Inilah 7 Alasan Orang Indonesia Lebih Bahagia daripada Orang Jepang!

Budaya Jepang yang tertib, disiplin, dan lengkap dengan pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial dalam bekerja yang sangat tinggi, membuat banyak orang Indonesia kagum akan mereka. Membanding-bandingkan, namun sering kali lupa pada hal-hal positif yang dimiliki bangsa kita. Biasa, rumput tetangga memang tampak lebih hijau. Sampai akhirnya, lupa untuk menyirami rumput di halaman sendiri.

Percaya deh, Indonesia punya banyak sisi positif. Memang sih, bukan teknologi mutakhir yang menggemparkan seluruh dunia. Tapi, perkara remeh-temeh yang esensial ini, bias bikin kamu lebih bahagia dibandingkan orang-orang di Jepang sana. Tidak percaya? Yuk simak!

1. Biaya hidup murah meriah

Ini sih, tidak perlu diragukan lagi. Di Jepang, penataan kota yang luar biasa rapi dan fasilitas publik yang menjamin kenyamanan warga, berimplikasi pada biaya hidup dan pajak yang melonjak. Apalagi, soal properti. Tanah yang mahal dengan kepadatan penduduk tinggi, membuat banyak orang Jepang yang bahkan, tidak mampu menyewakos-kosan dengan kamar mandi luar. Harga sewanya kalau dirupiah kan berkisar 6.5 juta/bulan! Kalau di Indonesia, sudah dapat kosan nyaman untuk satu tahun, tuh.

2. Kepedulian tinggi

Mengenal dan menyapa tetangga sudah jadi budaya wajib di Indonesia. Mengetahui berita, kabar, dan gosip dari semua rumah di sepanjang gang, juga keahlian khusus para ibu-ibu. Kepedulian a.k.a kekepoannya yang tinggi, kadang-kadang memang menyebalkan. Tapi, urusan bantu-membantu, bangsa kita jagonya! Berbeda sekali dengan orang Jepang yang individualis dan sibuk dengan urusannya masing-masing.

3. Jam kerja yang lebih manusiawi

perbedaan orang indonesia dan jepang dalam bekerja, perbedaan bangsa indonesia dengan bangsa jepang

Kamu sanggup tidak sih kalau harus lembur sampai larut malam, setiap hari, sepanjang tahun? Totalitas orang-orang Jepang dan standar yang tinggi dalam bekerja, membuat mereka melakukan itu dengan sukarela. Rasanya, bagi bangsa kita yang menomorsatukan keluarga, ini mustahil untuk dilakukan, deh.

Baca Juga :  "NKRI Harga Mati" dalam Bahasa Inggris

4. Cuaca cerah ceria

beda indonesia dengan jepang, apa perbedaan indonesia dan jepang, perbedaan budaya indonesia jepang

Pernah nonton Doraemon? Makan semangka di musim panas merupakan kebahagiaan luar biasa bagi Nobita dan orang-orang Jepang. Sementara di Indonesia, kamu bisa makan sepuasnya, kapan saja! Cuaca cerah ceria ini banyak membuat negara lain iri, lho. Apalagi, bagi pecinta pantai, Indonesia laksana surga!

5. Genetik yang menarik

perbedaan anak jepang dan indonesia, perbedaan artis jepang dan indonesia, perbedaan waktu indonesia jepang, perbedaan sistem pemerintahan indonesia jepang, perbedaan cowok jepang dengan indonesia, perbedaan etika indonesia dan jepang

Siapa bilang wajah orang Indonesia tidak setampan wajah-wajah oriental? Mata yang besar dan kulit yang eksotis, jadi idaman para Kaukasian. Orang-orang Jepang, juga selalu ingin punya mata yang besar. Lihat saja isi make-up tutorial dan komik-komik manga. Sering kali, menampilkan mata-mata belo yang mereka damba-dambakan.

6. Lingkungan sekolah yang ramah

perbedaan pendidikan indonesia dan jepang, perbedaan sekolah jepang dan indonesia

Ternyata, di Jepang banyak sekali bullying di lingkungan sekolah hingga korbannya mengalami depresi. Mungkin, karena mereka sulit untuk menerima hal-hal yang memalukan, ya? Di Indonesia ada bullying juga, sih. Tapi, jumlahnya tidak setinggi di Jepang. Atau, belum terungkap dan tidak terekam sebagai data statistik?

7. Bahasa yang sederhana

Untuk mendapatkan nilai Bahasa Indonesia sempurna ketika ujian nasional, memang sulit. Tapi, bahasa Jepang dengan beragam huruf yang digunakan dan sistem penulisannya, itu jauh lebih rumit daripada soal-soal kalkulus. Untuk baca koran saja, kamu harus hafal sekitar 4000 huruf kanji. Wow!

Dari tujuh poin di atas, dan menimbang budaya yang tertanam dalam jiwa bangsa kita, tinggal di Indonesia bisa bikin kamu lebih bahagia, kan?

Apalagi, di Jepang tidak ada tahu bulat, 500-an, yang digoreng dadakan dina katel, lho! Inilah 7 Alasan Orang Indonesia Lebih Bahagia daripada Orang Jepang! #NSP.