Tidak Hanya Unik,  Ternyata Undur-undur Punya 5 Manfaat bagi Kesehatan!

ngasih.com. Anak-anak generasi game online, pasti tidak akan bisa memahami kebahagiaan mencari undur-undur pada lubang-lubang kecil di tanah. Hanya pada ekosistem dan lingkungan yang masih ramah terhadap berbagai organisme, undur-undur dapat dijumpai dan bisa dipancing keluar menggunakan jerami. Namun, sayangnya tanah dan pasir yang menjadi habitat undur-undur kini berkurang, karena sebagian besar telah tertutup semen dan pondasi.

Namun, jangan khawatir. Hewan dengan nama latin Myrmeleon Sp. ini masih bisa kita temukan di daerah perdesaan. Ada pula yang melihatnya sebagai peluang bisnis, kemudian melakoni budidaya undur-undur. Biasanya, hewan ini memang banyak diburu untuk dijadikan sebagai obat alternatif.

Ya, di balik keunikan cara berjalannya yang mundur, ternyata undur-undur memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Apa saja penyakit yang bisa diobati dengan undur-undur? Berikut ini daftarnya:

apa manfaat undur undur untuk manusia, undur undur khasiat, undur undur dan manfaatnya

1. Mengobati diabetes

Digunakan dalam pengobatan diabetes, merupakan manfaat undur-undur yang paling populer. Hewan yang suka mundur teratur ini mengandung zat sulfonilurea dan omega 3 yang dapat mendukung pankreas mengeluarkan hormon insulin. Peningkatan hormon insulin, dapat menekan kadar glukosa di dalam darah, sehingga bisa berpengaruh baik terhadap pengendalian diabetes. Sementara untuk penyembuhan diabetes, konsumsi undur-undur harus dibarengi dengan sikap dan pola hidup yang sehat, serta pengendalian glukosa dalam makanan.

2. Mengobati reumatik dan asam urat

Masih berkaitan dengan kandungan sulfonilurea yang dapat meningkatkan insulin. Undur-undur bisa membantu pengobatan reumatik dan asam urat melalui penguatan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Tidak hanya reumatik dan asam urat, imunitas ini akan membantu kamu melawan berbagai penyakit.

3. Mengobati asma

manfaat undur undur untuk kesehatan, manfaat undur undur untuk asma, manfaat undur undur bagi kesehatan, manfaat undur-undur untuk diabetes, manfaat undur undur buat kesehatan, manfaat undur undur untuk jantung, manfaat undur undur utk kesehatan, manfaat undur-undur untuk kesehatan manusia

Undur-undur biasa digunakan untuk mengendalikan asma karena dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan penyumbatan pada paru-paru. Namun, kamu harus menyadari bahwa asma tidak bisa disembuhkan. Penggunaan undur-undur hanya membantu untuk meringankan dan pengendalian gejalanya saja.

Baca Juga :  Mengagumkan, Patung Ukiran Singa Raksasa ini Terbuat dari Satu Batang Pohon

4. Menurunkan kadar kolestrol jahat

Undur-undur dapat mengurangi zat lipid di dalam organ hati. Dengan memanfaatkan peran tersebut, kadar kolestrol jahat dalam tubuh dapat terkendali. Namun, kamu juga harus mendukungnya dengan gaya hidup sehat dan pola makan tepat 3J: jumlah, jenis, dan jadwal.

5. Mengobati sakit kuning

Penyakit kuning terjadi akibat tingginya kadar bilirubin yang merupakan hasil penguraian hemoglobin atau sel darah merah. Sementara itu, daging undur-undur dapat mengendalikan akselerasi terurainya sel darah merah tersebut, sehingga bisa menekan kadar bilirubin dalam darah. Fungsi tersebut, membuat daging undur-undur berkhasiat dalam pengobatan penyakit kuning tipe pre-hepatic.

Yang harus jadi perhatian khusus, dosis dan cara mengonsumsi daging undur-undur harus disesuaikan dengan penyakit yang dialami. Sebelum ada penegakan diagnosis dari tenaga kesehatan yang berpengalaman, jangan terlalu mudah menyimpulkan sendiri. Periksakan diri kamu ke dokter, dan lakukan pengobatan yang disarankan.

Kamu juga harus berkonsultasi, apakah undur-undur bisa digunakan pada kondisi kamu. Bahan herbal, alami, atau pengobatan alternatif, bukan berarti tanpa efek samping. Karena, reaksi tubuh terhadap suatu zat, berbeda-beda antarindividu. Lagipula, ada satu poin utama yang harus ditanamkan. Sebelum kamu harus menjalani pengobatan, utamakan gaya hidup sehat serta pola makan yang baik sebagai upaya preventif.

Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Manfaat Undur-undur untuk Kesehatan Manusia #NSP

Loading...
error: