5 Ilustrasi Kerusakan Bumi yang Akan Menyentuh Hati Anda!

ngasih.com. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perkembangan teknologi serta perubahan pola kehidupan. Pertumbuhan penduduk yang membludak memaksa manusia untuk terus berinovasi demi memenuhi kebutuhan hidup baik sandang, pangan, dan papan.

Namun hal ini tidak diimbangi dalam pemeliharaan alamnya. Semakin banyak pencemaran yang merajalela baik pencemaran air maupun udara. Hal ini yang semakin membuat bumi menjadi rusak hingga memicu murka Sang Pencipta. Ilutsrasi berikut akan mengajak Anda merenungkan sejenak pola kehidupan di bumi yang kian berubah. Inilah cuplikannya:

1. Bumi Semakin Sempit

ilustrasi kerusakan bumi, kerusakan bumi akibat tangan manusia, kerusakan bumi oleh manusia, kerusakan bumi sekarang, kerusakan bumi akibat ulah manusia, kerusakan bumi saat ini, kerusakan bumi menurut islam, kerusakan bumi kalimantan, kerusakan bumi terparah, kerusakan bumi dalam al quran

via : pinterest.com

Bumi yang diperkirakan sebagai salah satu planet yang layak dihuni kini semakin buruk keadannya. Manusia memiliki sifat serakah yang justru memberi dampak buruk bagi dirinya. Pada dasarnya, bumi hanya terdiri dari dataran dan perairan.

Namun kini telah berubah, daratan hampir habis, sehingga para arsitek terus berinovasi membuat bangunan di atas perairan. Semakin banyak bangunan, semakin sempit bumi ini.

Banyak hewan dan tumbuhan yang menjadi korban atas keserakahan manusia. Lihat saja ilustrasi ini, bumi seolah keberatan beban. Kini bumi kita tak seindah dulu, penuh dengan ketamakan dan kesombongan.

Baca Juga :  Psikologi Perkembangan Laki-laki (phallic developmental psychology)

2. Pohon Bermigrasi

kerusakan bumi ulah manusia, kerusakan bumi oleh ozon, kerusakan bumi dalam islam, hadits kerusakan bumi, penyebab kerusakan bumi, kerusakan gempa bumi, kerusakan dimuka bumi, kerusakan di bumi, gambar kerusakan bumi, foto kerusakan bumi, kerusakan atmosfer bumi, kerusakan bumi etam akibat emas hitam

via : pinterest.com

Lihatlah ilustrasi pohon ini, banyak yang lahannya dihabisi manusia hanya untuk membangun perkantoran, tempat tinggal hingga pusat perbelanjaan. Namun, tanpa mereka sadari, keberadaan pohon sungguh berarti.

Sebab, pohon menghasilkan oksigen bagi manusia. Oksigen sangat diperlukan oleh setiap individu karena metabolisme sel untuk dapat menghasilkan energi memerlukan oksigen. Jika kadar oksigen diudara semakin menipis, maka kondisi kesehatan manusia semakin buruk.

Terkadang kita tak sadar, semakin menebang pohon, sama saja kita membunuh diri kita. Ketika telah terjadi perusakan pohon secara besar-besaran, langit tampak keabu-abuan, kini manusia baru terasa.

Mereka berlomba-lomba menanam pohon di atap gedung hingga kini pohon bermigrasi dari dataran rendah ke dataran tinggi (atap gedung tinggi). Lucu bukan, saat kita yang menebang, kita pula yang menyesal.

3. Buang Sampah = Buang Diri

kerusakan di bumi akibat perbuatan manusia, kerusakan lingkungan akibat pertambangan minyak bumi, artikel kerusakan bumi akibat ulah manusia, kerusakan di bumi adalah karena manusia, kerusakan di bumi akibat ulah manusia, kerusakan dimuka bumi akibat ulah manusia, contoh kerusakan bumi akibat ulah manusia

via : pinterest.com

Selama ini kita mengkonsumsi segala makanan berbentuk kemasan. Akibatnya sampah di lingkungan kita, khususnya ibu kota semakin meningkat. Hal ini tidak diimbangi akan kesadaran masyarakat tentang arti penting kebersihan lingkungan.

Banyak manusia yang membuang sampah sembarangan baik di darat maupun di air seperti kali dan sungai. Hal ini yang menjadi masalah utama sehingga menimbulkan air tanah tercemar sehingga tidak dapat dikonsumi, banjir tersebar dimana-mana serta lingkungan yang kumuh menjadi sarang penyakit.

Baca Juga :  9 Tips Menghilangkan Rasa Gatal di Tenggorokan di Malam Hari

Mungkin sekarang kita yang membuang sampah dan menimbunnya pada bumi. Namun, akan tiba dimana bumi yang membuang kita bagai sampah. Akan tiba dimana kerusakan alam yang mengakibatkan manusia luluh lantah bagai kepingan sampah. Jika Anda tak ingin hal itu terjadi maka perlakukanlah bumi dengan baik sebab bumi ialah sumber kehidupan.

4. Kemana Pemimpin Kita?

kerusakan di bumi akibat ulah tangan manusia, kerusakan di bumi akibat manusia, contoh kerusakan bumi akibat manusia, kerusakan lingkungan akibat gempa bumi, kerusakan alam akibat gempa bumi, penyebab kerusakan atmosfer bumi

via : pinterest.com

Selama ini pemerintahan dari berbagai negara menyuarakan akan masalah yang wajib diatasi yaitu efek rumah kaca. Mereka menyuarakan kampanye “Go Green“. Namun sayang, itu semua hanya janji manis dan momok pembicaraan semata. Nyatanya, pemimpin-pemimpin kita tidak mengupayakan secara maksimal.

Sering kita dengar janji itu dan selalu menyalahkan orang lain tanpa melakukan koreksi terhadap diri sendiri. Sudah sepatutnya kita menjadi pendongkrak perubahan iklim dan dunia, meskipun kita bukan siapa-siapa. Meskipun kita bukan orang yang mengerti itu semua, namun dari tekad yang kuat, kita akan menjadi orang hebat.

5. Sediakan Tempat Tinggal Kami

kerusakan di muka bumi alquran, kerusakan alam gempa bumi, berita kerusakan bumi, bentuk kerusakan bumi contoh kerusakan bumi, puisi kerusakan bumi karya chairil anwar

kerusakan bumi saat ini, kerusakan bumi menurut islam, kerusakan bumi kalimantan, kerusakan bumi terparah, kerusakan bumi dalam al quran

via : pinterest.com

“Sediakan Tempat Tinggal Kami, mungkin itu kalimat yang sering dikeluhkan para binatang yang tinggal di daerah kutub. Perubahan iklim menyebabkan es di kutub menjadi cair, banyak pula hewan yang terancam populasinya karena ketidakseimbangan rantai makanan disana.

Baca Juga :  Lengkap! 5 Cara Mudah dan Akurat Menguji Keaslian Berlian

Efek rumah kaca dan sampah di atmosferpun ikut berperan menjadi penyebab atas masalah ini. Beruang kutub, panda dan penguin seolah merasa sedih karena tak punya tempat tinggal. Daerah perkotaanlah yang kini memiliki suasana dingin karena banyaknya pendingin ruangan yang justru menyiksa hewan diluar sana.

Jangan sampai beberapa tahun kedepan kita tak bisa berjumpa dengan 3 hewan itu. Maka dari itu, sadarlah bahwa pola kehidupan kita harus dirubah. Lindungilah satwa langka yang kita habisi tempat tinggalnya.

Itulah 5 ilustrasi kerusakan bumi yang akan menyentuh hati Anda. Artikel ini dapat dijadikan cerminan sekaligus alarm bagi diri agar tidak meneruskan pola hidup yang salah. Pahami dan amati perubahan di bumi kita, jangan sampai kita sendiri yang tersiksa atas ulah kita. Cintai bumi, hidup abadi! 5 Ilustrasi Kerusakan Bumi Saat Ini. #ARD

Loading...
error: