Hati-Hati Penipuan Modus Baru, Cermati Kode Aneh Pada Struk ATM Ini!

Agan-agan dan sista-sista online shop di seantero negeri ayo merapat! Waspadalah, waspadalah, ada modus penipuan baru nih. Biasanya, penjual sering kali tertuduh sebagai penipu apabila ada keterlambatan pengiriman atau barang yang sampai tidak sesuai pesanan. Namun, siapa bilang hanya penjual yang punya kesempatan? Selain kasus lumrah pembeli hit and run, ada lagi nih akal-akalan pembeli yang merekayasa bukti transfer.

Yuk, simak curhatan netizen dengan akun twitter @agiligil berikut ini:

modus penipuan online shop, modus penipuan online shop batam, contoh modus penipuan online shop, modus baru penipuan online shop, modus penipuan di online shop, modus penipuan online shop

Pada tweet pertama, ia menuliskan sederet kalimat yang memancing penasaran warga twitter:

“Hampir aku tertipu dengan modus seperti ini. Sekilas struk ini keliatan asli. Tapi pas diperhatiin di paling bawah ada kode dana & amount yang ternyata kode tersebut buat ngisi e-cash si pelaku”

Tweet ini pun telah mendapatkan retweet lebih dari 4500 dan ratusan komentar. Beginilah pengalaman selengkapnya dari pemilik akun tersebut:

Awalnya saya posting di olx buat jual hp saya. Gak lama kemudian ada yg ngehubungin saya, namanya Ade Irawan orang Bandung (diliat dr profil wa dan data diri yg dia kirim ke saya).

Nah si Ade ini anehnya ga nawar sama sekali sama barang yg gue jual. (Kecurigaan pertama). Lalu gue saranin buat COD, dia gak mau. (Kecurigaan kedua, ini sebelum dia ngasih tau klo dia org Bandung).

Sejam kemudian Ade ini ngasih kabar kalo dia udah transfer ke rekening saya. Otomatis saya buka mutasi rekening di m-banking untuk liat mutasi dana. Betapa anehnya pas diliat, dana saya tidak nambah sama sekali. Tidak ada sepeserpun dana yg masuk!

Lalu saya kasih tau dong kalo dana yg Ade kirim ini belum masuk ke saya. Eh dia malah nyuruh saya untuk aktifin kode dana yg ada di bawah struk tersebut.

Kecurigaan saya semakin bertambah. Sejak kapan mau terima duit masuk kudu masukin kode dana dan kode amount?

Saya disuruh aktifin kode dana tersebut ke ATM sama si Ade ini. Tapi saya ga mau karena firasat saya udah ga enak.

Akhirnya saya cari di forum tentang kasus ini. Dan ternyata ini adalah modus yang digunain pelaku buat ngisi  e-cash nya sendiri.

Hamdalah saya masih eling… ga kemakan rayuan maut pelaku!

Melihat respon dari warga twitter, banyak yang merasa tertolong dan berterima kasih karena telah diperingatkan agar waspada pada modus penipuan baru ini. Pasalnya, fitur top-up dari Bank Mandiri ternyata sering digunakan sebagai alat penipuan baru. Official twitter @bankmandiri pun menanggapi respon netizen dan berkomitmen akan mengevalusi pelayanan mereka.

Baca Juga :  Kedewasaan dan Kecerdasan dalam menyikapi Pernikahan (Perkawinan)

artikel penipuan online shop, penipuan online shop tertangkap, penipuan online shop lapor kemana, penipuan online shop hp, penipuan online shop instagram, penipuan online shop 2017-2018-2019-2020

Dengan terjadinya kasus ini, kita tidak perlu takut atau merasa was-was saat berbelanja maupun berjualan secara online. Kita hanya perlu sedikit waspada dan lebih teliti dalam bertransaksi untuk dapat saling menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli. Atau, pilihlah metode transaksi yang paling aman seperti COD (Cash on Delivery) jika memungkinkan.

Upayakan segala cara untuk mewujudkan proses jual-beli yang nyaman bagi semua pihak. Dan, jangan lupa catat tanggal-tanggal penting seperti Hari Pelanggan Nasional, Harbolnas, dan segala hari yang penting untuk berburu diskon.

Happy online shopping! #NSP

Loading...
error: