiasaan orang indonesia yang unik, kebiasaan orang indonesia yang dianggap aneh, kebiasaan orang indonesia menurut orang jepang, kebiasaan orang indonesia yang lucu

Bagi orang bule, bertemu teman atau kerabat dan duduk berbicara dalam waktu yang lama bukan sesuatu yang aneh. Tapi ketika datang ke Indonesia, mereka merasa kagum melihat orang Indonesia dapat berbicara panjang lembar sambil jongkok. Bagaimana mungkin selama berjam-jam seseorang dapat duduk tanpa kursi dan hanya bertumpu pada kaki dalam posisi yang terlipat tanpa merasa pegal sama sekali. Makanya, kemudian muncul kompetisi yang viral di dunia maya berjudul Squatting Challenge untuk menguji ketahanan orang dalam hal duduk jongkok.

3. Kardus, Tas Serep yang Multifungsi

kebiasaan orang indonesia yang aneh, kebiasaan orang indonesia yang aneh di mata bule, kebiasaan orang indonesia yg aneh, kebiasaan orang indonesia menurut orang asing, kebiasaan orang indonesia yg dianggap aneh

Tak ada rotan, akar pun jadi. Itulah pepatah populer yang mengambarkan daya kreativitas masyarakat Indonesia. Namun bagi orang-orang bule, menjadikan kardus sebagai pengganti koper tak pernah terpikir sama sekali. Tapi bagi orang Indonesia, ya itu wujud nyata dari pepatah tadi. Toh, koper dan kardus kan memiliki fungsi yang sama. Apalagi kardus harganya murah meriah. Sementara koper harganya jutaan rupiah. Daripada buang-buang uang lebih baik menggunakan kardus yang kalau rusak bisa diganti dengan yang baru.

Baca Juga :  Biaya Hidup di Kota-Kota Indah di Dunia

4. Bebas Mendandani Motor

kebiasaan orang indonesia di mata orang asing, kebiasaan aneh orang indonesia di mata bule, kebiasaan orang amerika di indonesia, 9 kebiasaan orang indonesia yang dibilang aneh oleh

Modifikasi bagi orang-orang bule memang bukan sesuatu yang aneh. Dalam berbagai acara di televisi di luar negeri, kita sering menyaksikan bagaimana motor-motor di sana dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Tapi sangat jarang motor modifikasi itu dilakukan untuk kendaraan yang dipakai sehari-hari. Kalau di negara mereka, pasti motor semacam itu akan ditilang. Namun di Indonesia, siapapun dapat memodifikasi motor dan kendaraan itu dengan bangga dipakai di jalan raya. Makanya, sering kita lihat ada motor yang berknalpot kaleng, sangat ceper, atau yang bodinya dipreteli hingga tinggak kerangka. Sungguh ini pemandangan yang aneh tapi menarik bagi wisatawan mancanegara.

5. Jaket di Siang Hari

7 kebiasaan aneh orang indonesia, adat istiadat dan kebiasaan orang indonesia, 7 kebiasaan aneh orang indonesia saat makan, kebiasaan orang indonesia yang baik

Mungkin ini sering banget kita lihat. Banyak orang mengenakan jaket di semua kegiatan, padahal cuaca sedang panas-panasnya. Kalau ditanya alasannya biar keren dan serasa ada yang nggak lengkap kalau tidak mengenakan jaket. Kebiasaan inilah yang bagi orang bule merasa  sangat janggal. Di negara mereka, terutama pada musim dingin, orang-orang memang mengenakan jaket karena kalau tidak dipakai seseorang bisa mati kedinginan.

Itupun kalau sudah sampai di dalam ruangan, jaket itu dilepas. Nah, makanya ketika sampai di Indonesia yang cuacanya panas, mereka terheran-heran dengan kebiasaan sendiri.  Apalagi, salah satu tujuan mereka datang ke negara tropis adalah untuk berjemur dengan pakaian minim, bahkan terkadang tak mengenakan busana sama sekali.

6. Mengusir Masuk Angin dengan Kerokan

kebiasaan orang indonesia yang menjadi budaya

Kalau dicari dalam kamus bahasa Inggris, penyakit masuk angin hampir tidak dikenal orang-orang Barat. Padahal bagi orang Indonesia, masuk angin adalah salah satu penyakit yang paling diidap setiap orang. Nah yang bikin orang-orang bule itu makin heran ternyata metode penyembuhan penyakit ini nggak harus pakai obat.

Baca Juga :  5 Gaya Rambut Pria yang Ngetren di Zamanya. Kamu Pilih yang Mana?

Tapi sangat sederhana, yaitu dengan mengerok. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan mengoreskan uang logam ke kulit yang dilumuri minyak. Dengan cara itu, pasti besok pagi penyakit masuk angin itu akan hilang dengan sendirinya. Ajaib kan.

7. Minum dengan Wadah Plastik

kebiasaan orang indonesia yang bikin bule heran, kebiasaan orang indonesia yang dianggap aneh oleh orang asing, kebiasaan orang indonesia yang buruk, kebiasaan orang indonesia sebelum makan

Memang bagi orang Indonesia kebiasaan ini mulai jarang dilakukan. Soalnya botol kemasan plastik semakin banyak ragamnya. Tapi kalau dlihat, terutama di depan sekolah, kebiasaan minum dalam wadah kantung plastik masih sering ditemukan. Selain murah, pembungkus ini juga dianggap sangat praktis.

Padahal bagi orang bule, kalau minum ya harus dari gelas. Bahkan untuk minuman kemasan pun mereka menikmatinya melalui botol, cup, atau kaleng. Makanya mereka terheran-heran dengan kebiasaan orang Indonesia itu. #AM

Loading...
error: