Makna dan Sejarah dari Istilah yang Sehari-hari Kita Gunakan ini, Bikin Melongo

You pasti pernah merasakan lezatnya sirup markisa. Tapi pernahkah you penasaran kenapa dalam bahasa Inggris markisa disebut ‘passion fruit’? Penasaran juga sih, tapi malas menyelidik. Padahal kemungkinan besar sampeyan punya smartphone dan kuota Internet yang mencukupi untuk memuaskan rasa ingin tahumu.

Dan kalian bisa lama tercenung setelah menemukan informasi tentang makna atau sejarah dari istilah yang sehari-hari kita gunakan.

pengertian buah markisa, sejarah dan makna buah markisa, pengertian buah markisah

Passion fruit alias markisa itu sejarahnya sangat menarik. Pada abad ke 15 atau 16 (cmiiw) ada sekelompok misionaris Spanyol yang begitu terpesona pada bentuk bunga dari pohon markisa. Dalam bahasa Latin bunga itu disebut ‘passiflora edulis.’ Menurut mereka, bentuk dan struktur kembang markisa melambangkan penderitaan Yesus Kristus ketika dipersekusi, dikhianati dan disalib.

Kelopaknya yang berjumlah sepuluh itu melambangkan sepuluh orang muridnya yang paling dekat, termasuk Judas Escariot yang mengkhianatinya. Di atas kelopak bunga itu ada sulur-sulur memanjang berbentuk mirip mahkota duri yang dipasang di kepala Yesus Kristus saat dia disalib.

Di bagian atas kembang itu ada tiga kepala putik yang melambangkan tiga paku yang menancap di tubuhnya di tiang salib. Orang Spanyol menyebut kembang markisa ‘Espina de Cristo’ (mahkota duri Kristus), sementara orang Jerman menyebutnya ‘Christus Krone” (Christ’s Crown). Itulah penjelasan etimologis dari kata ‘passion fruit.’ Menarik sekali bukan?

Terus bagaimana dengan buah strawberry? Ada yang bilang, nama itu berasal dari kebiasaan para petani Eropa yang menyemaikan benih buah itu di lahan dengan media tanam bercampur jerami alias straw, tapi bukti ilmiahnya sangat minim.

sejarah nama buah buahan, sejarah tanaman buah buahan, contoh artikel manfaat buah-buahan, sejarah buah strawberry di indonesia, sejarah makna dan arti istilah buah strawberry

Yang lebih masuk akal adalah penjelasan sejarah penemuan buah ini. Awalnya orang menemukan strawberry tumbuh liar di hutan. Ribuan buahnya nampak tersebar berceceran tidak karuan di tanah. Dalam bahasa Inggris, berceceran = strewn. Kata strewn berries tadi lama-lama berubah menjadi ‘strawberry.’ Paham?

Baca Juga :  Tau Nggak Sih? Kelima Penemuan Ini Menggubah Hidupmu Sekarang

Bagaimana dengan buah nanas? Mengapa disebut ‘pine apple’? Woo, ini lebih menarik lagi. Orang Eropa yang menemukan buah ini di daerah tropis merasa heran melihat bentuk buah nanas yang mirip kericit cemara. Karena bentuknya mirip bunga cemara (cemara = pine), mereka (yang memang asli awam) dengan enteng menyebutnya ‘pineapple.’

buah nanas penyebab keguguran, buah nanas untuk menurunkan kolesterol, buah nanas bisa menggugurkan kandungan, buah nanas untuk diet, buah nanas untuk menggugurkan kandungan, buah nanas untuk ibu hamil, buah nanas dan manfaat, buah nanas pdf

Mengapa salak dalam bahasa Inggris disebut ‘snake fruit’? Karena buah yang memiliki nama Latin Salacca Zalacca itu kulitnya bersisik mirip ular, mbah… Dari penjelasan ini sampeyan pasti mahfum asal muasal sebutan ‘dragon fruit’ untuk ‘buah naga.’ Karena penampilan luarnya memang mirip janin seekor naga yang diaborsi atau dibuang induknya, hehehe.

Terus kenapa pisang disebut ‘banana?’ Oh, itu sih karena dari tempat asalnya di Afrika Barat, buah itu disebut ‘banaana’. Nama itulah yang diadopsi orang Spanyol dan Portugis yang membawa buah eksotik itu ke daratan Inggris.

Kenapa buah nangka disebut ‘jackfruit’ dalam bahasa Inggris. Ceritanya, ada orang Portugal mbolang ke India, terus kepincut dengan buah yang lezat dan kadang bikin orang mencret itu. Orang India menyebutnya ‘chakka pazhan’. Si Bolang Portugal tadi menyebutnya ‘jaca…’ lalu orang Inggris menyebutnya ‘jackfruit.’

sejarah penamaan buah-buahan, pengertian buah buahan, pengertian buah-buahan secara umum, arti buah buahan pengertian buah-buahan menurut para ahli, pengertian buah-buahan pdf, arti buah-buahan dalam bahasa inggris

Ada sejenis jeruk keprok yang disebut ‘grapefruit.” Apa hubungannya dengan buah anggur? Penjelasannya sederhana. Jerok keprok jenis itu buahnya menggerombol di pohon, sangat banyak, terlihat mirip anggur. Gitu saja, bos. Kita gak perlu pansus atau komisi gombal amoh untuk menyelidikinya.

Terus bagaimana dengan buah alpukat? Kenapa disebut ‘avocado’? Emmm, begini. Ribuan tahun yang lalu suku Indian Nahuatl (bangsa Aztec) menyebut buah ini ‘ahuacatl’ alias testis, alias buah pelir. Tak usah bingung. Lihat saja buah itu ketika masih gandul-gandul di tangkainya. Mirip punya sampeyan toh? Hehehe… Begitulah… kata ‘ahuacatl’ tadi diserap oleh penjelajah Eropa ke dalam bahasa mereka menjadi ‘avocado.’

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Halaman Gambar Attachment di Wordpress

Semua informasi ini saya dapatkan dari Internet. Lebih baik gunakan Internet untuk mencerdaskan diri anda. Blokir atau abaikan clometan portal-portal berita kampret yang suka mengutip ocehan kampret kutu kupret yang hobi mengumbar ujaran kebencian. Apa karya mereka untuk bangsa ini?

Apa isi otak mereka kok berani-beraninya meleceh kepala negara? Di mana logikanya pengacau yang bikin resah dijago-jagokan jadi kepala negara jika tanah air kita dalam kondisi darurat? Darurat batukmu sempal. Kita punya polisi dan tentara kok. Mau melawan mereka? Itu kan ocehan orang frustrasi saja. Abaikan semua itu dan gunakan Internet untuk belajar hal-hal yang berguna. Makna Sejarah Istilah yang sehari-hari Kita Gunakan ini Pasti Belum Pada TahuArif Subiyanto.

Loading...
error: