5 Contoh Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya

Makan buah itu biasa. Makan daun juga biasa. Tapi, apa yang terlintas di pikiran kamu kalau ada yang makan bunga? Mistis? Seperti ada serem-seremnya gitu, ya.

Padahal, tahukah kamu bahwa makanan berbahan dasar bunga diprediksi akan jadi tren di tahun 2018?

Bunga-bunga yang bisa dimakan ini disebut edible flower. Selama berabad-abad lamanya, Bangsa Tiongkok telah melakukan ekstraksi dari bunga-bungaan dan menggunakan saripati bunga untuk pengobatan herbal. Sementara di zaman sekarang, bunga lebih banyak digunakan sebagai hiasan kue, topping, dan atau langsung dikonsumsi.

Yang perlu kamu ketahui, di balik keindahan dan wangi bunga yang memesona, tersimpan manfaat luar biasa untuk tubuh manusia. Menurut hasil penelitian, beberapa jenis bunga mengandung senyawa fenolik, salah satu fitokimia yang berfungsi sebagai anti inflamasi, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Ada pula bunga yang mengandung beragam nutrisi, seperti asam folat, niasin, riboflavin, piroksidin, vitamin E, dan vitamin C.

Lantas, apa saja bunga yang bisa dan biasa dikonsumsi?

Baca Juga :  Krisan Pot Dari Amerika

Berikut ini 5 jenis bunga yang tergolong edible flower dan lumrah digunakan sebagai bahan makanan:

1. Mawar

Bunga yang lekat dengan romantisme ini ternyata bisa dimakan. Rasa mawar amat bervariasi tergantung tempat tumbuh, jenis, dan proses pertumbuhannya. Namun, sebagian besar mawar terasa manis dan berbanding lurus tingkat dengan kepekatan warna kelopak. Semakin pekat, semakin manis.

Mawar biasa digunakan sebagai garnis pada makanan pencuci mulut, diolah menjadi selai, dan teh. Bunga yang cantik ini mempunyai manfaat mengatasi masalah pencernaan, gangguan menstruasi, dan mengurangi mual. Kandungan anti bakteri juga menjadikan ekstrak air mawar digandrungi sebagai penghilang jerawat dan penyegar wajah.

bunga mawar bisa dimakan, bunga mawar yang bisa dimakan, bunga tanaman yang bisa dimakan, bunga tumbuhan yang bisa dimakan, bunga tumbuhan yg bisa dimakan, bunga yang bisa dimakan, bunga yang bisa dimakan dan manfaatnya bunga yang bisa dimakan di indonesia, bunga yang bisa dimakan langsung, bunga yang bisa dimakan manusia, bunga yang bisa dimakan mentah

2. Melati

Bunga yang dijuluki sebagai kusuma bangsa ini merupakan kudapan favorit Suzanna, ikon bintang film horor zaman baheula.  Tapi, bukan berarti makanan ini mistis, lho.  Melati sudah lumrah digunakan sebagai pemanis kue dan bahan tambahan agar-agar, serta puding. Kamu juga pasti familiar dengan penggunaan melati sebagai penambah aroma teh. Namun, hati-hati. Kamu harus menghindari melati beracun dari jenis Loganiaceae dan Gelsemium.

3. Chamomile

Efek relaksasi yang dihasilkan, membuat bunga ini digandrungi sebagai bahan dasar teh. Chamomile bisa dimakan langsung atau diolah menjadi obat herbal.  Bunga yang indah ini juga berkhasiat sebagai penyembuh luka.

Baca Juga :  Agar Daging Empuk dan Lezat

4. Lavender

Selain digunakan dalam krim anti nyamuk, ternyata lavender juga bisa dikonsumsi. Bunga ungu ini dapat menjadi bahan campuran untuk kue, puding, selai, biskuit, es sorbet, atau yoghurt. Kelopak lavender juga sering kali ditambahkan pada semur atau saus untuk memberi cita rasa yang unik dan khas.

gambar bunga yang bisa dimakan, bunga yang dimakan bisa awet muda, bunga-bunga yang bisa dimakan, gambar bunga yang dapat dimakan, jenis bunga yang bisa dimakan, jenis bunga yang dapat dimakan, jenis bunga yg bisa dimakan, jenis-jenis bunga yang bisa dimakan, jual bunga yang bisa dimakan, macam bunga yang bisa dimakan, macam macam bunga yang bisa dikonsumsi, macam macam bunga yang dapat dimakan, macam-macam bunga yang bisa dimakan, nama bunga yang bisa dimakan, tanaman bunga yang bisa dimakan

5. Krisan

Krisan biasa dikonsumsi dalam wujud teh, keripik, atau campuran puding. Di balik rasa yang tajam dan agak pahit, krisan memiliki khasiat yang berlimpah. Kandungan antioksidan dan mineral, bisa mengurangi gejala flu, demam, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat.

Vitamin C yang berlimpah juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi krisan secara rutin dapat menurunkan kolestrol jahat, melancarkan pencernaan, dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Wah, kalau begini jadi terngiang lagu Kebunku. “Setiap hari, kusiram semua. Mawar melati, semuanya indah … dan enak!” Siapa Bilang Makan Kembang Itu Mistis? 5 Jenis Bunga Ini Enak Banget Dimakan, Lho! #NSP

Loading...
error: