10 Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Selain perkara korupsi, keluhan masyarakat Indonesia terhadap pemerintah biasanya seputar utang negara yang bertumpuk-tumpuk. Bahkan, sejak KMB (Konferensi Meja Bundar), kita sudah mewarisi utang dari Hindia Belanda demi mendapatkan kedaulatan. Tapi, sebenarnya berapa sih utang luar negeri Indonesia? Mari kita telusuri!

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), utang luar negeri Indonesia (November 2017) mencapai USD 347,3 miliar atau sekitar IDR 4.624,3 triliun. Jumlah tersebut diklaim BI masih dalam kondisi aman, jika ditinjau dari jangka waktu dan perbandingannya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang hanya 34%. Penggunan utang tersebut, meliputi sektor keuangan, industri pengolahan, LGA (listrik, gas, dan air bersih), serta pertambangan. Intinya, utang tersebut masih digunakan untuk urusan-urusan produktif.

Jadi, seberapa signifikan kesalahan negara jika memiliki utang? Apakah kamu tahu bahwa negara-negara maju juga memiliki utang, dan utang mereka jauh lebih besar daripada Indonesia? Kalau hanya soal angka, jelas Amerika Serikat juaranya. Namun, nominal saja belum cukup untuk menilai kondisi utang negara.

Baca Juga :  Beternak Ikan Sepat untuk Akuarium

Maka, berikut ini 10 negara dengan rasio utang dan PDB terbesar di dunia, dilansir dari data Stash invest. Apakah Indonesia salah satunya?

1. Jepang

negara hutang terbanyak terbesar, negara hutang terbanyak di dunia 2018, negara hutang terbanyak 2018-2019

Nominal utang Jepang mencapai USD 9,087 trilliun. Jumlah tersebut sebesar 220,82% dari PDB. Namun, di saat Indonesia kini masih sibuk membenahi infrastruktur, aset, sekaligus utang masa lalu, Jepang memiliki aset yang cukup dan kebijakan ekonomi yang baik untuk membayar utang-utang mereka jika diperlukan.

2. Yunani

Hampir mirip dengan Indonesia, utang Yunani sebesar USD 379 miliar. Namun, dengan perbandingannya dengan PDB mencapai 179%, angka tersebut cukup signifikan untuk membuat Yunani mengalami gejolak ekonomi.

3. Portugal

Utang Portugal sebesar USD 264 miliar dengan rasio terhadap PDB mencapai 138,08%. Portugal kini masih berusaha untuk berbenah dari krisis finansial sejak 2010 silam.

4. Italia

Dengan utang sebesar USD 2,48 triliun dan rasio PDB 137,81%, Italia tengah berjuang dalam pertumbuhan ekonomi yang lambat dan tingginya angka pengangguran. Apalagi, setelah menghadapi resesi tahun 2007

Baca Juga :  10 Perusahaan Fast Food (Makanan Cepat Saji) Terbaik Paling Sukses di Dunia Tahun 2016

5. Bhutan

negara hutang terbanyak di dunia 2017, negara hutang terbanyak dunia sekarang saat ini, negara hutang terbanyak 2018, peringkat negara hutang terbanyak, urutan utang negara terbanyak, negara dengan hutang terbanyak 2019, negara dg hutang terbanyak, negara mempunyai hutang terbanyak, negara dengan hutang terbanyak di asia

Negara ini merupakan negara kecil di Asia yang dekat dan bergantung pada India. Utangnya tidak besar, hanya USD 2,33 miliar. Tetapi, rendahnya PDB membuat rasionya mencapai 118,6%.

6. Siprus

Siprus mengalami krisis finansial akibat pengaruh krisis utang Yunani terhadap bank-bank di negara ini. Meski utang Siprus hanya sebesar USD 21,64 miliar, namun memiliki rasio PDB 115,47%.

7. Belgia

Keterbatasan sumber daya alam membuat Belgia memiliki utang sebesar USD 456,18 miliar. Angka tersebut berbanding 114,78% dengan PDB.

8. Amerika Serikat

Negara adidaya ini memiliki utang hingga USD 19,23 trilliun. Jadi, meski tingkat perekonomian USA tertinggi di dunia dan menekan rasio PDB sampai 106,1%, kondisi ini tetap mengganggu pertumbuhan ekonomi dan kenaikan pajak untuk meningkatkan pendapatan negara.

9. Spanyol

Utang Spanyol mencapai USD 1,24 triliun dengan rasio PDB 105,76%. Beberapa tahun ini perekonomian Spanyol semakin membaik, namun tetap menjadi perhatian para ahli ekonomi.

10. Singapura

negara dengan hutang terbanyak dunia, negara yang memiliki hutang terbanyak di dunia, negara yang mempunyai hutang terbanyak di dunia, hutang negara terbanyak di asean, negara dengan hutang terbanyak di dunia 2017-2020, negara yg mempunyai hutang terbanyak didunia, negara dengan hutang terbanyak sekarang saat ini terbesar

Negara tetangga yang kaya ini memiliki jumlah utang yang cukup besar, mencapai USD 254 milliar. Dengan rasio PDB 104,7%, pertumbuhan ekonomi Singapura melambat di tahun 2016.

Baca Juga :  10 Bank Terbesar, Terbaik, dan Paling Aman di Dunia

Wah, ternyata Indonesia bukan salah satunya. Namun, perlukah berbangga? Bagaimanapun juga yang namanya utang bukan hanya perkara besar atau kecil, melainkan soal kapan pelunasannya.

Karena, kita juga perlu ingat, utang itu salah satu penghambat kemerdekaan. Yang member utang sih, senang-senang saja menikmati bunga. Sementara itu, bangsa kita keteteran menyelesaikan pinjaman dari masa lalu, dan menyisihkan pula anggaran untuk pembangunan dan kemajuan di masa depan.

Yuk, bantu negara, dengan menjadi orang bijak yang  taat pajak! 10 Negara dengan Hutang Terbesar di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa? #NSP

Loading...
error: